Makalah Biologi Dasar Mengenai Otak 1

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Penemuan penting di dalam sejarah otak adalah kesadaran kita bahwa berbagai bagian otak mengendalikan fungsi yang berbeda-beda. Bagian-bagian otak adalah Otak Besar , Otak Tengah, Otak Belakang, Otak Kecil. Batang Otak mengendalikan fungsi-fungsi penyangga kehidupan dasar misalnya pernapasan dan laju denyut jantung. Mengontrol tingkat kesiagaan. Menyiagakan anda terhadap informasi sensorik yang masuk. Mengendalikan suhu. Mengendalikan proses pencernaan. Menyampaikan informasi dari serebelum.

Dasar otak manusia, seperti ditarik oleh Andreas Vesalius pada tahun 1543 Tampilan khas otak kecil bahkan menyebabkan anatomi awal untuk mengenalinya. Aristoteles dan Galen, bagaimanapun, tidak menganggap hal itu benar-benar bagian dari otak: Mereka menyebutnya parencephalon ("sama-as-otak"), yang bertentangan dengan encephalon atau otak yang tepat. Galen adalah yang pertama untuk memberikan deskripsi yang luas, mencatat bahwa jaringan cerebellar tampak lebih padat daripada bagian otak, ia berspekulasi bahwa fungsinya adalah untuk memperkuat saraf motorik. perkembangan yang signifikan lebih lanjut tidak datang hingga Renaissance. Vesalius membahas secara singkat otak kecil, dan anatomi tersebut telah diuraikan lebih teliti oleh Thomas Willis pada tahun 1664. bekerja Lebih anatomi dilakukan selama abad ke-18, tapi tidak sampai awal abad ke-19 bahwa wawasan pertama ke fungsi otak kecil diperoleh. Luigi Rolando pada tahun 1809 membentuk wawasan kunci yang kerusakan hasil otak kecil dalam gangguan motor. Jean Pierre Flourens pada paruh pertama abad ke-19 melakukan pekerjaan eksperimental rinci, yang mengungkapkan bahwa binatang dengan kerusakan cerebellar masih bisa bergerak, tetapi dengan hilangnya koordinasi (gerakan aneh, gaya berjalan aneh, dan kelemahan otot), dan pemulihan bahwa setelah . lesi dapat hampir lengkap kecuali lesi sangat luas [41] Pada awal abad ke-20, secara luas diterima bahwa fungsi utama dari otak kecil berhubungan untuk mengendalikan motor, paruh pertama abad ke-20 menghasilkan beberapa rinci deskripsi dari gejala klinis yang terkait dengan penyakit cerebellar pada manusia.

1

1.2 Rumusan Masalah Adapun perumusan masalah dalam makalah ini adalah: 1. Pengertian pada otak beserta bagiannya 2. Penjelasan bagian – bagian dari otak dan fungsinya 3. Gangguan atau penyakti-penyakit pada Otak

1.3 Tujuan Adapun tujuan penulis dalam penulisan makalah ini adalah. 1. Sebagai salah satu tugas yang dibebankan oleh dosen mata kuliah biologi dasar. 2. Untuk mengetahui bagian dan fungsi pada otak 3. Untuk mengetahui gangguan atau penyakit yang dapat menyerang otak 4. Untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang otak manusia

1.4 Metode Metode yang dipakai adalah metode deskriftif yaitu dengan teknik study kepustakaan atau literature, yaitu pengetahuan yang bersumber dari beberapa media tulis baik berupa buku, literatur dan media lainnya yang tentu ada kaitannya masalah-masalah yang di bahas di dalam makalah ini.

2

Pengetahuan mengenai otak mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif. gerakan. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung. keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak terbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Neurotransmiter ini dikirimkan pada celah yang dikenal sebagai sinapsis. 3 . Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat mempengaruhi kognisi manusia. Otak manusia [1] adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1. dan segala ingatan. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya. bentuk pembelajaran pembelajaran lainnya. tekanan darah. vertebrata besar bisa mempunyai hingga seratus milyar neuron. motorik emosi. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron. CNS) pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya.1 Pengertian Otak Otak (bahasa Inggris: encephalon) adalah pusat sistem saraf (bahasa Inggris: central nervous system. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmiter.BAB II PEMBAHASAN 2. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron.

Midbrain 5. Pada tahap perkembangan sistem saraf pusat (bahasa Inggris: five-vesicle stage). Otak besar Otak besar (bahasa Inggris: telencephalon. Serebelum 4. cerebrum) adalah bagian depan yang paling menonjol dari otak depan. Serebrum 2. Medula oblongata Serebrum.pons. Jika pada masa embrio. yaitu belahan kiri dan 4 . otak depan berkembang dan memisahkan diri menjadi otak besar dan diensefalon. Otak dibagi menjadi 6 divisi utama: 1. Sereblum termasuk forebrain/prosensefalon dan midbrain. forebrain) adalah bagian atas dari otak. otak depan (bahasa Inggris: prosencephalon. otak depan mengalami hambatan untuk berkembang menjadi kedua lobus ini. maka akan terjadi suatu kondisi yang disebut holoprosensefali (bahasa Inggris: holoprosencephaly). Diensefalon 3. Otak besar terdiri dari dua belahan. Diensefalon.2.2 Bagian otak manusia Pada anatomi otak vertebrata.medula oblongata termasuk brain stem ( batang otak ). Pons 6. Diperkirakan otak terdiri atas 100milyar neuron. A.

Fungsi-fungsi ini berasal dalam korteks motor utama dan daerah lobus frontal motor lain di mana tindakan yang direncanakan. pariental. Bersama dengan daerah asosiasi korteks. bicara dan bahasa. Atas motor neuron di korteks motor utama akson mengirimkan mereka ke batang otak dan sumsum tulang belakang untuk sinaps pada motor neuron yang lebih rendah. okspital. pendengaran. belajar. belahan kiri mengatur tubuh bagian kanan dan sebaliknya. Setiap belahan mengatur dan melayani tubuh yang berlawanan. terdapat 2 hemisfer yg tampak 5 . yang telah memungkinkan korteks untuk memperluas di daerah permukaan tanpa mengambil volume yang jauh lebih besar. Serebrum merupakan bagian terbesar dari otak manusia. Kerusakan area motor korteks dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit motor neuron. adalah penting untuk menyatakan bahwa bagian ini berisi daftar fungsi bahwa otak secara keseluruhan melayani. bahkan kelumpuhan. Lihat artikel utama pada korteks otak dan ganglia basal untuk informasi lebih lanjut. Cerebrum terdiri dari apa yang kebanyakan orang anggap sebagai "otak. sistem kognitif dan volitive proyek serat dari otak ke talamus dan ke daerah tertentu dari otak tengah. Jaringan saraf dari otak besar memfasilitasi perilaku kompleks seperti interaksi sosial. bagian otak ini menyatukan informasi sensoris menjadi persepsi kita tentang dunia di sekitar kita. Pada mamalia yang lebih besar. dan temporal. penciuman. korteks serebral dilipat ke gyri banyak dan sulci. Jika otak belahan kiri mengalami gangguan maka tubuh bagian kanan akan mengalami gangguan. Pada gerakannya cerebrum mengarahkan fungsi motorik sadar atau volitional tubuh. somatosensori. Pada manusia. pikir. gustatory." Itu terletak di depan atau di atas batang otak dan pada manusia merupakan yang terbesar dan yang paling baik dari lima divisi utama otak. Jenis hasil kerusakan hilangnya daya otot dan presisi daripada kelumpuhan total. dan penciuman. Antara lobus frontal dan lobus pariental dipisahkan oleh sulkus sentralis atau celah Rolando. Tiap belahan otak depan terbagi menjadi empat lobus yaitu frontal. Limbik. dengan mamalia memiliki yang terbesar dan yang paling baik di antara semua spesies. penilaian. Pada fungsinya seperti otak besar adalah sebuah divisi kotor dengan subdivisi banyak dan sub-daerah. memori kerja. otak besar mengelilingi bagian-bagian yang lebih tua dari otak. dan pada manusia.kanan. dan serat motor proyek sistem dari otak ke otak dan sumsum tulang belakang. otak adalah struktur terbaru dalam arti filogenetik. yang innervate otot-otot. Pada sensory pengolahan area sensoris primer dari korteks serebral menerima dan memproses informasi visual.

000 sinapsis. serat komisura & serat proyeksi substansi grisea lain yg berada di bg dlm lap inti GANGLIA BASAL. Setiap hemisfer terbentuk atas lap tipis substansi grisea yg disebut KORTEKS SEREBRI (tebal 3mm) menutupi lap tebal bag inti substansi alba. bahasa lisan & tulisan. paleokorteks. dan emosi. Lobus Frontal Menjadi pusat fungsi intelektual yang lebih tinggi.simetris ttp struktur & fungsinya berbeda. neokorteks/isokorteks. motorik bicara (area broca di hemisfer kiri). lekukan yg dalam disebut fissura. lobus parietal. ketrampilan numerik & saintifik. arcikorteks.33 milyar neuron yang masing-masing tersambung ke sekitar 10. pusat penghidu. pertimbangan. ruang & pola persepsi. hemisfer kanan: mengontrol tangan kiri. menjadi pusat pengontrolan gerakan volunter di gyrus dan presentralis (area motorik primer). & lobus temporal Istilah telencephalon mengacu pada struktur embrio yang kemudian berkembang menjadi cerebrum:  Dorsal telencephalon atau pallium berkembang menjadi cerebral cortex  Ventral telencephalon atau sub-pallium berkembang menjadi basal ganglia. Korteks Otak Besar Korteks otak besar (bahasa Inggris: cerebral cortex. Substansi alba di lap inti serebrum: serat asosiasi. seperti kemampuan berpikir abstrak dan nalar. Korteks Serebri 1. lobus oksipital. & penalaran selain itu permukaan hemisfer tampak berbentuk tonjolan (gyrus) & lekukan (sulcus). perhatian. allokorteks yang berlipat-lipat sehingga permukaanya menjadi lebih luas dengan ketebalan 2 hingga 4 mm. terdapat area asosiasi motorik (area premotor) 6 . persepsi. bahasa dan kesadaran. pengenalan terhadap musik & artistik. grey matter) merupakan lapisan tipis berwarna abu-abu yang terdiri dari 15 . satu milimeter kubik terdapat kurang lebih satu milyar sinapsis. Tiap hemisfer dibagi menjadi 4 lobus: lobus frontal. Komunikasi yang terjadi antar neuron dalam bentuk deret panjang pulsa sinyal yang disebut potensial aksi dimungkinkan melalui fiber protoplamik yang disebut akson yang dapat dikirimkan hingga ke bagian jauh dari otak atau tubuh untuk menemukan reseptor sel tertentu. Terdapat enam lapisan korteks. pandangan & imajinasi dan hemisfer kiri: mengontrol tangan kanan. Lapisan korteks terdapat berbagai macam pusat saraf yang mengendalikan ingatan.

Lobus temporal Berperan dlm pembentukan & perkembangan emosi dan menjadi pusat pendengaran . Lapisan dalam banyak mengandung serabut saraf. kesadaran. karena memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengaturan semua aktivitas tubuh. Daerah pendengaran (auditori) terletak pada lobus temporal. yaitu Dendrit dan Neurit Otak besar merupakan pusat saraf utama. ingatan (memori). 4. Pada daerah ini berbagai sifat perasaan dirasakan kemudian ditafsirkan. dan pertimbangan.2. Daerah visual (penglihatan) terletak pada ujung lobus oksipital yang menerima bayangan dan selanjutnya bayangan itu ditafsirkan. dan berperan dalam mengontrol gerakan dgn cara: (1) menghambat tonus otot. white matter) merupakan lapisan yang berwarna putih. Bagian paling bawah pada korteks motor tersebut mempunyai hubungan dengan kemampuan bicara. (2) memilih & mempertahankan aktivitas motorik bertujuan. Adapun pusat pengecapan dan pembau terletak di lobus temporal bagian ujung anterior. Di belakang (Posterior) sulkus entralis merupakan daerah sensori. (3) memantau & mengkoordinasikan kontraksi menetap yang lambat Terdapat Penyakit Parkinson: gangguan pd Ganglia Basal. Secara terperinci. kesan atau suara diterima dan diinterpretasikan. Ganglia dasar Ganglia dasar (bahasa Inggris: basal ganglia. Daerah Anterior pada lobus frontalis berhubungan dengan kemampuan berpikir. Ganglia Basal Merupakan kumpulan dari badan-badan sel saraf (nukleus). Di depan celah tengah (sulkus sentralis) terdapat daerah motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar. Di daerah ini. Lobus oksipital Pusat penglihatan & area asosiasi penglihatan seperti menginterpretasi & memproses rangsang penglihatan dari nervus optikus & mengasosiasikan rangsang ini dengan informasi saraf lain & memori dan merupakan lobus terkecil. Lobus parietal Menjadi pusat kesadaran sensorik di gyrus postsentralis (area sensorik primer) dan terdapat area asosiasi sensorik . aktivitas tersebut dikendalikan pada daerah yang berbeda. terutama karena defisiensi 7 . 3. khususnya berkaitan dengan kepandaian (inteligensi).

8 . menerima sinyal dari sistem penghidu & menentukan pengaruh bau terhadap emosi . (2) Amigdala  merupakan pusat emosi (seperti: takut). & obat2 psikoaktif bergantung pd kadar dopamin yg dilepaskan neuron di NA ini. kokain. Sistem Limbik Dapat menerima informasi dari berbagai area asosiasi di korteks serebri & sinyal ini melalui nukleus accumbens (NA). mengirimsinyal ke hipotalamus & medula oblongata yang kemudian mengaktifkan respons flight or fight dari sistem saraf otonom. efek menyenangkan (adiktif) dari amfetamin.neurotransmiter dopamin  peningkatan tonus (kekakuan). tremor istirahat. Terdiri dari: (1) Hipokampus  bagian yg berperan dlm proses belajar & pembentukan memori jangka panjang. Beberapa bagian dari otak yg tersembunyi di balik korteks serebri:  Bulbus olfaktorius: menerima informasi dari epitel olfaktorius (reseptor penghidu)  Striatum: menerima informasi dari lobus frontal & dari sistem limbik  Nukleus accumbens (NA): tempat bersinapsnya sel saraf yg melepaskan dopamin. & perlambatan inisiasi & pelaksanaan gerakan yang berbeda .

Diensefalon Diensefalon (bahasa Inggris: diencephalon. thalamic reticular nucleus.  talamus / dorsal talamus yang berfungsi antara lain menghubungkan komunikasi antar belahan otak besar. dan ke red nucleus dan substantia nigra dalam otak tengah. Pretalamus ditengarai mempunyai andil dalam pengendalian pola konsumsi termasuk defecation dan copulation. terletak di bawah kelenjar hipotalamus. dan fields of Forel. suhu tubuh dan sekresi hormon dan fungsi biologis lain. interbrain) adalah bagian otak yang terdiri dari:  mid-diencephalic territory  pretalamus / ventral talamus / subtalamus. Hipotalamus terletak di dasar otak depan. merupakan pusat pengendalian waktu biologis. ZLI) yang berfungsi sebagai pusat sinyal layaknya cerebrum dan sebagai pembatas antara talamus dan pretalamus. ke talamus (gugus medial dan lateral nucleus) dalam otak kecil.  hipotalamus.B.  zona limitan intratalamika (bahasa Inggris: zona limitans intrathalamica.  Epitalamus  pretektum  Thalamus 9 . Pretalamus terpola sinyal SHH (bahasa Inggris: sonic hedgehog homolog) dari ZLI dan setelah itu membuat koneksi yang berbeda-beda ke striatum (caudate nucleus dan putamen) dalam otak depan. Nuklei berupa zona incerta.

memperkuat perilaku motorik volunter yang dimulai oleh korteks.  superior colliculi.Berfungsi sebagai stasiun relay & pusat integrasi sinaps untuk pengolahan awal semua input sensori menuju korteks . perilaku seksual). BATANG OTAK C. cerebral peduncle 10 . kontraksi uterus & pengeluaran ASI. rasa haus & pengeluaran urin. Sinyal yang diterima dari berbagai nukleus batang otak diproyeksikan menuju bagian dari talamus yang disebut medial geniculate nucleus untuk diteruskan menuju korteks pendengaran primer (bahasa Inggris: primary auditory cortex).menyaring sinyal-sinyal tak bermakna .bersama batang otak & area asosiasi mengarahkan perhatian kita ke rangsangan yang menarik . terdiri dari 2 pasang colliculi yang disebut corpora quadrigemina:  inferior colliculi. sekresi hormonhormon hipofisis anterior. menghasilkan hormon-hormon hipofisis posterior. Otak tengah Otak tengah (bahasa Inggris: mesencephalon) adalah bagian otak yang mempunyai struktur: 1. tektum.  Hipothalamus Merupakan area terpenting dlm pengaturan lingkungan internal tubuh (homeostasis). terlibat pada proses pendengaran. berperan sebagai awal proses visual dan pengendalian gerakan mata 2.menentukan kesadaran kasar bbg sensasi ttp tdk dpt membedakan lokasi & intensitas . Merupakan pusat koordinasi sistem saraf otonom utama . lapar & kenyang. mengontrol suhu tubuh. dan berperan dalam pola perilaku & emosi (respons takut & berani.

superior colliculi: pusat refleks gerakan kepala & bola mata ketika berespons thd rangsang visual 4.Pusat pneumotaksik  mengontrol relaksasi otot pernapasan shg tjd ekspirasi  Medula Oblongata Pusat pernafasan: Dorsal group  kelompok neuron yg membentuk pernapasan otomatis. menentukan tingkat kesadaran & ‘jaga’ yg memungkinkan terbentuknya persepsi. inferior colliculi: pusat refleks gerakan kepala & tubuh ketika berepons thd rangsang suara Formasio Retikular: bgn inti dr substansia grisea yg terbentang dari medula oblongata ke midbrain & terbentuk dr ribuan neuron kecil yang tersusun spt jaring (reticular=net) RAS (Reticular Activating System)  jalur polisinaps yg terdapat dlm formasio retikular.Pusat apneustik  mengontrol kontraksi otot inspirasi .  Pons Pusat pernapasan: . Ventral group  kelompok neuron yg mempersarafi otot2 pernapasan Tdp kemoreseptor yg sensitif thd perubahan konsentrasi ion H+ & konsentrasi CO2 MEDULA SPINALIS  Terdapat 31 pasang saraf spinal yang melalui medula spinalis  nervus campuran yg berisi akson sensorik & motorik. tegmentum adalah jaringan multi-sinapsis yang terlibat pada sistem homeostasis dan lintasan refleks. berjalan di kolumna spinal 11 .  crus cerebri  substantia nigra 3.

gatal. sentuhan.Traktus spinotalamikus anterior  menghantarkan impuls modalitas geli. stereognosis.Traktus vestibulospinal (mulai dr nukleus vestibular)  mengatur tonus otot dlm berepons thd gerakan kepala. & serebelum) .Traktus kortikospinal anterior  mengkoordinasi gerakan rangka aksial dgn mengontrol kontraksi otot di leher & lengan .Traktus tektospinal (mulai dr kolikulus superior)  mengontrol gerakan kepala dlm berespons thd rangsang visual  Interneuron menghubungkan saraf sensorik dengan saraf motorik  REFLEKS 12 .Traktus lemniscus medialis-kolumna posterior  menghantarkan impuls yg membedakan 2 titik. & sensasi getaran Semua akson motorik keluar dari medula spinalis mll akar ventral  JALUR PIRAMIDAL/LANGSUNG (mll piramid medula oblongata.Traktus spinotalamikus lateral  menghantarkan impuls modalitas nyeri & suhu . berperan dlm keseimbangan . thalamus.Traktus kortikospinal lateral  mengontrol ketepatan kontraksi otot2 di ujung ekstermitas .Traktus kortikobulbar  mengontrol gerakan volunter kepala & leher  JALUR EKSTRAPIRAMIDAL/ TAK LANGSUNG (sirkuit polisinaps di ganglia basal. membedakan berat. . propriosepsi. langsung dari korteks motorik) . Semua akson sensorik masuk ke medula spinalis mll ganglion akar dorsal. & tekanan .

Sekelompok neuron pada formasi retikular di dalam sumsum lanjutan berfungsi mengontrol sistem pernafasan. pons Varolii). tekanan udara. pelebaran atau penyempitan pembuluh darah. Otak kecil terdiri atas dua belahan dan permukaanya berlekuk-lekuk. Otak belakang Otak belakang (bahasa Inggris: myelencephalon.[2] Selain itu juga berperan sebagai pusat pengatur refleks fisiologi.D. Otak kecil ini terletak di bawa lobus oksipital serebrum. sumsum lanjutan (bahasa Inggris: medulla oblongata). Gerakan menjadi tidak terkoordinasi. gerak alat pencernaan.  Sumsum lanjutan membentuk bagian bawah batang otak serta menghubungkan jembatan pons dengan sumsum tulang belakang. serta menghubungkan otak kecil dengan korteks otak besar. dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Jika terjadi cedera pada otak kecil. misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke 13 . metencephalon. E. Fungsi lainnya ialah mengatur gerak refleks. dan syaraf kranial yang berfungsi mengatur laju denyut jantung juga berada pada sumsum ini. suhu tubuh. dan berkedip. dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar. Otak Kecil Otak kecil (bahasa Inggris: cerebellum) merupakan bagian terbesar otak belakang. Ketiga bagian ini membentuk batang otak (bahasa Inggris: brainstem). seperti batuk. keseimbangan. dan otak kecil (bahasa Inggris: cerebellum). rhombencephalon) meliputi jembatan Varol (bahasa Inggris: pons.  Jembatan Varol berisi serabut saraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil. dan sekresi kelenjar pencernaan. bersin. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur sikap atau posisi tubuh.

& terampil. Otak kecil sebenarnya adalah lapisan tipis kontinu jaringan saraf (korteks cerebellum). mempertahankan posisi & keseimbangan. Kerusakan pada otak dapat mengakibatkan: 1) hilangnya koordinasi gerakan motor (asynergia). Hal ini relatif baik dilindungi dari trauma dibandingkan dengan lobus frontal dan temporal dan batang otak.dari reseptor vestibular di telinga mll traktus vestibulocerebellar . Individu dengan lesi cerebellar cenderung bergoyang dan terhuyung-huyung saat berjalan. cepat. keseimbangan dan keseimbangan dan otot.dari mata (3) Membandingkan sinyal umum (perintah untuk bergerak) dgn informasi sensorik (gerakan nyata) (4) Mengirimkan umpan balik berupa sinyal korektif ke nukleus di batang otak & korteks motorik mll thalamus. Fungsi dari otak kecil adalah : (1) Menerima perintah gerakan terencana bds informasi dr korteks motorik & ganglia basal mll nukleus di Pons (2) Menerima gerakan nyata .dalam mulutnya. Hal ini terletak tepat di atas batang otak dan ke bagian belakang otak.dari reseptor propriosepsi mll traktus spinoserebellar anterior & posterior . erat dilipat dalam gaya akordeon. Jaringan syaraf yang kompleks ini menimbulkan kemampuan pemrosesan sinyalbesar. tetapi hampir keseluruhan outputnya diarahkan untuk satu set kecil inti cerebellar mendalam berbaring di bagian dalam Otak kecil yang terlibat dalam koordinasi gerakan motorik sukarela. Serebelum membandingkan antara informasi yg diterima dari pusat pengontrolan yg lebih tinggi ttg apa yg sebaiknya otot lakukan & sistem saraf perifer ttg apa yg otot lakukan  memberi sinyal umpan balik untuk mengoreksi gerakan  dikirim ke serebrum mll thalamus  gerakan yg lebih halus. Dalam hal ini lapisan tipis beberapa jenis neuron dengan susunan yang sangat teratur. terkoordinasi. sel-sel Purkinje yang paling penting dan sel granula. Cerebellar cedera menghasilkan gerakan yang lambat dan tidak terkoordinasi. 2) ketidakmampuan untuk menilai jarak dan kapan harus berhenti 14 .

dan mungkin dalam beberapa fungsi emosional seperti mengatur respon takut dan kesenangan Fungsinya gerakan-terkait adalah yang paling jelas dimengerti. yang paling penting yang belajar untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dalam hubungan sensorimotor. Hal ini juga terlibat dalam beberapa fungsi kognitif seperti perhatian dan bahasa. postur.(dysmetria). terselip di bawah belahan otak. 7) lemah otot (hypotonia). 4) gerakan tremor (tremor niat). presisi. yang. dan waktu yang akurat. namun. 5) mengejutkan. Beberapa model teoritis telah dikembangkan untuk menjelaskan kalibrasi sensorimotor dalam hal plastisitas sinaps dalam otak kecil. dan mengintegrasikan masukan-masukan ke motor tune kegiatan halus Karena fungsi ini finetuning. keseimbangan. Selain peran langsung dalam mengendalikan motor. masukan dari satu serat pendakian tunggal. 6) kecenderungan jatuh. Permukaan otak kecil ditutupi dengan alur paralel halus spasi. otak juga diperlukan untuk beberapa jenis motor belajar. tapi malah menghasilkan gangguan dalam gerakan halus. tapi memberikan kontribusi untuk koordinasi. bagaimanapun. dan motor belajar. Otak kecil tidak melakukan gerakan. Ini menerima masukan dari sistem sensorik dan dari bagian lain dari kabel otak dan tulang belakang. Otak kecil (bahasa Latin untuk otak kecil) adalah wilayah otak yang memainkan peran penting dalam pengendalian motor. berjalan berdasarkan luas (kiprah ataxic). jadi kuat bahwa pendakian tunggal serat potensial aksi andal akan menyebabkan sel target Purkinje untuk api ledakan potensi tindakan. ribuan masukan dari serat paralel. 3) ketidakmampuan untuk melakukan gerakan-gerakan bolak cepat (adiadochokinesia). kontras yang mencolok dengan teratur convolutions luas dari korteks serebral. otak kecil memiliki penampilan struktur terpisah yang melekat pada bagian bawah otak. paralel alur ini menyembunyikan fakta bahwa otak kecil. yang dimotivasi oleh observasi bahwa setiap sel Purkinje cerebellum menerima dua jenis yang berbeda secara dramatis input: Pada satu sisi. Kerusakan pada otak kecil tidak menyebabkan kelumpuhan. Konsep dasar dari teori Marr-Albus adalah bahwa serat mendaki berfungsi sebagai "sinyal mengajar". dan 9) gerakan mata abnormal (nystagmus ).. 15 . Dalam hal anatomi. Kebanyakan dari mereka berasal dari model awal dirumuskan oleh David Marr dan James Albus. 8) cadel pidato (dysarthria ataxic). masing-masing individu sangat lemah. yang menginduksi perubahan jangka-panjang pada kekuatan serentak diaktifkan masukan serat paralel. di sisi lain.

inti dalam beberapa kali tertanam di bagian putih. Pada tingkat mikroskopis. Tampilan yang tidak biasa permukaan menyembunyikan otak kecil fakta bahwa sebagian besar volume terdiri dari lapisan yang sangat erat dilipat materi abu-abu. Vertikal penampang pola lipat manusia otak kecil. Satu set lipatan besar. dan ventrikel berisi cairan di pangkalan. Telah diperkirakan bahwa. tetapi validitas mereka tetap kontroversial. otak kecil dibagi menjadi dua belahan. jika korteks cerebellum manusia benar-benar berlangsung.Hal ini dipisahkan dari otak atasnya oleh lapisan kasar dura mater. tetapi hanya membutuhkan 10% dari volume total otak.empat inti cerebellar dalam. Di tingkat menengah. yang disebut flocculonodular lobus. otak kecil terdiri dari lapisan ketat dilipat dan kusut korteks. otak kecil dan struktur tambahan yang dapat diuraikan ke dalam beberapa ratus atau ribu independen berfungsi modul yang dipanggil "microzones" atau "microcompartments". Otak kecil memiliki struktur pada tingkat anatomi skala besar.terdiri dari materi abu-abu[3]. Anatomi mengklasifikasikan otak kecil sebagai bagian dari metencephalon. metencephalon adalah bagian atas dari rhombencephalon atau "otak belakang".Pengamatan depresi jangka panjang dalam masukan serat paralel telah memberikan dukungan untuk teori dari jenis ini.Anatomi pada anterior pandangan manusia otak kecil. dengan angka yang menunjukkan landmark menonjol. tiga lobus dapat dibedakan dalam otak kecil. Otak kecil terletak di bagian bawah otak. Tertanam dalam white matter . Karena jumlah yang besar sel granula kecil. yang menunjukkan dari korteks. lobus anterior (di atas fisura primer). dengan konvensi. pohon-seperti di penampang . digunakan untuk membagi struktur keseluruhan menjadi 10 lebih kecil "lobulus". Seperti korteks otak. ditata dengan geometri yang sangat stereotip. otak kecil berisi neuron lebih daripada bagian otak disatukan. 16 . yang juga mencakup pons. tetapi juga berisi zona garis tengah sempit disebut vermis. semua koneksi dengan bagian lain dari perjalanan otak melalui pons. dengan massa yang besar dari korteks serebral di atasnya dan bagian batang otak yang disebut pons di depannya. dan strukturinterior.yang kadang-kadang disebut arbor vitae (Pohon Kehidupan) karena penampilannya bercabang. dan lobus posterior (di bawah fisura primer). dengan materi putih di bawahnya. korteks cerebellum. Di bawah masalah kelabu korteks terletak materi putih. setiap bagian dari korteks cerebellum terdiri dari himpunan kecil yang sama elemen neuronal.Pembagian administratifBerdasarkan penampilan permukaan. yang kebanyakan dari serat saraf myelinated berjalan ke dan dari korteks.

juga dikenal sebagai neocerebellum. Sektor ini fungsi otak kecil terutama untuk menyempurnakan tubuh dan gerakan anggota badan. Tiga jenis akson juga memainkan peran yang dominan: serat berlumut dan serat memanjat (yang masuk otak kecil dari luar). meskipun juga menerima input visual dan sensorik. sehingga memberikan modulasi sistem motor turun. Ini adalah bagian tertua dalam evolusi (archicerebellum) dan berpartisipasi terutama dalam keseimbangan dan orientasi ruang. menempatkan vermis dalam satu bidang datar. merupakan cerebrocerebellum. juga dikenal sebagai paleocerebellum. proyek untuk kedua korteks otak dan batang otak. Dalam hal fungsi. lobus flocculonodular. Dua jenis neuron memainkan peran yang dominan di sirkuit cerebellar: sel Purkinje dan sel granula. atas ke bawah). Hal mengirimkan serat untuk inti cerebellar mendalam yang. ada perbedaan yang lebih penting sepanjang dimensi medial-ke-lateral. F: Arbor riwayat. serta dari sistem visual dan pendengaran. dan serat paralel (yang merupakan akson sel granula). yang memiliki koneksi yang berbeda dan fungsi. Zona medial lobus anterior dan posterior merupakan spinocerebellum. Skema representasi dari subdivisi anatomi utama dari otak kecil. E: ventrikel Keempat. H: anterior lobus. Superior melihat sebuah "diuraikan" cerebellum. dan mengirimkan output terutama thalamus ventrolateral (pada gilirannya dihubungkan ke area motor korteks premotor dan motor utama .Lobus ini membagi otak kecil dari rostral ke ekor (pada manusia. koneksi utama perusahaan dengan inti vestibular. Zona lateral. Otak kecil dan daerah sekitarnya. yang pada manusia sejauh ini merupakan bagian terbesar. pada gilirannya. Wilayah terkecil. C: Medulla. B: Pons. Membiarkan keluar bagian flocculonodular. bagaimanapun. I: lobus posterior. sering disebut vestibulocerebellum. 17 . G: amandel. Kerusakan itu menyebabkan gangguan keseimbangan dan kiprah. Ini menerima masukan proprioception dari kolom dorsal sumsum tulang belakang (termasuk saluran spinocerebellar) dan dari saraf trigeminal. area korteks otak) dan inti merah . Ini menerima masukan secara eksklusif dari korteks cerebral (terutama pada lobus parietalis) melalui (jalur corticoPonto-cerebellar membentuk) pontine inti. Sebuah wilayah sempit menonjol di sepanjang garis tengah jaringan disebut vermis (Latin untuk "cacing"). pandangan sagital dari satu belahan. otak kecil bisa diurai fungsional menjadi sektor medial disebut spinocerebellum dan sektor lateral yang lebih besar disebut cerebrocerebellum. D: kabel Spinal. A: Otak.

sel-sel stellata. Di bagian atas terletak lapisan molekul. dan juga di antara jenis awal untuk diakui . sel Purkinje menggunakan GABA sebagai neurotransmitter mereka. bersama dengan jumlah jauh lebih kecil dari interneuron. di mana mereka membuat pada urutan 1. dan karena itu memberi efek penghambatan pada target mereka. dendrit sel Purkinje bentuk jaring planar padat. zona sempit yang hanya berisi badan sel sel Purkinje. di mana serat sejajar lulus pada sudut kanan dendrit ditutupi dengan duri dendritik. padat dengan sel granul.000 . dan sel keranjang. 18 . Kedua sel stellate dan keranjang bentuk sinapsis GABAergic ke dendrit sel Purkinje. bersama dengan array besar dari serat pohon paralel menembus sel Purkinje dendritik di sudut kanan..mereka pertama kali dijelaskan oleh ahli anatomi Ceko Jan Evangelista Purkyně pada tahun 1837. tetapi sangat diratakan pada bidang tegak lurus dengan lipatan cerebellar. baik mengakhiri dalam inti cerebellar mendalam. Di bagian tengah terletak lapisan Purkinje. yang berisi pohon-pohon dendritik meratakan sel Purkinje. terutama Golgi sel. Di bagian bawah terletak lapisan granular tebal. serat Climbing proyek untuk Purkinje sel dan juga mengirimkan jaminan langsung ke inti dalam serat berlumut dan masukan serat setiap mendaki membawa informasi serattertentu.000 kontak masing-masing dengan beberapa jenis sel nuklir. Korteks cerebellum dibagi menjadi tiga lapisan. akson mereka perjalanan ke inti cerebellar dalam.Ada dua jalur utama melalui sirkuit cerebellar. serat Persarangan proyek langsung ke inti dalam. yang masing-masing menerima input sinaptik dari serat paralel. tetapi juga menimbulkan jalur: serat berlumut → sel granula → serat paralel → → inti sel Purkinje yang mendalam. noradrenergik. yang berasal dari serat berlumut dan serat mendaki. semua dalam domain kecil. serotonergik. Mereka dibedakan dengan bentuk pohon dendritik: Cabang dendrit sangat deras. dan input kolinergik yang diduga melakukan global modulasi. Sel Purkinje Sel Purkinje adalah salah satu neuron yang paling unik di otak. Lapisan terluar dari korteks cerebellum juga berisi dua jenis interneuron inhibisi. Setelah mengeluarkan agunan yang innervate bagian dekat korteks. Dengan demikian. lapisan sempit (satu sel tebal) dari korteks cerebellum. disebut lapisan Purkinje. Sel Purkinje menerima input lebih synaptic daripada jenis lainnya sel dalam otak perkiraan jumlah duri pada sel Purkinje tunggal manusia dijalankan setinggi 200. otak kecil juga menerima dopaminergik. besar sel tubuh bulat sel Purkinje yang dikemas dalam.

tetapi recoded dalam cara yang lebih luas. Butiran sel menggunakan glutamat sebagai neurotransmitter mereka. Inti mendalam otak kecil adalah kelompok materi abu-abu yang berada dalam masalah putih di inti otak kecil.Ini adalah situs pembesaran masukan rangsang dari serat berlumut dan masukan menghambat dari sel-sel Golgi. Mereka adalah. dengan masing-masing cabang perjalanan horizontal untuk membentuk serat paralel. di mana mereka terbelah dua. Sebuah sel granul hanya memancarkan 04:56 dendrit. Dengan demikian. tetapi melebihi jumlah mereka 200-1 (pada manusia). akson unmyelinated sel granula naik vertikal ke lapisan (molekul) atas korteks. informasi dalam keadaan populasi aktivitas sel granula adalah sama dengan informasi dalam serat berlumut. Granul sel. Ini inti menerima proyeksi jaminan dari serat berlumut dan serat memanjat. lapisan tebal di bagian bawah korteks cerebellum. serta masukan hambat dari sel-sel Purkinje dari korteks cerebellum. Idenya adalah bahwa dengan masing-masing sel granula menerima masukan dari hanya 4-5 serat berlumut. masing-masing yang berakhir pada pembesaran yang disebut cakar dendritik. berbeda dengan sel-sel Purkinje. pemisahan cabang vertikal menjadi dua cabang horisontal menimbulkan untuk bentuk khas "T". dan karena itu mengerahkan rangsang efek pada target mereka. perkiraan ratarata jumlah mereka sekitar 50 miliar. Konsep yang paling populer dari fungsi mereka diusulkan oleh David Marr. sudah sangat sulit untuk merekam aktivitas spike mereka pada hewan berperilaku. Sel granula menerima semua masukan mereka dari serat berlumut. Skema pengkodean kombinatorial berpotensi akan memungkinkan otak untuk membuat perbedaan jauh lebih baik antara pola masukan dari serat berlumut saja akan mengizinkan. sehingga ada sedikit data untuk digunakan sebagai dasar teori. yang terkecil di antara neuron di otak. satu-satunya sumber output dari otak kecil. tapi akan merespon jika lebih dari satu yang aktif. dengan pengecualian kecil inti vestibular di dekatnya. sebuah sel granula tidak akan menanggapi jika hanya satu saja dari input yang aktif. Karena sel-sel granula sangat kecil dan sangat padat. yang menyarankan bahwa mereka dapat menyandikan kombinasi input serat berlumut. dan sel-sel Purkinje dengan pohon-pohon dendritik rata Yang tipis.Sel Granule Sel cerebellar granul. 19 . Mereka juga mudah neuron paling banyak di otak: Pada manusia. yang berarti bahwa sekitar 3 / 4 dari neuron otak adalah sel granula cerebellar sel tubuh mereka yang dikemas ke dalam. serat paralel.

Tiga nuclei (dentate. berbelit-belit dari materi abu-abu. Tugas dimana otak yang paling jelas datang ke dalam bermain adalah mereka yang perlu untuk melakukan penyesuaian baik dengan cara suatu tindakan dilakukan. Penyebab dari kemunduran sel saraf dan berkurangnya dopamin biasanya tidak diketahui. terbentuk sebagai lapisan tipis. Pada beberapa kasus. Gejala Pada banyak penderita. dan berkomunikasi secara eksklusif dengan bagian lateral dari korteks cerebellum. dan fastigial) masing-masing berkomunikasi dengan bagian-bagian berbeda dari otak dan korteks cerebellum. meskipun penyakit ini cenderung diturunkan. Inti dentate. Inti fastigial dan interpositus milik spinocerebellum. obat-obatan atau racun mempengaruhi atau menghalangi kerja dopamin di dalam otak. Penyakit atau gangguan yang terjadi pada otak Penyakit Parkinson Penyakit Parkinson adalah yang pertama ditemukan pada tahun 1817 oleh Dr. Kasus lainnya terjadi jika penyakit degeneratif lainnya. Misalnya obat anti psikosa yang digunakan untuk mengobati paranoia berat dan skizofrenia menghambat kerja dopamin pada sel saraf. Ada. 20 . Ada bukti bahwa otak kecil memainkan peran penting dalam beberapa jenis belajar motor. yang pada mamalia jauh lebih besar daripada yang lain. pada mulanya Parkinson muncul sebagai tremor (gemetar) tangan ketika sedang beristirahat. Parkinson merupakan komplikasi yang sangat lanjut dari ensefalitis karena virus (suatu infeksi yang menyebabkan peradangan otak). bagaimanapun. Kadang penyebabnya diketahui. sel-sel saraf pada ganglia basalis mengalami kemunduran sehingga pembentukan dopamin berkurang dan hubungan dengan sel saraf dan otot lainnya juga lebih sedikit. tremor akan berkurang jika tangan digerakkan secara sengaja dan menghilang selama tidur. Pada penyakit Parkinson. interpositus. Tampaknya faktor genetik tidak memegang peran utama. telah banyak perselisihan tentang apakah pembelajaran terjadi di dalam otak sendiri. James Parkinson.. atau apakah itu hanya berfungsi untuk memberikan sinyal yang mempromosikan belajar di struktur otak lainnya. Stres emosional atau kelelahan bisa memperberat tremor.

Kekakuan dan imobilitas bisa menyebabkan sakit otot dan kelelahan. Penderita seringkali ileran atau tersedak karena kekakuan pada otot wajah dan tenggorokan menyebabkan kesulitan menelan. mereka mengalami kesulitan untuk berhenti atau berbalik. tremor bukan merupakan gejala awal. maka gerakannya terasa kaku. Penderita berbicara sangat pelan dan tanpa aksen (monoton) dan menjadi gagap karena mengalami kesulitan dalam mengartikulasikan fikirannya. tetapi ada juga yang menjadi pikun. Jika penderita sudah mulai berjalan. Langkahnya bertambah cepat sehingga mendorong mereka untuk berlari kecil supaya tidak terjatuh. Penderita mengalami kesulitan dalam memulai suatu pergerakan dan terjadi kekakuan otot. lengan dan tungkai. 21 .Pada sepertiga penderita. pada penderita lainnya tremor semakin berkurang sejalan dengan berkembangnya penyakit dan sisanya tidak pernah mengalami tremor. Penderita mengalami kesulitan dalam melangkah dan seringkali berjalan tertatih-tatih dimana lengannya tidak berayun sesuai dengan langkahnya. lidah.Pada awalnya tremor terjadi pada satu tangan. Sikap tubuhnya menjadi bungkuk dan sulit mempertahankan keseimbangan sehingga cenderung jatuh ke depan atau ke belakang. Sel punca dewasa dapat digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson/Parkinson's disease (PD) contohnya adalah sel punca dewasa yang berasal dari sumsum tulang belakang dapat menggantikan sel-sel neuron (saraf) otak yang rusak akibat penyakit Parkinson. Otot-otot kecil di tangan seringkali mengalami gangguan. sehingga pekerjaan sehari -hari (misalnya mengancingkan baju dan mengikat tali sepatu) semakin sulit dilakukan. kening dan kelopak mata. akhirnya akan mengenai tangan lainnya. Sebagian besar penderita memiliki intelektual yang normal. Jika lengan bawah ditekuk ke belakang atau diluruskan oleh orang lain. Tremor juga akan mengenai rahang. Kekakuan dan kesulitan dalam memulai suatu pergerakan bisa menyebabkan berbagai kesulitan. Wajah penderita menjadi kurang ekspresif karena otot-otot wajah untuk membentuk ekspresi tidak bergerak.

Beberapa orangtua yang memiliki anak penderita lumpuh otak mengaku berhasil mengoptimalkan kemampuan anaknya lewat metode Glenn Doman .  Refleks yang seharusnya menghilang tapi masih ada seperti:  Refleks menggenggam hilang saat bayi berusia 3 bulan  Bayi yang berjalan jinjit atau merangkak dengan satu kaki diseret. Terapi Rangsangan/ stimulasi otak secara intensif bisa dilakukan melalui panca indera. Penyebab lumpuh otak sampai saat ini belum dapat dipastikan.Lumpuh otak suatu kondisi terganggunya fungsi otak dan jaringan saraf yang mengendalikan gerakan. kemampuan berpikir. biasanya mereka punya gerakan atau posisi tubuh yang aneh. Salah satu cara adalah dengan Compensatory Dendrite Sprouting yaitu rangsangan agar dendrit tersebar dengan berimbang. Jenis ini adalah jenis yang paling sering muncul.  Hipotonis terjadi pada anak-anak dengan otot-otot yang sangat lemah sehingga seluruh tubuh selalu terkulai.  Kombinasi adalah campuran spastic dan athetoid. banyak orang beranggapan disebabkan oleh karena:  Bayi lahir prematur sehingga bagian otak belum berkembang dengan sempurna. Ciri umum dari anak lumpuh otak adalah:  Perkembangan motorik yang terlambat. laju belajar.  Atetoid terjadi dimana penderita yang tidak bisa mengontrol gerak ototnya.  Bayi lahir tidak langsung menangis sehingga otak kekurangan oksigen saat dalam kandungan (bahasa Inggris: hypoxia)  Adanya cacat tulang belakang dan pendarahan di otak. Jenis-jenis lumpuh otak Secara umum lumpuh otak dikelompokkan dalam empat jenis yaitu:  Spastik (tipe kaku-kaku) dialami saat penderita terlalu lemah atau terlalu kaku. Ciri-ciri. pendengaran. penglihatan. Metode ini digunakan untuk anak dengan cedera otak berupa patterning (pola) untuk melatih : 22 . Biasanya berkembang menjadi spastic atau athetoid. Sekitar 65 persen penderita lumpuh otak masuk dalam tipe ini.

 Salah meletakkan barang 23 . mengambil baki uang. dan biasanya wanita lebih dominan terkena penyakit ini. lupa meletakkan kunci mobil. orang yang sakit juga mendengar suara atau bisikan halus dan melihat bayangan menakutkan. tidak mengenali rekan-rekan atau anggota keluarga terdekat. merangkak) Menghirup oksigen (masking) untuk melatih paru-paru agar membesar. Sejak tahun 1998. lupa mencampurkan gula dalam minuman. Alzheimer mendapati saraf otak tersebut bukan saja mengerut. tidak mampu melakukan perkara asas seperti menguruskan diri sendiri. lupa nomor telepon atau kardus obat yang biasa dimakan. bahkan dipenuhi dengan sedimen protein yang disebut plak amiloid dan serat yang berbelit-belit neuro fibrillary. Alzheimer Nama penyakit Alzheimer berasal dari nama Dr. Hasil pengamatan dari bedah. seperti.Gerakan kaki dan tangan (merayap. Alois Alzheimer. seperti.  Kesulitan mengambil keputusan yang tepat  Kesulitan berpikir abstrak. garam dalam masakan atau cara-cara mengaduk air. seperti. Gejala Sepuluh tanda-tanda adanya Demensia Alzheimer adalah :  Gangguan memori yang mempengaruhi keterampilan pekerjaan.  Kesulitan melakukan tugas yang biasa dilakukan. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia 40 atau 50 tahun keatas. seperti. tempat dan orang. dokter berkebangsaan Jerman yang pertama kali menemukan penyakit ini pada tahun 1906. keliru dengan keadaan sekitar rumah.  Kesulitan bicara dan berbahasa  Disorientasi waktu. lebih dari 1700 anak cedera otak mengalami perbaikan cukup berarti setelah melakukan terapi ini. tidak tahu membeli barang ke kedai.

seperti. seperti. seperti menjerit.  Hilangnya minat dan inisiatif Alzheimer bisa terjadi pada :  pengidap hipertensi yang mencapai usia 40 tahun ke atas  Pengidap kencing manis  Orang yang kurang berolahraga  Orang yang mempunyai tingkat kolesterol yang tinggi  Faktor keturunan . 24 . atau agresif.Penderita penyakit itu biasanya juga mengalami perubahan tingkah laku seperti depresi. cepat marah dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau hobi yang pernah diminatinya. tetapi efeknya hanya sementara. Orang yang mempunyai riwayat keluarga Alzheimer mempunyai risiko mengalaminya dan risiko tersebut makin meningkat apabila kedua orang tua mengidap Alzheimer. Gejala awal Alzheimer adalah mudah lupa pada hal-hal yang sering dilakukan dan hal-hal baru. disorientasi tempat.  Perubahan kepribadian. seperti lupa mengganti pakaian. dan akhirnya dapat menjadi cacat mental total. Alzheimer berat ditandai dengan kehilangan daya ingat yang progresif sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. orang dan waktu.mempunyai keluarga yang mengidap penyakit ini pada usia 50-an. Penderita juga mengalami disorientasi waktu dan mengalami kesulitan fungsi kognitif yang kompleks seperti matematika atau aktivitas organisasi. menjadi agresif.Serangan penyakit Alzheimer ditandai dengan kehilangan daya pikir secara bertahap. Saat ini hanya ada sedikit obat untuk mengobati Alzheimer. serta mengalami masalah dalam perawatan diri . Perubahan mood dan perilaku. terpekik dan mengikut perawat ke mana saja walaupun ke WC. paranoia.

kesulitan membaca. Lee Kuan Yew dan Vanessa Amorosi 25 . Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyakit ini berkaitan dengan disfungsi daerah abu-abu pada otak. Ada dua tipe disleksia. artikulasi tidak jelas dan terbalik-balik  kesulitan mempelajari bentuk dan bunyi huruf-huruf  bingung antara konsep ruang dan waktu. umumnya penderita disleksia dapat mengalami kesulitan menggabungkan huruf menjadi kata. kesulitan memegang alat tulis dengan baik. Orlando Bloom.Terminologi disleksia juga digunakan untuk merujuk kepada kehilangan kemampuan membaca pada seseorang dikarenakan akibat kerusakan pada otak. Selain mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis. Whoopi Goldberg. Tokoh-tokoh terkenal yang diketahui mempunyai disfungsi disleksia adalah Albert Einstein. disleksia juga ditengarai mempengaruhi kemampuan berbicara pada beberapa pengidapnya. Para peneliti menemukan disfungsi ini disebabkan oleh kondisi dari biokimia otak yang tidak stabil dan juga dalam beberapa hal akibat bawaan keturunan dari orang tua. dan berurutan. Tom Cruise.  Developmental dyslexsia diderita sepanjang hidup pasien dan biasanya bersifat genetik.Disleksia Sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. cepat. yaitu :  developmental dyslexsia (bawaan sejak lahir) dan aquired dyslexsia (didapat karena gangguan atau perubahan cara otak kiri membaca).  serta kesulitan mencerna instruksi verbal. dan kesulitan dalam menerima. Pada usia sekolah. Beberapa tanda-tanda awal disleksia bawaan adalah  telat berbicara. Disfungsi tersebut berhubungan dengan perubahan konektivitas di area fonologis (membaca). Disleksia pada tipe ini sering disebut sebagai Aleksia.

bicara. 3. sekaligus mengatur kelenjar utama dari otak (kelenjar pituitari). majalah-majalah. pemahaman. pembuatan keputusan dan kreativitas. Area terpenting otak yang perlu dipahami dalam mengenali kekuatan otak adalah serebrum atau yang sering disebut 'otak kiri dan kanan'. Sistem Limbik atau otak tengah. Hipotalamus meskipun kecil (besarnya hanya sepatuh gula kotak) dan beratnya hanya empat gram. komunikasi. yang sering dianggap sebagian bagian terpenting dari 'otak mamalia'. emosi. suhu tubuh. Hipotalamus adalah bagian otak yang memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak. Serebum dibungkus oleh suatu lapisan berkerut-kerut berupa sel-sel saraf setebal seperdelapan inci yang amat sangat menakjubkan. mengendalikan gerakan tubuh dalam ruang dan menyimpan ingatan untuk respon-respon dasar yang dipelajari. Fungsi : pengaturan. musik. 26 . Sistem Limbik penting bagi pembelajaran dan ingatan jangka pendek tetapi juga menjaga homeostatis di dalam tubuh (tekanan darah. Serebum adalah karya besar evolusi alam dan bertanggung jawab atas berbagai keterampilan termasuk ingatan. misalnya kapan kita lapar.2 Saran Kepada para pembaca jika ingin menambah wawasan tentang otak manusia dan juga bagaimana fungsi dan strukturnya atau ingin mencari pengetahuan tidak hanya mengenai otak manusia saja bisa banyak membaca buku. Terlibat dalam emosi ketahanan hidup dari hasrat seksual atau perlindungan diri. yang posisinya sedikit lebih ke depan dan terdiri atas Talamus dan Ganglia Basal atau otak tengah. Sistem Limbik mengandung Hipotalamus. hasrat seksual. minum. suhu tubuh dan kadar gula darah). makan. kreativitas. pembuatan keputusan. hipotalamus mengatur hormon. membungkus seluruh otak dan posisinya berada di depan. yang dikenal sebagai korteks serebral. Sifat kortekslah yang merumuskan kita sebagai manusia. ingatan.BAB III KESIMPULAN Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Serebelum atau otak kecil atau otak belakang. atau melihat literatur dari internet yang memuat tentang sistem kerja Otak. tidur dan bangun. komunikasi. Serebum atau korteks serebral. keseimbangan kimiawi. mind mapping.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful