Makalah Ilmu Pengetahuan Sosial

December 1

2011

Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Semua materi yang terdapat dalam makalah ini saya ambil dari beberapa sumber yang kemudian saya kembangkan melalui logika dan kata-kata saya sendiri. Internet dan beberapa buku pengetahuan social lainnya. Nama Penyusun. Buku ini tersusun dari Judul Makalah. Saya ucapkan Terima Kasih karena telah membaca Kata Pengantar dari Saya Tangerang. Motif. Gambar-gambar yang ada di dalam makalah ini saya ambil dari Internet. Makalah ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang sesuai dengan materinya untuk memperjelas materi tersebut. dan Prinsip ekonomi. kemudian terdapat kata pengantar dan daftar isi.Kata Pengantar Makalah Ilmu Pengetehuan Sosial ini saya susun berdasarkan materi Tindakan.Dengan demikian mudah-mudahan makalah ini tersusun dengan rapih. 1 Desember 2011 Penulis 1 . Di antara beberapa sumber tersebut saya mengambilnya dari buku paket. dilanjutkan dengan materi makalah ini.

......... 4 Motif Ekonomi…………………………………………………………………………………………..... 6 2 .. 1 Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………… 2 Tindakan Ekonomi……………………………………………………………………………………..*Daftar Isi* Kata Pengantar………………………………………………………………......... 3 Prinsip Ekonomi………………………………………………………………………………………............

perusahaan. Dengan bekerja seseorang akan mendapatkan uang yang akhirnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya dengan membeli sesuatu yang diinginkan. manusia bekerja itulah yang disebut dengan tindakan ekonomi. Maka dari itu manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dengan berbagai cara yaitu memanfaatkan sumber daya dan potensi yang ia miliki. kebutuhan sosial. swasta atau wiraswata dan bekerja di bidang jasa. kebutuhan penghargaan kebutuhan rasa aman dan kebutuhan pengembangan. maka manusia harus bekerja.Tindakan Ekonomi Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan. Untuk memiliki atau memperoleh uang. Kekuatan yang ada dalam diri manusia untuk melakukan tindakan atau kegiatan disebut motif. baik kebutuhan fisik. Salah satu cara agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya yaitu harus memiliki uang. Tindakan yang dilakukan manusia tentu ada yang mendorongnya. Tindakan mereka didorong oleh kekuatan yang ada pada dalam diri mereka. apakah bekerja di kantor pemerintah. Tindakan ekonomi maksudnya yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya. 3 .

Prinsip ekonomi Harga yang terus meningkat membuat para ibu rumah tangga bingung untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari seperti minyak goreng. sayur mayur. beras. artinya tindakan yang dilakukan dengan suatu pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. 4 . Dengan kebutuhan yang banyak tersebut. lauk pauk. Prinsip yang mendasari tindakan yang dilakukan para ibu tersebut yang dinamakan prinsip ekonomi. Jadi prinsip ekonomi adalah suatu sikap atau perilaku seseorang yang mempertimbangkan keuntungan maupun kerugian secara cermat dari segi ekonomi. mereka harus pintar memilih barang-barang yang mana yang sesuai dengan keadaan keuangannya. Mereka harus bertindak rasional dalam pengertian dengan uang yang ada mereka mendapatkan barang-barang yang sesuai dengan keinginannya dan keluarganya.

Macam-Macam Prinsip Ekonomi Prinsip Ekonomi Produsen a) b) c) d) Menghasilkan barang yang berkualitas Menekan biaya produksi serendah mungkin Mencari keuntungan maksimal Menghasilkan barang yang diminati dan selalu dicari oleh konsumen Prinsip Ekonomi Distributor a) b) c) Menyalurkan barang dan jasa pada konsumen tepat waktu Memeratakan hasil produksi ke daerah-daerah yang memerlukan Membuat harga barang stabil atau tidak mengalami gejolak Prinsip Ekonomi Konsumen a) b) c) d) Mendapatkan kepuasan semaksimal mungkin Terpenuhinya kebutuhan hidup Terhindar dari sifat konsumtif Mendapatkan barang yang bermutu dengan harga murah 5 .

Demikian pula suatu produsen/perusahaan membuat produk dengan tujuan memperoleh laba. orang membuka warung kelontong. Semua kegiatan dagang merupakan kegiatan ekonomi dengan maksud mencari keuntungan atau laba. 6 .Motif ekonomi Motif ekonomi adalah suatu keinginan yang mendorong seseorang melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya motif ekonomi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut: Ingin memperoleh keuntungan Seseorang melakukan kegiatan ekonomi dengan maksud untuk memperoleh keuntungan. Misalnya. dia membeli dari agen dan menjualnya kembali kepada masyarakat sekitarnya.

Motif menolong sesama manusia Kebutuhan manusia selain kebutuhan fisik dan penghargaan dari orang lain. manusia juga membutuhkan rasa sosial. seseorang melakukan kegiatan dikoperasi dengan maksud ingin jadi ketua koperasi. ingin bergaul dan diterima dilingkungan. Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar mendapat pujian atau piagam tetapi juga ingin status social yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar Misalnya seorang direktur perusahaan membeli mobil mewah dengan maksud agar dihargai orang lain baik karyawan maupun mitra usahanya.Motif ingin memperoleh penghargaan dari orang lain Selain kebutuhan secara fisik. manusia juga membutuhkan penghargaan dari orang lain. Motif mengembangkan diri Kegiatan ekonomi juga dapat dilakukan karena dorongan keinginan mengembangkan diri. Misalnya seorang membuka usaha garmen/menjahit dengan maksud membantu para remaja yang menganggur agar mempunyai kegiatan positif. banyak teman. Motif ingin memperoleh status Kegiatan ekonomi dapat pula didorong oleh keinginan untuk memperoleh status. Misalnya seorang yang tadinya berusaha di dalam kota tertentu meluaskan usahanya ke kota lain bahkan ke luar negeri (kegiatan ekspor impor) 7 . misalnya seseorang melamar kerja di suatu perusahaan atau kantor pemerintah dengan maksud untuk merubah statusnya dari pengangguran menjadi karyawan kantor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful