PROPOSAL KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA UPN ³VETERAN ³ YOGYAKARTA DI DUSUN TEGALREJO, DESA SIDOREJO, KECAMATAN PONJONG KABUPATEN

GUNUNG KIDUL 14 NOVEMBER 2011 ± 23 DESEMBER 2011

OLEH:
Anastasia Flora Didik Purwanto Pramesthi Ayu. W Mahatma Satya Hutama Bartolomeus Dedy Wijaya Profirio Smith Pires Aldi Afian Bakri Kherubim. P. EL. Mori Eduardo Vicente De. F. S Martias Adriansyah Santy Ramantika. S Fransiscus Cahya Wahyu. N 151.08.0007/HI 131.07.0008/PE 141.08.0070/EM 142.08.0118/EA 142.08.0227/EA 111.08.0001/TG 111.08.0158/TG 151.08.0243/HI 151.08.0247/HI 135.08.0042/PE 135.08.0045/PE 112.08.0069/TA

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ³VETERAN´ YOGYAKARTA 2011

0070/EM 142. 10««.0243/HI 151. EL. 6««.08.07.08.. pada tanggal 29 november 2011 Disusun Oleh : Anastasia Flora Didik Purwanto Pramesthi Ayu.08. W Mahatma Satya Hutama Bartolomeus Dedy Wijaya Profirio Smith Pires Aldi Afian Bakri Kherubim.08. 5«««. F.08..08. 9«««.08.08. 4««.PROPOSAL KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA UPN ³VETERAN ³ YOGYAKARTA DI DUSUN TEGALREJO. 11««« 12««.08. 3«««..0001/TG 111.0247/HI 135. P. SE. 2««.0008/PE 141. 8««.0118/EA 142.. 7«««. S Martias Adriansyah Santy Ramantika... Proposal ini disetuji pada tanggal 29 November 2011 oleh : Dosen Pembimbing Lapangan Pejabat yang Berwenang Herlina Dyah Kuswati.08.0042/PE 135. MSi Kartiya . KECAMATAN PONJONG KABUPATEN GUNUNG KIDUL 14 NOVEMBER 2011 ± 23 DESEMBER 2011 Diajukan dalam rangka penyelesaian tugas Kuliah Kerja Nyata UPN ³Veteran´ Yogyakarta..0227/EA 111. N 151. S Fransiscus Cahya Wahyu. Mori Eduardo Vicente De.0158/TG 151. DESA SIDOREJO.0007/HI 131.0069/TA 1«««.0045/PE 112.08.

MSi selaku Dosen Pembimbing Lapangan. 2. Herlina Dyah Kuswanti.PRAKATA Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Kuasa . Bapak Kartiya selaku Kepala Dukuh 4. atas berkat rahmadnya laporan Kuliah Kerja Nyata di Dusun Tegalrejo. Kelurahan Sidorejo. dengan kerendahan dan ketulusan hati. Kabupaten Gunung Kidul. Semoga dapat dilaksanakan dengan baik.S. Yogyakarta. Laporan ini disusun dalam rangka penyelesaian tugas Kuliah Kerja Nyata. penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. M. Didit W. Kabupaten Gunung Kidul. SE. Amin Para Penulis . Kecamatan Ponjong . selaku Rektor Universitas Pembangunan Nasional ³Veteran´ Yogyakarta. Akhirnya kami juga sangat berterima kasih kepada orang tua dan keluarga yang telah membimbing dan memberikan do¶a restu kepada kami masing-masing. Kelurahan Sidorejo.ibu. Semua pihak yang membantu terlaksananya program Kuliah Kerja Nyata di Dusun Tegalrejo. bermanfaat bagi masyarakat. Mudah-mudahan hasil KKN kami. Oleh karena itu. Kecamatan Ponjong. dan semoga amal bauk bapak. Dr. saudara semua diterima disisi Tuhan Seru Sekalian Alam. Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini tidak lepas dari pertisipasi berbagai pihak yang telah banyak membantu dalam penyeleseain proposal ini. Udjianto. 3..

sehingga produktivitas relatif rendah. dan miskin unsur hara.1.2. nyaris memenuhi zona ini. 1. sebelah Timur terdapat Desa Ponjong dan sebelah Barat terdapat Ngeposari. tanpa menyisakan kawasan pedataran.2 TOPOGRAFI DAN KEADAAN TANAH 1.2. yang terdiri dari 8 RT dan 1 RW. dengan ketebalan yang relatif tipis. Kondisi air di dusun ini mengandung kapur yang cukup . Sebagian penduduk masih menggunakan air sumur untuk kebutuhan sehari-hari. Luas sawah 12000 m2. 1.1.2 Keadaan tanah Jenis tanah pada dusun Tegalrejo adalah tanah mediterania. sebelah selatan terdapat desa Gombang.3 Keadaan air Kuantitas penggunaan sumur air (baik sumur manual. PENDAHULUAN 1. maupun sumur pompa mesin) cukup banyak.1 LETAK DAN LUAS WILAYAH 1. Kondisi ini menyebabkan penduduknya sulit mengembangkan kegiatan usaha di sektor pertanian (Soerono. 1. Zona Gunung Sewu ini berada pada ketinggian 100 ± 300 meter dpl Topografi berbukit-bukit (konon terdapat 60. 1. Termasuk didalamnya Dusun Tegalrejo yang memiliki luas 75000 m2.1 Topografi Dusun Tegalrejo termasuk dalam daerah perbukitan Gunung Sewu yang tersebar sepanjang Pegunungan Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.1 Letak Wilayah Dusun Tegalrejo terletak di Desa Karang Ijo Kecamatan Ponjong kabupaten Gunung Kidul. Luas Pekarangan 35000 m2. 2008). Tanah kapur.2.2 Suatu desa Sidorejo terdiri dari 19 dusun.000 bukit berjajar.1. Paling hanya pelembahan yang relatif sempit). Batas wilayah sebelah Utara terdapat Desa Ngipak.

7°C. pepaya. Namun di beberapa tempat terdapat pula aliran mata air musiman. tetapi lebih dipengaruhi oleh musim.burung puyuh. pisang.sawo. akasia.85%.bebek. sonokeling. kambing. Untuk tanaman yang dipengaruhi oleh musim (kemarau/penghujan) diantaranya adalah padi dan tembakau. Kelembaban tertinggi terjadi pada bulan Januari ± Maret.4°C. kacangtanah. cabe. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa tubuh sungai yang digunakan warga untuk keperluan sehari-hari (diantaranya mencuci. dan kelapa di beberapa lokasi. Suhu minimum 23. sedangkan terendah pada bulan September.angsa. 1.riskan.semangka. kedelai. memandikan ternak. mandi. yang mana aliran air pada sungai tersebut dipengaruhi oleh supply air pada saat musim penghujan. Aliran sungai di dusun ini. mahoni. Kelembaban di Dusun Tegalrejo berkisar antara 80% .3 KEADAAN IKLIM Suhu udara di Dusun Tegalrejo rata-rata harian 27.2°C dan suhu maksimum 32. randu.terong. terutama tanaman tahunan seperti tanaman jati. ubi kayu. pada beberapa tempat cukup baik. .anjing dan kuncing.5 PETERNAKAN Di Dusun Tegalrejo terdapat beberapa jenis populasi ternak seperti sapi. 1.4 PERTANIAN Jenis tanaman yang dapat tumbuh di dusun Tegalrejo. kacang panjang dan padi ladang. Hal ini terbukti dari di beberapa tempat di dasar bak penampungan air terbentuk endapan kapur.tomat. Tanaman buah yang cukup cocok dibudidayakan adalah mangga.kedondong dan melinjo. Kelembaban nisbi ini bagi wilayah Dusun Tegalrejo tidak terlalu dipengaruhi oleh tinggi tempat. Tanaman pangan diantaranya jagung. domba.nangka. ayam kampong. dll). 1.

Sedangkan untuk ternak anjing.Jenis dan alat produksi budidaya ikan masyarakat masih menggunakan jala. Jumlah Total kepala Keluarga 200 KK. .batu gunung. 1.Masyarakat dalam menyediaan makanan untuk ternak biasa memanfaatkan daun jagung yang sebelumnya dikeringkan terlebih dahulu.burung puyuh.bebek. dimana usaha pengembangan pengolahan bahan tambang dan galian tersebut menjadi salah satu mata pencaharian penduduk setempat.Pemasaran hasil galian dijual langsung ke konsumen. Jumlah angkatan kerja 110 jiwa. bawal.Hal ini dilakukan ketika ternak terkena penyakit. Bahan tambang dan galian ini berpotensi sebagai ornament dan bahan bangunan. Jenis ikannya seperti lele. 1.dan kuncing biasanya dari dedak.batu gamping dan batu putih. nila.Produksi ternak yaitu telur. dan mujair.6 PERIKANAN Di Dusun Tegalrejo masyarakat masih menggunakan empang sebagai pusat perikanan.dijual melalui tengkulak.seperti nasi.8 KEPENDUDUKAN Jumlah penduduk di Dusun Tegalrejo 571 jiwa dimana terdiri dari Lakilaki yang berjumlah 302 dan Perempuan berjumlah 269 jiwa.domba dan ambing.7 BAHAN TAMBANG DAN BAHANGALIAN Di Dusun Tegalrejo terdapat macam-macam bahan tambang dan galian diantaranya seperti batu kali. 1.jagung dan sisa makanan.batu kapur.Pemasaran hasil perikanan biasanya dijual langsung ke konsumen tetapi juga biasa melalui tengkulak dan melalui pengecer. Kepemilikan dan pengelolaan bahan galian di miliki oleh perorangan.ayam.dijual melalui pengecer tetapi ada juga yang tidak di jual.untuk ternak sapi. Dilakukan juga pemberantasan penyakit terhadap ternak seperti Suntikan Vaksin.

. mereka masih berkenan untuk menyapa. Norma kesopanan para penduduk mencerminkan sikap wong jawa pada umumnya. adat istiadat dalam memecahkan konflik warga (musyawarah). adat istiadat dalam tanah pertanian (sedekah bumi).9 PENDIDIKAN Di dusun Tegalrejo pendidikan formal terdiri dari PAUD. adat istiadat dalam kelahiran anak (istilah). adat istiadat dalam menjauhkan bala penyakit dan bencana alam.11 AGAMA Kebanyakan penduduk dusun Tegalrejo menganut agama Islam. 1.10 ADAT ISTIADAT Kearifan penduduk lokal dusun Sidorejo masih sangat kental. Dan untuk pendidikan anak di usia dini.dan SMP kepemilikan swasta dan pemerintah. Tenaga Guru yang di PAUD 4 orang.di TK 2 orang sedangkan di SMP 8 orang. diantaranya adalah adat istiadat dalam perkawinan (mantenan). Banyak warga yang hanya mengenyam pendidikan hanya sampai SMP selanjutnya berhenti sekolah di karenakan biaya terlalu mahal. (istilah).SD. Untuk beberapa hal yang menyangkut dengan adat istiadat yang masih dilakukan dalam masyarakat. 1.TK. Keberadaan beberapa masjid dan mushola di beberapa tempat yang cukup strategis cukup memudahkan penduduk untuk beribadah.1. Dimana saat kita bertemu/bertatap muka di jalan. adat istiadat dalam penanggulangan kemiskinan bagi keluarga tidak mampu/fakir miskin/terlantar. telah diterapkan suatu metoda yang mereka sebut sebagai TPA (Tempat Pendidikan Agama). adat istiadat dalam upacara kematian (melayat). adat istadat dalam memulihkan hubungan antara alam semesta dengan manusia dan lingkungannya (malam satu suro).

Hal ini dibuktikan dari tidak adanya masalah mengenai gorong-gorong/selokan. hal ini dilihat dari kondisi jalan yang berupa bebatuan dan kumpulan pecahan batu hasil dari pengolahan bahan galian batu. 1. Latihan Karawitan ini dilakukan secara rutin setiap malam Kamis yang disesuaikan dengan penanggalan orang Jawa (misal Kamis Pahing. penyakit dan pelaksanaan KB. sebagian besar penduduk telah memahami dan menerapkannya pada masing-masing keluarga. Untuk pengelolaan sistem KB (Keluarga Berencana). diantaranya sanitasi. kesehatan lingkungan.14 KEADAAN JALAN DAN JEMBATAN Pada point keadaan jalan mungkin sangat butuh diberikan pada penduduk dan para tokoh masyarakat setempat. Dimana pada saat hujan. jalan ini cukup sulit dilewati oleh kendaraan.13 KESEHATAN Masalah kesehatan di dusun Tegalrejo meliputi beberapa hal. karena menimbulkan genangan air dan lumpur yang licin untuk dilalui. Untuk sanitasi pada dusun ini terbilang cukup baik. 1. Kondisi jalan pada dusun Tegalrejo bisa dikatakan cukup memprihatikan. tidak adanya masalah mengenai MCK (Mandi Cuci Kaki). dan lain-lain. Hasl ini menyebabkan masalah polusi udara dan sarang penyakit jika tidaklah sering dibersihkan.12 KESENIAN Beberapa penduduk dusun Tegalrejo berpartisipasi dalam upaya melestarikan kesenian budaya (khususnya budaya Jawa) yang berupa Karawitan. atau Kamis Legi). Untuk masalah penyakit yang sering di derita adalah cikungunya. mungkin yang perlu diperhatikan adalah mengenai faktor kebersihan kandang ternak penduduk yang cenderung diabaikan dan jarak kandang dengan pemukiman tidaklah begitu jauh (kebanyakan berdampingan dengan rumah penduduk). Pada point kesehatan lingkungan. Penduduk yang berpartisipasi diantaranya para bapak-bapak dan ibu-ibu yang dalam setiap latihannya melantunkan tembang-tembang Jawa. .1.

1 PRASARANA FISIK Membantu membuat plang disetiap tempat yang penting sebagai sarana penunjuk jalan. PROGRAM KERJA 3.1 PERASARANA FISIK Kurang adanya penunjuk jalan yang baik di dusun Tegalrejo sehingga dapat membinggungkan pengguna jalan. hampir semua anak sekolahnya sudah baik dalam hal mengenyam pendidikannya tetapi masih kurang adanya belajar tambahan seperti les.16 PRASARANA DAN SARANA KOMUNIKASI Warga Tegalrejo sudah menggunakan telepon seluler atau handphone sebagai sarana komunikasi.2 SOSIAL BUDAYA Pada dusun Tegalrejo. 1. Dan masih kurangnya perlengkapan mengajar baik itu di TK maupun PAUD.17 MEDIA MASA Di dusun Tegalrejo sudah menggunakan TV dan Koran 1. 3. RUMUSAN MASALAH 2. . 2.3 KESEHATAN Masih kurangnya kesadaran tentang arti hidup sehat.15 SARANA ANGKUTAN Sarana angkutan untuk dusun Tegalrejo berupa angkutan pribadi masingmasing warga. 2.1. hal ini dikarenakan tidak adanya angkutan umum yang melewati jalan (besar) beraspal di dekat dusun Tegalrejo 1.18 RENCANA PEMBANGUNAN DESA Di dusun Tegalrejo sudah terdapat gedung kantor atau balai pertemuan. 2.

Dukuh. Sedangkan untuk TK setiap hari senin dan kadang tidak sama sekali karena untuk TK sendiri sudah memiliki kurikulum tersendiri sehingga sedikit menyulitkan kita untuk memberi materi kepada mereka. Masjid.2 SOSIAL BUDAYA Membantu mengajar sekolah lanjut usia dini (PAUD).3 KESEHATAN Mengadakan kegiatan keolahragaan secara rutin dan memperbaiki sarana prasarana olahraga. mulai dari jam 15. TK. RW. RT.2 SOSIAL BUDAYA Menyelenggarakan kursus bimbingan belajar kepada anak-anak SD dari kelas 1-6 dan membantu pelaksanaan dalam hal peralatan menagajar kepada PAUD dan TK. . Selain itu pula kita mengajar anak-anak sekolah lanjut usia dini (PAUD) seminggu sekali yang dilaksanakan setiap hari kamis dan itu pun tidak pasti karena kita selalu menyesuaikan jadwal mereka (PAUD). Paud dan lain sebagainya terutama tempat-tempat penting yang ada di dusun Tegalrejo dengan jumlah plang sebanyak 20 buah. Selain itu pula papan Paud mulai dicet pada tanggal 23 November 2011.00-17.3. 4. SD. 4. Pelaksanaan pengecetan plang maupun sablon nama-nama tesebut berlangsung dari tanggal 16-21 November 2011 sedangkan plang tersebut mulai dipaku pada tanggal 22-23 November 2011. PELAKSANAAN 4. Setelah selesai mengajar akan dibagikan hadiah berupa cemilan untuk menyemangatin anak-anak agar tidak bosan.1 PRASARANA FISIK Pada tanggal 15 November 2011 kami kelompok 16 dengan jumlah 12 peserta mulai melakukan pengecetan plang maupun sablon nama-nama Dusun.00. dan juga bimbingan yang dilaksankan setiap hari yang berlansung selama 2 jam. 3.

4. Dan memperbaiki lapangan voli. bulu tangkis maupun voli dilaksanakan setiap hari (pagi dan sore). .3 KESEHATAN Pengadaan kegiatan olahraga yang berupa sepakbola. futsal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.