RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Pokok Bahasan Kelas/ Semester Waktu

: FISIKA : SMP : Gaya dan Penerapannya : VIII/ 1 : 1 x 40 Menit

I.

Standar Kompetensi Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

II. Kompetensi Dasar Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. III. Indikator Kognitif Produk 1. Menyebutkan sifat kelembaman. 2. Menyimpulkan bunyi hukum I Newton. 3. Merumuskan hukum I Newton. 4. Menyebutkan aplikasi hukum I Newton dalam kehidupan sehari ± hari. Kognitif Proses 5. Merancang percobaan untuk menyebutkan sifat kelembaman. 6. Mendiskusikan hasil percobaan untuk menyebutkan sifat kelembaman. Psikomotor 7. Menggunakan alat ± alat percobaan (meja, kertas, kotak pensil) untuk menyebutkan sifat kelembaman. Afektif 8. Karakter: Berpikir kritis-kreatif, jujur, bertanggung jawab menggunakan alat percobaan, 9. Keterampilan sosial: melakukan komunikasi meliputi bertanya, berpendapat dan melaporkan hasil percobaan. IV. Tujuan Kognitif Produk 1. Siswa dapat menyebutkan sifat kelembaman dengan benar melalui hasil percobaan. RPP MPI/Aditya_Erlyta_Laras_Murti/P.Fisika 09 1

Peristiwa ini dijelaskan dalam Hukum I Newton yang dinyatakan sebagai berikut. selembar kertas. Psikomotor 7. tubuhmu akan terasa seperti terdorong ke belakang. tubuhmu seolah-olah terdorong ke depan berlawanan arah dengan gaya pengereman kendaraan yang arahnya ke belakang. berpendapat dan melaporkan hasil percobaan. 9. Sebuah benda terus dalam keadaan diam atau terus bergerak dengan kelajuan tetap. Siswa dapat menyebutkan aplikasi hokum I Newton dalam kehidupan sehari ± hari dengan tepat melalui kegiatan tanya jawab. Hal ini terjadi karena tubuhmu cenderung mempertahankan posisinya yang diam. Materi Pembelajaran +XNXP.Fisika 09 2 . maka undang-undang lalu lintas mewajibkan pengendara mobil memakai sabuk pengaman untuk menghindari kecelakaan mobil. namun karena kendaraan direm mengakibatkan ada gaya yang menahan gerak ini sehingga kamu seperti terdorong ke depan. kertas. Siswa dapat merangkai alat percobaan (meja. tiba-tiba sopir kendaraan umum tersebut mengerem secara mendadak. Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa. 4. Hal ini terjadi karena tubuhmu cenderung mempertahankan posisinya yang terus bergerak ke arah depan. dan kotak pensil) untuk menyebutkan sifat kelembaman secara tepat melalui percobaan secara tepat. Siswa memiliki karakter: Berpikir kritis-kreatif. Siswa dapat merancang percobaan untuk menyebutkan sifat kelembaman dengan benar menggunakan meja. siswa dapat melakukan komunikasi dengan bertanya. V. Kognitif Proses 5. Oleh karena itulah. 3.1HZWRQ Pernahkah kamu mengalami peristiwa seperti berikut? Ketika kamu berada dalam kendaraan umum yang sedang melaju. Siswa dapat menyimpulkan bunyi hukum I Newton dengan benar melalui hasil percobaan. Begitu juga ketika kamu berada dalam kendaraan yang diam. dan sebuah kotak pensil. RPP MPI/Aditya_Erlyta_Laras_Murti/P. bertanggung jawab menggunakan alat percobaan. jujur. 6.2. Afektif 8. Siswa dapat mendiskusikan sifat kelembaman melalui hasil percobaan dengan benar. Kemudian tiba-tiba kendaraan tersebut bergerak. Siswa dapat merumuskan hukum I Newton dengan benar melalui hasil percobaan.

Bagaimana bunyi hukum I Newton ? 3. Sebutkanlah aplikasi hukum I Newton dalam kehidupan sehari . Kegiatan Kegiatan Awal ( 5¶ ) 1. Masalah Guru menyampaikan beberapa masalah kepada siswa 1. Oleh karena itu. Hukum I Newton dikenal juga dengan sebutan Hukum Kelembaman. Apa yang terjadi bila bus tiba ± tiba maju? Kemudian guru bertanya kepada siswa mengapa hal tersebut bisa terjadi. maka kita akan terdorong ke depan. Bagaimana sifat kelembaman ? 2. psikomotor dan afektif Kegiatan Inti ( 30¶ ) 1. Kegiatan Pembelajaran No.Fisika 09 3 . 2. Bagaimanakah rumus hukum I Newton ? 4. Hukum I Newton dinyatakan sebagai berikut. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi produk.kecuali jika ada gaya luar yang memaksa benda tersebut mengubah keadaannya. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran Pendekatan Model Metode : Keterampilan proses : Cooperative Learning dengan tipe Make a Match : Eksperimen Diskusi Tanya jawab VII. VI. Guru menyajikan fenomena mengenai peristiwa yang terjadi Terlaksana/tidak ketika kita naik bus dan bus itu tiba ± tiba direm.hari ! Terlaksana/tidak Terlaksana/tidak RPP MPI/Aditya_Erlyta_Laras_Murti/P. F=0 Hukum I Newton juga menggambarkan sifat benda yang selalu mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergeraknya yang dinamakan inersia atau kelembaman. Secara matematis. Terlaksana/tidak proses. 3. Guru bertanya pada siswa mengenai macam ± macam gaya dan Terlaksana/tidak resultan gaya yang telah disampaikan pada pertemuan terdahulu.

7. Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan Terlaksana/tidak sesuai dengan LKS yang telah dibagikan. 11. Guru memberikan point kepada kelompok yang dapat Terlaksana/tidak menempelkan jawaban dengan tepat sebelum batas waktu yang telah ditentukan. 6. 10. 8. Siswa melakukan permainan Make a Match dengan bimbingan Terlaksana/tidak dari guru. Guru membimbing siswa mengerjakan LKS dalam diskusi Terlaksana/tidak kelompok. Opini Guru meminta siswa mengemukakan pendapatnya mengenai jawaban dari permasalahan yang diajukan. 13.2. Siswa bersama kelompoknya melakukan percobaan mengenai Terlaksana/tidak hukum I Newton berdasarkan LKS yang telah dibagikan. 12. dimana 1 orang pada 1 kelompok hanya bisa menjawab 1 pertanyaan tanpa bantuan dari teman 1 kelompok.Fisika 09 . Terlaksana/tidak Guru membagikan LKS tentang µHukum I Newton¶ kepada Terlaksana/tidak masing ± masing kelompok. Guru memberikan tugas rumah untuk mengetahui tingkat Terlaksana/tidak 4 RPP MPI/Aditya_Erlyta_Laras_Murti/P. 9. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok. Guru mengarahkan siswa tentang permainan Make a Match . Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi tentang Terlaksana/tidak hukum I Newton. Terlaksana/tidak 3. 2. Guru meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan Terlaksana/tidak hasil diskusi di depan kelas dan kelompok yang lain memberi tanggapan dari hasil presentasi. 4. Terlaksana/tidak yaitu permainan menempelkan jawaban yang sesuai pada soal yang telah disiapkan. dan menyebutkan aturan yang berlaku selama proses permainan. 5. Guru menjelaskan aplikasi Hukum I Newton melalui sesi Terlaksana/tidak tanya-jawab dengan siswa. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya. Terlaksana/tidak Kegiatan Penutup ( 5¶ ) 1.

Non-tes LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORIK SISWA N o 1. : Karim. Melakukan percobaan sesuai prosedur dengan tepat. 4. 3. Aspek Penilaian Meyusun kotak pensil dan kertas dengan tepat diatas meja. 2008. Saeful dkk.pemahaman siswa setelah mengikuti serangkaian pembelajaran VIII. Belajar IPA untuk Kelas 8 SMP dan MTs. kertas. 2. Laptop. PPT tentang gaya.Fisika 09 5 . Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. kotak pensil.Tes : 3 Soal uraian : Lembar Kerja Siswa dan Tanya jawab Teknik : Tes Tertulis dan Non-tes Instrumen . 6. 5. IX. alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan teknik Make a Match Sarana atau Media Sumber : Papan tulis. Menyelesaikan percobaan secara tepat waktu Cukup Baik Sangat Baik RPP MPI/Aditya_Erlyta_Laras_Murti/P. spidol. Alat/Bahan/Sumber Belajar Alat dan Bahan : meja. LCD. Penilaian LP 1 LP 2 LP 3 = Lembar penilaian produk = Lembar penilaian proses = Lembar pengamatan aktivitas siswa : . Mengamati hasil percobaan dengan seksama Melakukan analisa dengan baik Merapikan semua peralatan yang digunakan Menjaga alat percobaan yang digunakan selama praktikum berlangsung agar tidak rusak 7.

4. Siswa aktif menanggapi pendapat dari orang lain 7. Siswa berperilaku santun terhadap teman dan guru Jumlah SKOR Tidak Sama Sekali Jarang Sering :1 :3 :5 33-40 25-32 17-24 9-16 1-8 RPP MPI/Aditya_Erlyta_Laras_Murti/P. Siswa aktif dalam menjawab permasalahan yang diberikan guru 2. Siswa aktif berdiskusi dengan kelompoknya Siswa aktif dalam menyampaikan pendapat dalam kegiatan diskusi 5. Jumlah 28-35 22-28 15-21 8-14 1-7 Nilai A B C D E LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF SISWA Tidak No Aspek Penilaian Sama Sekali 1.Skor Cukup Baik Sangat Baik Kelompok :1 :3 :5 :««.Fisika 09 Nilai A B C D E 6 Jarang Sering . Siswa menjadi pendengar yang baik dalam kegiatan diskusi 6. Siswa aktif dalam mengikuti permainan make a match 8. Siswa dapat bekerja sama dengan kelompoknya dengan baik 3.

Soal Ketika kamu sedang duduk di dalam bus kemudian bus tibatiba direm maka Kunci Jawaban a) Karena kita memiliki sifat kelembaman yaitu cederung seperti keadaan semula b) Peristiwa ini sesuai dengan hukum I Newton tubuhmu ke depan.SOAL TUGAS MANDIRI No. 1. Seorang mendorong gerobak berisi jerigen kecil kemudian gerobak mendorong penghalang sehingga gerobak berhenti tetapi jerigen bergerak ke depan dan akhirnya jatuh. terdorong a) Mengapa hal itu dapat terjadi? b) Konsep fisika apakah peristiwa tersebut? 2. o Menyimpulka n bunyi hukum I Newton o Merumuskan hukum Newton. Indikator Menyebutkan sifat kelembaman. hukum I Newton! b) Tuliskan matematis! secara 3.Fisika 09 7 . tetapi tidak langsung berhenti. menerapkan hukum I Newton! menghentikan geraknya. RPP MPI/Aditya_Erlyta_Laras_Murti/P. I b) a) Sebutkan bunyi a) suatu benda akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu sama dengan nol. Menyebutkan aplikasi hokum I Newton dalam Sebutkan dalam sehari-hari peristiwa kehidupan yang - pemain ski yang meluncur di lintaan tanpa mengeluarkan tenaga yang besar seorang berusaha bersepatu roda kehidupan sehari ± hari.

RPP MPI/Aditya_Erlyta_Laras_Murti/P.Fisika 09 8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful