Makassar, 11 Nopember 2011 Hal : Permohonan izin.

Kepada Yth. KOORDINATOR STEERING COMMITE ORGANIK 2011 FAK. MIPA UNPACTI MKS di Tempat Dengan hormat, Sehubungan dengan pelaksanaan Training Orientasi Kemahasiswaan dan Sosialisasi Ilmu Kefarmasian Tahun 2011 (Toksik 2011) yang akan diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2011 Jurusan Farmasi tanggal 11-13 Nopember 2011, di sampaikan bahwa saya tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut sampai selesai (sesuai jadwal) berhubung ada kegiatan dinas yang tidak bisa saya tinggalkan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut, untuk itu mohon pengertian dan kerjasamanya. Demikian surat penyampaian dari saya ini, atas pengertian dan kerjasamanya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimah kasih.

Hormat saya,

Irmawati Masse Stb. 511 011 047

BAB I

PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini. AlQuran menerangkan bahwa manusia berasal tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah, seperti : Turab, Thien, Shal-shal, dan Sualalah. Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia diciptakan Allah dari bermacam-macam unsur kimiawi yang terdapat dari tanah. Adapun tahapan-tahapan dalam proses selanjutnya, Al-Quran tidak menjelaskan secara rinci. Akan tetapi hampir sebagian besar para ilmuwan berpendapat membantah bahwa manusia berawal dari sebuah evolusi dari seekor binatang sejenis kera, konsep-konsep tersebut hanya berkaitan dengan bidang studi biologi. Anggapan ini tentu sangat keliru sebab teori ini ternyata lebih dari sekadar konsep biologi. Teori evolusi telah menjadi pondasi sebuah filsafat yang menyesatkan sebagian besar manusia. Dalam hal ini membuat kita para manusia kehilangan harkat dan martabat kita yang diciptakan sebagai mahluk yang sempurna dan paling mulia. Walaupun manusia berasal dari materi alam dan dari kehidupan yang terdapat di dalamnya, tetapi manusia berbeda dengan makhluk lainnya dengan perbedaan yang sangat besar karena adanya karunia Allah yang diberikan kepadanya yaitu akal dan pemahaman. Itulah sebab dari adanya penundukkan semua yang ada di alam ini untuk manusia, sebagai rahmat dan karunia dari Allah SWT. {“Allah telah menundukkan bagi kalian apa-apa yang ada di langit dan di bumi semuanya.”}(Q. S. Al-Jatsiyah: 13). {“Allah telah menundukkan bagi kalian matahari dan bulan yang terus menerus beredar. Dia juga telah menundukkan bagi kalian malam dan siang.”}(Q. S. Ibrahim: 33). {“Allah telah menundukkan bahtera bagi kalian agar dapat berlayar di lautan atas kehendak- Nya.”}(Q. S. Ibrahim: 32), dan ayat lainnya yang menjelaskan apa yang telah Allah karuniakan kepada manusia berupa nikmat akal dan pemahaman serta derivat (turunan) dari apa-apa yang telah Allah tundukkan bagi manusia itu sehingga mereka dapat memanfaatkannya sesuai dengan keinginan mereka, dengan berbagai cara yang mampu 1 mereka lakukan. Kedudukan akal dalam Islam adalah merupakan suatu kelebihan yang diberikan Allah kepada manusia dibanding dengan makhluk-makhluk-Nya yang lain. Dengannya, manusia dapat membuat hal-hal yang dapat mempermudah urusan mereka di dunia. Namun, segala yang dimiliki manusia tentu ada keterbatasanketerbatasan sehingga ada pagar-pagar yang tidak boleh dilewati.

Dengan demikian, manusia adalah makhluk hidup. Di dalam diri manusia terdapat apa-apa yang terdapat di dalam makhluk hidup lainnya yang bersifat khsusus. Dia berkembang, bertambah besar, makan, istirahat, melahirkan dan berkembang biak, menjaga dan dapat membela dirinya, merasakan kekurangan dan membutuhkan yang lain sehingga berupaya untuk memenuhinya. Dia memiliki rasa kasih sayang dan cinta, rasa kebapaan dan sebagai anak, sebagaimana dia memiliki rasa takut dan aman, menyukai harta, menyukai kekuasaan dan kepemilikan, rasa benci dan rasa suka, merasa senang dan sedih dan sebagainya yang berupa perasaan-perasaan yang melahirkan rasa cinta. Hal itu juga telah menciptakan dorongan dalam diri manusia untuk melakukan pemuasan rasa cintanya itu dan memenuhi kebutuhannya sebagai akibat dari adanya potensi kehidupan yang terdapat dalam dirinya. Oleh karena itu manusia senantiasa berusaha mendapatkan apa yang sesuai dengan kebutuhannya,hal ini juga dialami oleh para mahluk-mahluk hidup lainnya, hanya saja, manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya dalam hal kesempurnaan tata cara untuk memperoleh benda-benda pemuas kebutuhannya dan juga tata cara untuk memuaskan kebutuhannya tersebut. Makhluk hidup lain melakukannya hanya berdasarkan naluri yang telah Allah ciptakan untuknya sementara manusia melakukannya berdasarkan akal dan pikiran yang telah Allah karuniakan kepadanya. Dewasa ini manusia, prosesnya dapat diamati meskipun secara bersusah payah. Berdasarkan pengamatan yang mendalam dapat diketahui bahwa manusia dilahirkan ibu dari rahimnya yang proses penciptaannya dimulai sejak pertemuan antara spermatozoa dengan ovum. Didalam Al-Qur`an proses penciptaan manusia memang tidak dijelaskan secara rinci, akan tetapi hakikat diciptakannya manusia menurut islam yakni sebagai mahluk yang diperintahkan untuk menjaga dan mengelola bumi. Hal ini tentu harus kita kaitkan dengan konsekuensi terhadap manusia yang diberikan suatu kesempurnaan berupa akal 2 dan pikiran yang tidak pernah di miliki oleh mahluk-mahluk hidup yang lainnya. Manusia sebagai mahluk yang telah diberikan kesempurnaan haruslah mampu menempatkan dirinya sesuai dengan hakikat diciptakannya yakni sebagai penjaga atau pengelola bumi yang dalam hal ini disebut dengan khalifah. Status manusia sebagai khalifah , dinyatakan dalam Surat All-Baqarah ayat 30. Kata khalifah berasal dari kata khalafa yakhlifu khilafatan atau

Pengertian Manusia Menurut Al-Qur’an Manusia adalah makhluk ciptaan Allah. 3 BAB II PEMBAHASAN 2. akal. mendorong keingintahuan pmbaca tentang manusia 1.1.3.selain itu khalifah juga merupakan pemelihara ataupun penjaga bumi ini dari kerusakan. yang biasanya dihubungkan dengan jabatan pimpinan umat islam sesudah Nabi Muhammad saw wafat . Itulah antara lain hakikat wujud manusia yang lain ialah bahwa manusia itu adalah makhluk utuh yang terdiri atas jasmani. Namun kebanyakan umat Islam menerjemahkan dengan pemimpin atau pengganti.2. Tujuan Pada penulisan makalah ini mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut: 1. basyar 3. menambah pengetahuan tentang tanggung jawab manusia sebagai hamba dan khalifah 3. Metode Penulisan Dalam penulisan makalah ini penulis hanya menggunakan metode literature yaitu metode pengumpulan data dengan mengambil dari buku – buku dan bahan – bahan yang ada hubunganya dengan pokok permasalahan. yakni selain sebagai pemimpin manusia juga berfungsi sebagai penerus ajaran agama yang telah dilakukan oleh para pendahulunya. mengetahui hakikat manusia menurut islam 2. sehingga kata khalifah dapat diartikan sebagai pemilih atau penerus ajaran Allah. Maka penulis membatasi makalah ini dari pokok-pokok isi Al qur’an dan dasar-dasar hokum bagi manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.yaitu : 1. Dalam Alqur'an ada 3 kata yang digunakan untuk menunjukan arti manusia. Akan tetapi fungsi dari khalifah itu sendiri sesuai dengan yang telah diuraikan diatas sangatlah luas. 1. 1. bani adam / dzurriyat adam . dan rohani sebagai potensi pokok.khalifatan yang berarti meneruskan. insan / ins / annas 2. baik pimpinan yang termasuk khulafaurrasyidin maupun di masa Muawiyah-‘Abbasiah. ia berkembamg dipengaruhi oleh pembawaan dan lingkungannya. Pembatasan Masalah Penulis ingin memberikan wawasan tentang isi kandungan Al qur’an.4. ia berkecenderungan beragama.

Manusia diciptakan Allah Swt. meneliti dan menghayati alam dalam rangka memperoleh ilmu 4 pengetahuandan kesejahteraan . akal dan rasa. " Sesungguhnya orang yang mengatakan : tuhan kami adalah Allah. estetika dan agama.tiap yang berjiwa akan mati.benarnya) dan hanya kepada kami kamu dikembalikan " kata insan digunakan untuk menunjuk manusia dengan segala totalitasnya . Sedangkan dalam Hubungan social Alqur’an memberikan istilah Annas yang merupakan jamak dari kata insane dan perwujudan kualitas keinsanian manusia ini tidak terlepas dari konteks sosialnya dengan lingkungan. sebagaimana Firman Allah dalam surat as-Syam 8 : " maka allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) esesatan dan ketakwaan " Akal sebagai potensi intelegensi berfungsi sebagai filter yang menyeleksi mana yang benar dan mana yang salah yang didorong oleh nafsu akal akan membawa manusia untuk memahami . Konsep basyar dan insan merupakan konsep islam tentang manusia sebagai individu . jasmani dan rohani.Orang yang lalim itu mengikuti hawanafsunya tanpa ilmu pengetahuan " ( Qs Arrum : 29 ) sedangkan rasa merupakan potensi yang mengarah kepada nilai . " akan tetapi Orang . yaitu nafsu . di dalam diri manusia terdapat tiga kemampuan yang sangat potensial untuk membentuk struktur kerohaniahan . nafsu merupakan tenaga potensial yang berupa dorongan untuk berbuat kreatif dan dinamis yang yang dapat berkembang kepada dua arah . kemudian mereka berIstiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada pula berduka" (Qs Al Ahqaf : 13) Ketiga potensi Dasar diatas membentuk Struktur kerohaniahan yang berada Di dalam diri manusia yang kemudian akan membentuk manusia sebagai insan.nilai etika. kami akan menguji kamu dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan (yang sebenar. fisik psikis. 2. Kata Basyar menunjukan manusia dari sudut lahiriyahnya (fisik) serta persamaanya dengan manusia seluruhnya . seperti firman Allah dalam surat Al-Anbiya : 34-35 "kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhamad) maka apabila kamu mati apakah mereka akan kekal ? tiap . yaitu kebaikan dan kejahatan.Sedangkan yang paling banyak di jelaskan dalam alquran adalah Basyar dan insane. Proses Kejadian Manusia Di dalam Alqur’an Proses kejadian Manusia dapat di jelaskan sebagai berikut : 1. Berasal dari saripati tanah.2. ( Qs Al Hijr : 28 ) .

maka maksudnya adalah bahwa proses kejadiannya melalui oksidasi pembakaran. . Oleh karena itu bahan-bahan pembuat manusia yang disebut dalam al. seperti : Turab. umumnya dipahami secara lahiriah. segumapl darah. segumpal daging. untuk kemudian bereaksi kimiawi. ketika masih di alam ruh manusia telah berjanji mentauhidkan Allah (Qs Al A’raf : 172 ) Al-Quran menerangkan bahwa manusia berasal tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah. 5 Ayat-ayat yang menyebutkan bahwa manusia diciptakan dari tanah. karena tidak semua unsur kimia yang ada dalam tanah ikut diserap oleh tumbuhtumbuhan. 12-14 ) 3. yaitu pada tanah. dan Sualalah. tulang dibungkus dengan daging dan akhirnya menjadi makhluk yang paling sempurna (Qs Almukminun . Sedangkan kalau dikatakan sebagai tembikar yang dibakar . tetapi sebagian saja. Thien. Ditiupakn Ruh (Qs Alhijr : 29 ) 4. Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia diciptakan Allah dari bermacam-macam unsure kimiawi yang terdapat dari tanah. Hal ini itu menimbulkan pendapat bahwa manusia benar-benar dari tanah. menthe. Dari segumpal tanah lalu menjadi nutfah ( didalam rahim ). Pendapat tersebut didasarkan atas asumsi bahwa: Ayat-ayat yang menerangkan bahwa manusia diciptakan dari tanah tidak berarti bahwa semua unsure kimia yang ada dalam tanah ikut mengalami reaksi kimia. hanya merupakan petunjuk dimana sebenarnya bahanbahan pembentuk manusia yaitu ammonia. dan air terdapat. Akan tetapi ada sebagian umat islam yang berpendapat bahwa Adam bukan manusia pertama. maka segala sesuatu dapat terjadi.2. Jika dinyatakan istilah “Lumpur hitam yang diberi bentuk” (mungkin yang dimaksud adalah bahan-bahan yang terdapat pada Lumpur hitam yang kemudian diolah dalam bentuk reaksi kimia). prosesnya dapat diamati meskipun secara bersusah payah. Shal-shal. Pada zaman dahulu tenaga yang memungkinkan terjadinya sintesa cukup banyak dan terdapat di mana-mana seperti panas dan sinar ultraviolet. Adapun tahapan-tahapan dalam proses selanjutnya. Hal itu seperti pernyataan bahwa tumbuh-tumbuhan bahan makanannya dari tanah. Sebelum ruh ditiupkan . alQuran tidak menjelaskan secara rinci. Manusia yang sekarang ini. Berdasarkan pengamatan yang mendalam dapat diketahui bahwa manusia dilahirkan ibu dari rahimnya yang proses penciptaannya dimulai sejak pertemuan antara permatozoa dengan ovum. dengan asumsi karena Tuhan berkuasa .Quran hanya merupakan petunjuk manusia yang disebut dalam al-Quran .

