Apa Manfaat Olahraga itu?

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja. Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Mari kita lihat manfaat olahraga yang lainnya.

Banyak orang tidak menyadari bahwa olahraga memiliki banyak manfaat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, disamping itu juga dengan berolahraga tubuh kita akan terasa lebih segar. Ada beberapa alasan pentingnya olahraga teratur, silakan simak dibawah ini: 1. Menurunkan kolestrol : Saat olahraga, tubuh bergerak dan membantu tubuh membakar kalori yang ada sehingga menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja. Hal tersebut juga membantu tubuh mengurangi tertimbunnya lemak dalam tubuh. Olahraga yang teratur juga dapat membakar kolesterol LDL dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini sangat membantu tubuh tetap fit dan mengurangi resiko darah tinggi, stroke, kegemukan, dan penyakit jantung. Jenis olahraga yang dianjurkan untuk mengurangi kolesterol adalah jenis olahraga yang menggerakkan otot-

seseorang dapat dibantu untuk mengatasi emosinya dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres yang ada. Stress and Coping: An International Journal tahun 2008 mencatat bahwa olahraga bisa menjadi alat yang potensial untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan. Sebagai responsnya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati. . olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. berenang. Meningkatkan daya tahan tubuh : Olahraga yang dilakukan dengan teratur. Karena jika berlebihan.tidak merokok.otot pada paha. gejala tersebut akan hilang setelah beberapa waktu. Contohnya. dan kesehatan. pegal-pegal. dan jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar agar tubuh tidak terlalu kaget karena aktivitas olahraga. Yang penting diingat. Untuk usia lanjut. Yang pasti. olahraga yang disarankan adalah olahraga yang tidak memaksa kekuatan otot tetapi melatih otot tetap aktif misalnya berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari. anda akan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Otot akan lebih kuat serta kulit akan lebih kencang. dan pinggul. olahraga yang bermanfaat bagi tubuh malah dapat meningkatkan resiko cedera. Dengan olahraga. 3 kali seminggu. Hal tersebutlah yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak. tubuh akan merasa sakit. dan bersepeda. jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak. 5. lengan. Dalam penelitian tersebut partisipan yang rutin berolahraga memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah olahraga. Meningkatkan fungsi otak : Keteraturan dalam berolahraga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Semua jenis olahraga sebenarnya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi kolesterol asalkan dilakukan dengan disiplin dan teratur sehingga membantu otot-otot tubuh terlatih dan bekerja dengan baik. 4. Namun. Teorinya. Awalnya. jalan kaki. 2. dan cukup istirahat. sebaiknya olahraga dilakukan dalam waktu singkat untuk memberikan pengenalan dan membiasakan tubuh. Mengurangi stres : Stres dapat terjadi pada siapa saja. dan nyeri karena otot belum terlatih atau terbiasa. kreativitas. Dengan olahraga. Meningkatkan otot : dengan latihan teratur. senam aerobik. gunakan pakaian olahraga yang tepat-tidak ketat dan menyerap keringat. kaki. olahraga yang teratur juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan yang baik. akan meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh di mana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Disarankan kurang lebih 3 kali dalam seminggu dalam hari yang tidak berurutan untuk melakukan olahraga untuk membantu agar otot-otot pulih dan tidak terlalu berat beraktivitas. Pada tahap awal. joging. Penelitian yang dilaporkan dalam Anxiety. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga mungkin bisa menjadi pengobatan yang layak untuk kecemasan dan stres. pilihlah olahraga yang sesuai keadaan tubuh. 3.

Temukan tips praktis untuk meningkatkan efisiensi olahragamu dan rasakah sendiri manfaatnya. ” sudah olahraga tapi tidak kunjung turun berat badanku”. cukup olahraganya… yang penting sudah berkeringat”. 1. Hasilnya? Berat badan ideal dengan bentuk tubuh kencang berlekuk. karena justru bermanfaat membantu pembentukan tubuh yang kencang dan meningkatkan laju metabolisme. terkadang olahraga yg sering bukan berarti olahraga yang efektif. tidak perlu khawatir latihan beban. Kebanyakan wanita seringkali menghindari latihan beban karena khawatir memiliki otot yang besar. seringkali kita berkata demikian. Jadi. Latihan kardio (pada fat burning zone) dapat membantu pembakaran lemak. dibutuhkan latihan ekstra keras dan pola makan yang ketat untuk dapat membentuk otot yang besar.6 Kunci Olahraga yang Optimal ”Sudah ah. Kombinasikan olahraga kardio dan latihan beban Kedua jenis latihan ini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. namun saling melengkapi. sedangkan latihan beban dapat membantu pembentukan otot. Alasannya? Wanita memiliki kadar hormon testosterone (hormon yang berperan di dalam pembentukan otot) yang rendah. Tidak perlu takut otot menjadi besar dan tubuh menjadi kekar. padahal sebenarnya wanita sulit untuk mendapatkannya. . Selain itu. Atau. padahal mungkin jumlah energi yang dibakar belum cukup untuk penurunan berat badan.

Bahkan. Variasi seperti ini juga penting untuk mencegah kebosanan. bentuk tubuh dapat menjadi kurang ideal dan proposional. Tingkatkan intensitas secara bertahap Melakukan latihan dengan intensitas yang sama terus menerus akan menyebabkan otot beradaptasi. berenang. Salah satunya. Variasikan jenis gerakan dan bagian tubuh yang dilatih Orang cenderung memilih jenis latihan yang bermanfaat untuk bagian tubuh yang spesifik. efektivitas latihan akan menurun. Karena dengan adanya ’gangguan’ kadang membuat kita menurunkan kecepatan dan intensitas latihan secara tidak sadar. Akibatnya. gerakan pendinginan juga bermanfaat bagi persiapan tubuh untuk latihan selanjutnya. Namun. kombinasikanlah berbagai jenis gerakan untuk melatih seluruh bagian tubuh. Namun. Lakukan pendinginan setelah latihan Sebagian orang langsung menyelesaikan latihan tanpa pendinginan. Untuk tubuh yang langsing kencang dan ideal. Coba luangkan 5-10 menit untuk menurunkan denyut jantung dan melakukan gerakan peregangan otot sesudah latihan. 4. jika hanya melakukan latihan untuk satu bagian tubuh tertentu. Selain bermanfaat untuk melatih fleksibilitas. Maka. 5. Fokus saat latihan Beberapa jenis gerakan olahraga kadang dilakukan sambil melakukan hal lain. olahraga acapkali sudah menjadi cara mutlak untuk itu. namun latihan tersebut akan terasa lebih ringan setelah beberapa saat dilakukan. Akibatnya. Posisi punggung yang tegak membantu meminimalisasi beban terhadap tulang punggung sehingga bermanfaat untuk mencegah gangguan pada tulang punggung. tingkatkan intenstitas latihan secara bertahap agar efektivitas latihan tetap optimal. jika memungkinkan coba fokus pada saat olahraga tanpa lakukan hal lain. yaitu jogging. yang terbentuk hanyalah bagian yang itu saja. misalnya treadmill sambil menonton televisi. 3. Untuk meningkatkan kebugaran tubuh. dan . 6. Pastikan punggung tegak saat melakukan gerakan latihan Postur tubuh yang tepat penting untuk mencegah terjadinya cedera saat latihan. Tiga aktivitas olahraga yang bersifat umum. olahraga ringan tanpa harus menyediakan beragam peralatan olahraga yang aneh-aneh bisa menjadi pilihan. dengan menjaga posisi punggung tetap tegak saat melakukan gerakan. Karena itulah suatu latihan akan terasa lebih berat saat baru mulai berolahraga. tentunya untuk bagian yang dirasa kurang menarik.2.

Apabila jogging dilakukan dengan benar. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan. Menetralkan depresi.bersepeda. Jogging `Melakukan jogging secara teratur memberikan manfaat bagus buat kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif. Anda tak akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan. paha dan punggung. 4. Jogging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental. 8. Membuat tidur lebih nyenyak. jogging membantu Anda memperbaikinya. 7. 3. membuat jantung kuat. merupakan tiga aktivitas olahraga yang jelas bisa meningkatkan kebugaran karena sifatnya adalah olahraga aerobik. Efek-efek dari jogging adalah: 1. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama jogging dan setelahnya. Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan. . 6. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan. Keuntungan Jogging Jogging memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan. 5. 2. Kesenangan Yang Didapat Dari Jogging Jogging juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Jogging mengencangkan otot kaki.

Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Selama jogging Anda juga dapat merasakan perasaan senang. sehingga tidak membuat Anda terpeleset. . hindari yang penuh jahitan. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute. juga dapat mendengarkan suara burung berkicau. bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat. Sedang untuk sepatu. tapi juga keseluruhan tubuh. Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Saat udara hangat. Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi. lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya. Namun. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari Anda. celana pendek dan t-shirt cukup nyaman untuk dikenakan. suara air yang mengalir. Jogging dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 kg. Peregangan Tubuh Dan Setelah Beberapa Sesi Sangat disarankan untuk melakukan peregangan sebelum melakukan sesi jogging. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki Anda tapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah. Jika rute cukup panjang. Bagaimana Melakukan Sesi Jogging Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus. tapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. untuk berjaga-jaga jika udara jadi buruk.Anda akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda. kenakan yang lembut dan nyaman. dan bukan hanya pada otot kaki Anda. Rute Dan Sesi Jogging Jogging dapat ditempuh dalam berbagai cara : Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa. jika Anda melakukan rute yang jauh tak ada salahnya membawa pakaian ekstra di tas kecil. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Pakaian Dan Sepatu Pakaian yang Anda kenakan harus sesuai dengan udara saat itu.

dan daya tahan tubuh Anda. Mungkin Anda merasa lapar saat akan melakukan jogging. Untuk pertama-tama. atau yang mesti Anda pertimbangkan jika melakukan jogging. Lalu Anda dapat menambah waktu. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan. Anda bisa melakukannya kapanpun sepanjang hari. yang tidak disarankan untuk melakukan jogging.Kapan Dan Seberapa Sering Jika jogging hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang dilakukan. lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan. Bagaimana Memulainya Jika Anda tak biasa melakukan latihan fisik. tapi sebaiknya jangan melakukannya setelah makan. Hampir setiap pagi kita dapat melihat orang-orang berolahraga menggunakan sepeda. tapi lebih baiknya melakukan jogging sebagai kegiatan pertama di pagi hari. sebaiknya Anda berlari-lari di tempat selama 10 menit. alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. jarak dan kecepatan setelah terbiasa Olahraga Bersepeda Manfaat bersepeda yang sangat baik bagi kesehatan menjadikan bersepeda kini menjadi olahraga yang diminati oleh masyarakat. melakukannya tiap dua hari sekali adalah ukuran idelnya. sebelum memulai jogging. Tapi jika Anda mengkombinasikan jogging dengan olah raga lain. . Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi.

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit.   Bersepeda dapat memperlancar proses sirkulasi darah kaya oksigen serta nutrisi menuju seluruh bagian otot di seluruh tubuh. Bahkan gerakan bersepeda juga dapat menghilangkan stress di daerah lutut hingga pergelangan kaki seperti halnya ketika kita berjalan atau melakukan senam aerobik. serta panggul. Dengan bersepeda. Manfaat Olahraga Bersepeda Selain untuk mengatasi sakit punggung. masih banyak manfaat bersepeda yang lain. Misalnya diabetes.Sepeda ditemukan pertama kali pada akhir abad ke-19 di Eropa. sebab bersepeda dapat menghindarkan kita dari tekanan darah tinggi dan menurunkan berat badan. Kemudian sepeda mulai menyebar sampai Amerika Serikat dan sekarang telah dikenal diseluruh dunia. Hal ini dikarenakan ketika kita bersepeda. karena metabolisme tubuh orang yang bersepeda lebih terjaga dan staminanya juga lebih baik. mengencangkan.  Manfaat bersepeda selanjutnya adalah dapat mengurangi selulit pada paha. dalam suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 di Negara Jerman membuktikan bahwa seseorang yang melakukan olahraga bersepeda secara rutin dengan kecepatan 1-15 km/jam minimal satu jam setiap hari lebih kebal terhadap penyakit flu daripada orang yang tidak melakukan olahraga bersepeda. kita melakukan beberapa gerakan yang dapat membentuk. Beberapa dari manfaat olahraga bersepeda tersebut antara lain adalah:  Bersepeda dapat membuat tubuh menjadi berenergi dan menjaga bentuk tubuh. maka lempengan itu akan bergerak dan terlatih kinerjanya. Bersepeda dikenal sebagai salah satu jenis olahraga karena manfaat bersepeda sangat banyak bagi tubuh. silahkan Anda mencoba untuk bersepeda setiap hari secara rutin.  Bersepeda dapat mengurangi stress dan menjaga kesehatan jantung. . dan menguatkan serta mengurangi lemak pada otot paha. Mengenai manfaat bersepeda ini. betis. Untuk membuktikan salah satu manfaat bersepeda adalah saat Anda mengalami sakit pada punggung. Mengapa demikian? Karena nyeri pada bagian punggung umumnya diakibatkan lempengan disc pada tulang punggung kurang terlatih sehingga tulang punggung sulit untuk mendapat nutrisi yang cukup.

Aerobik membantu untuk memperluas paru-paru dan meningkatkan stamina dan kekuatan. 3. Anda meningkatkan daya tahan dan kekuatannya. Terus anda dari sakit sering. 5.paru-paru Anda seperti bagian lain dari tubuh Anda. Ketika Anda membakar lemak dan menurunkan berat badan. Setelah daya tahan Anda dibangun. 2. Aerobics adalah cara yang bagus untuk tetap sehat. Meningkatkan kinerja paru-paru. Itu karena mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan fungsi jantung. Anda akan melihat bahwa tubuh Anda sedang mencari lebih seksi dari sebelumnya. 6. Sebagai sinyal tubuh Anda stres. Membantu Anda untuk menurunkan berat badan. 4. 1. . Aerobik membuat Anda terlihat seksi. Menjaga jantung dan paru-paru bekerja dengan baik adalah hal yang terpenting untuk dapat menguasai latihan berat tertentu. ia mulai membakar timbunan lemak yang tersimpan yang membantu Anda untuk menurunkan berat badan. akan lebih mudah untuk menyelesaikan latihan Anda dalam jumlah yang relatif singkat. Aerobik memungkinkan tubuh Anda untuk membakar lemak dengan meningkatkan denyut jantung Anda. Dengan menaikkan detak jantung Anda selama minimal 20 menit.Senam Aerobik 10 alasan yang benar-benar baik bahwa Anda harus menyertakan senam aerobik untuk program kebugaran perempuan Anda.

Berenang Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang juga merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). koordinasi penting untuk gaya hidup sehat. 9. Melawan depresi. karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. 8. tapi baik ke masa depan kita. Membantu Anda hidup lebih lama. kegiatan aerobik yang teratur telah dikenal untuk meningkatkan mood seseorang dan membantu membendung efek depresi. koneksi tubuh roh. Tidak hanya hari ini. saya pikir sudah cocok untuk memilikinya pada akhir sebagai semacam ringkasan terhadap efek aerobik diberkati yang menawarkan untuk kesehatan dan kesejahteraan. Berenang terbilang minim risiko cedera fisik. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas). Namun. Terutama saat kita usia. karena mencakup semua manfaat yang saya ketahui sejauh ini.Tidak hanya peningkatan denyut jantung Anda memperbaiki mood Anda. membantu untuk menangkal penyakit diabetes. ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. 10. hidup lebih lama harus atas tabel. Meningkatkan kesehatan yang berhubungan dengan isu-isu. Latihan aerobik meningkatkan koordinasi Anda.7. kegiatan aerobik dapat menyenangkan dan terlalu ramah. Dengan semua manfaat yang menawarkan aerobik. Kegiatan aerobik adalah cara yang bagus untuk membuat pikiran. kolesterol serta kadar gula. Berenang . Acara telah dikenal untuk meningkatkan tekanan darah.

Penapasan kita menjadi lebih sehat. Menambah tinggi badan Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya). tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. dan paru-paru.memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin. Self safety Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut. pembuluh darah. pinggang. Membakar kalori lebih banyak Saat berenang. Artinya. sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh. dada. tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Melatih pernafasan Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Menghilangkan stres . anggota gerak bawah. dan telapak kaki. kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh. mulai dari kepala. dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang. dll). Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki. manfaat tersebut antara lain : Membentuk otot Saat berenang. berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air. leher. perut. Saat bergerak di dalam air. dapat memacu aliran darah ke jantung. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi. anggota gerak atas. lancar. punggung.

agar tubuh tidak ‘kaget’. dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit. Anda dapat melakukan stretching atau peregangan guna membantu mengurangi kekakuan otot dan rasa pegal.Secara psikologis. stretching sebenarnya sangat penting bagi Anda yang aktivitas sehariharinya banyak dihabiskan dengan duduk di depan komputer. Duduk tegak. Sebaiknya. Beberapa contoh gerakan stretching yang dapat Anda coba di kantor antara lain: Side neck stretches 1. Tetap olahraga saat sibuk di kantor/kampus? Bisa. berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih. miringkan leher ke arah pundak secara perlahan. coba ini! Stretching Gerakan-gerakan sederhana ini bisa dilakukan secara singkat di sela-sela kesibukan di kantor. mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. pikiran lebih adem. Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam. Setelah beberapa minggu. Suasana hati jadi sejuk. lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. badan pun bebas gerah. Duduk dalam waktu lama dapat memberikan tekanan pada tulang punggung dan membuat otot-otot tubuh menjadi tegang. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan. latihan bisa ditingkatkan. berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Sebelum berenang. . Lakukan gerakan untuk kedua sisi. seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. dan tahan selama 10 detik. Meskipun tampak ringan. 2. Untuk mengatasinya.

Turunkan kembali pundak ke posisi normal. 3. Tips: Selain untuk mengurangi kekakuan pada bagian pundak. misalnya di depan komputer. Frekuensi latihan: Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari terutama ketika Anda sedang merasa pegal di bagian pundak . 2. Frekuensi latihan: Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari Tips: Lakukan dengan posisi punggung tegak.Bagian tubuh yang terlatih: otot leher Kegunaan: Latihan ini dapat membantu mengurangi kekakuan pada bagian leher. Duduk tegak. dan tahan selama 3-5 detik. Shoulder shrug 1. Ulangi gerakan hingga 2-3 kali. angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga. Bagian tubuh yang terlatih : otot bahu Kegunaan : Latihan ini dapat membantu mengurangi kekakuan pada bagian bahu. gerakan ini juga bermanfaat untuk bagian leher. Gerakan ini cocok bagi Anda yang pekerjaannya melibatkan posisi kepala menghadap satu arah terus menerus.

Ulangi untuk siku sebelah kanan Bagian tubuh yang terlatih : otot bahu. Tahan selama 5 detik. Tips: Latihan ini dapat membantu mengurangi rasa pegal dan kekakuan punggung setelah lama duduk saat bekerja.Back side-stretch 1. lengan. Duduk tegak. 2. pegang siku kiri dengan tangan kanan. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan untuk melakukan peregangan otot bagian punggung. Bagian tubuh yang terlatih : otot bahu. Duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. lalu gerakkan dan dorong siku kiri ke arah pundak kanan. punggung dan lengan atas . Frekuensi latihan: Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari ketika punggung Anda merasa pegal ataupun lelah. Middle back stretch 1. 2. punggung Kegunaan : Latihan ini dapat membantu mengurangi kekakuan pada bagian punggung dan bahu.

3. Bagian tubuh yang terlatih : otot paha Kegunaan : Latihan ini dapat membantu meregangkan lutut dan paha. Back and leg curl 1. Gerakkan pergelangan kaki dengan cara mengarahkan ujung jari ke atas dan ke depan. Ulangi gerakan dengan kaki kiri. .Kegunaan : Latihan ini dapat membantu meregangkan otot bahu dan lengan. Saat duduk di kursi. 3. 2. 2. Posisikan tubuh sedikit membungkuk ke arah depan dan dekatkan hidung ke arah lutut. pegang kaki kanan di bagian depan betis lalu angkat kaki tersebut sembari ditekuk. Ankle flex and stretch 1. Frekuensi latihan: Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari ketika Anda merasa otot bahu dan lengan terasa lelah atau pegal Tips: Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot punggung dan juga lengan. Ulangi untuk kaki kiri. Duduk tegak. yang terutama sering terasa kaku dan pegal setelah lama duduk saat bekerja. Tips: Lakukan gerakan ini untuk membantu mengatasi rasa kaku di punggung dan kaki. angkat kaki kanan dari permukaan lantai.

. Kegunaan : Latihan ini dapat membantu mengurangi kekakuan pada bagian kaki jika Anda lama duduk saat bekerja.Bagian tubuh yang terlatih : otot paha dan betis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful