CONTOH MATERI MC BAHASA INDONESIA PEMBUKAAN Assalaamu’alaikum WR.WB Kepada yang Kami hormati Bp.Kepala Desa Selopa Bp.

Sukro jono Bp. Kepala Dukuh Nawung Bp. Sumad Hadhirin-Hadhirot Rokhimakumulloh. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji Syukur kita keHadirat Alloh SWT yang telah memberi Rahmat dan Karunian-Nya sehingga kita dapat berkumpul di Majlis ini. Sholawat dan salam mari kita sanjungkan kepada Rosululloh SWA ynag kita nantikan Syafa’atNya di Hari Kiamat. PEMBACAAN AGENDA Sebelum acara dimulai, perkenankanlah saya untuk membacakan urutan acara pada acara pengajian ini: Pertama PEMBUKAAN Kedua pembacaan kalam Ilahi dan Sari Tilawah Ketiga Sambutan-Sambutan Keempat Istirahat Selanjutnya yaitu pengajian Dan yang terakhir Penutup MEMBUKA ACARA Hadhirin Hadhirot yang Kami hormati, mari acara pada malam ini kita buka dengan bacaan BASMALLAH/UMMUL KITAB AL-FATIKHAH MEMPERSILAHKAN SAMBUTAN / MENGISI PENGAJIAN [ucapan terima kasih] Bapak Ibu Hadhirin yang Kami Hormati, acara selanjutnya yaitu Sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari Ketua Panitia, Kepada Bapak Sumad kami persilahkan. Kami ucapkan terima kasih kepada beliau. Bapak Ibu Hadhirin, demikianlah pengajian pada malam ini. Semoga kita dapat memperoleh hikamah dan dapat melaksanakan apa yang sudak diajarkan oleh Bapak Kyai. PENUTUP Sebelum acara saya tutup, perkenankanlah kami disini mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak-Ibu dalam acara pengajian ini. Dan apabila saya dalam membawakan acara terdapat kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. . Marilah agar pada malam hari ini kita tutup dengan membaca TAHMID bersama-sama ….

Bahasa Tanpa dibekali kepandaian dalam memerankan kepintaran berbahasa. Untuk menjadi pembawa acara yang baik perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini : 1. seorang pembawa acara tidak akan berhasil mengantarkan sebuah acara yang baik. Penampilan (Performance) Dengan penampilan yang menarik. Pertama-tama marilah dengan tulus ikhlas kita bersama-sama bersuyukur kepada Allah SWT. bahkan sering menimbulkan kejengkelan pemirsanya.04. atau tanpa persiapan dan pertimbangan jelas akan memberikan kesan pembawa acara yang amatiran. 4. atas rizki dan karunia-Nya kepada kita semuanya. Assalamualaikum Wr. ananda Agung Wiranata dan Siti Zulaika. Pengantin berdua yang kami sayangi. dan lain-lain. telah kami susun acara resepsi pernikahan ini sebagai berikut : . Sikap Sikap pembawa acara hendaknya mampu menjadi penghubung antara kepentingan penonton dan pelaku kegiatan yang ditampilkannya. taufiq. Bapak Abdulah Faqih sohibul hajat yang kami hormati. bahkan terlihat bengong dan terbatas. Wb. penonton atau pendengar tidak cepat merasa bosan.Wassalaamu’Alaikum WR-WB Tips Menjadi Pembawa Acara 30. pesta resepsi pernikahan. pembawa acara yang tidak memiliki wawasan yang luas terkesan picik. Hadirin yang berbahagia. ragu. 2. pada malam yang berbahagia ini pula. Contoh Naskah Pembawa Acara PESTA RESEPSI PERNIKAHAN/PERKAWINAN Hadirin sekalian yang kami hormati.2010 Seorang pembawa acara (MC) hendaknya dipilih dengan mempertimbangkan bebrapa hal. dan hidayah-Nya. Apalagi jika bertindak selaku pembawa acara resmi. Wawasan Seorang pembawa acara dituntut memiliki wawasan yang kuat dan luas. atas rahmat. Tidak benar jika pembawa acara bisa dilakukan setiap orang tanpa pertimbangan tertentu. Dalam kata lain disebutkan bahwa seorang pembawa acara suatu kegiatan yang tampil acak. Anggapan demikian itu sekurang-kurangnya memberikan kesan kurang profesional. semacam : seminar. sehingga dalam malam yang berbahagia penuh barokah ini kita seluruhnya dapat berkumpul bersama-sama mensyukuri sekaligus menyaksikan malam resepsi pernikahan mempelai berdua. 3.

Untuk itu hadirin kami persilahkan mencermati dan menghayati ceramah agama yang akan segera disampaikan oleh Bapak Kyai H. Untuk itu segera saja kami persilahkan nanda berdua tersebut.1. Pembacaan doa 7. yang sekaligus telah kami bawakan 2. Penutup Untuk memanfaatkan waktu. Pembacaan Kalam Illahi dilanjutkan dengan sari tilawah 3. Selamat mengikuti ceramah agama. marilah sejenak kita jelang acara berikutnya. Selanjutnya seiring doa semoga mempelai berdua berbahagia bersama keluarga selamanya di atas ridla Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Malam ramah tamah 8. Untuk itu segera saja kami serahkan kepada yang mewakilinya. Santapan rohani 6. Sambutan pihak mempelai Wanita 5. dan 9. kami persilahkan hadirin menikmati hidangan yang telah disajikan. sekapur sirih santapan rohani tentang suka dan duka membentuk mahligai bersama bak sebuah bahtera yang senantiasa tidak sepi menerpa dan diterpa gelombang untuk menuju ke pantai impian. Pembukaan. dan diamalkan tidak saja oleh mempelai berdua saja. yakni pembacaan Kalam Illahi dan sari tilawah. Sambutan pihak mempelai Pria 4. Ali Imron. sebagaimana layaknya adat kita maka atas nama keluarga mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak mempelai pria untuk memberikan sekapu sirih. Ali Imron. yang dalam hal ini akan diwakili oleh Bapak Mohammad Amin. Santap malam bersama. Ali Imron yang terhormat kami persilahkan! ***** CERAMAH AGAMA OLEH BAPAK KYAI ***** Terima kasih Bapak Kyai H. sebagai amanat keluarga menyerahkan pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. yang segera akan dibawakan oleh adik kami berdua nanda Dewi Lestari dengan Ricky Prasetyo. Selanjutnya. dihayati. semoga nasehat. adik Dewi Lestari dan Ricky Prasetyo kami persilahkan. petuah dan kajian Bapak tadi dapat dinikmati. marilah kia mulai saja acara selanjutnya. ***** PEMBACAAN KALAM ILLAHI DAN SARI TILAWAH ***** Hadirin yang kami hormati. Yang terhormat wakil keluarga pengantin pria kami persilahkan! ***** SAMBUTAN WAKIL PENGANTIN PRIA ***** Terima kasih Bapak Drs. Widodo yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluarga kepada Bapak Mohammada Amin sebagai orang tua pengantin wanita. namun juga mudah- . dan Bapak Kyai H. untuk itu yang terhormat Bapak Mohammad Amin kami persilahkan! ***** SAMBUTAN WAKIL PENGANTIN WANITA ***** Hadirin dan hadirat yana kami muliakan. Sementara pengantin mempelai berdua bersanding menikmati belaian kasih bak raja sehari di singgasana. yakni ceramah agama. kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kamiserahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita.

agar mendapat syafaat dan berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Selanjutnya kami persilahkan hadirin menikmati hidangan tersebut. Dengan hormat. dan kedua orang tua masing-masing.mudahan dapat diamalkan oleh para hadirin dan hadirat. sekali lagi kami mengucapkan terima kasih. kami atas nama keluarga menyampaikan banyak-banyak terima kasih. ***** ACARA PEMBERIAN SELAMAT ***** Sambil menungg selesainya acara pemberian ucapan selamat. kami persilahkan. kami persilahkan hadirin menikmati hidangan hingga selesai. Bapak Kyai H. Atas nama keluarga mempelai berdua. agaknya pengantin mempelai berdua akan segera memperkenalkan diri kepada hadirin. maka kami persilahkan hadirin yang sudah selesai menuju ke tempat hidangan yang sudah kami persiapkan. beserta sejawat. . Ali Imron. Siti Zulaika dan Agung Wiranata maka berakhirlah resepsi malam ini. ***** ACARA SANTAP MALAM BERSAMA ***** Hadirin dan hadirat yang kami muliakan. keluarga. Terima kasih. Hadirin yang berbahagia. Sambil menikmati hidangan marilah kita jelang saja acara malam ramah tamah ini dengan memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai yang kemudian dilanjutkan dengan santap malam bersama. Selamat bersantap malam. Amin! Hadirin yang kami muliakan. Ali Imron. wb. Untuk itu kami persilahkan Bapak Kyai H. kiranya berkenan memimpin doa. maka marilah kita berdoa bersama-sama sekaligus mendoakan semoga pengantin berdua benar-benar hidup sejahtera lahir dan batin selamanya di dunia hingga akhirat. Wassalamualaikum wr. mohon maaf sebesar-besarnya jika saja ada sesuatu dalam resepsi ini yang kurang atau tidak berkenan di hati hadirin dan hadirat. Untuk semuanya itu maka segera kami persilahkan dengan hormat hadirin secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai. Ali Imron kami persilahkan! ***** ACARA PEMBACAAN DOA BERSAMA ***** Terima kasih Bapak Kyai H. dengan selesainya seluruh acara demi acara malam resepsi pernikahan nanda mempelai berdua.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful