P. 1
Bab2-Perkenalan Dengan Ilmu Pengetahuan Alam

Bab2-Perkenalan Dengan Ilmu Pengetahuan Alam

|Views: 308|Likes:
Published by Thigha Nee

More info:

Published by: Thigha Nee on Mar 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2014

pdf

text

original

-

PERK.ENALAN DENGAN . . PENGETAHUAN ALAM
_.

ILMU
;

-

A. PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA
1. Sifat Unik Manusia
Bumi tempat manusia .hidup berisi dua macam mabluk: : benda yang sifalnya anorganis dan mahluk yang sifatnya organis. Yang pertama sering disebut sebagai benda mati dan yang kedua disebut mahluk hidup. Benda mati tunduk. pada hukum alam (deterministis), sedmgkart mahluk hidup tunduk pada hukum kehidupan (biologis). Masing-masing memlliki 1iDgkattingkat dalam perwujudannya,

Benda bersifat mati, tetap dan tunduk pada hukum a1am, sehingga tidak m~ perUaku (attitude). Benda tidak bergerak atas kemauan atau kekuatan sendiri, melainkan oleh kekuatan luar. Mahluk organis memiliki kehidupan sehingga mempunyai perilaku. Twnbuhan sebagai mahluk terendah memiliki perikehidupan yang sederl1ana. Binatang yang lebih tinggi tingkatnya memiliki perilaku yang lebib baik. Manusia sebagai mahluk tertinggi memiliki perilaku yang lebih sempurna. Namun secara umum mahluk-mahluk tersebut memiliki beberapa prinsip yang sama, antara lain, daya gerak, naluri untuk mempertahankan diri, serta untuk mengembangkan keturunannya.

3

pada manusia timbul rasa ingin tahu yang selalu berkembang. serta berusaha memecahkan masalah yang dihadapi. jasmani manusia adalah Iemah. dan mengapa demikian (know why) tentang benda dan peristiwa yang teljadi di sekitamya. Rasa ingin tabu itu tidak pemah dapat dipuaskan. Dalam benaknya manusia selalu bertanya karena keingintabuannya : apa sesunggulmya (know what). nampak Iebih jelas bila dirinci lebih jauh : a. manusia dapat membuat alat-alat dan mempergunakannya. d. e. manusia dapat berpikir. indah atau tidak indah. dan sebagainya. Rasa ingin tahu yang terus berkembang dan seolah-olah tanpa batas itu menimbulkan petbendaharaan pengetahuan pada manusia. Rasa ingin tahu ini mendorong manusia untuk memahami dan menjelaskan gejala-gejala alamo baik alam besar (makrokosmos) maupun alam kecil (mikrokosmos). Perbedaan manusia dibanding binatang. sehingga akhirnya manusia dapat mengumpulkan pengetahuan. Perkembangan pengetahuan lebih dipermudah atau diperlancar lagi dengan adanya tukarmenukar informasi mengenai pengetahuan dan pengalaman manusia yang satu dengan yang lain sehingga akumulasi pengetahuan berlangsung lebih cepat.epercayaanatau beragama (Homo religieus). sehingga manjadi manusia berlc. Aka! bersumber pada otak dan budi bersumber pada jiwa. tetapi juga masalah lain yang beIbubungan dengan baik atau buruk. 4 . Dengan meningkatnya kemampuan mengingat dan berpikir.Dibandingkan dengan mahluk lain. c. f. sehingga disebut manusia kelja (Homo faber) manusia dapat betbicara (Homo longuens) sehingga apa yang menjadi pemikiran dalam otaknya dapat disampaikan melalui bahasa kepada manusia lain manusia dapat hidup bermasyarkat (Homo socius) manusia dapat mengadakan usaha atas dasar perhitungan ekonomi (Homo aeconomicus) 1 manusia menyadari adanya kekuatan gaib yang memiliki kemampuan yang Iebih hebat dari manusia. Rasa login Tabu Dengan akal budi yang dimilikinya. termasuk juga ingin tabu tentang dirinya sendiri. bagaimana sesuatu telj8di (know how). sehingga merupakan mahluk yang cerdas atau bijaksana (Homo sapiens) b. tetapi rohani atau akal budi dan kemauannya sangat kuat. Pengetahuan yang diperoleh ini akhimya tidak terbatas pada obyek-obyek yang dapat diamati dengan pancaindra saja atau meliputi pengetahuan tentang kebutuhan praktis sehari-hari. 2. Umumnya dikatakan bahwa manusia berbeda dengan binatang karena akal budi yang dimilikinya. manusia dapat mendayagunakan pengetahuan terdahulu dan kemudian menggabungkan dengan pengetahuan yang barn sehingga menghasilkan pengetahuan yang Iebih barn lagi. Proses demikian terus berlangsung sehingga teljadi akumulasi pengetahuan seperti yang kita rasakan dewasa ini.

Prasangka. Kegiatan untuk memperoleh atau menemUkan pengetahuan yang benar disebut berpidr. Pada masa prasejarah.ican basil pemecahan masalah memberikan kesimpulan yang kurang tepat Dengan demikian pengetahtian yang terlaunpul belurn dapat memberikan kepuasan tedladap rasa ingin tahu manusia. yang ada kaitannya dengan apa yang. Terdapat beberapa cara Wltuk memperoleh kesimpulan atau pengetahuan yang tidak berdasarkan penalaran. MITOS. terdapat di alam.B. cerita rakyat.sulit diperiksa kebenarannya. baik keterbaf4S3I1 Pa. Untuk menjawab keingintahuan tentang alam. biasanya juga disampaikan dari mulut lee muluz sehingga . yaitu muos sebenarnya.ralat. yaitu : 1. dan cara berpikir yang sededlana menyeba1. ~ masih jauh dari kebenaran. sehingga orang mengaitkannya dengan ~rang tokob atau dewa. sedangkan proses berpikir dalam menarik kesimpulan yang benar disebut penalaran. maupun dengan a1at alam. mitos dengan beIbagai legendanya mulai ditinggalkan. mitos dapat diterima dan dipercaya kebenaramiya karena: 1. dan Jegenda. PENALARAN PENGETAHUAN DAN CARA MEMPEROLEH Pada awal prasejarah kemampuan manusia masih terbatas.MitQs merupakan cerita yangdi~-l>uat atau dongeng yang pada urnumnya menyangkut tola)fl kuoo. Dalam. baik langsung keterbatasan penalaran manusia pada masa itu 3. Karena kemampuan berpikir manusia makin maju dan disertai pula dengan pedengkapan pengamatan yang makin bait. Keterbatasan peralatan menyebabkan pengamatan menjadi kurarig seksama. dikemukakan tentang seorang tokoh yang djJcajtkan deogan teJjadinya suatu daerah. karena lrurangnya pengetahuan. Pengetahuan yang diperoleh tidak berdasarlcail penalaran digolongkan pada pengetahuan yang non ilmiah atau bukan ilmu pengetahuan. ". manusia menciptakan muos. tidak berdasarlcan pola berpikir tertentu. hasrat ingin"tahWlya terpenuhi. 1_ ~'. Intuist. Mitos yang merupakan cerita rakyat~ usaha manusia mengisahkan peristiwa penting yang" menyangkut kehidupan masya. namun belurn tepat.da peralatan maupun peterbatasan pemikiran. Orang mulai menggunakan aka} sehat serta rasionya untuk menjawab bemagai pertanyaan tentang 2.mi!OS sebenamya manusia berusaha dengan sungguh-sungguh "dan dengan )Inajinasinya meneranp gejala alam yang ada. tanpa penurutan pikiran 5 . seperti dewa atau manusia perkasa. kegiatan berpikir yang tidak analistis. tersebut. > I Secara garis besar dapat dibedakan 3 macam mitos. keterbatasan pengetahuan yang disebabkan karena keterbatasan pengindraan.t. Pandangan badniah yang serta merta tembus mengenai suatu peristiwa atau kebenaran.· Dalam mitos sebagai legenda. pengambilan kesimpulan berdasarkan perasaan 2.

atau didukung metodik fakta empiris b. suatu cara untuk memperoleh pengetahuan secara coba-coba atau untung-untungan. 1. artinya pengetahuan itu sesuai dengan obyeknya. yang penting pemecahan masalah untuk mendapatkan kesimpulan umum (GENERALISASI) hanya didasarkan atas data dan diuji dengan data dan bukan oleh keinginan. Obyektif.3. Metodik. Syarat-syarat yang hams dipenuhi agar suatu pengetahuan dapat disebut ilmu atau ilmiah. satu dengan yang lain saling berkaitan. artinya pengetahuan ilmiah itu tersusun dalam suatu slstem. tidak berdiri sendiri. . sebab ilmu merupakan pengetahaan yang cara mendapatkannya harus memenuhi syarat-syarat tertentu. yakni sifat rasional dan teruji. Dalam hal ini metode ilmiah menggabungkan cara berpikir induktif dan cara berpikir deduktif dalam membangun tubuh pengetahuannya Cara berpikir deduktif adalah cara berpikir dimana ditarik kesimpulan yang bersifat khusus dati pemyataan yang bersifat umum. artinya pengetahuan ilmiah itu diperoleh dengan menggunakan cara-cara tertentu yang terator dan teIkontrol c. Pemyataan yang mendukung silogismus disebut premis. Langkah-langkah dalam menetapkan metode ini tidak selalu harus urut. c. saling menjelaskan. Metode Dmiah dan Langkah-langkah Operasionalnya Metode [lmiah adalah cara atau prosedur dalam memperoleh pengetahuan secara ilmiah. adalah : a. . Metode Ilmiah merupakan bagian yang paling penting dalam mempelajari ilmu alamiah. sebingga pengetahuan yang disusun dapat diandalkan. METODE ILMIAH Syarat Ilmu Pengetahuan Tidak semua pengetahuan disebut ilmu. Premis dibedakan sebagai premis mayor dan premis minor. kepercayaan atau pertimbangan lain. Silogismus disusun dari dua buah pemyataan dan sebuah kesimpulan. sebingga seluruhnya merupakan satu kesatuan yang utuh. artinya pengetahuan itu tidak hanya bedaku atau dapat diamati oleh seseorang atau beberapa orang saja. Berlaku umum I universal. Sistemaiik. Coba-ralat atau trial and error. Kesimpulan merupakan pengetahuan yang didapat dati penalaran deduktif berdasarkan kedua premis tersebut. tetapi semua orang dengan cara eksperimentasi yang sarna akan memperoleh basil yang sarna atau konsisten. prasangka. Cara berpikir deduktif terkait dengan pengetahuan rasionalisme. Penarikan kesimpulan secara deduktif biasanya mempergunakan pola berpikir yang dinamakan silogismus. Pengetahuan yang didapatkan lewat metode ilmiah diharapkan mempunyai karakteristikkarakteristik tertentu. Pengetahuan ini memberikan sifat rasional kepada pengetahuan ilmiah dan bersifat konsisten dengan 6 . 2. d.

Dalam metode ilmiah. yaitu : a. hams cocok dengan fakta-fakta empiris. Masalah ini hams jelas batas-batasnya serta dikenal faktor-faktor yang mempengaruhinya Penyusunan hipotesis merupakanjawaban sementara atau dugaanjawaban pertanyaan yang diajukan. Seeara sedeIhana hal ini berarti bahwa semua teori ilmiah hams memenuhi 2 syarat utama. Dengan demikian maka proses kegiatan ilmiah mulai. sebab teori yang bagaimanapun konsistemya. tidak dapat diterima kebenaramya secara ilmiah. c. mengapa atau bagaimana tentang suatu obyek yang diteliti. materinya merupakan kesimpulan dati kerangka berpikir yang dikembangkan. I Pengetahuan ini kemudian dapat digunakan untuk penelaahan masalah lain. Hipotesis diterima bila fakta yang terlaunpul itu mendukung hipotesis tersebut Hipotesis yang telah teruji kebenaranya. 7 d. Penarikan kesimpulan penarikan kesimpulan didasarlcan atas penilaian me1a1uianalisis dati fakta untuk melihat apakah hipotesis yang diajukan diterima atau tidak. Cara berpikir induktif tetKait dengan empirisme.berputar lagi. pendekatan rasional digabungkan dengan pendekatan empiris. Perumusan masalah yang dimaksudkan dengan masalah merupakan pertanyaan apa. Empirisme adalah paham yang berpendapat bahwa fakta yang tertangkap lewat pengalaman manusia merupakan sumber kebenaran.pengetahuan yang telah dikumpulkan sebelumnya. jika tidak didukung oleh pengujian empiris. hams konsisten dengan teori-teori sebe1umnya yang memungkinkan tidak terjadinya kontradiksi dalam teori keilmuan secara kese1uruhan b. Pengujian hipotesis merupakan pengumpulan t'akta-fakta yang relevan dengan hipotesis yang telah diajukan untuk dapat memperlihatkan apakah fakta-fakta tersebut mendukung hipotesis atau tidak b. yaitu dapat dipakai sebagai premis dalam usaha kita menjelaskan berbagai gejala yang lain.. . dianggap sebagai pengetahuan bam dan diterima sebagai bagian dari ilmu atau bagian dati teori ilmiah. dimana dibutuhkan fakta-fakta yang mendukung. . Penalaran secara induktif dimulai dengan mengemukakan pemyataan-pemyataan yang mempunyai ruang lingkup terbatas dalam menyusun argumentasi. dan diakhiri dengan pemyataan yang bersifat umum. Langkah-langkah Metode Dmiah : a. Rasionalisme adalah paham yang berpendapat bahwa rasio adalah sumber kebenaran. Cara berpikir induktif adalah cara berpikir yang menarik suatu kesimpulan yang bersifat umum dati pemyataan khusus. Seeara luas teori ilmiah dapat diartikan • sebagai suatu penjelasan teoritas mengenai suatu gejala alam tertentu.

Setelah manusia mampu memadukan kemampuan penalaran dengan eksperimen maka lahirlah Ilmu Pengetahuan Alam sebagai ilmu yang mantap. PERKEMBANGN ILMU PENGETAHUAN ALAM (lPA) 1. manusia akhimya dapiit melakukan eksperimen untuk membuktikan dan mencari kebenaran dari suatU pengetahuan. Obyek utama yang dipikirkan manusia adalah alam sehingga lahirlah pengetahuan alam (natural science). Kemudian makin bertambah dengan pengetahuan yang diperoleh dari hasil pemikirarmya. Pengetahuan yang diperoleh mula-mula terbatas pada hasil pengamatan terhadap gejala alam yang ada. Karena mitos kemudian dianggap tidak memuaskan. - Awal dari IPA dimulai pada saat manusia memperhatikan gejala-gejala alam.Secara skematis dapat digambarkan dengan bagan berikut : pennnusan masalah . 8 • . Lahimya IPA Pada awal bab ini telah diterangkan bahwa mula-mula manusia masih percaya pada mitos yang sekarang hanya dinilai sebagai pengetahuan semu (pseudo science). maka dicarilah pengetahuan betulan (pure science). penyusunan hipotesis deduksi dari hipotesis pengujian hipotesis tidak ya teori ilmiah D. Dengan peningkatan daya pikimya. mencatatnya • dan kemudian mempelajarinya.

548 SM) Ahli filsafat dan matematika. Basil pemikirannya dihimpun oleh Plato. . meluas ke Yanara. premis minor dan conclusion. 9 3). Pada tahap ini manusia tidak hanya menerima pengetahuan sebagaimana adanya tetapi secara spekulatif mencoba mencari jawab tentang asal-usul dan sebab akibat dari segaJa sesuatu. membaca dan berhitung. Dalil ini inengatakan bahwa kuadrat panjang sisi miring sebuah segitiga siku-siku sarna dengan jumlah kuadrat panjang kedua sisi siku-sikunya (a2 + 1J2 = c2). bam kemudian lee Eropa. yaitu tanah.Pada mulanya ilmu pengetahuan timbul di Asia. yakni adanya premis mayor. pelopor dari segala cabang i1mu. Thales (624 . b. yaitu Dalil Pythagoras. Misalnya dari pengamatan dan pencatatan peredaran matahari. Semua pengetahuan yang diperoleh diterbna apa adanya. air. a.5()() SM) Seorang ahli matematika Dia mengemukakan 4 unsur dasar suatu benda. maka dengan cepat menimba i1mu pengetahuan dari Tnnur.bali lee ASIa di Timur Tengah. Tahun dibagi dalarn 12 bulan. diantaranya tentang logika. Zaman" KlDlO Pengetahuan yang dikumpuIkan pada zaman kuno berasal dari kemampuan mengarnati dan membeda-bedaksn dan dari basil pereobaan yang sifatnya spekulatif atau trial and error. Pada saat manusia mulai mempunyai kemarnpuan menulis. Di Yunani ilmu pengetahuan ini disempumakan mela1ui penyelidikan (inquiring). Zaman Yunani KlDlo YWl3Ili merupakan wilayah Eropa yang beIbatasan dengan Asia Barat. Dia berpendapat bahwa pangkal segala sesuatu adalah air. maka pengetahuan yang terlrumpul dicatat secara tertib dan berlangsung terus meneros. ~. Pythagoras juga terkenal dengan dalilnya. dan udara. sedangkan sebelumnya orang terutama mengadakan penyelidikan yang menyangkut alam. 2). ahli astronomi Babiloma menetapkan pembagian waktu. Beberapa 1Dkohdan pandangan-pandangannya adalah sebagai berikut: 1). Thales dianggap sebagai orang pertama yang mempertanyakan dasar dari alarn dan segala isinya. api. belum ada usaha untuk mencari asal usul dan sebab akibat dari segala sesuatu. Pythagoras (580 . .399 SM) Socrates dianggap sebagai tonggak sejarah ilmu pengetahuan Yunani karena sejak Socrates ini banyak penyelidikan yang dilakukan terhadap pengetahuan yang menyangkut leehidupan manusia. Socrates (470 . Jam kemudian dibagi dalarn 60 menit dan menit dalam 60 detik. Untuk memberikan gambaran tentang perlrembangan i1mu pengetahuan alam berikut akan dibahas berbagai pengetahuan yang dikenal manusia dan cara beIpildmya sejak zaman kuno sampai modem. minggu dibagi dalam 7 hari dan hari dalam 24 jam.

air. Semua perubahan yang terjadi pada benda adalah akibat dari penggabungan dan penguraian atom menurut hukum sebab akibat. b) Niartzi (wajat tho 922 M) Menulis sejumlah buku tentang cuaca dan iklim serta pengetahuan tentang bintang.850 M) 2) Seorang ahli Aljabar dan Aritmatika. Atom dapat berbeda dalam bentuk dan ukurannya.2) Selama 4 unsur dasar yang telah dikernukakan oleh ahli dari zaman Yunani. bijidan logam. dan eter (quint essentia). ahli-ahli alkirnia menambahkan 3 unsur Iagi. dan mekanika Dia sudah menggunakan cara empiris yang didasarlcan pada pengalaman atau percobaan. 10 . fisika. Atom ini tidak dapat dimusnahkan dan tidak dapat diubah. Misalnya. Dalam bukunya Al Jabr wal Mukabala (pengutuhan kernbali dan pembandingan). Pengertian unsur lebih dimaksudkan pada sifatnya daripada unsur itu sendiri. belerang. Zaman Pertengahan I). Unsur yang satu dapat berubah meniadi unsur yang lain. memperkenalkan asas algorisme yang merupakan sistem hitungan nilai angka menurut tempatnya dari kanan ke kiri yaitu satuan. c.212 SM) 5) 6) Archimedes adalah ahli matematika. kecuali eter. misalnya : air raksa logam yang rnudah menjadi uap belerang rnudah terbakar dan rnemberi nama garam tidak dapat terbakar dan bersifat tanah Zaman Latrokimia Tokoh-tokoh yang ada pada Zaman ini diantaanya : a) Al-Khowarizmi (780 . ribuan. yaitu air raksa. api. zat memiliki bangun butir.370 SM) Penemu teori atom. dan seterusnya Hal ini kemudian menjadi dasar penggunaan sistem desimal. udara. Menurut Leucipus dan Demokritos. Archimedes menemukan bahwa benda yang terapung di air akan kehilangan berat sesuai dengan berat air yang terdesak. puluhan. Niarizi juga membuat planetarium dan alat bantu ilmu bintang untuk menggambarkan gerak benda-benda langit dan rnengukur jaraknya.322 SM) Aristoteles berpendapat bahwa ada 5 unsur dasar dari segala sesuatu. dari air dan tanah yang main masak akan berubah menjadi ganun.4) Leucipus dan Demokritos (460 . Zaman Alkimia (abad 1 . Segala zat berbeda dalam jumlah dan susunan atom. Segala zat terdiri dari atom. dan garam. Archimedes (287 . yaitu tanah. Aristoteles (384 .

200 ramuan diantanmya merupakan ramuan tumbuh-tumbuhan. Ibn Baithar (Wqfat 1248 M) e) Di dunia Barat dikenal dengan nama Alpetragius. harimau. KaIya-karyanya yang lain sebanyak 170 judul diteJjemahkan kedalam bahasa latin.c) Ar-Razi ( 866 . 300 diantaranya adaIah temuannya sendiri. adalah tokoh kedokteran dan kimia.. Seorang ahli tumbuh-tumbuhan yang mengarah pada applied science di bidang obat-obatan.828 M) Sarjana ilmu beWaIl. Setelah ilikembangkannya metode eksperimen ini ilmu pengetahuan berlrembang dengan pesat. Tokoh-tokoh yang tedrenal pada masa ini antara lain : 1) Evangelista Torricelli (1588 . d. kimia. t) A/-Ashama'i (740 . adalah tokoh kedokteran. atau mistik. 11 . biasanya masih diwamai oleh cara berpikir ahli filsafat. obat-obatan. Pengetahuan yang terkumpul sejak zaman Yunani sampai pertengahan sudah banyak tapi belurn tersusun secara sistematis dan belurn dianalisis menurut jalan pikiran tertentu. dia mengwaikan tentang singa.1037 M) Dikenal pula dengan nama Avicena. gajah. Buku ini dicetak pula dalam bahasa latin deogan judul Simplicia (1758). Kesimpulan yang didapat. dan menyebaIkannya lee Eropa mengembangkan metode eksperimen sehingga mempeduas pengamatan dalam bidang kedokteran. Ar-Razi adalah orang pertama yang mendiagnosa penyakit cacar dengan membedakan atas cacar air (variola) dan cacar merah (rougella).1647 M) Seorang ahli fisika dan ilmu pasti yang berhasil menemukan tennometer sebagai a1at pengukur suhu udara sekaligus dapat memperldrakan tekanan udara pada suatu tempat.909 M) d) Oleh bangsa Eropa dikenal sebagai Rezes. Setelah ditemukannya alat-alat yang Makin sempuma maka dikembangkanlah metodeeksperimen. Sebagai ahli kimia Ar. Ibn Sina ( 980 . sumbangan bangsa Arab dalam perlrembangan pengetalwan alam adalah : menerjemahkan karya-karya peninggalan Yunani. Secara garis besar. astronomi. dan unggas dalam alamnya serta perpindahannya beIbubungan dengan musim. Bukunya Al-Qanun ft'ith Thibb (Pedoman Kedokteran) adalah buku teduas yang dipergunakan dalam dunia kedokteran.Razi menemukan air raksa (mercury). agama. Dalam bukunya AI-Hayawan. Zaman Modern . Dalam bukunya AIAdwiyati'l Basttithah (Ramuan Sededlana) Ibn Baithal'mengemukakan 1400 ramuan obat. mengembangkan. dan biologi memantapkan penggunaan sistem bilangan dengan dasar sepuluh.

meskipun ada kreasi namun hanya merupakan tiruan dari keadaan alam sekitar. berdasarkan pengalaman. dapat diartikan bahwa yang klasik umumnya bersifat tradisional. dan sebagainya merupakan hasil perkembangan IPA Modem '. pada umumnya berlandaskan atas disiplin ilmu yang mereka tekuni. biokimia. 3) Antony van Leuwenhoek (1632 . dan sebagainya IP A Klasik secara umum.2) Antonio Laurent Lavoisier (1743 . IPA KIasik dan IPA Modern Banyak pendapat tentang pengertian IPA Klasik dan IPA Modem yang dicetuskan oleh para pakar. dan ilmu fisika yang mendasarinya. b. tanpa disadari para pembuat tempe dan ragi tape telah berkecimpung dalam mikrobiologi. dan sebagainya yang berkaitan dengan fisika. Lavoisier menemukan hubungan zat asam dan udara dalam pembakaran. Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk deteksi tumor. dapat melihat bakteri dengan perbesaran 270 kali. Pembuatan gula kelapa juga merupakan proses fisika dan kimia yang telah tinggi tingkatnya. kebiasaan. kimia. mikrologi. ikan.1723 M) Seorang ahli biologi. atau naluri semata. kelinci. sebagai contoh dapat digambarlcan dalam pembuatan tempe dan ragi tape. manusia. IPA Modern IPA Modem muncul berdasarkan penelitian maupun pengujian dan telah diadakan pembaruan yang berkaitan dengan berbagai disipIin ilmu yang ada Proses canning. biologi. . Pendapat-pendapat tersebut masing-masing berbeda. Dengan menggunakan mikroskop hasil kaIyanya. Pakar fisika rnembedakan antara fisika klasik dan modem sebagai berikut : Fisika klasik terbatas mempelajari komponen materi dan interaksi antara komponen dengan perkembangan pengamatan : 1) dinikmati langsung : gerakan benda dalam mekanika 2) penglihatan dengan teori cahaya 3) pendengaran dengan suara 4) indra rasa thennodinamika 5) listrik magnet Dari sini berkembang pengetahuan tentang penjwnlahan vektor yang dipakai dalam computed tomografi (CI) atau penampang Iintang tubuh dengan sinar X. IPA Klasik Ditinjau dari pengertian klasik sendiri.1749 M) Pelopor di bidang kimia. 2. a. pengalengan ikan. Meskipun hanya didasarkan pengalaman. serta menemukan sifat asam dan basa dalam suatu zat. Ia juga menemukan spermatozoa anjing. dan sejumlah binatang lain. buah-buahan. Fisika modem merintis dimulainya IPA Modem yang dikaitkan dengan ditemukannya 12 .

dan berbagai bidang penelitian yang berlc. teknologi nuldir merupakan teknologi modem yang dapat digunakan dalam bidang kedokteran. timbul pemikiran untuk memanfaatkan sarnpah organik. diikuti oleh teon radiasloleh Max Planck (1910).aitandengan disiplin ilmu yang lain. Contoh kegiatan IPA Modem dalam kaitannya dengan alarn lingkungan. angkatan bersenjata. misalnya untuk menciptakan suasana bersih. juga teori kuantum yang menggarnbarlcan sifat atom. SUlJ1l . sebingga menghasilkan gas CO2. dan kotoran bewan yang diproses dengan bantuan bakteri dalarn kondisi tertentu. dan gas H2S yang temyata dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar dan sering disebut sebagai energi biogas. seperti jerami. baik untuk terapan maupun ilmu mumi. transportasi. 13 . X oleh Rontgen (1923). sebingga diperoleh ilmu yang mantap.teori relativitas dari Einstein (1905). CH4. sisa tanaman. mti dan pamkel lain molekul zat padat Sebagai contoh. IPA Modem diperoleh atas dasar peneliian dengan menggunakan metode ibnih disertai pengujian berulang kali.

pengetahuan yang mempelajari alam semesta d. Homo beragam kegiatannya. Pengetahuan ilmiah adalah a. 3. pengetahuan yang diperoleh dari nenek moyang. Milo boleh berkaki empat d. a dan b benar 4.SOAL-SOAL LATIHAN A. Seekor kucing hams berkaki empat c. semua salah. Mitos timbul karena a. kebodohan manusia jaman dolu d. 5. sifat manusia yang selalu ingin tahu b. 6. Semua salah. keterbatasan alat indra manusia b. manusia disebut : faber socius 2. keterbatasan penalaran d. pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman c. a dan b benar Premis mayor : Semua kucing berkaki empat Premis minor : Milo adalah seekor kucing Kesimpulan yang benar berdasarkan kedua premis tersebut adalah a. Homo b. pengetahuan yang diperoleh dengan metode ihniah b. Pengetahuan manusia dari waktu ke waktu semakin banyak dan mendalam. Pilihlah jawaban yang paling tepat ! 1. Untuk membantu kehidupan manusia yang semakin menciptakan berbagai macam alat. keterbatasan pengetahuan c. Milo berkaki empat b. daya pikir manusia semakin berkembang c. Mitos merupakan gabungan dari pengalaman dan kepercayaan. a dan b salah d. sudah tersedia alat-alat untuk mengadakan penelitian c. a dan b salah b. mitos dapat diterlma oleh masyarakat karena a. sehingga manusia a.karena a. Homo sapiens c. 14 . Homo longuens d. Pada awal prasejarah. .

9. memakan walctu lama b. 15 . Metode Dmiah membimbing kita pada sikap ilmiah yang terpuji. a dan b benar Suatu pengetahuan daper disebut ilmu atau ibniahjika memenuhi kriteria berikut. membutuhkan kete1itian sangat tinggi. d. sistematik b. semua salah 12. 3 dan b salah d. maka metode tersebut harus memenuhi kriteria c.7. Ciri-ciri pengetahuan jaman kuno a. Agar soatu metode yang digunakan dalam penelitian disebut metode ilmiah. berasal dari kemampuan mengamati dan membeda-bedakan b. berlaku umum 3. sobyektif d. Cara ini tidak efisien untuk memperoleh kebenaran karena 3. perumusan masalah d. lingkungan pemikiran pada kurun waktu tertntu c. yaitu a. teori yang ada d. bersifat sangat obyektif d. b. 10. kecuali obyektif c. Trial and Error adalah soatu cara untuk memperoleh pengetahuan secara coba-coba. Fislka modem dimulai sejak a. munculnya teori relativitas b. suka menerima pendapat orang lain atau bersikap toleran. hanya percaya pada basil penelitisn ilmuwan menyadari bahwa kebenaran ilmu adalah absolut dengan ilmu pengetahuan orang masih bisa percaya pada tahyul tidak berpikir secara prasangka. munculnya hokum Thennodinamika d. hanya dapat dilakukan oleh para ahli c. c. munculnya teori momentum linear c. 8. menggunakan prinsip analisa b. berdasarkan prasangka a. alat eksperimen yang digunakan b. semua benar 11. penarikan kesimpulan 13. berasal dari percobaan spekulatif C. Kebenaran ilmiah adalah kebenaran relatif dan tentatif yang tergantung pada a.

Jawab pertanyaan-pertanyaan 1. naluri untuk mengembangkan keturunannya lebih aktif dibanding bewan d. 3. Berikan contobnya ! Terangkan pengertian empiris. naluri untuk mengembangkan keturunan sangat pasif c. 6. 5. daya gerak sangat aktif ! b.14. 15. empirisme dan penalaran induktif Sebutkan syarat-syarat agar suatu pengetahuan dapat disebut suatu ilmu pengetahuan ! Jelaskan maslng-masing langkah pada metode ilmiah ! . Apakah yang membedakan antara IPA Klasik (tradisional) dan IPA Modem 1 16 . semua salah. berikut dengan singkat dan jelas ! Jelaskan bahwa rasa ingin tabu menimbulkan pengetahuan ! Karena terbatasnya akal dan pikiran manusia maka dalam menjawab masalah yang dihadapi sering menggunaken mitos. Chi-chi kehidupan tumbuhan sebagai mahluk hidup yang terendah adalah a. a dan b salah d. Ciri kehidupan manusia sebagai mahluk yang tertinggi a naluri untuk mempertahankan diri untuk keselamatan diri lebih canggih b. naluri mempertahankan diri secara sederhana c. a dan b benar. B. 2. 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->