P. 1
LOST FOAM

LOST FOAM

|Views: 165|Likes:
Published by andreasendra16

More info:

Published by: andreasendra16 on Mar 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

Ada beberapa keuntungan pengecoran dengan metode Lost Foam Casting (ini menurut dosen kita tercinta lho

, Pak Dr. Suyitno, S.T. M.Sc.) antara lain sebagai berikut : 1. Fleksibel dalam pembuatan pola, karena pola dibuat dari styrofoam sehingga untuk merubah pola dapat dilakukan dengan mudah dan cepat 2. Ketelitian dimensinya tinggi, karena pola telah dibentuk sesuai dengan ukuran benda yang akan dihasilkan 3. Adanya pengurangan core, metode ini memungkinkan bentuk model yang lebih kompleks 4. Tidak dibutuhkan adanya cupe dan drag seperti digunakan pada pengecoran pasir cetak tradisional 5. Ramah lingkungan, pasir cetak dapat digunakan berulang-ulang. Nah tunggu apalagi catat sekarang siapa tahu besok keluar di ujian. Toh yang penting kalau dalam pengecoran logam tuh prakteknya, otomatis teori kudu di luar kepala.

Pengecoran dengan menggunakan foam (Lost Foam Casting) ditemukan pada tahun 1964 oleh M. C. Flemmings. Lost Foam Casting diperkenalkan secara umum pada pertengahan tahun 1980-an dimana Flemmings membuat sebuah motor

generator dengan menggunakan Lost Foam Casting.(anonim/Lost-foam_casting) Lost Foam Casting (LFC) memiliki pola pembentukan yang hampir sama dengan pengecoran investment. Perbedaannya terletak pada penggunaan foam yang menjadi pola sebagai pengganti lilin pada pengecoran investment. Proses Lost Foam Casting memiliki keuntungan antara lain temperatur leleh foam yang rendah dapat menyederhanakan proses pengecoran investment yang menggunakan lilin sebagai bentuk pola. Proses Lost Foam Casting digunakan untuk pengecoran yang menghasilkan bentuk yang rumit. Pengecoran ini juga memiliki dimensi yang sangat akurat dan tidak memerlukan pola.

Proses Lost Foam Casting lebih sederhana karena logam yang dituang ke foam langsung menguapkan foam dan logam tersebut mengambil bentuk dari foam dimana solidifikasi akan lebih terarah. Foam mudah dibuat, diukir dan diberi lem perekat. Lost Foam Casting sering dimanfaatkan untuk memperkuat komponen yang satu dengan yang lain, tidak seperti proses pembentukan lain yang akan membutuhkan produksi satu atau lebih bagian yang disambung. Kerugian menggunakan Lost Foam Casting antara lain biaya untuk

pembuatan pola menjadi mahal untuk jumlah produksi yang rendah dan pola yang dibuat dari foam mudah sekali rusak. Foam yang rusak dan tidak dapat digunakan lagi dapat menyebabkan biaya yang besar.

Busa Casting Logam hilang, Casting, dan Metal Casting Informasi
• • • • • •

Tweet

Casting Busa yang hilang adalah relatif baru proses pengecoran dibandingkan dengan prosedur Pengecoran logam lain yang tanggal kembali ke zaman kuno jauh. Paten pertama untuk Casting busa Hilang dibuat pada tahun 1958 tetapi tidak sampai 1964 bahwa apa yang kita ketahui umum sebagai Casting Foam Hilang diperkenalkan.

Casting Busa yang hilang adalah sebuah bentuk dari Casting Investasi seperti Wax Casting Hilang. Bahan utama dari Casting Foam Lost busa saja yang tidak digunakan dalam metode pengecoran logam lainnya. Penggunaan busa memiliki banyak manfaat bagi pengrajin seperti kemudahan penggunaan dan membentuk dan biaya relatif murah material. Setiap pengecoran akan menjadi salah satu dari jenis sejak casting asli busa hilang selama proses. Busa aslinya akan digantikan oleh logam cair seperti Wax Casting Hilang mana Cetakan lilin terbuat dari asli dan kemudian dilapisi dengan cangkang keramik dalam persiapan untuk logam cair. Untungnya, sebagian besar busa cukup murah sehingga hilangnya asli tidak akan menimbulkan kerugian keuangan yang signifikan, hanya kerugian kreatif menjengkelkan.

Busa mudah dibentuk oleh alat-alat tangan diadakan tetapi bahkan masih beberapa latihan mungkin diperlukan untuk prefek yang mematung material. Anda akan perlu menempatkan sariawan ke dalam busa yang akan memungkinkan paduan cair menyebar ke busa dan mengadopsi bentuk item. Packing busa dan sariawan di

pasir adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa cetakan akan mempertahankan bentuknya melalui proses penuangan. Logam akan menggantikan busa dengan penguapan, dan itu benar-benar cukup pemandangan untuk dilihat. Meskipun ada banyak yang lebih memilih untuk mengadopsi prosedur yang digunakan dalam Casting Wax Lupa untuk casting Foam. Setelah spruing busa asli Anda akan mencelupkan ke dalam sebuah solusi untuk menciptakan sebuah shell dan kemudian tuangkan logam. Tujuan dari ini adalah untuk menciptakan permukaan bersih. Your Ad Here Apapun metode yang Anda pilih adalah benar-benar terserah pada Anda. Banyak menggunakan Kehilangan Busa Casting cara cepat dan mudah untuk membuat sesuatu ketika tampilan visual tidak semua yang penting. Banyak menyebut Foam Hilang sebagai "metode cepat dan kotor". Adapun jenis busa untuk menggunakan Anda akan ingin menghindari sesuatu yang akan mengeluarkan asap beracun bila dipanaskan. Busa urethane adalah racun. Yang populer busa untuk menggunakan adalah jenis polistiren yang digunakan untuk paket elektronik dan busa polystyrene digunakan untuk isolasi. Busa ini dapat ditemukan di toko-toko perbaikan rumah banyak dan bahkan beberapa semua tujuan toko ritel. Casting Busa hilang adalah jenis seperti alkemi, mengubah sesuatu yang murah menjadi sesuatu yang tak ternilai. Setiap kali Anda cor, pastikan untuk mengambil semua tindakan pencegahan keselamatan yang tepat dan memakai perlengkapan keselamatan. Selalu memakai kemeja lengan panjang, celana jeans, dan sepatu yang tepat. Jangan lupa mata dan memakai wajah dan sarung tangan saja. Jangan pernah lupa bahwa Anda berurusan dengan materi yang dapat sangat mudah merusak dan menjelekkan atau lebih buruk jika tidak ditangani dengan benar. Banyak kastor pertama kali dimulai dengan Busa hilang Casting karena tidak melibatkan pembuatan cetakan tetapi jika Anda berpengalaman dan tidak pernah mencoba metode ini Anda masih akan ingin berhati-hati.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->