GAYA

Pendahuluan Materi evaluasi

A.Pengertian Gaya B.Jenis – jenis Gaya C.Hukum II Newton D.Gaya Gesek

Akan tetapi bagaimanakah mesin menghasilkan gaya. Di kota-kota besar terlihat berbagai jenis kendaraan berlalu lalang di jalan raya. Tentu kamu tahu bahwa kendaraan itu semua di gerakkan oleh mesin sehingga menghasilkan gaya untuk menggerakkan kendaraana itu. sehingga kendaraan itu dapat bergerak .PENDAHULUAN Jika kamu perhatikan dengan seksama. banyak benda-benda yang di sekeklilingmu tidak pernah diam.

Pengertian Gaya Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan.MATERI A. Satuan gaya dalam MKS adalah Newton (N) dan CGS adalah Dyne .

. Jenis – jenis Gaya Gaya dibedakan menjadi dua jenis. kecepatan.B. yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh Pengaruh gaya pada benda antara lain dapat menggerakkan benda serta mengubah bentuk. dan arah gerak benda.

“Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan massa bendanya”. Hukum II Newton . Keterangan : a= kecepatan benda (m/s2) F= resultan gaya (N) m= massa benda (kg) F=mxa C.

. Gaya Gesek Adalah gaya yang di timbulkan akibat persentuhan langsung antara dua permukaan benda dengan arah berlawanan terhadap kecenderungan arah gerak benda.D.

. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. Peristiwa berikut ini yang berhubangan dengan gaya tak sentuh adalah. (2) dan (3) d.. (3) dan (4) .. (1) Buah kelapa jatuh dari pohonnya (2)Mendorong meja (3)Magnet menarik paku (4)Budak menarik grobak Pernyataan yang benar adalah a.EVALUASI 1.

gaya geseknya menjadi….2. Tetap c. Hilang b. a. Pada permukaan yang kasar. Kecil d. Besar .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful