NAMA: Risas.Syafrizal M.Andri.

mulyadi Risna Nur Syarifah Tia Novianti Delia Dwi Putri Selvi Hermawati KELAS: VIII G SEKOLAH SMPN2 KARANGTENGAH

Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya.KATA PENGANTAR Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata ala. oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Penyimpangan Sosial dalam Masyarakat. . Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat khususnya para siswa dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Makalah ini masih jauh dari sempurna.

.............DAFTAR ISI Kata Pengantar ....... Manfaat penulisan««««««««««««««««««« B...........LOTUS123«««««««««««««««««««««« Bab II Penutup A...CARA MEMBUKA MICROSOFT EXCEL««««««««««««««« C.......................................... Kata penutup««««««««««««««««««««« ................. Daftar isi ....................................... Bab I Pembahasan A...Pengertian MICROSOFT EXCEL«««««««««««««««««« B........................................................................

dan versi terakhir adalah versiMicrosoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. antara lain sebagai berikut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel. B.0 diterbitkan pada tahun 1993.BABI A. baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang. saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak. Bahkan. Melalui Menu Start: Klik satu kali tombol Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Excel . antara lain sebagai berikut. 1. semenjak versi 5. menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. CARA MEMBUKA MICROSOFT EXCEL Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel. PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerjaspreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasiMicrosoft Windows dan Mac OS. dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif.

. tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya.1. Mengenal Tampilan Jendela Microsoft Excel Catatan : · Formula Bar adalah tempat dimana kita menuliskan rumus formula. Melalui Shortcut: Klik dua kali icon Microsoft Excel.

sebagai contoh : cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5 TITLE BAR MENU BAR .Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=¬¬¬) atau tanda tambah (+¬¬¬). Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536). Name Box adalah tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer.

Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=¬¬¬) atau tanda tambah (+¬¬¬). BENTUK KURSOR . Konstanta. a-z.TOOLBAR STANDAR TOOLBAR FORMATTING Jenis Data pada Cell 1. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. dan 0-9 y Numeric : angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9 y Date : data tanggal y Time : data waktu 2. terdiri dari 4 jenis type data yakni : y Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z.

yaitu sistem Lotus 123 yang dapat berinteraksi dengan data base yang lainnya untuk aplikasi tiga program.lap. Sistem Disk pada Lotus 123 terdiri dari : Sistem Disk adalah sistem utamanya. Pg Up . (koma di bawah). untuk mengetengahkan penulisan pada suatu sel.LOTUS 123 Merupakan software yang dikembangkan oleh Development Corporation USA pada than 70-an. tanda ( ). y Grafik. 10. End . kursor ke atas. 5. Simpan file tsb di directory B Buatlah hasil layout tsb dalam bentuk formula sell. Tanda . Tanda ( ) . 2. 3. Manfaat Lotus : y Digunakan untuk aplikasi sebagai elektronis spred sheet yaitu pembuatan lembar kerja secara elektronik seperti laporan gaji pegawai. Tanda ^. posisi kursor berada di akhir sel. untuk menggulung layar ke atas 1 layar 20 baris. Tanda ( ). kursor ke bawah. untuk penulisan rapat kanan pada suatu sel 4. untuk penulisan rapat kiri pada suatu sel. . kursor ke kanan . Contoh : Terdapat suatu work sheet (data kerja) data absensi kelas 1 EB 19 dimana data tsb tidak berurutan dengan rapih.inventori. Tanda ( ). Masalah: Buatlah data/file tersebut Sortir data tsb secara Ascending (kecil-besar) berdasarkan NPM. Sistem Back Up Install Library Disc Utility Disc Print Graph Disc A View of 123 Beberapa tombol penting pada keyboard untuk Lotus 123 1. 7. kursor ke kiri. y Sebagai data base manajemen. 9. 8. Pg Down . yaitu pembuatan grafik suatu lembar kerja yang digunakan untuk memudahkan penjelasan work sheet tersebut. 6. Home . untuk menggulung layar ke bawah 20 baris. Tanda ´ . dsb. posisi kursor berada pada sel A1 (awal).

Menyimpan file Caranya /FDB (enter) /= menmpilkan menu utama F = file menampilkan menu utama D = menampilkan menu directory B = menentukan drive B S = simpan Kemudian /F S B=\nama file B.Tentukan secondary key yaitu pada kolom Nama Mahasiswa pada cell=CQ .apakah kecil ke besar (Ascending)..Tekan tombol /DSD (Data Sort Data Range) ..Selanjutnya jalankan dgn perintah G (Go) Penjelasan /DSOPASAG .Z.besar ke kecil (Descending) .AZ..US .IZ) NO DAFTAR KELAS 1 EB I9 FAKULTAS EKNOMI UNIVERSITAS GUNADARMA NPM NAMA MAHASISWA ALAMAT Cell/.String/Alphanumeric Menu pada Lotus 123 = (On Screen Display) Work Sheet Range Copy Move File Print Graph Data System Quit Global Delete Coloumn Erase Title Windows Status Page A.Tekan tombol D. untuk menyatakan primary key berdasarkan field/kolom apa data tsb disorot yaitu NPM cell=BQ .Tentukan sortir tsb.Lay out _<8032 coloumn (A.Tekan Range/batasan yang akan disorot BQ.Character . Untuk sortir data Dengan contoh masalah di atas .IA.Numerik .. lebar standart 9 Isi suatu sell dapat berupa : .AA.

Line : menggerakkan kertas 1 baris ke atas 3.tombol fungsi Label-Prefix ´ Label-prefix ¶ Label-prefix \ Label-prefix ^ Kondisi < Kondisi <= Fungsi / Uraian Text ditampilkan rata kanan Text ditampilkan rata kiri Text ditampilkan diulangi 1 kolom penuh Text ditampilkan central kolom Menyatakan kondisi lebih kecil Menyatakan kondisi maximum . Align : pencetakkan halaman pertama berada diposisi atas 6. Option : menawarkan pilihan Header : judul atas pada setiap halaman Footer : judul bawah pada pada setiap halaman Borders : cetak tebal Set up : set printer untuk ukuran karakter Misal : \ 015 : condong \ 014 : enlarged \ 027\007 : double strike \ 027 : elite Page length : pengaturan printer untuk kertas kuarto Margin menawarkan batasan : Top : atas Bottom: bawah Right : kanan Left : kiri Others As-display : cetak seperti yang terdapat pada dilayar Formatted : cetak dengan format yang telah dibuat Cell formulas: cetak panel-panel pada setiap halaman Unformatted : kembali ke format 5. Range : sel yang hendak dicetak 2. Out : keluar Lotus interaktif Label Prefix. Menu Percetakkan Perintah mencetak pada Lotus : /PPF (print.file) Dengan pilihan : 1. Pg D : menggerakkan kertas 1 halaman ke atas 4. Kondisi dan operator.printer.D = Data S = Sort S = Secondary key A = Ascending P = Primary key G = Go C. Go : jalankan pencetakaan 7.

Enter Panah-atas Panah-bawah Panah-kanan Panah-kiri End-panah Home Pg dn Shift-tab Tab F1 F2 F3 F4 F5 F6 F7 F8 F9 F10 Menyatakan tidak sama dengan Menyatakan kondisi sama dengan Menyatakan kondisi lebih besar Menyatakan kondisi maximum Kondisi harus benar semua Kondisi harus salah satu benar Kondisi harus tidak benar Dipakai rumus untuk operator tambah Dipakai rumus untuk operator kurang Dipakai rumus untuk operator kali Dipakai rumus untuk operator bagi Dipakai rumus untuk operator pangkat Menghapus huruf sebelum posisi kursor Menghapus huruf pada posisi kursor Batalkan atau merubah ke range pointer Untuk merubah cell ke ruang pointer Memilih menu atau menerima data Memindahkan kursor 1 baris ke atas Memindahkan kursor 1 baris ke bawah Memindahkan 1 baris ke kanan Memindahkan 1 baris ke kiri Memindahkan kursor ke ujung data Memindahkan kursor ke A1/awal data Menggeser tampilan 1 layar Menggeser tampilan 1 layar ke kiri Menggeser tampilan 1 layar Help Edit List dari nama-nama Absolute adress Go to cell tertentu Pindah Windows Data Quewry Table create Recalculation View Grafik Peranan dari masing-masing tombol adalh kunci dari penggunaan Lotus khususnya Lotus 123. Data numerik tdk boleh dimulai dgn labelprefix jika data ingin ditampilkan dgn format tertentu dapat diukur dgn menggunakan RF ATAU WEF. Perhatikan posisi cell aktif sebelum memasukkan data kerna pada posisi tsb data akan dimasukkan. . Menggerakkan cell pointer berarti pula menggerakkan tampilan pada layar yang disebut Window.Kondisi <> Kondisi = Kondisi > Kondisi >= Kondisi #And# Kondisi #Or# Kondisi #Not# Operator + Operator Operator : Operator / Operator ^ Back space Del ESC .

999. /RF c /RF f /RF s /RF p /RF + /RF g /RF h /RF t /RF r /WGF .999999E+09 Format Range =999% Format Range =+++++++/««««. Format Range =general/apa adnya Format Range =hidden/tdk ditampilkan Format Range =seperti yang dimasukkan Format range = dd-mmm-yy Tanggal dd-mmm Tanggal mmm-yy Tanggalmm/dd/yy inter Tanggal mm/dd inter Format range dari waktu : hh:mm:ss AM/PM Format range dari waktu : hh:mm AM PM Format range dari waktu : hh:mm:ss (24 jam) Format range dari waktu : hh:mm (24jam) Format global tgl : dd-mmm yy Format global tgl :dd mmm Format global tgl : mmm yy Format global tgl :mm-dd-yy inter Format global tgl :mm dd inter Format global dari waktu : hh:mm:ss AM PM Format global dari waktu : hh:mm AM PM Format global dari waktu : hh:mm:ss (24 jam) Format global dari waktu : hh:mm (24 jam) Format adalah aturan dalam menampilkan suatu data baik untuk suatu range maupun unuk data secara keseluruhan.99 Format Range =9. .999.999.999.99 Format Range =99999999.. /WGF c /WGF f /WGF p /WGF + /WGF g /WGF h /WGF t /WGF t /RFD1 /RFD2 /RFD3 /RFD4 /RFD5 /RFDT1 /RFDT2 /RFDT3 /RFDT4 /WGFD1 /WGFD2 /WGFD3 /WGFD4 /WGFDT5 /WGFDT4 /WGFDT3 /WGFDT2 /WGFDT1 Range Fungsi/Uraian Format Range = 999.99999E+09 Format Range =999% Format Range =++++++++/«««. Format Range =general apa adnya Format Range =hidden/tdk ditampilkan Format Range =seperti yang dimasukkan Format Range =sama dengan foramat global Format Range =999.99 Format Range = $999.999.Format= Global /RF .999..999.99 Format Range =$999. Global berlaku untuk semua data dalam work sheet kecuali range2 yang diatur dengan format.99 Format Range =999999999.99 Format Range =9.

@COLS. Fungsi @ABS. untuk menentukan nilai terbesar dari suatu range 4. adalh mencari nilai/harga LnX 8. untuk menetukan jumlah baris dalam range 9. Usah untuk menampilkan data numerik ditengah atau di kiri kolom justru akan menimbulkan kesalhan pada waktu dibuat suatu formula atau @function.memberikan nilai/hasil suatu perpangkatan dari nilai tertentu. 4. untuk memberikan nilai acak diantara 0 dan 1 sesuai dengan fungsi logika. untuk menentukan jumlah kolom dalam range 10. @Var. Data numerik selalu akan ditampilkan mepet kanan. untuk menetukan nilai varian dari suatu range 6.adalah menentukan harga mutlak/absolut. B.adalah membulatkan suatu bilangan sesuai dgn Desimal yang ditentukan. A.000. FUNSI STATISTIK 1. 2. Currency dan punctiton diubah dengan perintah WSD01. 235. @Max. @AVG. 5. Fungsi @INT. FUNGSI HIPER 1. untuk menghitung/memberikan rata-rata nilai suatu sel. 2. Fungsi @LN. 2.adalah memberikan nilai logaritma suatu bilangan. @PI : menghasilkan harga 3. Fungsi Logaritma. @Row. @Cos(x) : menentukan nilai cos (x-radian) 3. Angka rupiah seperti Rp. 6.00 lebih baik dibuat dengan dua kolom yang berisi Rp an235000 format koma atau currency. 7. @sin(x0 : menentukan nilai sin (x-radian) . untuk menetukan nilai standard aturan normal defiasi 7. Fungsi @RAND.adalah memberikan nilai sisa dari 2 buah bilangan. untuk menentukan nilai jumlah sel yang berisi 8. Fungsi @SQRT. dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. adalah memberikan akar kuadrat suatu bilangan. 3. pada baris ke2 di atas window. untuk menjumlahkan isi suatu range 3. untuk menentukan harga memeriksa sel pada bagian kiri atas C.adalh menghilangkan angka dibelakang desimal. @N. @SUM. Fungsi pangkat. untuk menentukan nilai terkecil dari sutu range 5. @Count. @STD.141526««. 9. Fungsi @Round. @Min. FUNGSI MATEMATIKA 1.Untuk melihat isi sel yang sebenarnya dapat dilakukan dengan cara memindahkan sel pointer ke sel yang akan dilihat isinya. Fungsi @MOD.

@DDB 4. @Value(string) 7. @Find(string) 13. @cosx 3. @Mid(string awal.PU) 2. @Acos : menetukan niali sudut radian dari Acos(x) 6. @Trem(String) 11. @Char(x) 2. @IRR 8. @String(xin) 4. @tan : menentukan nilai tan (x-radian) 5. Fungsi Ekonomi 1. @FV 6. @Asin : menentukan nilai sudut radian dariAsin(x) 7. @ter(Int. @SYD 10. @Repeat(string) 14. @Tan : menentukan nilai susut radian Atan (x) D. @Lower(string) 5. @Upper(String) 6. @Lenght(string) 12. @Right(string) 9.Fv. Fungsi Logika 1. @NPU 7. @PV 5. @Code(x) 3. @TERM E.4.jumlah) 10. @Left(string) 8. @RATE 9. @proper(STRING) Menu Percetakan Pada Lotus Untuk dapat mencetak pada sistem lotu digunakan perintah ppf selanjutnya dapat pilihan : Range : sel yang hendak dicapai Page : menggerakkan kertas 1 baris ke atas Option : menggerkkan kertas1 halaman ke atas Header : mencetak pada judul atas pada setiap halaman Footer : membuat judul bawah pada setiap halaman Borders : membuat label pada setiap halaman Setup : memberitahukan printer ukuran Page length : mengatur kertas kuarto dengan printer .

tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya. kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. .BABII A. Manfaat penulisan Agar bisa mempelajari MS EXCEL dengan baik dan dapatmenggunakan EXCEL secara dengan benar B. Kata penutup Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan ± kesempatan berikutnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful