KAJIAN BUKU TEKS IPA MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI TEMPAT HIDUP MAKHLUK HIDUP (AIR, TANAH, DAN TEMPAT LAINNYA

)

Untuk memenuhi tugas matakuliah Kajian Buku Teks IPA yang dibina oleh Pak Heru Agus Triwidjaja dan Pak Dimyati

Oleh Stefani Mahesa Jelita 109151415422

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN JURUSAN KEPENDIDIKAN DASAR DAN PRASEKOLAH S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Februari 2012

Bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup di tanah? 14. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup Kompetensi Dasar 1. tanah dan tempat lainnya) Pertanyaan: 1.3 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air. Di tempat mana saja hewan tinggal selain di air dan tanah? 6. Disebut apa hewan yang hidup di tanah? 11. Disebut apa hewan yang hidup di air? 10. Tumbuhan apa saja yang hidup di tempat lainnya? 19. Hewan apa saja yang hidup di tanah? 4. Dimana saja tempat hidup makhluk hidup? 2. Bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup di tempat lainnya? 15. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. Tumbuhan apa saja yang hidup di air? 17. Hewan apa saja yang hidup di tempat lainnya? 5. Mengapa hewan tersebut hidup di air? 7. Hewan apa saja yang hidup di air? 3. Semester 1 Standar Kompetensi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan 1. Mengapa hewan tersebut hidup di tanah? 8. Bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup di air? 13. Disebut apa hewan yang hidup di tempat lainnya? 12.Kelas II. Mengapa hewan tersebut hidup di tempat lainnya? 9. Dimana saja tumbuhan tinggal selain di air dan di tanah? . Bagaimana jika tempat hidup hewan tersebut dirusak? 16. Tumbuhan apa saja yang hidup di tanah? 18.

Bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di tempat lainnya? 29. Mengapa hewan tersebut dapat hidup di dua tempat? 33. Jakarta: Erlangga. Bagaimana jika tempat hidup tumbuhan tersebut dirusak? 30. Mengapa tumbuhan tersebut dapat hidup di dua tempat? 38. Disebut apa hewan yang hidup di dua tempat? 34. Dunia IPA 2 Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 2 SD. 2004. Bandung: Ganeca Exact. Buku 3 = Sunarto & Rahmat. Bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di air? 27. Mengapa tumbuhan tersebut hidup di air? 21. 2008. Hewan apa saja yang hidup di dua tempat? 32. Buku 2 = Panut. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas II. Sains Sahabatku Jilid 2 untuk Kelas 2 SD. Tumbuhan apa saja yang hidup di dua tempat? 37. Adakah tumbuhan yang hidup di dua tempat? 36. . Mengapa tumbuhan tersebut hidup di tempat lainnya? 23.20. Disebut apa tumbuhan yang hidup di dua tempat? 39. 2007. Bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di dua tempat? BUKU Buku 1 = Haryanto. Adakah hewan yang hidup di dua tempat? 31. Bogor: Yudhistira. Disebut apa tumbuhan yang hidup di air? 24. Disebut apa tumbuhan yang hidup di tanah? 25. Disebut apa tumbuhan yang hidup di tempat lainnya? 26. Mengapa tumbuhan tersebut hidup di tanah? 22. Bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di tanah? 28. Bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup di dua tempat? 35.

Buku 3: materi pada buku 3 cukup lengkap karena sudah menyebutkan tujuh contoh hewan yang hidup di air dan disertai gambar asli. Buku 3: materi pada buku 3 cukup lengkap karena sudah ada tempat hidup makhluk hidup melalui penjelasan dan bagan singkat. 3 Hewan apa saja yang hidup di tanah? ¥ ¥ ¥ Buku 1: materi pada buku satu kurang lengkap karena hanya menyebutkan tiga contoh dan disertai gambar ilustrasi. 1 Pertanyaan Dimana saja tempat hidup makhluk hidup? Buku 1 ¥ Buku 2 ¥ Buku 3 ¥ Keterangan Buku 1: materi pada buku satu kurang lengkap karena materi tentang tempat hidup mahluk hidup yaitu di darat dan air kurang dijelaskan.ANALISIS BUKU No. Buku 2: materi pada buku dua kurang lengkap karena . Buku 2: materi pada buku dua kurang lengkap karena hanya menyebutkan satu contoh hewan yang hidup di air dan disertai gambar asli. Buku 2: materi pada buku 2 cukup lengkap karena sudah menjelaskan tempat hidup makhluk hidup di darat dan air melalui pertanyaan dan penjelasan. 2 Hewan apa saja yang hidup di air? ¥ ¥ ¥ Buku 1: materi pada buku satu cukup lengkap karena sudah menyebutkan empat contoh hewan yang hidup di air dan disertai gambar ilustrasi.

Buku 3: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain. 6 Mengapa hewan tersebut hidup di air? ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan mengapa hewan hidup di air. Buku 3: tidak ada materi tersebut.hanya menyebutkan satu contoh dan ada gambar asli. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain. Buku 2: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain. 4 Hewan apa saja yang hidup di tempat lainnya? Buku 1: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: materi pada buku tiga sangat lengkap karena menyebutkan Sembilan contoh dan disertai gambar asli. 5 Di tempat mana saja hewan tinggal selain di air dan tanah? Buku 1: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain. 7 Mengapa hewan tersebut hidup di tanah? ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan mengapa hewan hidup di darat. . Buku 2: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain.

Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain. 9 Disebut apa hewan yang hidup di air? ¥ - ¥ Buku 1: materi pada buku satu cukup lengkap karena sudah menyebutkan hewan yang hidup di air adalah hewan air. . Buku 2: tidak ada materi tersebut.8 Mengapa hewan tersebut hidup di tempat lainnya? - - - Buku 1: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: materi pada buku tiga cukup lengkap karena sudah menyebutkan hewan yang hidup di air adalah hewan air. 10 Disebut apa hewan yang hidup di tanah? - - - Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tentang hewan yang hidup di tempat lain. 12 ¥ - - Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan bagaimana hewan dapat bertahan hidup di air. Buku 3: tidak ada materi tersebut. 11 Disebut apa hewan yang hidup di tempat lainnya? Bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup di air? - - - Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tentang penyebutan hewan yang hidup di air. Buku 2: tidak ada materi tersebut.

Buku 3: tidak ada materi tersebut. 15 Buku 1: tidak ada materi tersebut. . 13 Bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup di tanah? ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan bagaimana hewan dapat bertahan hidup di darat. Buku 3: materi lengkap karena sudah menyebutkan lima contoh tumbuhan yang hidup di air disertai gambar asli. Buku 2: tidak ada materi tersebut. 14 Bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup di tempat lainnya? Bagaimana jika tempat hidup hewan tersebut dirusak? ¥ ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. 16 Tumbuhan apa saja yang hidup di air? ¥ ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan dua contoh tumbuhan yang hidup di air disertai gambar ilustrasi. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: materi lengkap karens selain menjelaskan hal yang akan terjadi jika tempat hidup hewan dirusak namun juga dicantumkan cara pelestariaannya. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 2: materi tidak lengkap karena tidak menyebutkan contoh tumbuhan yang hidup di air. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan hal yang akan terjadi jika tempat hidup hewan dirusak.Buku 3: tidak ada materi tersebut.

Buku 2: tidak ada materi tersebut. . Buku 3: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan dua contoh tumbuhan yang hidup di tempat lainnya dan disetai gambar asli. 19 Dimana saja tumbuhan tinggal selain di air dan di tanah? ¥ ¥ ¥ Buku 1: materi lengkap karena sudah menyebutkan di mana tumbuhan tinggal selain di air dan di tanah.17 Tumbuhan apa saja yang hidup di tanah? ¥ - ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan tiga contoh tumbuhan yang hidup di darat disertai gambar ilustrasi. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan empat contoh tumbuhan yang hidup di tempat lain dan disertai gambar asli. Buku 3: materi lengkap karena sudah menyebutkan di mana tumbuhan tinggal selain di air dan di tanah. Buku 2: materi lengkap karena sudah menyebutkan di mana tumbuhan tinggal selain di air dan di tanah. Buku 3: materi lengkap karena sudah menyebutkan enam belas contoh tumbuhan yang hidup di darat disertai gambar asli. Buku 2: materi tidak lengkap karena tidak menyebutkan contoh tumbuhan yang hidup di darat. 20 Mengapa tumbuhan tersebut hidup di air? - - - Buku 1: tidak ada materi tersebut. 18 Tumbuhan apa saja yang hidup di tempat lainnya? ¥ ¥ ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan tiga contoh tumbuhan yang hidup di tempat lain disertai gambar ilustrasi.

Buku 2: tidak ada materi tersebut. 24 Disebut apa tumbuhan yang hidup di tanah? Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 3: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan tumbuhan yang hidup di tempat lain. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan mengapa tumbuhan hidup di tempat lain. 26 Bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di air? Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 3: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan tumbuhan yang hidup di air adalah tumbuhan air. Buku 3: tidak ada materi tersebut. . 23 Disebut apa tumbuhan yang hidup di air? ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tersebut. 25 Disebut apa tumbuhan yang hidup di tempat lainnya? ¥ ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. 21 Mengapa tumbuhan tersebut hidup di tanah? Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan tumbuhan yang hidup di tempat lain. 22 Mengapa tumbuhan tersebut hidup di tempat lainnya? ¥ ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan mengapa tumbuhan hidup di tempat lain.Buku 3: tidak ada materi tersebut.

Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: materi lengkap karena sudah menjelaskan hal yang akan terjadi jika tempat hidup tumbuhan dirusak dan cara pelestariannya. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan ada hewan yang hidup di dua tempat. 30 Adakah hewan yang hidup di dua tempat? ¥ ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan ada hewan yang hidup di dua tempat. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan hal yang akan terjadi jika tempat hidup tumbuhan dirusak. 29 Bagaimana jika tempat hidup tumbuhan tersebut dirusak? ¥ ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 3: materi lengkap karena sudah menjelaskan bagaimana tumbuhan dapat bertahan hidup di tempat lain. 28 Buku 1: materi lengkap karena sudah menjelaskan bagaimana tumbuhan dapat bertahan hidup di tempat lain. Buku 2: materi lengkap karena sudah menjelaskan bagaimana tumbuhan dapat bertahan hidup di tempat lain. . 27 Bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di tanah? Bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di tempat lainnya? ¥ ¥ ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut.

Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan contoh dua hewan yang hidup di dua tempat. 34 Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan bagaimana hewan dapat bertahan hidup di dua tempat.Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut. 32 Mengapa hewan tersebut dapat hidup di dua tempat? ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. 33 Disebut apa hewan yang hidup di dua tempat? Bagaimana hewan tersebut dapat bertahan hidup di dua tempat? ¥ ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. 35 Adakah tumbuhan yang hidup di dua tempat? ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan bagaimana hewan dapat bertahan hidup di dua tempat. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah . 31 Hewan apa saja yang hidup di dua tempat? ¥ ¥ Buku 1: materi cukup lengkap karena sudah menyebutkan contoh satu hewan yang hidup di dua tempat. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan mengapa hewan hidup di dua tempat.

Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut. 39 Buku 1: tidak ada materi tersebut. Buku 2: materi cukup lengkap karena sudah menjelaskan bagaimana tumbuhan yang hidup di dua tempat. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tersebut. Buku 3: tidak ada materi tersebut.menyebutkan tidak ada tumbuhan yang hidup di dua tempat. Buku 3: tidak ada materi tersebut. Buku 2: tidak ada materi tersebut. 37 Buku 1: tidak ada materi tersebut. 38 Buku 1: tidak ada materi tersebut. 36 Tumbuhan apa saja yang hidup di dua tempat? Mengapa tumbuhan tersebut dapat hidup di dua tempat? Disebut apa tumbuhan yang hidup di dua tempat? Bagaimana tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di dua tempat? ¥ Buku 1: tidak ada materi tersebut. . Buku 3: tidak ada materi tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful