KELOMPOK II. DEDE DENGAN TEMAN2 Disilahkeun……………………. I. II.

TEST PILIHAN GANDA Pilihlah a atau b atau c atau d menurut saudara jawaban yang paling benar dengan memberi tanda X. 1. UNDP menyebutkan bahwa governance yang baik sebagai hubungan yang sinergis dan konstruktif diantara : a. Pemerintah, sektor bisnis, dan masyarakat b. Negara, Sektor swasta, dan Masyarakat c. Pemerintah, Sektor swasta, dan Rakyat d. Negara, Sektor bisnis, dan Rakyat 2. Dalam melakukan kewajibannya, Presiden dibantu oleh satu orang Wakil Presiden. Selain itu dalam menjalankan Fungsinya Presiden dibantu oleh : a. Menteri-Menteri Negara b. DPR c. DPD d. MPR 3. Sebagai Kepala Negara, Presiden memberi gelar, tanda jasa dan lain-lain tanda kehormatan yang diatur dengan : a. Peraturan Daerah b. Peraturan Presiden c. Peraturan MENPAN d. Undang-Undang 4. Sebagai Kepala Negara, Presiden meresmikan Anggota BPK yang telah dipilih oleh DPR atas dasar pertimbangan : a. DPRD b. DPD c. MA d. MPR. 5. Sebagai Kepala Negara, Presiden memegang kekuasaan tertinggi atas : a. Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut. b. Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Polri. c. Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Menteri Negara. d. Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Mahkamah Agung.

6. Sebagai kepala Pemerintahan, Presiden berhak a. Mengesahkan Undang-Undang b. Menetapkan Undang-Undang c. Mengajukan Undang-Undang d. Ketiga-tiganya tidak ada yang benar 7. Yang dimaksud Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Negara adalah : i. Mekanisme bekerjanya lembaga Legislatif yang dipimpin oleh Presiden. ii. Mekanisme bekerjanya lembaga Eksekutif yang dipimpin oleh Presiden. iii. Mekanisme bekerjanya lembaga Yudikatif yang dipimpin oleh Presiden. iv. Ketiga-tiganya benar. 1. Lapisan kebudayaan idiil yang ketiga adalah: a. Norma-norma dan sistem hukum b. Pola pikir c. Peraturan2 khusus d. Sistem nilai budaya . 2. Perbandingan terbaik antara hasil yang diperoleh (output) dengan jumlah sumber yang dipergunakan (input) adalah: a. Produktivitas b. Efektivitas c. Efesiensi e. Fleksibelitas. 3. Lapisan kebudayaan idiil yang kedua adalah: a. Sistem nilai budaya b. Pola pikir c. Norma-norma dan system hokum d. Peraturan-peraturan khusus. 4. Kebudayaan memiliki tiga wujud, yaitu: a. Pola pikir; Perilaku; Benda-benda hasil karya manusia. b. Sistem nilai budaya; norma-norma dan sistem hukum; aktivitas. c. Pola pikir; norma-norma dan system hukum; system nilai budaya. d. System nilai budaya; norma-norma dan system hukum; system pola pikir. 5.Lapisan kebudayaan idiil yang pertama adalah: a. Sistem nilai budaya b. Pola pikir c. Norma-norma dan system hukum d. Peraturan-peraturan khusus.

Pengangkatan dan promosi pegawai berdasarkan kedekatan hubungan keluarga . pembangunan dan pelayanan publik pada dasarnya adalah untuk menciptakan kebaikan dan perbaikan bagi masyarakat dan warganya a. yang dianggap belum selayaknya dianut dan dimanifestasikan oleh semua fihak yang berpartisipasi dalam organisasi. asumsi-asumsi dan pola-pola makna yang mendasar. d. segala aktivitas manusia mengerahkan energi bio-psiko-spiritual dengan tujuan bersama. yang dianggap sudah selayaknya dianut dan dimanifestasikan oleh semua fihak yang berpartisipasi dalam organisasi. Spesialisasi/pembagian pekerjaan b. secara sederhana kerja didefiniskan sebagai: a. asumsi-asumsi dan pola-pola makna yang mendasar. Berdasarkan aturan dan prosedur kerja Weber adalah sebagai d. Prinsip keindahan b. Jawaban a. b. c. 1. kecual a. segala aktivitas manusia mengerahkan energi bio-psiko-spiritual dengan tujuan memperoleh hasil tertentu. Prinsip kebebasan 2. dirinya dirinya dirinya dirinya 7. Tujuan penyelenggaraan pemerintahan. Berdasarkan aturan dan prosedur kerja c. b. Menurut Sinamo. segala aktivitas manusia mengerahkan energi bio-psiko-spiritual dengan tujuan jangka panjang. dan c salah. Prinsip kesamaan c. asumsi-asumsi dan pola-pola makna yang mendasar.6. d. segala aktivitas manusia mengerahkan energi bio-psiko-spiritual dengan tujuan mendapatkan imbalan tertentu. b. Karakteristik organisasi yang ideal atau birokrasi menurut berikut. Slocum (1995) dalam West (2000:128) mendefinisikan budaya sebagai: a. c. Prinsip kebaikan d. yang dianggap tidak selayaknya dianut dan dimanifestasikan oleh semua fihak yang berpartisipasi dalam organisasi.

swasta dan konsumen atau masyarakat yang dikemukakan oleh Savas. Sentiment d. Prinsip equality b. Kebiasaan b. Berikut ini adalah beberapa model hubungan antara pemerintah. Franchise . Prinsip kesamaa d. Prinsip keindahan 4. merupakan a.3. Kebiasaan b. Etika dalam pengelolaan kantor yang dilandasi oleh nilai-nilai estetika sehingga membuat orang bersemangat tinggi dalam bekerja. Hukuman fisik 5. berarti…. Prinsip goodness 6. Cara berteman d. Prinsip keadilan b. Government Vending c. Prinsip liberty d. Etika dapat diartikan sebagai berikut. Sanksi yang dikenakan oleh moralitas adalah sebagai berikut. Prinsip keindahan c. kecuali… a. kecuali: a. Contack d. Perilaku yang baik d. kecuali: a. Kemauan yang tetap dan kekal untuk memberikan kepada setiap orang apa yang semestinya a. Moral yang berasal dari bahasa latin mos. Watak c. a. Cara bergaul 7. Prinsip kebaikan c. Cara berfikir c. Perilaku yang buruk. 1. Government Service b. Rasa malu c. Rasa bersalah b.

Semua fungsi dilakukan oleh masyarakat. Segala bentuk pelayanan umum yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah. sedangkan pemerintah memberikan subsidi langsung dan swasta yang menyediakan layanan public. Konsumen yang menetapkan kebijakan atau aturan main dan pembiayaan yang sepenuhnya disediakan oleh swasta. penanggungjawab biaya sekaligus penerima layanan itu sendiri. Menurut Keputusan MENPAN Nomor 81 Tahun 1993 yang dimaksud dengan pelayanan umum (publik) adalah a. baik sebagai penyedia layanan. swasta dan LSM/NGO tidak memiliki peran apa-apa. dilingkungan BUMN/D dalam bentuk barang. Segala bentuk pelayanan umum yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah maupun masyarakat menetapkan kebijakan dan biaya layanan publik. 3. Pada model Grant. Segala bentuk pelayanan umum yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah. b. dilingkungan BUMN/D dalam bentuk jasa. sementara pihak swasta yang menyediakan layanan publik. Segala bentuk pelayanan umum yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat. Pembuat kebijakan dan penyedia biaya adalah konsumen. d. dilingkungan BUMN/D dalam bentuk barang dan jasa. c. baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan pelaksanaan peraturan perundangundangan. maka a. b. baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang2an. baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundangan. baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundangan. . dilingkungan BUMN/D dalam bentuk barang dan jasa.2. sementara pemerintah tidak memiliki peran apa-apa d. c. Pemerintah.

regulating service. b dan c benar semua . c.4. Berita yang dapat dilihat dan didengar. Membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan pimpinan. Berita yang dapat dilihat. 1. b. baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengertian melayani adalah a. facilitating service. supporting service c. gambar. supporting service 6. b. b. Pelayanan yang akurat dan murah b. d. Berita yang bersifat Audible adalah : a. Usaha melayani kebutuhan eksternal d. Menurut Gonroos (1990). Pemilihan channel dalam proses kominikasi tergantung pada sifat berita yang akan disampaikan (Wursanto. pelayanan dapat dibedakan menjadi tiga kelompok: a. Membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan pimpinan 7. Core service. facilitating service. misalnyan yang melalui televise. Core service. Usaha melayani kebutuhan eksternal d. Pelayanan yang sangat cepat dan atau pelayanan yang mudah c. Membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang c. transformation service Consultative service. facilitating service. Membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang c. Jawaban a. Usaha melayani kebutuhan orang lain. Usaha melayani kebutuhan orang lain. Pelayanan yang sesuai dan termurah d. Pengertian pelayanan adalah a. Berita yang dapat didengar. Pelayanan yang sangat baik dan atau pelayanan yang terbaik 5. Consultative service. 1994). supporting service b. misalnyan yang berbentuk tulisan. Pelayanan prima merupakan terjemahan dari istilah Excellent Service yang secara harfiah berarti a.

Memilih saluran yang paling murah untuk mengirim pesan dan meminta kejelasan bahwa pesan telah diterima d. d. Chanel adalah: a. Memilih saluran yang paling disukai untuk mengirim pesan dan meminta kejelasan bahwa pesan telah diterima b. b dan c benar semua 4. Mengerti dengan baik dan benar terhadap pesan yang diterima. Mengerti terhadap pesan yang diterima. b dan c benar semua 3.. Jawaban a.. pengirim dan penerima adalah dirinya sendiri. Interaksi tatap muka antara dua orang atau lebih. dimana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung dan penerima pesan dapat menanggapinya secara langsung pula. c. b. Jawaban a. Media yang dilalui oleh komunikator kekomunikan. Komunikasi dalam diri komunikator. Jawaban a.. Mengerti dengan baik dan benar terhadap pesan yang diterima. b. b dan c benar semua 5.2. memberi umpan balik pada pengirim bahwa pesan telah diterima dan dimengerti. d. memberi umpan balik pada pengirim. c. d. Tanggung jawab Komunikan adalah : a. Saluran atau jalan yang dilalui oleh komunikator kekomunikan. Berdasarkan bentuk komunikasi. Tanggung jawab Komunikator adalah : a. Mengirim pesan dengan jelas. Komunikasi intrapersonal adalah: a. Saluran atau jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator kekomunikan atau feedback komunikan kepada komunikator. memberi umpan balik kepada pengirim bahwa pesan telah diterima dan dimengerti. c. b dan c benar semua . b. Mengirim pesan dengan jelas. Memilih saluran yang paling cocok untuk mengirim pesan dan meminta kejelasan bahwa pesan telah diterima c. Interaksi dua orang atau lebih secara bersama-sama. Jawaban a. Mengirim pesan dengan jelas.

bangsa . Secara etimologi ”Wawasan” mengandung arti berikut. b. Jawaban a.. saluran dan Komunikan c.. Hardjana (2003) Memberi arti bahwa Komunikasi adalah : a. Negara Serikat b. menyampaikan informasi dan sebagainya agar diketahui atau dipahami oleh orang lain. Pasal : a. konsepsi cara pandang d. pertukaran pikiran atau hubungan. 1. kecuali. hasil mewawas b. a. Komunikator.. Jawaban a. d. Komunikan dan Receiver. pembicaraan. tinjauan 2. organisasi d.. 1 b. 4 3.. Bertukar pendapat. b dan c salah semua 7. 2 c. 3 d. Merupakan kumpulan masyarakat yang membentuk negara adalah definisi umum dari : a. percakapan. Upaya untuk membuat pendapat.6. Pemberitahuan. d.. dan c salah. b. Pernyataan ini termaktum dalam UUD Negara RI Tahun 1945. Komunikator. mengatakan perasaan. Komunikator. Sender dan Komunikan... ”Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik dengan kedaulatan berada di tangan rakyat”. informasi dan sebagainya. c. b. komunitas c.. meninjau c. perasaan.. Unsur-unsur komunikasi meliputi : a..

Djokosoetono 1. (orang. Negara adalah suatu organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. Pernyataan disampaikan oleh : a. instansi. perekat kesatuan dan persatuan bangsa d. merupakan rumusan dari : a. Dalam konstek wawasan kebangsaan. Seminar Pendidikan Wawasan Kebangsaan 1993 c. Korespondensi c. instansi organisasi). George Jellinek b. Negara Kesatuan b.A. merupakan pengertian dari : a. Konsep wawasan kebangsaan Indonesia tercetus pertama kali pada saat : a. Koreografi d. R. J.4. Sumpah Pemuda tahun 1928 b. Negara Kertagama Pernyataan ini 6. Budi Oetomo tahun 1908 5. Koreksi b. Negara Serikat c. fungsi dan peranan PNS adalah sebagai : a. dinamisator dan fasilitator 7. Salah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan dan satu pihak.H. Kansil c. Dialog . Logemaan d. Hand phone b. Suatu negara yang merupakan gabungan beberapa negara bagian. Teknik membuat surat dan berkomunikasi dengan surat biasa disebut : a. Proklamasi 17 Agustus 1945 d. pengayom masyarakat b. atau organisasi) kepada pihak lain (orang. SMS c. Negara Komunis d. Simulasi 2. abdi negara dan abdi masyarakat c. Surat d.

The Liang Gie Gordon Lucas George R. Lucas d. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang mengandung arti bagi penerima dan mempunyai/ memiliki nilal nyata dalam keputusan. balk sekarang fsaat mi maupun yang akan datang. The Liang Gie b. Pengertian diatas diungkapkan oleh : a. Jabatan c. Kantoar . c.3. Kewajiban. Dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi 5. Kantuur c. Terry 4. peristiwa atau kenyataan lainnya apapun yang mengandung suatu pengertian untuk dijadikan dasar guna penyusunan keterangan. Bersifat pelayanan b. George R. Terry 6. fungsi b. Data adalah hal. kecuali : a. Pengertian diatas diungkapkan oleh : a. b. Sedangkan perkataan kantor dalam bahasa Inggris „office” bisa berarti. d. Kantoor d. Gordon c. tugas. Ciri utama administrasi adalah. kecuali : a. Bersifat merembes ke segenap bagian dalam organisasi c. komposisi dan urusan-urusan tertentu d. Wadah untuk bergerak 7. Tugas pekerjaan. Kantour b. pembuatan kesimpulan atau penetapan keputusan. Merapikan berkas yang berantakan d. Perkataan kantor berasal dari bahasa Belanda yaitu? a.

adil dan merata dalam menyelenggarakan tugas negara. APBD d. disebut : a. di dalam Undang – Undang No.1. sedangkan PNS Daerah adalah PNS yang gajinya dibebankan kepada anggaran : a. APBN b. Pertamina c. PNS Pusat dan Daerah b. PNS. PNS yang belum diangkat 4. dan c salah 5. sedangkan untuk PNS sendiri terdiri dari : a. c. APBD d. TNI. APBN b. PNS berkedudukan sebagai unsur aparatur negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional. dan Polri d. b. PNS yang telah diberhentikan dengan tidak hormat d. Pertamina c. Jawaban a. dan c salah . PKK dan P4 b. b. b. GBHN dan UUD 45 3. d. PKK dan P3K c. pemerintah. jujur. Jawaban a. dan pembangunan. Kedudukan dan tugas PNS Hak dan netrallitas PNS hak dan kewajiban PNS netralitas PNS 2. PNS Pusat adalah PNS yang gajinya dibebankan kepada anggaran : a. dinyatakan bahwa Pegawai Negeri terdiri dari : a. 43 Tahun 1999 tentang Pokok – Pokok Kepegawaian. PNS yang sudah Pensiun c.

Konsep diri meliputi. Berpikir linier ke berpikir sistem c. Diri ideal. Pola pikir yang negative a. atau diserahi tugas negara lainnya. d. kemurkaan.6. Paradigma berpikir dari “berpikir bagian ke berpikir menyeluruh “ d. kepintaran. b dan c benar 3. Warga negara Republik Indonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan. PNS d. dan di gaji berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Perilaku amtenar b. b. c.dirubah menjadi prinsip”bekerja karena ibadah “ b. a . a. Bermalas-malasan d. b. diangkat oleh pejabat yang berwenang. ASKES Asuransi Bumi Putera 1912 Asuransi Takaful Jamsostek 7. Keserakahan. A dan b salah. a. UUD 45 b. GBHN c. Kecerdasan. d. 2.pangkat . dan diserahi tugas dalam jabatan negeri. citra diri dan harga diri. Salah satu jenis asuransi yang diberikan bagi PNS adalah : a. PNBP 1. Negatif thinking c. Prinsip bekerja “mencari uang “ . Bentuk berubahan pola berpikir sebagai PNS diantaranya a. disebut : a.jabatan. b dan c benar . c.

Bekerja adalah ibadah b. Bekerja adalah ibadah . Memotivasi diri c. Apa yang dimaksud pola pikir. Kekuatan dan kemauan untuk menghadapi lawan d. Pola pikir positif ialah a. Pola-pola dominan yang menjadi acuan utama seseorang untuk bertindak. a . Semua jawaban benar. . a. 6. Salah satu ciri tim yang efektif adalah: a. Minta diprioritaskan.4. Pemecahan masalah dilaksanakan secara kompromi c. Orang memiliki pengetahuan. b dan c benar. Apa yang dimaksud pola pikir a. Pengabdian dan kreatif yang positif d. a. Minta dihormati. ketrampilan dan sikap yang baik. b. Individu memiliki peran yang sama b. a dan b salah. d. Suka berbohong c. c. a dan c benar 1. 5. Kekuatan dan kemauan untuk menghadapi lawan d. Semua anggota tim dalam suasana saling mempercayai dan penuh percaya diri serta mengutamakan unjuk kerja. b. Pola yang menetap dalam pikiran bawah sadar seseorang c. Pola pikir positif ialah. d. Pengabdian dan kreatif yang positif b. 7. Pola-pola dominan yang menjadi acuan utama seseorang untuk bertindak.

