PERJUANGAN BANGSA INDONESIA UNTUK MEREBUT IRIAN BARAT

SUASANA PEPERA DI IRIAN BARAT .

LATAR BELAKANG Pengembalian Irian Barat menjadi masalah penting bagi pemerintah Indonesia sejak tahun 1950. Oleh karena itu. carilah buku referensi di perpustakaan sekolah! . pemerintah Indonesia berjuang dengan segala cara untuk merebut kembali Irian Barat dari tangan Belanda Saat membaca materi awal pada bab ini. yaitu satu tahun setelah penandatanganan KMB. Keputusan tersebut tidak pernah ditepati oleh Belanda. kalian tentu bertanya mengapa Belanda menolak menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia? Apa alasan Belanda tersebut? Agar kalian lebih tahu. Salah satu isi perjanjian tersebut adalah Belanda akan menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia satu tahun setelah pengakuan kedaulatan.

Namun ditolak oleh Belanda. b. Indonesia mengirim nota politik tentang perundingan Indonesia Belanda mengenai Irian Barat. Pada bulan September 1952. 2) Pada tahun 1954 Indonesia mengajukan masalah Irian Barat dalam sidang PBB. Perundingan ini membahas pembatalan uni dan masuknya Irian Barat ke wilayah NKRI.Perjuangan Pemerintah RI dalam Upaya Pembebasan Irian Barat Perjuangan Merebut Irian Barat melalui Diplomasi a. perundingan antara Indonesia dan Belanda mengenai masalah Irian Barat mengalami kegagalan. namun gagal. Indonesia memajukan masalah Irian Barat. Karena mengalami kegagalan dan tidak ada itikad baik dari Belanda untuk menyelesaikannya. Pada bulan Desember 1951 diadakan perundingan bilateral antara Indonesia dan Belanda. namun gagal. Hingga tahun 1956. Namun mengalami kegagalan karena tidak memperoleh dukungan yang kuat. . Perjuangan Diplomasi Tingkat Internasional 1) Dalam Konferensi Colombo bulan April 1954. 3) Dalam KAA tahun 1955 Indonesia mendapat dukungan dalam masalah Irian Barat. maka pemerintah Indonesia mengambil jalan konfrontasi. Tanggal 4 Desember 1950 diadakan konferensi Uni Indonesia Belanda. d. Dalam konferensi itu Indonesia mengusulkan agar Belanda menyerahkan Irian Barat secara de jure. c. Indonesia berhasil mendapat dukungan.

3. ‡ Tanggal17 Agustus 1956 pemerintah Indonesia membentuk Provinsi Irian Barat dengan ibukotanya Soa Siu. Pemerintah Indonesia melarang beredarnya terbitan berbahasa Belanda. Konfrontasi Politik ‡ Pada tahun 1956 secara sepihak Indonesia membatalkan hasil KMB yang dikukuhkan dalam UU No 13 tahun 1956. 4. Semua perwakilan konsuler Belanda di Indonesia dihentikan mulai 5 Desember 1957 b . Pemerintah Indonesia melarang maskapai penerbangan Belanda (KLM) melakukan penerbangan dan pendaratan di wilayah Indonesia. Konfrontasi Ekonomi 1. Pemogokan buruh secara total pada perusahanperusahaan Belanda di Indonesia yang memuncak pada tanggal 2 Desember 1957. Nasionalisasi de javasche Bank menjadi Bank Indonesia tahun 1951. 2. 5.Perjuangan melalui Konfrontasi a. ‡ Pada tanggal 4 Januari 1958 pemerintah membentuk Front Nasional Pembebasan Irian Barat (FNPIB) .

KONFRONTASI MILITER ISI LENGKAP TRIKORA 1. 2. Gagalkan pembentukan Negara Boneka Papua buatan Belanda kolonial. Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan Tanah Air dan Bangsa.C. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat Tanah Air Indonesia. 3. ‡ Dewan Pertahanan Nasional merumus kan Tri Komando Rakyat (TRIKORA) ‡ Dibacakan pada tanggal 19 Desember 1961 di Yogyakarta oleh Presiden Soekarno .

Markasnya berada di Makasar. 2) Membentuk Komando Mandala Pembebasan Irian Barat pada tanggal 13 Januari 1962. mempersiapkan. . Merencanakan. Berikut ini tugas Komando Mandala Pembebasan Irian Barat. dan menyelenggarakan operasi-operasi militer. Sebagai Panglima Komando Mandala ditunjuk Mayjen Soeharto. b.LANGKAH PEMERINTAH SEBAGAI TINDAK LANJUT TRIKORA 1) Membentuk Provinsi Irian Barat gaya baru dengan ibukota Kota Baru. a. Menciptakan daerah bebas secara defacto atau mendudukkan unsur kekuasaan RI di Irian Barat.

STRATEGI PANGLIMA MANDALA TAHAPAN-TAHAPAN STATEGI PANGLIMA MANDALA 1) Sampai tahun 1962. fase eksploitasi dengan mengadakan serangan terbuka terhadap induk militer lawan. YOS SUDARSO . 2) Awal tahun 1963. dan mendu duki semua pos pertahanan musuh. fase konsolidasi dengan mendudukkan kekuasaan-kekuasaan RI secara mutlak di seluruh Irian Barat. fase infiltrasi dengan memasukkan 10 kompi sekitar sasaran tertentu. 3) Awal tahun 1964.

Namun mengapa dalam perjuangan pembebasan Irian Barat menggunakan cara operasi militer? Bandingkan pula dengan upaya-upaya penyelesaian kasus Ambalat antara Indonesia dan Malaysia! Agar referensi kalian lebih lengkap dan hasilnya memuaskan. kalian dapat mencari informasi dari berbagai sumber seperti surat kabar. sehingga dalam pemecahan masalah selalu diusahakan dengan cara damai. maupun internet! .TUGAS KELOMPOK Bangsa Indonesia sering menyatakan diri sebagai bangsa yang cinta damai. majalah.

PELAKSANAAN PEPERA RENCANA BUNKER (BUNKER S PLAN) Belanda menolak PBB PERJANJIAN NEWYORK Tanggal 15 agustus 1962 1962 act of free choice PEPERA .

‡ Badan PBB pun mulai menunjukkan perhatiannya dengan mengutus Ellsworth Bunker (seorang diplomat Amerika Serikat) untuk menengahi perselisihan ‡ Bunker mengajukan rencana penyelesaian Irian Barat yang terkenal dengan nama Rencana Bunker (Bunker s Plan) .Pelaksanaan Pepera di Irian Barat ‡ Irian Barat mendapat perhatian dunia.

4. apakah ingin memisahkan diri atau tetap bersatu dengan RI. ‡ UNTEA.Isi Rencana Bunker. Untuk menghindari bentrokan fisik di antara pihak yang bersengketa diadakan masa peralihan di bawah pengawasan PBB selama satu tahun. 2. Indonesia menyetujui . 3. kependekan dari United Nations Temporary Executive Authority. UNTEA adalah badan pemerintah PBB yang bertugas menjalankan pemerintahan sementara di Irian Barat selama masa peralihan. Pelaksanaan penyelesaian Irian Barat selesai dalam jangka waktu dua tahun. Belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia melalui UNTEA. 1. Rakyat Irian Barat harus diberi kesempatan untuk menentukan pendapat.

1. 6. bendera Belanda diturunkan dan diganti dengan bendera PBB. paling lambat 1 Oktober 1962 UNTEA menerima Irian Barat dari Belanda. . Pasukan Indonesia tetap tinggal di Irian Barat yang berstatus di bawah UNTEA. Bendera Indonesia mulai berkibar 31 Desember 1962 di samping bendera PBB. Pemerintah RI menerima pemerintahan di Irian Barat pada tanggal 1 Mei 1963. 4. 3. Sejak saat itu. Setelah persetujuan disahkan. Penghentian permusuhan. 2. 5. Angkatan Perang Belanda dan pegawai sipilnya berangsur-angsur dipulangkan dan harus selesai paling lambat 11 Mei 1963. Pada tahun 1969 diadakan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera). 7.Perjanjian New York.

‡ Berdasar Persetujuan New York tahun 1962. . di Irian Barat diselenggarakan act of free choice atau Penentuan Pendapat Rakyat (pepera). ‡ Dewan Musyawarah Pepera dengan suara bulat memutuskan bahwa Irian Barat tetap merupakan bagian dari Republik Indonesia.

a. konfrontasi militer d. tidak memperoleh dukungan yang kuat dari anggota PBB d.EVALUASI Pilihlah jawaban yang paling tepat! 1. untuk mendorong mobilisasi rakyat dalam menindaklanjuti Trikora d. Belanda tidak pernah hadir dalam sidang umum PBB b... . konfrontasi ekonomi c. a. a. untuk menjaga ketertiban dalam nasionalisasi b. untuk memperkuat pembentukan provinsi Irian Barat . diplomasi b.. . Pembatalan hasil KMB secara sepihak merupakan salah satu bentuk perjuangan pembebasan Irian Barat melalui . untuk mengesahkan pembatalan KMB c. masalah Irian Barat adalah masalah internal bangsa Indonesia c. Alasan pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah no 23 tahun 1958 adalah . Indonesia tidak pernah membawa masalah Irian Barat ke dalam forum 3. Perjuangan diplomasi Indonesia dalam forum PBB selalu mengalami kegagalan karena .. konfrontasi politik 2.

melarang penggunaan mata uang Belanda 5. pemogokan kaum buruh secara total b. .. menggalang kekuatan untuk mengusir Belanda d. mempercepat pembentukan pemerintahan sendiri b. a. a. melarang maskapai penerbangan Belanda mendarat di Indonesia d. Pembentukan Partai Cenderawasih di Irian Barat mempunyai tujuan . Alasan pemerintah menasionalisasi De Javasche Bank adalah . mempercepat penggabungan wilayah Irian Barat ke dalam NKRI c. sebagai modal dalam menghadapi Belanda di Irian Barat d.. Berikut ini bentuk-bentuk konfrontasi ekonomi dalam upaya pembebasan Irian Barat. membangun SDM di provinsi Irian Barat . melarang beredarnya terbitan berbahasa Belanda c. a. .. kesulitan dalam mengatur sirkulasi keuangan jika masih dipimpin Belanda b. membekukan aset modal milik Belanda c. kecuali . mengatasi kesulitan moneter akibat inflasi 6..4.

9. Roem-Royen Peristiwa yang menjadi titik puncak dari ketegangan hubungan Indonesia . Linggarjati d. a. penduduknya ikut serta aktif dalam pembebasan Irian Barat c. 8.. pemutusan hubungan diplomatik Indonesia . a. nasionalisasi perusahaan-perusahaan milik Belanda b. pelaksanaan Pepera di Irian Barat . a. menjadi markas komando Mandala b. . menjadi ibukota Provinsi Irian Barat saat awal pembentukan d. operasi militer secara besar-besaran ke Irian Barat c. Kota Soa Siu memiliki peranan penting dalam pembebasan Irian Barat karena . menjadi tempat dikumandangkannya Tri Komando Rakyat Munculnya masalah Irian Barat berpangkal dari perjanjian .Belanda yaitu .Belanda d.7. Renville b.. KMB c.

.... bersiaplah untuk mobilisasi umum untuk mempertahankan kemerdekaan tanah air dan bangsa . adanya perbedaan ideologi antara Indonesia dan Belanda c. kecuali . gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda b. mencari dukungan ke negara-negara komunis c. kerja sama dengan Belanda dirasa kurang menguntungkan b.. mengerahkan rakyat Indonesia untuk mobilisasi umum d. Salah satu sebab Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Belanda adalah . a. . Belanda terlalu lama menjajah Indonesia d. Belanda tidak mempunyai iktikad baik untuk menyelesaikan masalah Irian Barat 11. Beberapa tindakan yang diambil pemerintah dalam rangka konfrontasi militer. Pernyataan berikut yang bukan merupakan isi Trikora adalah . mengirimkan kapal induk ke perairan Irian 12. . a. kibarkan sang Merah Putih di Irian Barat d.10.. mencari bantuan senjata ke negara-negara Barat b. gagalkan pembentukan negara boneka Indonesia Timur c. a.

a. mengadakan serangan terbuka ke pos pertahanan Belanda . eksploitasi. konsolidasi d. konsolidasi b. semakin banyaknya pasukan Belanda di Irian Barat d. a. konsolidasi. Latar belakang perjuangan pembebasan Irian Barat melalui jalur konfrontasi militer adalah . konsolidasi. mengadakan gerilya di pedalaman Irian d. kegagalan pemerintah RI dalam perjuangan melalui jalur diplomasi b. eksploitasi. rakyat Irian Barat menghendaki menjadi wilayah RI 15.. infiltrasi. menyusupkan pasukan ke daerah pertahanan Belanda b.13. . kegagalan PBB dalam perjuangan membantu Indonesia c. Taktik yang digunakan dalam operasi Jaya Wijaya adalah . infiltrasi. infiltrasi. eksploitasi c. mendudukkan kekuasaan RI secara mutlak c.. eksploitasi 14. Urutan yang benar dari strategi militer pembebasan Irian Barat adalah a. infiltrasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful