P. 1
Jenis penelitian

Jenis penelitian

|Views: 41|Likes:
Published by dafa_meteora
jenis metode penelitian
jenis metode penelitian

More info:

Published by: dafa_meteora on Mar 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2012

pdf

text

original

Jenis-jenis Metode Penelitian Penelitian memiliki banyak sekali jenisnya.

Jika dikelompokkan, jenis penelitian bisa dibedakan berdasarkan tujuannya, pendekatannya, tingkat eksplanasi, dan jenis penelitian berdasarkan analisis dan jenis datanya. Seperti apa gambaran jenis-jenis penelitian tersebut? Berikut adalah penjelasannya. 1. Penelitian Menurut Tujuan Jenis penelitian menurut tujuannya terdiri atas dua jenis, yakni penelitian murni dan penelitian terapan.

Penelitian Murni: yakni penelitian yang hanya diarahkan untuk memahami suatu masalah. Penelitian ini hanya dilakukan untuk mengembangkan teori saja, tanpa memerhatikan tujuan praktisnya. Penelitian Terapan: yakni penelitian yang diarahkan atau bertujuan untuk menemukan sebanyak mungkin informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah.

2. Penelitian Menurut Metode Jenis penelitain menurut metodenya dibagi menjadi 8 jenis, yakni penelitian survey, ex post facto, eksperimen, naturalistic, policy research, action research, penelitian evaluasi, dan penelitian sejarah.

Penelitian Survey: yakni penelitian yang dilakukan pada sebuah populasi, baik populasi besar maupun kecil, dengan sumber data yang berasal dari populasi tersebut. Tujuannya untuk menemukan hubungan antarvariabel, distribusi, dan kejadian-kejadian yang sifatnya relatif. Penelitian Ex Post Facto: yakni penelitian yang dilakukan untuk mengetahui sebab-sebab atau faktor-faktor yang memicu terjadinya suatu peristiwa yang sudah berlangsung. Penelitian Eksperimen: yakni penelitian yang bertujuan untuk menemukan pengaruh suatu variable terhadap variable yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Variable yang ditelitinya bisa dimanipulasi sendri oleh si peneliti. Penelitan Naturalistic: yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek alami. Metode penelitian ini sering juga disebut sebagai metode kualitatif. Policy Research: yakni penelitian yang bertujuan untuk meneliti masalahmasalah sosial yang mendasar. Action Research: yakni penelitian yang digunakan untuk menemukan metode kerja yang paling efektif dan efisien.

Penelitian Evaluasi: yakni penelitian yang bertujuan untuk membandingkan sebuah kejadian dengan program yang telah ditentukan peneliti. Penelitian Sejarah: yakni penelitian terhadap kejadian-kejadian logis yang terjadi di masa lalu.

3. Penelitian Menurut Tingkat Eksplanasi Penelitian ini terdiri atas tiga jenis penelitian, yakni penelitian deskriptif (untuk mendeskripsikan nilai-nilai suatu variabel) komperatif (untuk membandingkan variable-variabel penelitian), dan penelitian asosiatif/hubungan (untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih). 4. Penelitian Menurut Analisis dan Jenis Data Penelitian ini terdiri atas 2 jenis penelitian, yakni penelitian kualitatif (datanya berupa kata, kalimat, gambar, atau skema) dan penelitian kuantitatif(datanya berupa angka atau scoring dari data kualitatif). Itulah beberapa jenis metode penelitian yang bisa digunakan oleh seseorang yang hendak melakukan penelitian. Plih metode penelitian yang palin tepat agar hasil yang didapat akan maksimal. Selamat meneliti.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->