c. Unity of feeling b. 5.2. Komunikasi bersifat tertutup. b. Umpan balik kinerja lebih memadai. Kelemahan individu teratasi oleh kelompok lain. . Unity of space 6. sehinga kerahasian organisasi tetap dapat terjaga. Kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dapat lebih cepat. kecuali : a. diantaranya tidak memiliki ciri a. Dibangun atas kekuatan tim. Tim yang efektif. b. d. Dengan adanya kelompok maka resiko terhadap pekerjaan ditanggung oleh individu itu sendiri. Manfaat membangun tim yang efektif adalah sebagai berikut. 4. Anggota tim merasa memiliki pekerjaan dan organisasi. 3. Ciri unsur-unsur tim yang dinamis salah satunya adalah: a. Anggota tim sangat berhati-hati dalam penyampaian pendapatnya. Menyelesaikan ketidak sepakatan. Fokus pada input dan proses d. Beroperasi secara stabil c. Unity of purpose c. Anggota tim memiliki kontribusi terhadap keberhasilan organisasi. Anggota tim termotivasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Sumber lebih banyak dan terjadi proses belajar dari kelompok lain. b. c. d. Berikut ini merupakan salah satu adalah: alasan mengapa perlu dibentuk suatu kelompok a. Tim adalah suatu kelompok yang tidak memiliki : a. Menyadari bahwa konflik dalam tim merupakan hal yang wajar. Keseimbangan tercapainya produktivitas tim dengan pemenuhan kebutuhan pribadi. c. d. Unity of life d. b.

Orang-orang yang menjalankan peran resmi tertentu. b. Prinsip Good Governance menurut Bank Dunia: a. masyarakat dan swasta c. b. hubungan tugas . proporsional Transparan. dan hierarkis yang belum digariskan secara jelas. Akuntabel. d. LSM dan swasta d. Bentuk kelembagaan dalam Good Governance: a. Golongan . profesional dan akuntabel 2. Kelompok formal diantaranya memiliki ciri: a. c. Hierarki b. Pemerintah. Jawaban a dan b benar. Asas bahwa peraturan perundang-undangan yang lebih rendah tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Jawaban a dan b salah. Pemerintah. transparan. d. Pemerintah. b. NGO dan BUMN 3. keterbukaan dan aturan hukum Aturan hukum. Undang – Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang: a. Penyelenggaraan Pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN Penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari KKN Penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bebas dari KKN Penyelenggaraan negara yang baik dan bebas dari KKN 4. 1. aturan hukum dan akuntabel Akuntabel. Jenis c. Pemerintah. Memiliki struktur. disebut: a. masyarakat dan LSM b. c. d.7. Tahapan d. c. transparansi.

Karena serakah b. Corruption be greed perbuatan korupsi karena a. Sengketa yang terjadi antara Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara dengan Warga negara atau warga masyarakat diselesaikan melalui: c. Karena serakah b. Ketahanan. Karena pemerataan d. Dorongan. dan kecepatan hasil yang harus dicapai disebut kriteria: b. Transparansi (Transparantion) 1. Pembagian urusan pemerintahan dengan mempertimbangkan tersedianya sumberdaya untuk mendapatkan ketepatan. A dan b benar 2. Peradilan Militer d. Proporsional 6. Peradilan Agama c. Akuntabilitas d. Karena kebutuhan c. Dorongan.5. Kesetaraan (Equity) c. kepastian.. Secara umum timbulnya korupsi digambarkan segi tiga korupsi yaitu: a. Kesempatan dan kemampuan b. Menurut UNDP. kesempatan dan rasionalisasi c. salah satu dari tujuh ciri Pemerintahan yang baik (good governance) dibangun atas dasar kebebasan arus informasi adalah: d. Eksternalitas b. Karena miskin c. Ketanggapan (Responsiveness) d. a. Peradilan Tata Usaha Negara 7. Karena kebutuhan d. Corruption by needs adalah berbuat korupsi karena. Efisiensi c. kesempatan dan rasionalisasi d. a dan c benar . b dan c benar 3. Peradilan Umum b. Partisipasi (participation) b.

4. selama dan setelah menjabat b. Berusaha untuk bekerja keras dan mengurangi jam istirahat. 31 Tahun 1999 c. Tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas KKN merupakan UU RI NO: a. Tidak melakukan KKN d. UU RI No. b. Menghancurkan Kesatuan Nasional d. Meperlancar pembangunan c. Dampak dari perbuatan korupsi khususnya di Indonesia ialah a. b dan c benar 7. Menciptakan bangsa /rakyat Indonesia menjadi kaya b. Dampak dari perbuatan korupsi khususnya di Indonesia ialah a. b dan c salah 1. 25 Tahun 2004 d. Rendahnya kualitas pelayanan public b. UU RI No 28 Tahun 1999 yang muatannya antara lain menentukan kewajiban penyelenggara Negara untuk a. c. Penuhi kebutuhan rohani dengan berdo‟a. Menurut the stress life . UU RI No 28 Tahun 1999 b. Meningkatnya masyarakat miskin d. a. Harga barang dan jasa menjadi mahal c. Ubah lingkungan kerja dan lingkungan sosial b. Berolahraga secara teratur d. Melaporkan dan mengumumkan kekayaan sebelumb dan setelah menjabat c. dan c benar 6. a. A dan b benar 5. laksanakan ajaran agama dengan sebaikbaiknya sesuai dengan keyakinan. a. . UU RI No. Bersedia diperiksa kekeyaannya sebelum. salah satu cara untuk mengatasi stress adalah: a.

kecuali: a. serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem yang biasa terjadi. d. Terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa. Integritas b. Selalu mentaati perintah atasan. Zakiah Darajat (1996) memberikan beberapa pengertian mengenai kesehatan mental. Berikut ini adalah ciri-ciri mental sehat. Pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk membentengi dari pengaruh luar dan memanfaatkan segala potensi. dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan dirinya. dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan dimana ia hidup. Dr. Terhindarnya seseorang dari gejala-gejala gangguan jiwa dan dari gejala-gejala penyakit jiwa. bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin sehingga dapat hidup mandiri. 3.1. . c. Terpercaya c. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri. b. kecuali: a. Adil d.

KUNCI JAWABAN INI SANGAT RAHASIA KUNCI JAWABAN NO I II III IV V VI MATA DIKLAT NKRI BUDAYA KERJA ETIKA PELAYANAN PRIMA KOMUNIKASI WAWASAN KEBANGSAAN NKRI VI PERKANTORAN MODERN VII KEPEGAWAIAN NEGARA VIII POLA PIKIR IX KERJA SAMA TIM X KEPEMERINTAHAN YG BAIK XI PP KORUPSI XII CERAMAH KESEHATAN MENTAL 1 B A D A B B B A D D B A 2 A D C C A B C C D C C C 3 D C A D C D A A D A A B 4 B A B A B C C A A C B D 5 A A D D B C C C D D A C B 6 D A A A B C D A B B D D D 7 B A D B A A C C D A D A D .

B – S Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang mengandung arti bagi penerima dan mempunyai/ memiliki nilai nyata dalam keputusan. KOMUNIKASI: 5 5. 1. .BENAR / SALAH NKRI: 1.S Dalam Undang-Undang No. B . baik sekarang. MANAJEMEN PERKANTORAN MODERN: 6 6. nilai-nilai dan sikap mental ETIKA: 3. 3. B – S Sikap pelayanan prima berarti pengabdian yang tulus terhadap bidang kerja dan yang paling utama adalah kebanggaan atas pekerjaan. yaitu: komunikator. komunikan dan receiver. 2. B – S Budaya berasal dari bahasa sansakerta “budhayah” sebagai bentuk jamak dari kata dasar “budhi” yang artinya akal atau segala sesuatu yang berkaitan dengan akal pikiran. saat ini maupun yang akan datang. BUDAYA KERJA: 2. dilingkungan BUMN/D dalam bentuk barang dan jasa. PELAYANAN PRIMA: 4 4. B – S Proses komunikasi terdapat tiga unsure yang mutlak harus dipenuhi. B – S Segala bentuk pelayanan umum yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah. 22 Tahun 2003 yang disebut hak interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada Pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. baik dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundangan.

dan pemerintah yang berfungsi secara ideal. adalah konsep negara menurut George Jellinek. tulisan atau perbuatan PNS yang melanggar ketentuan dalam kewajiban dan larangan.MANAJEMEN KEPEGAWAIAN NEGARA: 7. yaitu orientasi idiel Negara yang diarahkan pada pencapaian tujuan nasional.Pola-pola dominan yang menjadi acuan utama seseorang untuk bertindak. yaitu secara efektif dan efisien melakukan upaya pencapaian tujuan nasional. B – S Hak Angket adalah hak DPR untuk menyatakan pendapat terhadap kebijakan biasa atau terhadap dugaan bahwa Pemerintah atau mengenai kejadian luar Presiden dan/atau Wakil Presiden melakukan pelanggaran hukum.B – S Kepemerintahan yang baik berorientasi pada dua hal. yang dilakukan di dalam maupun di luar jam kerja adalah merupakan pelanggaran disiplin. NKRI : 11 11. B – S Terhadap setiap ucapan. BUDAYA KERJA: 12 12.17 7.. WAWASAN KEBANGSAAN NKRI: 9 9. B-S Organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. B – S Setiap PNS waib menghindarkan diri dari perbuatan tercela yang berdampak pada kehormatan bangsa . KEPEMERINTAHAN YANG BAIK : 10 10. B – S Pola pikir adalah . POLA PIKIR: 8 8. B – S Budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar ETIKA: 13 13.

dan penerima pesan dapat menerima dan menanggapinya secara langsung pula. KOMUNIKASI: 15 15. mengatur informasi. POLA PIKIR:18 18. B–S Pola pikir adalah . B – S Komunikasi intrapersonal ialah interaksi tatap muka antara dua orang atau lebih dimana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung. merekam informasi. . MANAJEMEN PERKANTORAN MODERN: 16 16. melindungi asset. B – S menurut Endar Sugiarto (1999). MANAJEMEN KEPEGAWAIAN NEGARA: 17 17.. tetapi mereka membeli produk. PP KORUPSI:20 20. B–S Secara umum timbulnya korupsi digambarkan segitiga korupsi yaitu Dorongan. pada hakekatnya pelanggan itu tidak membeli pelayanan. Kekuatan dan kemauan untuk menghadapi lawan KERJASAMA TIM: 19 19. B – S Satyalancana Karya Satya adalah Tanda Kehormatan yang dianugerahkan kepada PNS sebagai penghargaan atas jasa-jasanya terhadap Negara. B – S Fungsi kantor antara lain menerima informasi. menambah informasi. B–S Tim kurang berhasil apabila terbuka untuk dievaluasi. Kesempatan dan Rasionalisasi.PELAYANAN PRIMA: 14 14.

baik antara individu. akan tetapi tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi. tanpa perihal masalah atau perihal surat/arsip. Netralitas Pegawai Negeri merupakan karakter dan bentuk pelayanan yang diberikan oleh Pegawai Negeri kepada pejabat politik manapun. MANAJEMEN PERKANTORAN MODERN 2.OK 1 B 11 S 2 B 12 B 3 B 13 B 4 B 14 S 5 S 15 S 6 B 16 S 7 B 17 B 8 B 18 S 9 B 19 S 10 B 20 B MENJODOHKAN KOMUNIKASI 1. baik dari partai yang berkuasa maupun dari partai yang tidak berkuasa. Sistem …. MEMBANGUN KERJASAMA TIM 3. individu dengan kelompok maupun kelompok yang bersifat antagonis.. MANAJEMEN KEPEGAWAIAN NEGARA 4.Kronologis… digunakan untuk filing arsip yang disusun menurut urutan tanggal masuk dan keluarnya arsip atau surat itu. Konflik… adalah segala macam bentuk pertikaian yang terjadi dalam organisasi. Surat-surat atau arsip yang masuk lebIh akhir ditempatkan dalam filing yang paling depan. Komunikasi …informal.. . adalah komunikasi antara orang yang ada dalam satu organisasi.

(Panca Prasetya KORPRI) PELAYANAN PRIMA 8. Menurut UNDP …. Pola Pikir. ETIKA 7. Kode Etik KORPRI disebut. BUDAYA 6.. POLA PIKIR KEPEMERINTAHAN YANG BAIK 9.. ….kepemerintahan (Governance) adalah pelaksanaan kewenangan/ kekuasaan dibidang ekonomi. yang merupakan produk utamanya. adalah pola-pola dominan yang menjadi acuan utama seseorang untuk bertindak KUNCI JAWABAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Informal Kronologis Konflik Netralitas Negara Disiplin Panca Prasetya KORPRI Core Service Kepemerintahan (Governance) Pola Pikir ..NKRI 5. dan kohesivitas social dalam masyarakat.. (DISIPLIN)……merupakan salah satu unsur pokok dalam upaya mencapai kualitas atau keberhasilan manajemen di samping unsur pemahaman dan kesungguhan/komitmen. integritas. Dalam pengertian yang luas. politik dan administrative untuk mengelola berbagai urusan negara pada setiap tingkatannya dan merupakan instrument kebijakan negara untuk mendorong terciptanya kondisi kesejahteraan. 10.. ……(core service) adalah pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan.(Negara)… merupakan kesatuan social (masyarakat) yang diatur secara konstitusional untuk mewujudkan kepentingan bersama..

Konsep diri... Kelembagaan dalam Governance meliputi tiga domain. O. sector swasta (private sector) dan ……. adalah kegiatan yang ditawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada konsumen. atau dipekerjakan di luar instansi induknya.. . yang terpilih dimana suatu stimulus atau pesan melewatinya..(Pelayanan). aspek sosial. dan aspek psikologis. dan ………way of action…… MANAJEMEN PERKANTORAN MODERN 5.Standingford (1990) mendefinisikan tujuan kantor adalah sebagai pemberi pelayanan ……………(komunikasi dan perekam)…… KOMUNIKASI 6. yang didasarkan pada pengalaman dan interaksi kita dengan orang lain.masyarakat (society).... POLA PIKIR 2.. yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. . MEMBANGUN KERJASAMA TIM 4. yaitu Negara (state).Mills. Pegawai Negeri Sipil …(Daerah) adalah PNS Daerah Provinsi/ Kabupaten/ Kota yang gajinya dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerahdan bekerja pada Pemerintah Daerah.. Ikatan dan interaksi dalam tim akan memunculkan wujud keterpaduan way of thinking. . G. adalah semua persepsi kita terhadap aspek diri yang meliputi aspek fisik..ISIAN KEPEMERINTAHAN YANG BAIK 1. way of feeling.. … (saluran komunikasi atau chanel)…dapat diartikan sebagai tempat yang terbaik. PELAYANAN PRIMA 7. MANAJEMEN KEPEGAWAIAN NEGARA 3.

.....ETIKA 8........... yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku....... Menurut Sun Tzu dalam bukunya Art of War. dan Nepotisme Disiplin Keahlian ........KEAHLIAN.... NKRI 10. bahwa segala macam kebijaksanaan itu tidak mempunyai arti kalau tidak didukung oleh …DISIPLIN…………… oleh para pelaksananya... Penyelenggaraan pemerintahan yang baik tercermin dalam ketetapan Undang-Undang No 28 tahun 2000 tentang penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas..... Asas Profesionalitas....(Korupsi....... KUNCI JAWABAN ok 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Masyarakat (Society) Konsep diri Daerah Way of action Komunikasi dan perekam Saluran komunikasi atau chanel Pelayanan Korupsi.. yaitu asas yang mengutamakan ..... Kolusi dan Nepotisme) BUDAYA 9... Kolusi..

3 Maksud : untuk memberikan arah dan pedoman bagi PNS untuk bersikap.tertutup  Like and Dislike . Apakah yang dimaksud dengan NLP ? KUNCI NO. kehormatan.Menurut saudara mengapa korupsi sulit diberantas! Bagaimana cara mencegah terjadinya korupsi? 5. Tujuan : Menjaga integritas. 2  Perilaku amtenar  Negatif thinking  Bermalas-malasan  Kurang percaya diri  Senioritas  Egois.Essay (Uraian) 1. KUNCI NO. masyarakat dan organisasi. pemerintah dan sesame PNS. martabat.Sebutkan dan jelaskan tujuh pola pikir yang menghambat pelaksanaan tugas! 3. citra dan kepercayaan PNS melaksanakan setiap tugas.Apa maksud dan tujuan adanya Kode Etik PNS? 4. bertingkah laku dan berbuat baik dalam melaksanakan tugas maupun pergaulan hidup sehari-hari. kewajiban dan tanggung jawab kepada Negara. wewenang. Sebutkan minimal lima karakteristrik atau prinsip-prinsip yang harus dianut dan dikembangkan dalam praktek penyelenggaraan kepemerintahan yang baik menurut UNDP (1997) ! 2.

NLP membentu dalam penggunaan bahasa yang dapat membeuat kita berfikir lebih baik dan berperilaku lebih berhasil. perasaan. Berkeadilan (Equity) 7. Bervisi Strategis 10. 1 1. dalam bentuk bagaimanan mengorganesasi cara berfikir kita. Kelima indra tersebut dapat dikatakan sebagai lima pintu yang berhubungan lansung dengan otak. Transparansi 4. KUNCI NO. Saling keterkaitan. Programming dipergunakan karena mengacu pada bagaimana memprogram cara berfikir dan berperilaku kita sendiri. KUNCI NO. Berorientasi Konsensus 6. Daya tanggap 5. 4 Jawaban tidak ada yang salah.KUNCI NO. Partisipasi 2. penciuman dan rasa melalui sentuhan. kecuali tidak menjawab. Kata Linguistik menggambarkan adanya keterlibatan bahasa dalam komunikasi dengan orang lain maupun dengan diri sendiri. Efektivitas dan Efisiensi 8. 5 Kata neuro mengacu pada proses neurology dari lima indra kita yaitu penglihatan. Aturan Hukum 3. . pendengaran. Akuntabilitas 9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful