A) Profil Umum Negara India Letak Geografis Terletak di Asia Selatan dengan garis pantai sepanjang 7.

000 km, dan bagian dari anak benua India, Merupakan bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah. Dia membagi perbatasan dengan Pakistan, Republik Rakyat Cina, Myanmar. Banglades, Nepal, Bhutan, dan Afganistan.

B) Sejarah Negara India

Zaman Permulaan Sekitar 1500 S.M. datanglah ke anak benua India bangsa-bangsa yang semula mendiami daerahdaerah sekitar Laut Kaspia, yang dalam sejarah India dikenal sebagai bangsa Arya atau IndoArya. Bangsa Arya ini mula-mula menetap di daerah Punjab (India Barat Laut) yang kemudian meluas ke daerah sungai Gangga dan daerah-daerah lain di India. Mereka membawa

Lama kelamaan mereka berhasil mencapai taraf peradaban dan kebudayaan yang tinggi dengan menemukan suatu bahasa. yang kemudian menyatukan diri dengan kebudayaan di India pada waktu itu. mitologi dan kebudayaan di bagian Barat Laut India banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani. yang pada masa sekarang ini masih dapat dilihat sisa-sisanya dalam bentuk pemahatan batu dan candi-candi. tetapi nyatanya untuk waktu yang cukup lama. pasukan-pasukan Iskandar yang agung menyerbu India dan berhasil menduduki daerah India Barat Laut. yang kemudian dikenal dengan bahasa Sanskrit. Dan dalam masa 900 tahun berikutnya.M. Pada tahun 326 S. filosofi dan kebudayaan mereka ke India. Pasukan-pasukan Iskandar yang agung akhirnya dapat dikalahkan oleh Raja Chandra Gupta. terjadilah pernyebuan ke India oleh bangsa-bangsa Parsi. Cucu Chandra Gupta. Raja Ashoka ini yang secara terus-menerus telah mengalami kepahitan perang akhirnya memeluk agama Budha dan dibawah pemerintahannya banyak mengirimkan misi-misi agama dan kebudayaan ke negara-negara di Asia Selatan. Zaman Parsi ini juga membuka perhubungan lalu lintas antara India dengan negara-negara di sebelah baratnya. yang karena kebudayaan dan teknik mereka yang lebih tinggi berhasil menduduki dataran India dengan membawa arsitektur dan cara penghidupan mereka. yaitu Ashoka menjadi raja yang sangat terkenal dalam sejarah India. Pada abad ke-6 S. Meskipun tidak meninggalkan pengaruh politik yang besar. yang mereka pergunakan dalam nyanyian-nyanyian keagamaan mereka yang dinamakan dengan “Rigveda” untuk memuja dewa-dewa dan kepercayaan mereka.M.kepercayaan. Zaman Parsi ini juga dinamakan dengan zaman empirium (Period of Empires) dalam sejarah India. Zaman Arya ini menyaksikan lahirnya kerajaan-kerajan di India dan masa ini berlangsung sampai abad ke-7 S. Pada abad ke-6 inilah lahir Budha Gautama dan Mahavira. India mengalami zaman perdamaian dimana kerajaan-kerajaan dapat berkembang. Zaman Pertengahan . dengan berdirinya empiriumempirium seperti Magadha dengan raja-raja Bimbisaura dan Ajatasatru. Timur dan Tenggara.M.

maka orang-orang Barat tersebut berhasil menduduki tempat-tempat penting di pantai selatan India yang kemudian melebar dan akhirnya Inggris jualah yang memenangkan kekuasaan di anak benua India. Bahadur Shah Zafar dianggap sebagai penguasa dinasti Mughal yang terakhir. bahasa dan arsitekturnya. Kemudian usaha tersebut diulanginya pada tahun 1501 dan berhasil mendirikan tempat kedudukan bagi Portugis di Kannanore. dua orang raja Mughal yang sangat terkenal. Penyatuan kebudayaan Islam dan Hindu membawa kejayaan bagi India yang tercermin dalam seni. Dalam sejarah India. dalam sejarah India dianggap sebagai permulaan zaman pertengahan dan dimulainya Zaman Mughal. India terpecah belah dalam kerajaan-kerajaan kecil yang saling bermusuhan dan berperang. India menyaksikan lahirnya pujangga-pujangga besar seperti Amir Khusrau dan raja-raja besar yang telah memerintah India dengan arif dan bijaksana seperti Akbar (disebut juga sebagai The Greatest Mughal Emperor) dan Shahjahan. Bangsa-bangsa barat lainnya seperti Spanyol. sastra. Pengaruh agama dan kebudayaan Islam meluas ke seluruh India dan pada abad ke-13 berdirilah Kesultanan Delhi yang melahirkan suatu dinasti Islam di India selama beberapa abad lamanya. Ia pernah melancarkan pemberontakan terhadap Inggris. Hingga sekarang masih tampak dengan jelas peninggalan-peninggalan Islam di India dengan terdapatnya mesjidmesjid dan makam-makam Islam di seluruh India seperti Taj Mahal dan lain sebagainya. Kochin dan Kalikut. . Zaman Penjajahan Orang Barat pertama yang menginjakkan kakinya di India ialah Vasco de Gama pada bulan Mei 1498 di Kalikut. 14 dan 15 tersebut. Dengan keadaan yang sudah terpecah-belah diantara bangsabangsa di India sendiri. tetapi pemberontakan tersebut dapat ditindas Inggris pada tahun 1857. yang memudahkan bangsa-bangsa Barat masuk ke India. Pada abad ke-13. Berdirinya Kesultanan Delhi pada abad ke-13 ini. Belanda dan Inggris berturut-turut datang ke India dengan maksud yang sudah cukup terkenal dalam sejarah bangsa-bangsa Barat di Asia. tetapi ia tidak berhasil untuk menetap di sana. Kemunduran Islam di India terjadi pada tahun 1707 setelah wafatnya Raja Aurangzeb.Pada abad ke-8 pedagang-pedagang Islam dari Asia Barat datang ke India.

Bihar dan Orissa yang kemudian dalam kurun waktu yang kurang dari setengah abad disusul pula dengan penguasaan terhadap daerah-daerah lain di India. yang mencapai puncaknya dalam pertempuran Buxar pada tahun 1756 melawan raja-raja India. Demikianlah selama kurang lebih setengah abad lamanya. gerakan kemeredekaan India menuntut kemerdekaan penuh bagi India. Demikian juga menjelang abad ke-19 diletakkan dasar-dasar pembangunan industri serta peningkatan lembaga-lembaga pendidikan di India. Jawaharlal Nehru dan Mohd. tetapi berhasil ditindas oleh Inggris. Pada tahun 1824 Pemerintah Inggris mengambil alih kekuasaan terhadap English East India Company dari India dan dengan demikian secara mutlak mendudukkan kekuasaannya terhadap negara ini. Inggris juga menempatkan seorang Gubernur Jenderal di India sebagai Wakil Mahkota dan Pemerintahnya. Pada tahun 1935. Ali Jinnah. Kemudian pada tahun 1906 didirikan pula Indian Muslim League untuk menyatukan dan menjamin kepentingan-kepentingan orang Islam di India. Dari sinilah sebetulnya awal permulaan lahirnya negara Pakistan. Pemimpin-pemimpin terkenal dalam gerakan ini antara lain ialah Mahatma Gandhi. Ahli-ahli sejarah India menganggap zaman penjajahan Inggris tersebut sebagai suatu proses modernisasi yang menguntungkan bagi penyatuan seluruh wilayah India secara politis dan administratif dan berlakunya ketentuanketentuan hukum dalam mengatur kehidupan masyarakat. Inggris mengumumkan “The Government of India Act” yang merupakan Undang-Undang Dasar . Inggris masih mengizinkan berdirinya kerajaan-kerajaan kecil yang dikepalai oleh pangeran-pangeran. dan kemudian dibarengi dengan penguasaan secara fisik dan politis. Gerakan kemerdekaan dan perasaan kebangsaan India mulai timbul pada pertengahan abad ke19 dengan meletusnya suatu pemberontakan yang dipimpin oleh raja-raja India pada tahun 1857.Kekuasaan Inggris di India dimulai dengan berdirinya English East India Company pada tahun 1600 yang semula lebih bersifat dagang. Meskipun demikian. Gerakan kemerdekaan tersebut mencapai suatu bentuk yang lebih nyata dengan berdirinya Indian National Congres pada tahun 1885 yang pada tahun 1905 menuntut diadakannnya “Swaraj” (self-rule): dari-oleh-untuk bangsa India. Kemenangan Inggris dalam pertempuran itu membuat Inggris berhasil menguasai daerah-daerah Benggala.

Dan pada tahun 1940. 600 kerajaan-kerajaan kecil yang diperintah oleh pangeran-pangeran ke dalam Negara Kesatuan India. kereta api dan sebagainya). pesawat terbang. Pada tanggal 15 Agustus 1947. Banyak kedudukan dalam dewan-dewan tersebut dimenangkan oleh National Congress dan Muslim League. Selain itu dalam beberapa tahun terakhir ini India juga telah berhasil mencukupi kebutuhannya sendiri akan bahan-bahan pangan. Sejak tanggal ini pula India resmi menjadi Republik India dengan Presiden sebagai Kepala Negaranya dan Perdana Menteri sebagai kepala Pemerintahannya. yaitu perpindahan penduduk secara besar-besaran akibat terpecahnya bekas jajahan Inggris ini menjadi India dan Pakistan serta masalah pengintegrasian k. seperti usaha penerapan bahasa Hindi sebagai bahasa nasional. tetapi Muslim League tidak bersedia ikut serta dalam Constituent Assembly ini dan tetap menuntut dibentuknya suatu negara tersendiri bagi penduduk Islam India. tuntutan kemerdekaan makin mendesak kepada Pemerintah Inggris yang menghasilkan dibentuknya suatu Constituent Assembly. untuk pertama kalinya. Menjelang berakhirnya Perang Dunia II.untuk pemilihan dewan-dewan perwakilan di negara-negara bagian. Disamping prestasi-prestasinya tersebut. tank dan persenjataan. India masih menghadapi berbagai tantangan dalam pengintegrasian nasional. Salah satu tujuan India adalah untuk mencapai kemerdekaan ekonomi yang diusahakan melalui pembangunan ekonomi dan sosial berencana melalui berbagai Repelita yang dimulai sejak April 1951.l. mesin-mesin dan generator-genarator berat. Muslim League menuntut satu negara khusus untuk orang-orang Islam. Zaman Kemerdekaan Setelah berhasil menanggulangi dua masalah besar pada awal kemerdekaannya. India mulai menyusun kerangka kehidupan kenegaraannya dalam bentuk suatu Undang-Undang Dasar yang mulai berlaku pada tanggal 26 Januari 1950. Inggris memberikan kemerdekaan kepada India dan Pakistan. Tuntutan kaum Muslim itu akhirnya dipenuhi oleh Inggris dengan pembentukan negara Pakistan. Dalam masa lebih dari 30 tahun ini India telah berhasil membangun industri-industri berat dan mendidik tenaga-tenaga teknologi yang menjadi landasan untuk pembangunan industriindustrinya lebih lanjut (seperti: mobil. .

. pesawat terbang dan suku cadangnya. Penerimaan pemerintah dari privatisasi sekitar $3 miliar pada tahun fiskal 2003-2004. kapas. semula diharapkan antara 8.6% pada 2008. Amerika Serikat merupakan mitra dagang utama India. Mereka menyumbangkan $255 miliar cadangan devisa pada Juni 2007.0% pada 2007. produk pertanian. mesin canggih. pertumbuhan ekonomi rata-rata India mencapai lebih dari 7% sehingga angka kemiskinan berkurang sekitar 10%. 9. India meraih pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sebesar 9. dan 6. Adapun barang impor AS dari India meliputi tekstil dan pakaian. C) Pengaruh India di mata dunia a) Ekonomi Sejak 1997.6% pada 2006. Sejak kemerdekaannya. dan perangkat keras komputer. yaitu antara lain dengan RRC tahun 1962 mengenai soal perbatasan dan dengan Pakistan tahun 1971 yang berakhir dengan perubahan status Pakistan Timur menjadi negara Bangladesh. produk kulit. batu mulia dan permata.pertentangan komunal (Hindu-Muslim) dan bahkan pertentangan antar kasta yang belum kunjung selesai. bahan kimia. Portofolio asing dan arus investasi langsung meningkat secara signifikan pada tahun-tahun belakangan. tetapi sejak itu program privatisasi mandek.5-9%. Barang ekspor utama AS antara lain reagent diagnostik dan laboratorium. Pertumbuhan pada tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 2009. India beberapa kali mengalami konflik bersenjata dengan negara-negara tetangganya. direvisi oleh sejumlah pakar ekonomi menjadi 7% karena krisis keuangan yang mengakibatkan perlambatan laju ekonomi. besi tua. Namun. pupuk. Perdagangan bilateral kedua negara mencapai hampir $50 miliar pada 2008.

561 triliun dengan pendapatan per kapita $3. sementara pendapatan dari bisnis outsource mencapai $8. Jika paritas daya beli dijadikan ukuran. Dalam sistem kasta di India ditetapkan stratifikasi sosial dan pembatasan dalam kehidupan sosial di anak benua India. India merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. kesehatan. dan pemikiran dari penjajah dan imigran sambil terus mempertahankan tradisi yang sudah mapan dan menyebarluaskan budaya India ke tempattempat lain di Asia. tradisi.Tradisi ini diperkuat dengan kepercayaan kepada dewa-dewa dan roh yang dianggap berperan penting dan tak terpisahkan dari kehidupan mereka. dan pembangunan daerah pedesaan.8% pada dua dasawarsa terakhir. yang umum disebut jāti atau kasta. pendidikan. PDB India mencapai $1.3 miliar pada 2006-2007. Orang India sangat menghargai nilai-nilai kekeluargaan tradisional. Di kawasan pedesaan masih umum dijumpai anggota keluarga dari tiga hingga empat generasi yang tinggal di bawah satu atap. rumahrumah di perkotaan sekarang lebih sering hanya didiami oleh keluarga inti. Walaupun demikian. b) Budaya Kebudayaan India penuh dengan sinkretisme dan pluralisme budaya.243 triliun sehingga ekonomi India menjadi terbesar kesebelas di dunia. dengan fokus pada bidang infrastruktur.100. Masalah-masalah yang timbul dalam keluarga sering . Amerika Serikat menyediakan bantuan sekitar $126 juta. Sejak usia dini. anak-anak diajari tentang peran dan kedudukan mereka dalam masyarakat. Sementara Bank Dunia berencana menambah bantuan ke India senilai $3 miliar per tahun. Ekspor perangkat lunak mencapai $28 miliar pada tahun fiskal 2006-2007. Kebudayaan tradisional India memiliki hirarki sosial yang relatif ketat. Kebudayaan ini terus menyerap adat istiadat. yakni $3.Sektor perangkat lunak yang tumbuh pesat mendorong ekspor jasa dan memodernisasi ekonomi India. Hal ini disebabkan keterbatasan ekonomi dan sosial untuk hidup bersama dalam sebuah keluarga besar. Dengan pertumbuhan rata-rata PDB 5. ekonomi India merupakan terbesar keempat di dunia. Kelas-kelas sosial dibentuk oleh ribuan kelompok herediter yang mempraktikkan endogami. Pada 2009.

Pria mengenakan kurta berikut piyama. namun dengan persetujuan pengantin pria dan pengantin wanita. Hari raya yang dikenal di seluruh India. Buddha Jayanti. selain celana panjang dan kemeja gaya Eropa yang juga populer. Pernikahan dipandang sebagai ikatan seumur hidup. Kehidupan beragama merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari dan bukan urusan pribadi. misalnya Diwali. Arsitektur vernakular juga menunjukkan variasi regional yang mencolok. India memiliki tiga hari nasional. di India juga terdapat hari raya sekuler yang dirayakan tanpa memandang kasta dan kepercayaan. Selain itu. Arsitektur India sangat melambangkan kebinekaan kebudayaan India. Wanita mengenakan pakaian yang disebut sari. India memiliki hari raya lainnya. Warna-warni dan gaya pakaian tradisional bergantung pada berbagai faktor. dan pria mengenakan pakaian yang disebut dhoti atau lungi. Ganesh Chaturthi. Makanan pokok orang India adalah beras (terutama di India selatan dan timur) dan gandum di India bagian timur. Sebagian besar hari libur di India merupakan hari raya keagamaan. Thai Pongal. Ugadi. Pakaian dari kain yang dijahit juga populer. Masakan India mencakup berbagai masakan khas dari berbagai kawasan di India. Sebagian di antaranya. Walaupun demikian. Idul Fitri.diselesaikan secara patriarkisme. Jumlah hari libur resmi antara 9 hingga 12 hari bergantung kepada masing-masing negara bagian. Cabai menjadi populer di India berkat diperkenalkan oleh orang Portugis. seperti salwar kameez yang dikenakan wanita. dan angka perceraian sangat rendah. termasuk monumen megah seperti Taj Mahal dan bangunan berarsitektur arsitektur MughalMughal dan India Selatan merupakan campuran dari tradisi kuno dan beraneka ragam tradisi lokal dari berbagai wilayah di India dan luar negeri. Pakaian tradisional berbeda-beda menurut daerahnya di India. Holi. Natal. dan Vaisakhi. Onam. . Pakaian berupa kain yang disampirkan merupakan gaya busana yang populer di India. Separuh dari populasi wanita India menikah sebelum mencapai usia 18 tahun yang merupakan usia dewasa menurut hukum. Mayoritas terbesar orang India menikah setelah dijodohkan oleh orang tua mereka atau anggota keluarga yang dituakan. pernikahan dini masih merupakan tradisi yang umum. terutama iklim. Ciri khas masakan India adalah pemakaian bumbu serta rempah-rempah yang beraneka ragam. Walaupun demikian. Durga Puja. Rempah-rempah seperti merica aslinya berasal dari anak benua India. Vijayadasami. Bakr-Id.

dan sastra Sangam dalam bahasa Tamil. Marathi. namun sebagian di antaranya mengambil ide dari kisah percintaan abad pertengahan. Tari India juga terdiri dari bentuk-bentuk tari klasik dan tari rakyat. dan Telugu juga didukung oleh industri film yang mapan. dan Drama Nasional India telah mengakui delapan bentuk tari sebagai tari klasik India. Di antara kedelapan tarian tersebut sebagian di antaranya dilengkapi narasi dan dipengaruhi unsur-unsur mitologi Hindu. Industri film Bollywood berpusat di Mumbai. kathakali dan mohiniyattam dari Kerala. Selain Bollywood. Kesusastraan India mencakup karya-karya sastra Sanskerta. serta ghoomar dari Rajasthan. jatra dari Benggala Barat. India memiliki industri film terbesar di dunia. dan telah menjadi industri film paling produktif di dunia. sambil menyinggung peristiwa-peristiwa sosial dan politik. Musik yang dibawakan kelompok baul berakar pada tradisi sinkretisme. Karnataka dari India Selatan. Musik tradisional India secara garis besar dibagi menjadi dua jenis: musik tradisional Hindustani dari India Utara. Jharkhand dan sambalpuri dari Orissa. kathak dari Uttar Pradesh. dan dialog yang memakai skenario atau improvisasi. Akademi Musik. Di antara penulis India era modern terdapat sastrawan Rabindranath Tagore yang memenangi Hadiah Nobel tahun 1913. terukkuttu dari Tamil Nadu. Bollywood memproduksi film-film Hindi yang laris. Teater rakyat yang populer di India. puisi-puisi seperti Mahākāvya. odissi dari Orissa. misalnya: bhavai dari negara bagian Gujarat. Di antara tari rakyat India yang dikenal luas. Tamil. Kedelapan tari klasik India yang dimaksud adalah: bharatanatyam dari Tamil Nadu. Kisahnya sering didasarkan pada mitologi Hindu. tari. Teater di India memadukan musik. Bentuk-bentuk awal sastra India berbentuk sastra lisan yang kemudian dijadikan sastra tertulis. dan berbagai variasi darinya yang muncul di sebagai musik daerah di India. Malayalam. misalnya: bhangra dari Punjab. manipuri dari Manipur. Tari. nautanki dan ramlila dari India Timur. dan merupakan contoh musik rakyat yang dikenal luas. tamasha dari Maharashtra. seperti bentuk awal Weda. Musik filmi dan musik rakyat India merupakan bentuk-bentuk musik pop yang telah menjadi bentuk musik daerah. epos Mahabharata dan Ramayana. serta yakshagana dari Karnataka. . chhau dari Benggala Barat. Kannada. dan sattriya dari Assam. kuchipudi dari Andhra Pradesh. burrakatha dari Andhra Pradesh.Musik India mencakup berbagai jenis musik daerah dan musik tradisional. bihu dari Assam. film-film berbahasa Bengali. drama Sakuntala.

Rancangan peraturan pidana India ini dibuat oleh Komisi Hukum Utama ( First Law Commission) yang diketuai oleh lord macaulay. hukum pribadi yang terpisah berlaku bagi orang-orang muslim. tetapi juga berperan besar dalam menciptakan kaidahkaidah hukum yang mengatur tata kehidupan masyarakat. Peraturan ini diterapkan terhadap setiap kejahatan yang dilakukan oleh warga negara India dimanapun baik di wilayah India maupun diatas kapal laut berbendera India maupun pesawat udara India.c) Sosial dan Politik D) HUKUM NEGARA INDIA India menggunakan sebuah sistem bedasarkan pada Common law Inggris yang berarti hukum tidak tertulis (non-statutory) yang luas mencerminkan sebuah konsensus penghakiman dengan sejarah berabad-abad oleh para juris. Hakim berfungsi tidak hanya sebagai pihak yang bertugas menetapkan dan menafsirkan peraturan-peraturan hukum saja. keputusan-keputusan pengadilan atau yurisprudensi (judicial decisions). . keputusan hakim mewujudkan kepastian hukum. Hakim mempunyai wewenang yang luas untuk menafsirkan peraturan-peraturan hukum dan menciptakan prinsip-prinsip hukum baru yang berguna sebagai pegangan bagi hakim –hakim lain dalam memutuskan perkara sejenis. yang dahulu disebut dengan nama ranbir penal code. kristen dan hindu Hukum pidana yang berlaku di seluruh india termasuk wilayah jammu dan khasmir.

Pada 1631 istri keduanya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum. anak Jahangir. juga dikenal sebagai Mumtazul-Zamani atau Mumtaz Mahal. India. . Arjumand Banu Begum.E) Landmark Negara India Tāj Mahal Tāj Mahal (bahasa Urdu: ‫ . kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya. Shah Jahan. anak ke-14 mereka. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān. Pembangunannya menghabiskan waktu 23 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.تتت تتت‬Hindi: महल) adalah sebuah monumen yang terletak di Agra.

000 tentara India Britania yang tewas membela Imperium Britania di India pada Perang Dunia I dan Perang Inggris-Afghan III. India. . dan kini dipindahkan ke Taman Pemahkotaan di Delhi. Bangunan ini terbuat dari patu pasir merah dan batu granit. Setelah kemerdekaan India. Gerbang India menjadi tugu peringatan tentara tak dikenal oleh Tentara India. Aslinya patung Raja George V berdiri di relung yang kini kosong di depan gerbang ini. dan menjadi markah tanah penting di Delhi yang memperingati pengorbanan 90. Aslinya gerbang ini dikenal dengan nama "Tugu Peringatan Perang Seluruh India".Monumen nasional India yang terletak di jantung kota New Delhi. yang dikenal dengan nama Amar Jawan Jyoti (api gelora tentara abadi). Gerbang India dirancang Sir Edwin Lutyens.

. monumen ini dilapisi dengan ukiran rinci flora. Dirancang sesuai dengan teks Veda kuno yang dikenal sebagai Sthapatya Shastra. Fakta menarik seputar pembangunannya. musisi. dan acharya. Diantara berbagai fitur yang ada di Akshardham. 3. Juga disebut sebagai Delhi Akshardham atau Swaminarayan Akshardham. dan 20. kuil ini menarik sekitar 70 persen dari total wisatawan yang berkunjung Delhi. pameran kehidupan Swaminarayan dan sejarah India. Bangunan Akshardham terinspirasi dan dimoderatori oleh Pramukh Swami Maharaj.AKSHARDHAM adalah kompleks Kuil Hindu di Delhi. air mancur musikal. India. daya tarik utamanya adalah Monumen Utama yang ada di tengah-tengah kompleks. meonumen ini memadukan gaya arsitektur dari seluruh India. dan taman-taman besar. Monumen ini mempunyai tinggi 43 meter. nampaknya sangat disayangkan jika tidak mengunjunginya saat melancong ke India. fauna. Ada juga fitur Gajendra Pith. kuil yang terletak di tepi Sungai Yamuna ini memiliki monumen sentral besar yang seluruhnya dibuat dari batu. Selama pembangunannya. spiritualitas. penari. lebar 96 meter. sembilan kubah. Melihat fakta ini.000 relawan membantu 7. fitur IMAX. Berada di Monumen Utama. Anda akan menemukan 234 pilar ukiran.000 pengrajin yang bertugas mengerjakan Akshardham. seluruhnya bagian monumen dibuat dari batu pasir Rajasthani dan marmer Italia Carrara. Menariknya. Secara resmi dibuka pada 6 November 2005. dan arsitektur mengagumkan. kompleks kuil ini menampilkan abad tradisional India. pemimpin spiritual dari Bochasanwasi Shri Akshar Purushottam Swaminarayan Sanstha. Ini berisi replika 148 gajah. Karena kemegahannya. budaya Hindu.000 murti dan patung-patung Hindu Sadhu. sebuah penghargaan untuk gajah karena kepentingannya dalam budaya Hindu dan sejarah India. dan dewa. tanpa dukungan dari baja ataupun beton. dan panjang 110 meter.

Murti ini dikelilingi oleh patung yang sama dengan guru sekte. F) Urban Planning In India      Perencanaan kota Peraturan penggunaan lahan untuk keperluan perumahan dan komersial Konstruksi bangunan Perencanaan pembangunan ekonomi Perencanaan pembangunan sosial .870 tangga dan 108 kuil kecil ini akan sangat menakjubkan karena dipadukan dengan penataan cahaya indah. batu itu diperoleh secara lokal. dan layar berlubang dibawa dari Gwalior. di bawah kubah pusat. Gateway og India memperingati kunjungan Raja George V dan Ratu Mary ke Bombay.Di dalam monumen.4 meter. Anda juga akan menemukan Murti atau patung Swaminarayan setinggi 3. tampilan menarik lainnya di Akshardham adalah Air Mancur Musikal. Selain Monumen Utama. Dibangun dari tahun 1914 sampai dengan diresmikan tahun 1924 Gateway ini dibangun dari basal kuning dan beton bertulang. Pada malam hari tampilan air mancur yang mempunyai ukuran 300 meter dengan 2.

keperluan industri dan komersial. G) Sistem Perencanaan Di India    Kebijakan Perencanaan Badan Perencanaan Sistem Perencanaan Kebijakan Perencanaan  bahwa India adalah pra-dominan ekonomi pertanian dan pedesaan dan bahwa ada bahaya potensial lebih dari urbanisasi yang akan mengarah pada menguras sumber daya dari pedesaan untuk memberi makan/melayani kota. Wilayah lainnya terdiri dari hamparan Indo-Gangetik yang subur. Pembuangan Limbah. Sebagian dari India yang terletak di pegunungan Himalaya mempunyai cuaca tundra. Brahmaputra. Sungai-sungai tersebutlah yang menyebabkan suburnya hamparan-hamparan di sebelah utara India sehingga cocok untuk ditanam. Cuaca India beragam. Ghats Barat dan Ghats Timur. dan Krishna.  Mengarah kepada masalah kesejahteraan dan sektor investasi bukan sebagai masalah penting ekonomi nasional. . Yamuna. dari cuaca tropis di selatan hingga ke cuaca menengah di utara. sanitasi dan pengelolaan limbah padat Perlindungan lingkungan melalui pembangunan berkelanjutan Perbaikan permukiman kumuh Seluruh negara-negara bagian India di utara dan timur laut dibentuk oleh Banjaran Himalaya. Di kedua sisi hamparan ini terdapat dua banjaran pesisir yang berbukit-bukit.     Pembangunan Jalan dan jembatan Sumber air untuk keperluan rumah tangga. India memperolehi hujannya dari monsun. Godavari. Di sebelah barat yang berbataskan Pakistan tenggara terdapat Gurun Thar. India mempunyai beberapa sungai besar seperti Sungai Gangga. Semenanjung India di selatan hampir seluruhnya merupakan bagian dari hamparan Dekan (Deccan).

Berfungsi sebagai repositori/pusat pengetahuan teknis tentang jalan dan jembatan. mendukung program-program. isu-isu pinggiran dan perumahan sebagai tempat bermukim. monitoring dan evaluasi Rencana Lima Tahun / Rencana Tahunan Ministry of Road Transport & Highways:   Perencanaan.Badan Perencanaan  The Ministry of Urban Development.  Housing and Urban Planning Department Untuk menopang pasar perumahan dan. The Planning Department   Badan organisasi perencanaan dibawah pemerintahan New Delhi Bertanggung jawab atas penyusunan Rencana Lima Tahun dan Rencana Tahunan Hal ini melibatkan: (i) (ii) estimasi sumber daya untuk pembiayaan Rencana Tahunan & Rencana Lima Tahun persiapan. pengembangan dan pemeliharaan Jalan Raya Nasional di negara ini. . kebijakan. Pemerintah Negara dan otoritas sentral lainnya sejauh yang berkaitan dengan pembangunan perkotaan tentang semua isu di negara tersebut. Memperpanjang dukungan teknis dan keuangan untuk Pemerintah Negara untuk pembangunan jalan negara dan jalan konektivitas antar-negara dan kepentingan ekonomi. manajemen pertumbuhan perkembangan kota. pemantauan program dan Merumuskan mengkoordinasikan kegiatan dari berbagai departemen dibawahnya.

Chennai . Fasilitas Medis 2. Sistem perencanaan direvisi setiap 10 tahun. disediakan untuk kegiatan baru Jaringan jalan dan transportasi Penyediaan air Ruang terbuka dan area hijau Saluran drainase Pengendalian pencemaran lingkungan Pembaruan area (revitalsasi) Proses ini melibatkan partisipasi publik yang intensif dan konsultasi pada beberapa tahap. • Masalah lainnya: Iklim. Kekerasan Politik. Di bawah ini juga kami sertakan potret ruang di India yang mengalami permasalahan : 1.        Pembangunan lahan(zona tata guna lahan). Penyakit & Sanitasi. Infrastruktur. H) Kasus-kasus keruangan India Di bawah ini beberapa permasalahan ruang yang terjadi di kota-kota yang berada di india. Mumbai • Masalah utama: Permukiman Kumuh. Permasalahan yang terjadi sangat beragam dan permasalahan itu di sebabkan berbagai macam faktor.Sistem Perencanaan di India Perencanaan makro strategis yang menentukan arah pertumbuhan dan visi infrastruktur seluruh kota untuk daerah pengembangan keseluruhan.Polusi.

Untuk karyawan luar negeri.Kemiskinan di kota India selatan Chennai (dulu dikenal sebagai Madras) masalah yang kompleks.000. sanitasi yang buruk. dibuang di sungai ini.000 (sekitar Rp 370 milyar) uang yang dikeluarkan untuk membersihkan sungai ini. ibu kota India. Yamuna adalah sungai yang sangat terpolusi dimana 58% sampah dari New Delhi.000. New Delhi   Kemacetan dan pelanggaran lalu lintas masih menjadi masalah utama di pusat ibukota India tersebut. dan ancaman penyakit. Sudah sebanyak Rs 17. . tetapi masih belum bisa bersih. "Kekurangan utama untuk hidup di Chennai adalah iklim panas dan lembab. Pemerintah India sekarang sudah angkat tangan dalam usahanya membersihkan sungai ini." 3.

I) Toko perencana India Edwin Lutyens • Tokoh Urban Planning berkebangsaan Inggris pada permulaan kota New Delhi • Lebih dari 20 tahun merancang kota New Delhi dipilih untuk menggantikan Calcutta sebagai pusat pemerintah India Inggris pada tahun 1912. proyek tersebut selesai pada tahun 1929 dan dilantik pada tahun 1931 Contoh bangunan hasil karya Edwin Lutyens .