biologi. Hal ini dimungkinkan karena segala sesuatu yang ada didunia juga mengalami proses yang seperti dinyatakan antara lain dalam surat al-A’la 1-2 dan Nuh 14. Apa yang dikehendaki Allah pasti terwujud dan terwujudnya mungkin saja melalui suatu proses. Jika diperhatikan surat Ali Imran 59 dimana Allah menyatakan bahwa penciptaan Isa seperti proses penciptaan Isa seperti proses penciptaan Adam.masing akan teguh pada pendiriannya. agar dalam memahami ayat-ayat tersebut tidak secara harfiah. ahli-ahli kimi. Dalam pidatonya setelah diangkat oleh umat islam. kata khalifah berasal dari kata khalafa yakhlifu khilafatan atau khalifatan yang berarti meneruskan. Perlu diingat bahwa istilah khalifah pernah dimunculkan Abu bakar pada waktu dipercaya untuk memimpin umat islam. Jika polemik ini senantiasa diperpanjang. yang berarti aku adalah pelanjut sunah rasulillah. tetapi apabila saya menyimpang . maka Adam lahir pula dari sesuatu yang hidup sebelumnya.Ayat yang menyatakan ( zahir ayat ) bahwa jika Allah menghendaki sesuatu jadi maka jadilah ( kun fayakun ). diharapkan menjadi khalifah ( pemilih atau penerus ajaran Allah ). dinyatakan dalam al-baqarah 30. maka ikutilah saya.jangan hanya akan menghabiskan waktu dan tidak sempat lagi memikirkan tentang status dan tugas yang telah ditetapkan Allah pada manusia al-Quran cukup lengkap dalam memberikan informasi tentang itu. abu bakar antara lain menyatakan “selama saya menaati Allah. Pada waktu itu beliau mengucapkan inni khalifaur rasulillah. jangan. bukan ayat yang menjamin bahwa setiap yang dikehendaki Allah pasti akan terwujud seketika. Yang perlu diingatkan sekarang adalah bahwa manusia oleh Allah. Kebanyakan umat Islam menerjemahkan dengan pemimpin atau pengganti. dan lain-lainnya perlu dilibatkan. yaitu maryam. Status manusia sebagai khalifah . dapat juga berarti suatu proses. Jika . Dalam hal ini harus dibedakan antara kalimat kun fayakun dengan kun fa kana. sehingga kata khalifah dapat diartikan sebagai pemilih atau penerus ajaran Allah. diciptakan langsung atau melalui suatu proses tampaknya tidak akan ada ujungnya karena masing. Untuk memahami informasi tersebut secara mendalam. Hal itu karena kata 6 “tsumma” yang berarti kemudian. maka luruskanlah saya”. yang biasanya dihubunkan dengan jabatan pimpinan umat islam sesudah Nabi Muhammad saw wafat . maka dapat menimbulkan pemikiran bahwa apabila isa lahir dari sesuatu yang hidup. baik pimpinan yang termasuk khulafaurrasyidin maupun di masa Muawiyah-‘Abbasiah. Perbedaan pendapat tentang apakah adam manusia pertama atau tidak.

Nafs adalah jiwa . dan Qolb ( Ali Imran 159. sedang yang dapat mengendalikan kecenderungan negatif adalah aqal dan qolb. maka tidak setiap manusia mampu menerima atau melaksanakan kekhalifahannya. Ali Imran 185 dan lain-lain ) .dengan arti kata “ memberi bentuk baru”. Al-Ara’f 179. Tetapi jika hanya dengan aqal dan qolb. Ruh (al-Hijr 29. Dalam penciptaannya manusia dibekali dengan beberapa unsure sebagai kelengkapan dalam menunjang tugasnya. Kemampuan seseorang untuk dapat menetralisasi kecenderungan negatif tersebut ( karena tidak mungkin dihilangkan sama sekali ) ditentukan oleh kemauan dan kemampuan dalam menyerap dan membudayakan wahyu. al-Mulk 10 dan lain-lain). Hal itu karena kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua orang mau memilih ajaran Allah. suka melampaui batas ( al-‘Alaq 6 ) suka terburu nafsu ( al-Isra 11 ) dan lain sebagainya. sebab yang tahu apa yang akan terjadi dimasa depan hanya Allah. As-Sajadah 9. saripati makanan. yaitu ilmu yang obyektif dari Allah. dan Qolb adalah daya rasa.demikian pengertian khalifah. . Berdasarkan ungkapan pada surat al-Baqarah 30 terlihat suatu gambaran bahwa Adam bukanlah manusia pertama. Aqal adalah 7 daya fakir. tetapi ia khalifah pertama. Ruh adalah daya hidup. karena subyektif. Hal itu semua merupakan produk dari nafsu . Dalam ayat tersebut. malaikat melihat ada makhluk dan jenis makhluk yang dilihat adalah jenis yang selalu merusak alam dan bertumpah darah. Shad : 34 ). Pemahaman seperti ini konsisten dengan ungkapan malaikat yang menyatakan “ apakah engkau akan menjadikan di bumi mereka yang merusak alam dan bertumpah darah?” ungkapan malaikat tersebut memberi pengertian bahwa sebelum adam diciptakan.sifat yang negatif seperti lemah ( an-Nisa 28 ). suka berkeluh kesah ( al-Ma’arif 19 ). sedang kata ja’ala mengarah pada sesuatu yang bukan baru. Di samping itu manusia juga disertai dengan sifat. Yang dapat mengendalikan adalah wahyu. Aqal ( al-Baqarah 76. suka membantah ( al-kahfi 54 ). al-Anfal 22. kecenderungan tersebut belum sepenuhnya dapat terkendali. Al-anbiya’ : 91 dan lain-lain). Adanya pengertian seperti itu dimungkinkan. Yang dibicarakan secara terinci namun dalam ungkapan yang tersebar adalah proses terciptanya manusia dari tanah. Kata khalaqa mengarah pada penciptaan sesuatu yang baru. suka berbuat zalim dan ingkar ( ibrahim 34). Nafs (al. Jasad adalah bentuk lahiriah manusia. Unsur-unsur tersebut ialah : jasad ( al-Anbiya’ : 8. Shaffat 84 dan lain-lain ). kata yang dipakai adalah jaa’ilun dan bukan khaaliqun. Dengan demikian al-Quran tidak berbicara tentang proses penciptaan manusia pertama. karena malaikat tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa depan.Baqarah 48.

Sedangkan binatang bergerak diruang yang terbatas. Oleh karena al-Quran tidak bicara tentang manusia pertama. maupun diudara. Kelebihan manusia adalah kemampuan untuk bergerak dalam ruang yang bagaimanapun. Jika manusia hidup dengn ilmu selain ilmu Allah. tetapi dengan bantuan ilmu pengetahuan dapat dipahami urutannya. Allah menciptakan manusia dalam keadaan sebaik-baiknya (at-Tiin : 95:4). Biarkanlah para 8 saintis berbicara tentang asal-usul manusia dengan usaha pembuktian yang berdasarkan penemuan fosil.3. manusia tidak bermartabat lagi. Dengan ilmu manusia mampu berbudaya. pemahaman ayat akan lebih sempurna jika ditunjang dengan ilmu pengetahuan. ditiupkannya ruh. sehingga dapat memahami ilmu yang diturunkan Allah. Persamaan dan perbedaan manusia dengan makhluk lain Dibanding makhluk lainnya manusai mempunyai kelebihan-kelebihan. “mereka itu seperti binatang ( ulaaika kal an’aam ). manusia akan tetap bermartabat mulia kalau mereka sebagai khalifah ( makhluk alternatif ) tetap hidup dengan ajaran Allah ( QS. Mengenai kelebihan manusia atas makhluk lain dijelaskan surat al-Isra’ ayat 70. baik didarat. berkembang menjadi mudgah. jika ada penemuan baru. Kelebihan-kelebihan itu membedakan manusia dengan makhluk lainnya. alaqah. 2. Namun demikian. manusia diberi akal dan hati. Walaupun ada binatang yang bergerak didarat dan dilaut. bahkan lebih buruk dari binatang ( bal hum adhal ). Dalam keadaan demikian manusia bermartabat rendah ( at-Tiin : 4 ).” Perintah ataupun tugas yang diberikan oleh Allah kepada manusia dalam beribu9 . Dengan demikian.air yang kotor yang keluar dari tulang sulbi.4. Tujuan Penciptaan Manusia Allah SWT berfirman dalam surat Ad-dzariyat:56 bahwasannya:”Allah tidak menciptakan manusia kecuali untuk mengabdi kepadanya”mengabdi dalam bentuk apa? ibadah dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya seperti tercantum dalam Al-qur’an “Sesungguhnya telah ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah. Hasil pembuktian para saintis hanya bersifat relatif dan pada suatu saat dapat disanggah kembali. Disamping itu. Ayat berserak. Al-An’am : 165 ). 2. dilaut. Karena ilmunya itulah manusia dilebihkan ( bisa dibedakan ) dengan makhluk lainnya. kemudian lahir ke dunia setelah berproses dalam rahim ibu. Dalam keadaan demikian manusia disamakan dengan binatang. namun tetap saja mempunyai keterbatasan dan tidak bisa melampaui manusia. Semua itu bersifat sekedar pengayaan saint untuk menambah wawasan pendekatan diri pada Allah. berupa al-Quran menurut sunah rasul.

2.menjalankan larangan. 3.mereka tidak akan merasakan hidup bahagia di dunia dan bahagia di akhirat. Manusia mati bukan atas kehendak dirinya sendiri Tuhan yang menentukan saatnya dan caranya.Sehingga mereka bertolak belakang dari fitrahnya sebagai manusia hamba Allah yang ditugasi untuk beribadah.ribu macam bentuk dimulai dari hal yang paling kecil menuju kepada hal yang paling besar dengan berdasarkan dan berpegang kepada Al-qur’an dan hadist didalam menjalankannya. 2. apalagi menjadi pelopor pembudayaan ajaran Allah.Na’uudzubillaahi min dzalik Dalam hadist shohih diungkapkan bahwa jalan menuju surga itu sangatlah susah sedangkan menuju neraka itu sangatlah mudah. baru setelah itu kepada orang lain. Untuk menjadi pelaku ajaran Allah. tetapi juga ilmu Allah. diantaranya adalah : 1.sangat disayangkan bagi mereka yang terjerumus kedalamnya.Begitupun sebaliknya dengan laranganlarangannya yang seakan terimajinasi sangat indah dalam pikiran manusia namun sebenarnya balasan dari itu adalah neraka yang sangat menyeramkan.Membudayakan ilmu (al Mukmin : 35 ) 10 Ilmu yang telah diketahui bukan hanya untuk disampaikan kepada orang lain melainkan dipergunakan untuk dirinya sendiri dahulu agar membudaya.semua memilih dan berharap akan mendapatkan surga. Seluruhnya berada ditangan Tuhan Hukum Tuhan adalah hukum mutlak yang tak dapat dirubah oleh siapapun hukum yang penuh dengan rahasia bagi manusia yang amat terbatas pikirannya. Seperti apa yang telah dicontohkan oleh Nabi SAW.5. seseorang dituntut memulai dari diridan keluarganya. .larangannya.Dua itu adalah pilihan bagi setiap manusia dari zaman dahulu hingga sekarang.Oleh karenanya. Peran yang hendaknya dilakukan seorang khalifah sebagaimana yang telah ditetapkan Allah.Belajar (surat An naml : 15-16 dan Al Mukmin :54) belajar yang dinyatakan pada ayat pertama surat al Alaq adalah mempelajari ilmu Allah yaitu Al Qur’an.namun masih banyak sekali orang-orang yang mengingkari dengan perintah Allah bahkan mereka lebih tertarik dan terbuai untuk mendekati.Mengajarkan ilmu (al Baqoroh : 31-39) ilmu yang diajarkan oleh khalifatullah bukan hanya ilmu yang dikarang manusia saja. maka peran yang dilakukan adalah sebagai pelaku ajaran allah dan sekaligus pelopor dalam membudayakan ajaran Allah. Fungsi dan Peranan Manusia Berpedoman kepada QS Al Baqoroh 30-36. Manusia terlahir bukan atas kehendak diri sendiri melainkan atas kehendak Tuhan.

dan mereka melakukan apa yang diperintahkan” Itulah firman Allah yang diberikan kepada manusia dalam menjalankan peranannya selama hidup di muka bumi.Kuasa memberi juga kuasa mengambil Betapa piciknya kalau kita hanya tertawa senang sewaktu diberi. Maka ia akan hanya direndahkan dimata manusia Dan juga dimata Tuhan.Bukan diawali dari peran untuk keluarga atau pun negara tapi justru peran itu ditujukan untuk diri sendiri sebelum berperan untuk orang lain. Tuhanlah sutradaranya. Suka duka adalah permainan perasaan. diatasnya terdapat malaikat malaikat 11 yang bengis dan sadis yang tidak mengabaikan apa yang diperintahkan kepada mereka. Kalau tidak pandai dan baik permainannya ia akan tercela. Sebaliknya betapa mengagumkan hati manusia Yang menyenangkan Tuhan Bila seorang biasa yang bodoh miskin Dan dianggap rendah namun mempunyai sepak terjang Dalam hidup ini penuh dengan kebajikan Yang melandaskan kelakuannya pada jalan kebenaran. Yang terpenting adalah menjaga sepak terjang kita Melandasi sepak terjang hidup kita dengan kebenaran Kejujuran dan keadilan?Cukuplah Yang lain tidak penting lagi. Maka mereka itulah yang paling mulia dimata Tuhan. Yang digerakan oleh nafsu iba diri Dan mementingkan diri sendiri.terutama keluarga. barulah bisa berperan untuk orang lain.Peran terhadap diri sendiri dan keluarga. Sebaliknya menangis duka dan penasaran Sewaktu Tuhan mengambil sesuatu dari kita.Jadi untuk bisa membangun sebuah . Apalah artinya seorang pembesar Yang dimuliakan rakyat Bila ia lalim rakus dan melakukan hal hal yang hina.Peranan seseorang harus dibangun dari dalam diri sendiri secara terus menerus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. tidak mungkin kita dalam kondisi kekurangan terus kita meberi untuk orng lain”. Dia berkata pada saya”kawan untuk kita bisa memberikan sesuatu kepada orang lain tentunya kita harus dalam kondisi lebih terlebih dahulu. Sebaliknya biarpun sang sutradara memberi peran kecil tak berarti Peran sebagai seorang pelayan atau rakyat jelata Kalau pemegang peran itu memainkannya dengan sangat baik Tentu ia akan sangat terpuji dimata Tuhan juga dimata manusia. Walaupun seseorang diberi peran sebagai seorang raja besar. jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan. Maka manusia manusia adalah pemain sandiwaranya Yang berperan diatas panggung kehidupan Sutradara yang menentukan permainannya Dan ingatlah bukan perannya yang penting Melainkan cara manusia yang memainkan perannya itu.ketika sebuah pribadi telah menguasai peranannya untuk diri sendiri. “Wahai orang orang yang beriman.Ada sebuah kata kata dari seorang teman yang pernah berbagi dengan saya tentang masalah berderma.

Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini.keluarga. 2. Tanggung Jawab Manusia sebagai Hamba dan Khalifah. negara dan mungkin yang lebih besar lagi maka haruslah menjadi kewajiban kita untuk bisa terlebih dahulu membangun diri kita. Latar Belakang Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. 1. kelompok. Manusia di antara makhluk Allah dan menjadi hamba Allah SWT. Sebagai hamba Allah tanggungjawab manusia adalah amat luas di dalam kehidupannya. Shal-shal.1. Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia diciptakan Allah dari bermacam-macam unsur kimiawi yang terdapat dari tanah. Tanggungjawab manusia secara umum digambarkan oleh Rasulullah SAW di dalam hadis berikut. dan Sualalah. Seorang laki-laki adalah pengembala dalam keluarganya dan akan ditanya tentang pengembalaannya. Anggapan ini tentu sangat . Al-Quran tidak menjelaskan secara rinci. konsep-konsep tersebut hanya berkaitan dengan bidang studi biologi. Al-Quran menerangkan bahwa manusia berasal tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah. Tanggungjawab Manusia Sebagai Hamba.6. Akan tetapi hampir sebagian besar para ilmuwan berpendapat membantah bahwa manusia berawal dari sebuah evolusi dari seekor binatang sejenis kera. Adapun tahapan-tahapan dalam proses selanjutnya. Seorang isteri adalah pengembala di rumah suaminya dan akan ditanya tentang pengembalaannya. Allah SWT dengan kehendak kebijaksanaanNya telah mencipta makhluk.Seorang 12 BAB I PENDAHULUAN 1. seperti : Turab. Dari Ibnu Umar RA katanya. Thien.makhluk yang di tempatkan di alam penciptaanNya. meliputi semua keadaan dan tugas yang ditentukan kepadanya. “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda yang bermaksud: “Semua orang dari engkau sekalian adalah pengembala dan dipertanggungjawabkan terhadap apa yang digembalainya.

Dia juga telah menundukkan bagi kalian malam dan siang.keliru sebab teori ini ternyata lebih dari sekadar konsep biologi. Di dalam diri manusia terdapat apa-apa yang terdapat di dalam makhluk hidup lainnya yang bersifat khsusus. bertambah besar. sebagai rahmat dan karunia dari Allah SWT. manusia dapat membuat hal-hal yang dapat mempermudah urusan mereka di dunia.”}(Q. Itulah sebab dari adanya penundukkan semua yang ada di alam ini untuk manusia. S. Ibrahim: 33). {“Allah telah menundukkan bagi kalian apa-apa yang ada di langit dan di bumi semuanya. Dengannya. Teori evolusi telah menjadi pondasi sebuah filsafat yang menyesatkan sebagian besar manusia. dan ayat lainnya yang menjelaskan apa yang telah Allah karuniakan kepada manusia berupa nikmat akal dan pemahaman serta derivat (turunan) dari apaapa yang telah Allah tundukkan bagi manusia itu sehingga mereka dapat memanfaatkannya sesuai dengan keinginan mereka.”}(Q. S. menjaga dan dapat membela dirinya. Al-Jatsiyah: 13). Dia memiliki rasa kasih sayang dan cinta.”}(Q. Walaupun manusia berasal dari materi alam dan dari kehidupan yang terdapat di dalamnya. merasakan kekurangan dan membutuhkan yang lain sehingga berupaya untuk memenuhinya. dengan berbagai cara yang mamp mereka lakukan. {“Allah telah menundukkan bagi kalian matahari dan bulan yang terus menerus beredar. manusia adalah makhluk hidup. segala yang dimiliki manusia tentu ada keterbatasan-keterbatasan sehingga ada pagar-pagar yang tidak boleh dilewati. makan. S. Kedudukan akal dalam Islam adalah merupakan suatu kelebihan yang diberikan Allah kepada manusia dibanding dengan makhluk-makhluk-Nya yang lain. . tetapi manusia berbeda dengan makhluk lainnya dengan perbedaan yang sangat besar karena adanya karunia Allah yang diberikan kepadanya yaitu akal dan pemahaman. Dengan demikian. istirahat.Nya. {“Allah telah menundukkan bahtera bagi kalian agar dapat berlayar di lautan atas kehendak. Dalam hal ini membuat kita para manusia kehilangan harkat dan martabat kita yang diciptakan sebagai mahluk yang sempurna dan paling mulia. Dia berkembang. melahirkan dan berkembang biak. Ibrahim: 32). Namun.

menyukai harta. merasa senang dan sedih dan sebagainya yang berupa perasaan-perasaan yang melahirkan rasa cinta. Dewasa ini manusia. manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya dalam hal kesempurnaan tata cara untuk memperoleh benda-benda pemuas kebutuhannya dan juga tata cara untuk memuaskan kebutuhannya tersebut. Didalam Al-Qur`an proses penciptaan manusia memang tidak dijelaskan secara rinci. Berdasarkan pengamatan yang mendalam dapat diketahui bahwa manusia dilahirkan ibu dari rahimnya yang proses penciptaannya dimulai sejak pertemuan antara spermatozoa dengan ovum. Hal ini tentu harus kita kaitkan dengan konsekuensi terhadap manusia yang diberikan suatu kesempurnaan berupa akal dan pikiran yang tidak pernah di miliki oleh mahluk-mahluk hidup yang lainnya.rasa kebapaan dan sebagai anak. . sehingga kata khalifah dapat diartikan sebagai pemilih atau penerus ajaran Allah. menyukai kekuasaan dan kepemilikan. Makhluk hidup lain melakukannya hanya berdasarkan naluri yang telah Allah ciptakan untuknya sementara manusia melakukannya berdasarkan akal dan pikiran yang telah Allah karuniakan kepadanya. sebagaimana dia memiliki rasa takut dan aman. Kata khalifah berasal dari kata khalafa yakhlifu khilafatan atau khalifatan yang berarti meneruskan. prosesnya dapat diamati meskipun secara bersusah payah. Oleh karena itu manusia senantiasa berusaha mendapatkan apa yang sesuai dengan kebutuhannya.hal ini juga dialami oleh para mahluk-mahluk hidup lainnya. rasa benci dan rasa suka. Status manusia sebagai khalifah . Manusia sebagai mahluk yang telah diberikan kesempurnaan haruslah mampu menempatkan dirinya sesuai dengan hakikat diciptakannya yakni sebagai penjaga atau pengelola bumi yang dalam hal ini disebut dengan khalifah. dinyatakan dalam Surat All-Baqarah ayat 30. hanya saja. Hal itu juga telah menciptakan dorongan dalam diri manusia untuk melakukan pemuasan rasa cintanya itu dan memenuhi kebutuhannya sebagai akibat dari adanya potensi kehidupan yang terdapat dalam dirinya. akan tetapi hakikat diciptakannya manusia menurut islam yakni sebagai mahluk yang diperintahkan untuk menjaga dan mengelola bumi.

yang biasanya dihubungkan dengan jabatan pimpinan umat islam sesudah Nabi Muhammad saw wafat . berbentuk seperti gambar disamping. Pipet ini memiliki skala.selain itu khalifah juga merupakan pemelihara ataupun penjaga bumi ini dari kerusakan. Gunakan bulp atau pipet pump untuk menyedot larutan. pipet ukur (Measuring Pipette) Adalah alat yang terbuat dari gelas. Akan tetapi fungsi dari khalifah itu sendiri sesuai dengan yang telah diuraikan diatas sangatlah luas. baik pimpinan yang termasuk khulafaurrasyidin maupun di masa Muawiyah-‘Abbasiah. yakni selain sebagai pemimpin manusia juga berfungsi sebagai penerus ajaran agama yang telah dilakukan oleh para pendahulunya. Digunakan untuk mengambil larutan dengan volume tertentu. 5. Pipet Volum/gondok (Volume pipette) . 6. jangan dihisap dengan mulut.Namun kebanyakan umat Islam menerjemahkan dengan pemimpin atau pengganti.

Labu Ukur (Volumetric flash) Berupa labu dengan leher yang panjang dan bertutup. toleransi. Digunkan untuk mengambil larutan dengan volume tepat sesuai dengan label yang tertera pada bagian yang menggelembung (gondok) pada bagian tengah pipet. volume. Ukurannya mulai dari 1 mL hingga 2 L. di bagian leher terdapat lingkaran graduasi. Gunakan propipet atau pipet pump untuk menyedot larutan. suhu kalibrasi dan kelas gelas. Fungsi : . 7.Pipet ini berbentuk seperti dibawah ini. terbuat dari kaca dan tidak boleh terkena panas karena dapat memuai.

seperti : botol. Digunakan untuk menolong pada saat memasukkan cairan ke dalam suatu wadah dengan mulut sempit. corong gelas (Funnel conical) Biasanya terbuat dari gelas namun ada juga yang terbuat dari plastik. labu ukur.Untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dan mengencerkan larutan dengan keakurasian yang tinggi. buret dan sebagainya. Corong pisah (Separatory funnel) . 9. 8. digunakan juga sebagai tempat untuk menyimpan kertas saring dalam proses penyaringan campuran kimia dengan gravitasi.

bagian bawahnya berkatup. Terbuat dari kaca. Biasanya digunakan dalam proses ekstraksi 10. Fungsi : Untuk memisahkan campuran larutan yang memiliki kelarutan yang berbeda (berdasarkan berat jenis). Buret (Burette) .Berupa corong yang bagian atasnya bulat dengan lubang pengisi terletak di sebelah atas.

Tabung reaksi (Test Tube) Berupa tabung yang kadang dilengkapi dengan tutup. Mempunyai skala dan kran. Fungsi : . Digunakan untuk melakukan titrasi. terdiri dari berbagai ukuran. Gelas arloji (Watch glass) . 11. Volume dari zat yang dipakai dapat dilihat pada skala. Zat yang digunakan untuk menitrasi (titran) ditempatkan dalam buret.01 mL.Terbuat dari gelas.05 mL.Untuk melakukan reaksi kimia dalam skala kecil .wadah untuk perkembangbiakkan mikroba 12. dan 25 dan 50 mL dengan skala 0.Sebagai tempat untuk mereaksikan bahan kimia . Ukurannya mulai dari 5 dan 10 mL (mikroburet) dengan skala 0. Terbuat dari kaca borosilikat tahan panas. dan dikeluarkan sedikit demi sedikit melalui kran.

Tempat menyimpan sampel yang harus bebas air Mengeringkan padatan- .Sebagai penutup gelas kimia saat memanaskan sampel .Tempat saat menimbang bahan kimia . Ada 2 macam desikator : desikator biasa dan vakum. Bahan pengering yang biasa digunakan adalah silika gel. dengan penutup yang sulit dilepas dalam keadaan dingin karena dilapisi vaseline. terdiri dari berbagai ukuran diameter. Fungsi : .Terbuat dari kaca bening. Desikator berupa panci bersusun dua yang bagian bawahnya diisi bahan pengering. Fungsi : . yang dihubungkan dengan selang ke pompa.Tempat untuk mengeringkan padatan dalam desikator 13. Desikator vakum pada bagian tutupnya ada katup yang bisa dibuka tutup.

Labu Didih (Boilling flask) Berupa labu yang memiliki jenis leher : single neck. Terbuat dari kaca tahan panas pada suhu 120-300 oC. Alasnya ada yang bundar (round bottom) dan ada yang rata (flat). double neck. 15. Botol Timbang (Weight bottle) . dan triple neck. Fungsi : Untuk memanaskan larutan dan menyimpan larutan. Ukurannya mulai dari 250 mL sampai 2000 mL.14.

kondensor (Condensor) Digunakan sebagai pendingin uap panas.Biasanya digunakan di dalam menentukan kadar air suatu bahan. Graham. Spiral (dimrot). 16. selain itu digunakan untuk menyimpan bahan yang akan ditimbang terutama untuk bahan cair dan pasta. Gambar disamping adalah contoh dari kondensor lurus (Liebig). bulat (Allihn). kondensor memiliki beberapa jenis. yaitu lurus (Liebig). . biasanya digunakan dalam proses destilasi.

di komentar aja ya. Botol pereaksi (Reagent Bottle) Di gunakan untuk menyimpan larutan bahan kimia.. semoga bermanfaat. .. Kalau ada yang kurang peralatan gelasnya. Mungkin hanya ini sebagian dari peralatan gelas kimia yang sering terdapat di laboratorium pengujian kimia. silakan kasih tahu...17.

Kata ³sel´ itu sendiri dikemukakan oleh Robert Hooke yang berarti ³kotakkotak kosong´.Rudolf Virchow mengemukakan sel itu berasal dari sel (Omnis Cellula E Cellula). Istilah protoplasma pertama kali dipakai oleh Johannes Purkinje. Lipoprotein ini tersusun atas 3 lapisan yang jika ditinjau dari luar ke dalam urutannya adalah:Protein ± Lipid ± Protein Þ Trilaminer Layer . 1. Selaput Plasma (Plasmalemma)Yaitu selaput atau membran sel yang terletak paling luar yang tersusun dari senyawa kimia Lipoprotein (gabungan dari senyawa lemak atau Lipid dan senyawa Protein).Posted by kang farid at 11:40 AM L enelitian menunjukkan bahwa satuan unit terkecil dari kehidupan adalah Sel. setelah ia mengamati sayatan gabus dengan mikroskop. Selanjutnya disimpulkan bahwa sel terdiri dari kesatuan zat yang dinamakan Protoplasma. Inti Sel (Nukleus). Sitoplasma dan Organel Sel. 3. ANATOMI DAN FISIOLOGI SEL Secara anatomis sel dibagi menjadi 3 bagian. Selaput Plasma (Membran Plasma atau Plasmalemma). yaitu: 1. menurut Johannes Purkinje protoplasma dibagi menjadi dua bagian yaitu Sitoplasma dan Nukleoplasma Robert Brown mengemukakan bahwa Nukleus (inti sel) adalah bagian yang memegang peranan penting dalam sel. 2.

Sitoplasma dan Organel SelBagian yang cair dalam sel dinamakan Sitoplasma khusus untuk cairan yang berada dalam inti sel dinamakan Nukleoplasma).E. Khusus pada sel tumbahan. dan ada pula yang soliter. Dinding sel tersusun dari dua lapis senyawa Selulosa. oleh karena itu selaput plasma bersifat Selektif Permeabel atau Semi Permeabel (teori dari Overton). Fungsi dari selaput plasma ini adalah menyelenggarakan Transportasi zat dari sel yang satu ke sel yang lain. Organel Sel tersebut antara lain : a. Pada Noktah/Pit sering terdapat penjuluran Sitoplasma yang disebut Plasmodesma yang fungsinya hampir sama dengan fungsi saraf pada hewan. Agranuler (Smooth E. Chitine. 2. Suberine dan lain-lainSelain itu pada dinding sel tumbuhan kadang-kadang terdapat celah yang disebut Noktah. Retikulum Endoplasma (RE. . ada yang melekat sepanjang R. Granuler (Rough E. Ribosom merupakan organel sel terkecil yang tersuspensi di dalam sel. Struktur R. b.)Yaitu struktur berbentuk benang-benang yang bermuara di inti sel. Ribosom (Ergastoplasma)Struktur ini berbentuk bulat terdiri dari dua partikel besar dan kecil. Pektin.R) Fungsi R. selain mempunyai selaput plasma masih ada satu struktur lagi yang letaknya di luar selaput plasma yang disebut Dinding Sel (Cell Wall).R)‡ RE. Penyusun utama dari sitoplasma adalah air (90%). berfungsi sebagai pelarut zatzat kimia serta sebagai media terjadinya reaksi kirnia sel. Selektif permeabel berarti hanya dapat memasukkan /di lewati molekul tertentu saja. hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. adalah : sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri.E.Lemak bersifat Hidrofebik (tidak larut dalam air) sedangkan protein bersifat Hidrofilik (larut dalam air).Organel sel adalah benda-benda solid yang terdapat di dalam sitoplasma dan bersifat hidup(menjalankan fungsi-fungsi kehidupan). di antara kedua lapisan selulosa tadi terdapat rongga yang dinamakan Lamel Tengah (Middle Lamel) yang dapat terisi oleh zat-zat penguat seperti Lignin.E. Dikenal dua jenis RE yaitu :‡ RE. sedang bagian yang padat dan memiliki fungsi tertentu digunakan Organel Sel.

Benda ini dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa. Sentrosom (Sentriol)Struktur berbentuk bintang yang berfungsi dalam pembelahan sel (Mitosis maupun Meiosis). Sentrosom bertindak sebagai benda kutub dalam mitosis dan meiosis. Badan Golgi (Apparatus Golgi = Diktiosom)Organel ini dihubungkan dengan fungsi ekskresi sel. 2. Dikenal tiga jenis plastida yaitu : 1. karena itu mitokondria diberi julukan ³The Power House´. Kloroplas yaitu plastida berwarna hijau. Kromoplasyaitu plastida yang mengandung pigmen. misalnya :‡ Karotin (kuning)‡ Fikodanin (biru)‡ Fikosantin (kuning)‡ Fikoeritrin (merah) h.Organel ini banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi. Plastida ini berfungsi menghasilkan klorofil dan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. 3. misalnya ginjal.Fungsi dari ribosom adalah : tempat sintesis protein. Miitokondria (The Power House)Struktur berbentuk seperti cerutu ini mempunyai dua lapis membran. LisosomFungsi dari organel ini adalah sebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler. Salah satu enzi nnya itu bernama Lisozym. Nikotin. PlastidaDapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa. Lekoplas (plastida berwarna putih berfungsi sebagai penyimpan makanan). Likopersin dan lain-lain)‡ enzim‡ butir-butir . c. d.terdiri dari: ‡ Amiloplas (untak menyimpan amilum) dan. Kinin. Selaput pembatas antara vakuola dengan sitoplasma disebut TonoplasVakuola berisi :‡ garam-garam organik‡ glikosida‡ tanin (zat penyamak)‡ minyak eteris (misalnya Jasmine pada melati. dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.Struktur ini hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.Lapisan dalamnya berlekuk-lekuk dan dinamakan KristaFungsi mitokondria adalah sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan banyak ATP (energi) . Roseine pada mawar Zingiberine pada jahe)‡ alkaloid (misalnya Kafein. e.‡ Elaioplas (Lipidoplas) (untukmenyimpan lemak/minyak). f. Vakuola (RonggaSel)Beberapa ahli tidak memasukkan vakuola sebagai organel sel.‡ Proteoplas (untuk menyimpan protein).Struktur ini hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. g.

Info and Rating Reads: 208 . dan banyak mengandung enzim oksidase dan katalase (banyak disimpan dalam sel-sel hati). Flagela dan Silia. Terbentuk dari komponen utamanya yaitu protein aktin dan miosin (seperti pada otot). please follow these directions to submit a copyright infringement notice.‡ Sel Eukariotik (sel yang memiliki selaput inti). Fu ngsi dari inti sel adalah : mengatur semua aktivitas (kegiatan) sel. misalnya dijumpaipada bakteri. Inti Sel (Nukleus)Inti sel terdiri dari bagian-bagian yaitu :‡ Selapue Inti (Karioteka)‡ Nukleoplasma (Kariolimfa)‡ Kromatin / Kromosom ‡ Nukleolus(anak inti). MikrotubulusBerbentuk benang silindris.k. tetapi lebih lembut.patiPada boberapa spesies dikenal adanya vakuola kontraktil dan vaknola non kontraktil. Mikrofilamen berperan dalam pergerakan sel. j. 3. MikrofilamenSeperti Mikrotubulus. Peroksisom (Badan Mikro)Ukurannya sama seperti Lisosom. karena di dalam inti sel terdapat kromosom yang berisi ADN yang mengatur sintesis protein. ANATOMI SEL Download this Document for FreePrintMobileCollectionsReport Document Report this document? Please tell us reason(s) for reporting this document Spam or junk Porn adult content Hateful or offensive If you are the copyright owner of this document and want to report it. kaku. Contoh organel ini antara lain benang-benang gelembung pembelahan Selain itu mikrotubulus berguna dalam pembentakan Sentriol.Berdasarkan ada tidaknya selaput inti kita mengenal 2 penggolongan sel yaitu :‡ Sel Prokariotik (sel yang tidak memiliki selaput inti). ganggang biru. Organel ini senantiasa berasosiasi dengan organel lain. i. berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan sebagai ³rangka sel´. Report Cancel This is a private document.

p. 2.Uploaded: 10/08/2010 Category: Uncategorized. p. p. p. 6. p. p. p. 7. p. Rated: Copyright: Attribution Non-commercial Attribution_noncommercial mamank mofa Share & Embed Related Documents PreviousNext 1. More from this user PreviousNext 1. . p. p. 2 p. 5. p. p. p. p. p. p. 41 p. 4 p. p. p. 4. 3. p.

2. Add a Comment Submit share: Characters: 400 Print this document High Quality Open the downloaded document. but others can view it public moderated: others can add to this collection. Download and Print Add this document to your Collections This is a private document.com/scribd * facebook. and select print from the file menu (PDF reader required). 3 p. so it may only be added to private collections. and only you will be able to view it Save collectionCancel Finished? Back to Document Upload a Document Search Documents * Follow Us! * scribd.com/scribd * About * Press * Blog * Partners * Scribd 101 * Web Stuff * Support * FAQ * Developers / API * Jobs * Terms * Copyright * Privacy .com/scribd * twitter. 7 p. + Create a New Collection Name: Description: Collection Type: public locked: only you can add to this collection. but you approve or reject additions private: only you can add to this collection.

Language: English Choose the language in which you want to experience Scribd: * English * Español * Português (Brasil) scribd. scribd.Copyright © 2011 Scribd Inc. scribd. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful