€ . mulai dari kalimat pengenal. € Paragraf dapat juga dikatakan sebagai sebuah karangan yang paling pendek (singkat). sampai pada kalimat penutup.Dalam sebuah paragraf terkandung satu unit buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut. kalimat-kalimat penjelas. kalimat topik.

.

Paragraf pembuka : Paragraf pembukan berperan sebagai pengantar untuk sampai kepada masalah yang akan diuraikan € Paragraf penghubung : semua paragraf yang terdapat antara paragraf pembuka dan paragraf penutup € Paragraf penutup : untuk mengakhiri karangan atau bagian karangan. € .

€ Tanda sebuah paragraf dapat dilihat pada permukaan baris yang agak menjorok kedalam kira-kira lima ketukan dari batas tulisan sebelah kiri. Penandaan paragraf dapat juga dilakukan dengan cara memberikan jarak yang agak renggang dari paragraf sebelumnya atau sebelumnya atau sesudahnya. pembaca mudah melihat dengan jelas batas-batas setiap paragraf. Dengan cara demikian. .

€ . apabila kalimat topik ditunjang oelh sejumlah kalimat penjelas.Kesatuan pikiran: paragraf tersebut harus memperlihatkan dengan jelas suatu maksud atau sebuah tema tertentu. € Koherasi atau padua : paragraf tersebut harus mengandung koherensi atau kepaduan yang baik. € Penjelas: Suatu paragraf dikatakan lengkap.

Hal-hal yang khusus € Dengan alasan-alasan (sebab-akibat) € Dengan perbandingan € Dengan contoh-contoh € Dengan defenisi luas € Dengan campuran € .

. paragraf induktif brarti kalimat utama ada di akhir paragraf. sisanya adalah kalimat penjelas.€ Kalimat utama adalah kalimat inti dalam suatu paragraf. Paragraf deduktif brarti kalimat utama ada di awal paragraf. Dalam satu paragraf pasti ada 1 kalimat inti (ada juga yg lbh dr satu tapi biasanya cuma ada 1. sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat2 yang menjelaskan kalimat inti tsb.karna kalo lebih dr itu dianggap tidak efektif lagi) dan beberapa kalimat penjelas. and sisanya sebagai kalimat penjelas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful