Rahn 1. Anwar memiliki sebuah mobil.

Karena ingin melanjutkan kuliahnya ke program S3, maka Anwar meminjam uang dengan menawarkan mobil tersebut sebagai jaminannya ke pegadaian syariah dengan akad rahn. Pegadaian syariah pun sepakat memberikan pinjaman kepada Anwar sebesar Rp.100.000.000 yang akan dilunasi dalam jangka waktu 1 tahun. Apabila biaya pemeliharaan dari mobil tersebut adalah Rp.1.000.000 setahun, buatlah jurnal untuk Anwar dan pihak pegadaian syariah. 2. Sebagai langkah dalam mengembangkan usahanya, Marzuki bermaksud meminjam uang kepada Burhan dengan akad rahn. Barang yang dipakai sebagai jaminan untuk pinjaman Marzuki adalah sebuah motor sport. Dalam negosiasi, Burhan meminta kepada Marzuki agar motor tersebut boleh digunakan oleh anaknya sebagai alat transportasi selama masa utangnya dan Marzuki membolehkannya. Apabila pinjaman yang disepakati adalah sebesar Rp.50.000.000 dan biaya pemeliharaan motor tersebut sebesar Rp.500.000, buatlah jurnal untuk kedua pihak tersebut. 3. Fitri adalah istri dari Farel yang sedang hamil tua dan akan segera melahirkan. Namun karena mereka belum memiliki uang pada saat itu, maka Farel bermaksud meminjam uang. Miska pun menawarkan pinjaman sebesar Rp.10.000.000 yang dapat dilunasi tahun depannya. Farel setuju dan menawarkan emas seberat 20 gram sebagai jaminannya. Apabila disepakati biaya penyimpanan emas tersebut sebesar Rp.100.000 per bulan dengan akad ijarah dan akan dibayar setiap bulan oleh Farel. Buatlah jurnal yang terkait dengan transaksi tersebut oleh Farel dan Fitri. 4. Terkait soal no 3. Apabila pada saat jatuh tempo Farel belum bisa membayar utang tersebut dan sepakat menjual emas jaminannya, buatlah jurnal jika emas tersebut terjual dengan harga Rp.9.500.000. (Asumsikan harga pasar emas tidak berubah). 5. Terkait soal no 3. Apabila pada saat jatuh tempo Farel belum bisa membayar utang tersebut dan sepakat menjual emas jaminannya, buatlah jurnal jika emas tersebut terjual dengan harga sesuai dengan pasar. (Asumsikan harga pasar emas Rp.500.000/gr pada saat Farel meminjam dan Rp.600.000/gr setelah jatuh tempo).

Ju¶alah 1. Bahadur sedang melakukan perjalanan ke Sumedang dari Bandung untuk mengantarkan sebuah paket. Namun di tengah jalan, dia baru sadar bahwa STNK mobil yang dikendarainya tertinggal di rumahnya. Bahadur pun mengatakan kepada

Pedro kehilangan flashdisknya yang berisi data-data tentang skripsinya. 3.000. perusahaan ini menginstruksikan kepada karyawannya yang mampu mencarikan orang-orang terbaik yang sesuai kualifikasi perusahaan untuk magang di perusahaan tersebut. Diketahui bahwa Ana berhasil menemukan flashdisk tersebut dan mengembalikannya. 2. Sammy. Pedro meminjam uang kepada Carlitos sebesar hadiah tersebut dan akan dibayar secara berangsur selama 2 bulan. Buatlah jurnal akad ju¶alah tersebut dari kedua pihak. .orang-orang yang ada di rumahnya untuk mengantarkan STNK tersebut dengan berjanji akan memberikan sebuah flashdisk 16 GB seharga Rp. Ariel.150. Akhirnya STNK tersebut diantarkan oleh Fahri. Dia membuat pengumuman kehilangan dan berjanji memberikan hadiah uang sebesar Rp.000 kepada yang berhasil mengembalikan flashdisknya tersebut. Tiga karyawan yang berhasil membawa orang-orang terbaik akan mendapatkan hadiah berupa satu gram emas murni. Prima Delta Kencana Tunggal dan untuk para karyawannya. dan Anji adalah karyawan yang berhasil memenuhi keinginan perusahaan tersebut dan berhak mendapat satu gram emas. Pedro adalah seorang mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsinya. Karena ceroboh. Untuk memenuhi janjinya. Buatlah jurnal untuk setiap transaksi tersebut. Karena sedang sibuk dan butuh tenaga tambahan. Prima Delta Kencana Tunggal adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan emas. Buatlah jurnal untuk PT.50. PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful