Tri Suwanto - 0906534123 Air merupakan elemen paling melimpah di atas bumi yang meliputi 70% permukaan dengan

jumlah sekitar 1,4 ribu juta kilometer kubik. Namun hanya sekitar 0,003% yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-sehari. Sebagian besar air, sekitar 97%, ada di samudera dan kadar garamnya terlalu tinggi untuk kebanyakan keperluan. 3% sisanya, sekitar 87%, tersimpan dalam lapisan kutub atau sangat dalam di bawah tanah. Potensi ketersediaan air bersih di Indonesia dari tahun ke tahun cenderung berkurang akibat rusaknya daerah tangkapan air dan pencemaran lingkungan yang diperkirakan sebesar 15–35% per kapita per tahun. United States Agency for International Development (USAID) dalam laporannya (2007) menyebutkan penelitian di berbagai kota di Indonesia menunjukkan hampir 100% sumber air minum kita tercemar oleh bakteri E Coli dan Coliform. Di Indonesia pada 2007 tercatat sekitar 13 ribu industri besar dan menengah yang berpotensi mencemari air permukaan dan air tanah. Jumlah ini meningkat sekitar 29% dibanding dengan keadaan pada tahun 2004. Sedangkan untuk industri kecil ada sekitar 94 ribu industri yang berpotensi mencemari air permukaan dan air tanah pada tahun 2007. Jumlah ini menurun sekitar 13 % dibandingkan dengan keadaan pada tahun 2005. Selain dari industri, penggunaan pupuk dan insektisida di sektor pertanian dan perkebunan juga berpotensi mencemari air terutama air permukaan. Pada tahun 2006 penggunaan pupuk anorganik dan pestisida meningkat lima kali lipat dibandingkan dengan penggunaan tahun 2004. Sumber pencemaran lainnya adalah limbah dari rumah tangga. Di Indonesia pada tahun 2007 terdapat sekitar 23% rumah tangga yang tidak mempunyai fasilitas tempat buang air besar. Dengan kondisi tersebut, diperlukan kerjasama semua pihak untuk memelihara dan menjaga sumber air yang ada di bumi ini. Baik industri maupun individu yang dalam keseharian memanfaatkan air untuk pelbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. - Air konservasi di rumah 1. Periksa kran dan pipa untuk kebocoran

Kebocoran yang lebih besar dapat membuang ratusan galon. 5-7 galon air yang terbuang. tisu wajah atau sedikit kecil lainnya dari sampah. cuci turun dan bilas. 5. 4. Anda memiliki kebocoran yang harus diperbaiki segera. Juga. Suku cadang yang paling murah dan mudah untuk menginstal. panjang. Periksa toilet Anda untuk kebocoran Masukan pewarna makanan sedikit dalam tangki toilet Anda. ada kebocoran. 2. Instal kepala pancuran hemat air dan aliran rendah keran aerator Kepala pancuran murah hemat air aliran rendah atau pembatas yang mudah bagi pemilik rumah untuk menginstal. mandi air panas dapat menggunakan 5-10 galon setiap menit tidak dibutuhkan. Anda dapat dengan mudah menginstal sebuah pancuran ShowerStart. 3. yang secara otomatis berhenti berjalan setelah mandi itu menjadi hangat. Gunakan meter air Anda untuk memeriksa kebocoran air tersembunyi Baca meteran air rumah sebelum dan setelah jangka waktu dua jam ketika air tidak sedang digunakan. semua keran rumah tangga harus sesuai dengan aerator. "Low-flow" berarti menggunakan kurang dari 2. Jika. tanpa pembilasan.Sebuah tetesan kecil dari mesin cuci keran usang bisa membuang-buang 20 galon air per hari. Ini rumah terbaik metode konservasi air tunggal juga yang termurah! 6. Juga. Jika meter tidak membaca persis sama.5 galon per menit. warna mulai muncul dalam mangkuk dalam waktu 30 menit. Masukan botol plastik atau booster mengapung di tangki toilet Anda . Batasi mandi Anda dengan waktu yang dibutuhkan untuk sampai sabun. atau menambahkan sebuah konverter ShowerStart untuk shower yang ada. Jangan menggunakan toilet sebagai asbak atau tempat sampah Setiap kali Anda menyiram puntung rokok.

Pastikan minimal 3 galon air tetap di dalam tangki sehingga akan flush benar. Sebuah saran yang lebih baik akan membeli toilet flapper adjustable yang memungkinkan untuk penyesuaian penggunaan per flush mereka. Sebuah mandi empat menit menggunakan sekitar 20 sampai 40 galon air. Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan air adalah dengan mematikan shower setelah menyabuni.Untuk mengurangi air limbah. Matikan air setelah Anda membasahi sikat gigi Anda . Kemudian pengguna dapat menyesuaikan tingkat flush ke minimum per pengaturan siram yang mencapai waktu yang baik tunggal siram masing-masing. pengguna akan memegang tuas ke bawah terlalu lama atau melakukan flushes ganda untuk menyingkirkan limbah. lalu hidupkan kembali untuk berkumur. Mandi dengan pancuran lebih pendek. aman dari mekanisme operasi. 9. Mengganti liter 18 per flush toilet dengan volume yang sangat rendah (ULV) 6 Model siram liter merupakan penghematan 70% dalam air memerah dan akan mengurangi penggunaan air dalam ruangan sekitar 30%. Atau. Hal ini dapat menyimpan sepuluh atau lebih galon air per hari. Isi botol dengan air. tutup sekrup. 7. 8. Sangat mudah dan murah untuk melindungi pipa air Anda dengan pra-celah isolasi pipa busa. menempatkan satu atau dua inci pasir atau kerikil di dalam masing-masing dua botol plastik untuk menimbang mereka. membeli sebuah bank tangki murah atau booster float. Melindungi pipa air Anda.4 galon lebih buruk dari flush 2. pertimbangkan untuk membeli "rendah flush" toilet. Anda akan mendapatkan air panas lebih cepat ditambah menghindari membuang air saat itu memanas. Jika tidak ada air yang cukup untuk mendapatkan flush tepat. yang menggunakan 1 sampai 2 galon per flush bukan 3 sampai 5 galon biasa. Untuk instalasi baru. Dua flushings sebesar 1.0 galon tunggal. dan menempatkan mereka dalam tangki toilet Anda.

dengan limbah jauh lebih sedikit air. 12. Jika menggunakan mesin cuci piring. mengisi satu dengan air sabun dan bilas satu dengan air. Sebagian besar pembuat sabun pencuci piring merekomendasikan tidak pra-pembilasan hidangan yang merupakan penghematan air besar. Untuk beban parsial. Ini akan bilas pisau cukur Anda sama seperti air mengalir. Minimalkan penggunaan unit pembuangan sampah dapur pada wastafel Pembuangan sampah dapur pada wastafel memerlukan banyak air untuk beroperasi dengan baik. Jika Anda berada di pasar untuk mesin cuci pakaian baru. Bilas pisau cukur Anda di wastafel Isi bak dengan beberapa inci air hangat. menghindari siklus pers permanen. Dengan mesin cuci pakaian. 10. mengatur level air sesuai dengan ukuran beban. Dual-putar aerator yang tersedia untuk membuat ini lebih mudah. 11. Ganti mesin cuci tua pakaian. . Ketika mencuci piring dengan tangan. 13. Mulai tumpukan kompos sebagai metode alternatif untuk membuang sampah makanan. Hanya membasahi sikat Anda dan mengisi gelas untuk membilas mulut. jangan biarkan air berjalan untuk pembilasan Jika Anda memiliki daerah aliran ganda.air 50% lebih sedikit dan energi 50% lebih sedikit per beban. pertimbangkan untuk membeli mesin cuci frontload hemat air. New Energy Star rated mesin cuci menggunakan 35 . dan juga menambah besar volume padatan dalam tangki septik yang dapat menyebabkan masalah pemeliharaan. biasanya tidak ada kebutuhan untuk pra-bilas piring. yang menggunakan 20 liter tambah (5 galon) untuk tambahan bilas.Tidak perlu untuk menjaga air berjalan saat menyikat gigi. Gunakan mesin cuci piring dan mesin cuci pakaian untuk hanya beban penuh Otomatis mesin pencuci piring dan mesin cuci pakaian harus sepenuhnya dimuat untuk konservasi air yang optimal. mengumpulkan piring dicuci di rak piring dan bilas dengan perangkat semprotan atau sepanci air panas. Jika Anda memiliki wastafel satu baskom.

Kelompok tanaman sesuai dengan kebutuhan penyiraman mereka. Jika Anda mengisi botol air untuk membawa pada lonjakan luar ruangan. 16.. 15. Tanaman lereng dengan tanaman yang akan menahan air dan membantu mengurangi limpasan. halaman tahan kekeringan. Ganti perbatasan herba tahunan dengan tanaman asli. 18. menggunakan tahan kekeringan rumput seperti "Eco Lawn-" baru. Menyimpan air minum di lemari es dalam botol minum yang aman.. Semak yang indah dan tanaman berkembang dengan penyiraman jauh lebih sedikit dibandingkan spesies lainnya. Jangan mengairi selokan . Pertimbangkan menerapkan prinsip-prinsip xeriscape untuk rendah pemeliharaan. Tanaman tahan kekeringan rumput. Simpanlah botol air minum di lemari es. pertimbangkan untuk membeli filter air LifeStraw pribadi yang memungkinkan pengguna untuk minum air aman dari sungai atau danau atau badan air yang tersedia. 17. Menjalankan air keran untuk mendinginkannya off untuk air minum adalah boros.14. atau overseeding sebuah rumput yang ada. Menambahkan 2 . Gunakan aerator dual-pengaturan.4 inci dari bahan organik seperti kompos atau mulsa kulit akan meningkatkan kemampuan tanah untuk mempertahankan kelembaban. Masukan lapisan mulsa di sekitar pohon dan tanaman Mulsa akan memperlambat penguapan kelembaban sementara mengecilkan pertumbuhan gulma. Tanaman asli akan menggunakan lebih sedikit air dan lebih tahan terhadap penyakit tanaman lokal. Konservasi air di halaman dan taman . Tekan ke bawah mulsa sekitar dripline dari setiap tanaman untuk membentuk depresi sedikit yang akan mencegah atau meminimalkan limpasan air. Jangan biarkan kran berjalan sementara Anda membersihkan sayuran Hanya bilas di wastafel atau tutup panci air bersih. semak dan tanaman Jika Anda menanam rumput baru.

bukan pada area beraspal. Selain itu.ketika itu penuh. Setelah cuaca dingin tiba. dan penyiraman terlambat.Posisi penyiram Anda sehingga tanah air di halaman atau taman. hindari penyiraman saat itu berangin Pagi hari umumnya lebih baik daripada senja karena membantu mencegah pertumbuhan jamur.angin dapat meniup penyiram dari target dan penguapan kecepatan. Rumput paling hanya membutuhkan sekitar 1 "air setiap minggu Selama musim kering. tetapi menghemat banyak air. 19. Penyiraman pagi hari juga merupakan pertahanan terbaik terhadap siput dan hama kebun lainnya. tidak perlu air. Air selama bagian awal hari. Hal ini dapat mengakibatkan rumput musim panas coklat. Anda telah disiram tentang jumlah yang tepat. Menempatkan tuna kosong pada halaman Anda . Jika tetap datar. Penyiraman awal. Rendam rumput Anda Ketika menyiram rumput. Membiarkan rumput tumbuh lebih tinggi (sampai 3 ") juga akan mempromosikan retensi air dalam tanah. 20. Menyirami rumput Anda hanya ketika membutuhkannya Cara yang baik untuk melihat apakah halaman Anda perlu penyiraman menginjak rumput. Anda dapat berhenti sama sekali dan menyiram rumput akan coklat dan tidak aktif. hindari penyiraman pada hari-hari berangin. 22. Tambahkan bahan organik dan menggunakan sistem pengairan yang efisien untuk semak. juga mengurangi kehilangan air penguapan. Cobalah untuk tidak air saat itu berangin . taman bunga dan halaman rumput . embun pagi dan hujan akan membawa rumput kembali ke semangat biasa. Jika mata air kembali ketika Anda bergerak. Kunjungi halaman rumput alam Halaman perawatan untuk informasi lebih lanjut. melakukannya cukup lama untuk kelembaban untuk merendam sampai ke akar di mana ia akan melakukan yang paling baik. 21.. Taburan cahaya dapat menguap dengan cepat dan cenderung mendorong sistem akar dangkal. rumput sudah siap untuk penyiraman.

Ketika penyiraman tangan. Gunakan nosel semprot saat pembilasan untuk lebih efisien penggunaan air. Periksa sering untuk menjaga mereka menetes-bebas. untuk membersihkan jalan masuk dan trotoar 25. Anda dapat sangat mengurangi jumlah air yang digunakan untuk semak. Gunakan mesin cuci selang di spigots dan koneksi selang untuk menghilangkan kebocoran. Tapi mereka bisa sama boros dalam ruangan kebocoran. Daerah yang sudah ditanam dapat menjadi 'top berpakaian' dengan kompos atau bahan organik. tempat tidur dan halaman rumput oleh:    Penempatan strategis selang hujan keras Memasang barel hujan sistem tangkapan air Menginstal sistem drip-irigasi sederhana Hindari over-menyiram tanaman dan semak-semak. 24. gunakan sistem tanpa air cuci mobil. . Periksa kebocoran di pipa. gunakan spray nozzle variabel untuk penyiraman ditargetkan. 23. Jangan lari selang saat mencuci mobil Anda Bersihkan mobil menggunakan seember air sabun. Gunakan selang hanya untuk membilas praktek sederhana dapat menyimpan sebanyak 150 galon saat mencuci mobil. ada beberapa merek. dan orang tua meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak beberapa hemat air metode sederhana di sekitar rumah yang dapat membuat perbedaan besar. selang.Menambah bahan organik ke dalam tanah akan membantu meningkatkan penyerapan dan retensi air. Gunakan sapu. kran dan kopling Kebocoran di luar rumah mungkin tidak tampak sebagai buruk karena mereka tidak terlihat. Konservasi air muncul secara alami ketika semua orang dalam keluarga menyadari pentingnya. yang sekarang di pasar. seperti EcoTouch. karena ini benar-benar dapat mengurangi kesehatan tanaman dan menyebabkan daun menguning. tidak selang. Lebih baik lagi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful