BAB I PENDAHULUAN 1.

1 latar belakang stroberi merupakan buah yang sangat indah berbentuk hati berwarna menarik yang dapat membuat orang yang melihat ingin langsung merasakan buah ini. Stroberi disebut juga buah cinta . mengapa disebut buah cinta ? , sebagian orang beranggapan karena buahnya berbentuk hati,dan berwarna merah . ternyata anggapan itu salah , Stroberi disebut buah cinta karena Pada jaman Yunani kuno, buah yang satu ini dijadikan sebagai lambang dewi Cinta. Keindahan cinta waktu itu dilambangkan oleh warna, rasa, dan kebolehan buah ini. Tapi kali ini saya tidak akan membahas secara mendalam mengenai bagaimana sejarah mendalam Stroberi ini , tetapi bagaimana cara mengoptimalkan hasilnya. Dari literature yang saya baca, berbisnis Stroberi ternyata cukup menjanjikan, di Indonesia, pembudidayaan Stroberi sangat bagus dilakukan karena iklim yang sesuai. contohnya didaerah bandung . Permasalahannya kini kebutuhan produsen tidak dapat dipenuhi oleh para petani secara kontinuitas , sehingga untuk menutupi kebutuhan ini, produsen harus mengimpor buah Stroberi dari luar negeri .namun kita tidak mungkin terus menerus mengimpor buah Stroberi dari luar negeri karena lahan di Indonesia pun sebenarnya mampu untuk memproduksi buah Stroberi sendiri. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini tentu saja kita harus tahu bagaimana cara mengoptimalkan hasil stroberi ini sendiri

produksi kebun strawberry-nya tak pernah maksimal. Selain menjadi bahan baku vitamin C. setiap polybag diisi arang sekam. buahnya akan cepat busuk. Nyatanya. boleh dibilang buah ini begitu merangsang. metode berkebun strawberry yang lebih cocok pun didapat. boleh dibilang jenis buah-buahan ini mulai digemari para petani di sana Maraknya perkebunan strawberry bukan semata karena hobi. Pemberian nutrisi itu dilakukan dua kali setiap hari. konsumen belia ini bisa membeli buah strawberry segar nyaris di setiap supermarket. hal itu juga dipicu oleh permintaan yang tinggi. Di antaranya yang sedang marak belakangan ini adalah berkebun strawberry (fraga vesca). Bakat komersial strawberry sudah tampak dari penampilannya. Hal tersebut sudah dilakukan misalnya oleh PT Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Agrowisata di Batu. juga karena kandungan kaliumnya tinggi sehingga cocok untuk tanaman buah. Sebab. agar tanaman terlindung dari cuaca. Di antaranya. sayuran. apalagi ketika musim hujan. menurut Teguh Suprijanto (Manajer Operasional PT Kusuma). selain harganya murah dan mudah didapat. perlu juga dipasang cungkup plastik sebagai atap. konsumen yang rakus melahap strawberry adalah mereka yang berasal dari industri farmasi dan minuman. jamur. tanaman ini . Yang juga penting. Dengan warna merah segar berbentuk bak jantung hati. Perusahaan ini yang kondang dengan bisnis hotelnya di lereng Gunung Panderman serta kebun apel. ulat tanah. Penggunaan arang sekam ini. atau Batu di Malang (Jawa Timur). sari buah ini juga bisa diperas untuk dijadikan sirop. Jika dipaksakan. layaknya hukum pasar. serta rasa yang asam-asam manis. Setelah diselidiki. Lalu. Coba saja lihat. Tapi. Malang. rupanya jenis tanaman ini sulit dikembangkan pada iklim yang terlalu basah. Bandung (Jawa Barat). pola tanam secara hidroponik dengan menggunakan polybag (semacam pot plastik). Setelah melalui serangkaian riset. dan humus. di Lembang dan Ciwidey. serangan hama bisa diminimalisasi. perusahaan itu sempat dibuat pusing.BAB II PEMBAHASAN ternyata ada ragam pilihan berbisnis yang pantas dijajaki. Begitu juga jika berkebun di lahan terbuka. terutama di kalangan anak-anak dan remaja boleh jadi ini juga memicu produksi sinetron Strawberry yang dibintangi oleh Rachel Maryam. dan strawberry juga dikenal berhasil mengembangkanwisataagro. Tanaman strawberry juga harus memperoleh pasokan nutrisi yang cukup. Dengan cara ini. Tapi. produksinya masih relatif kecil. pupuk kandang. dan rayap. Selain itu. bakteri. Sayang. Sejak memulai usahanya pada tahun 1996. produk ini jadi rentan terhadap hama.

tapi biayanya lebih mahal. Lahan kebun strawberry milik PT Kusuma berada di dua lokasi: dekat Hotel Kusuma Agrowisata seluas dua hektare. Bentuk daunnya rata. pada usia tanam dua bulan. kebun di lahan terbuka akan terganggu oleh gulma yang tumbuh lebih subur. dari tiap pohon bisa menghasilkan tiga buah. yang setiap kilogramnya dijual Rp 40 ribu-Rp 50 ribu. Dari ukurannya.5 ton buah segar. masih ada lagi buah yang berbentuk jelek yang biasa disebut monkey face. Sementara yang 7. Yang penting. biasanya dalam tiap kg berisi 70 buah. Dari lahan seluas itu.7 hektare. Karena bercabang-cabang. dan Rp 13 ribu untuk setiap botol sirop. Siklus produksinya.modal itu akan kembali. yakni di dalam green house. dua varietas ini boleh dibilang lebih produktif. pohon strawberry sudah berbuah. Buah yang bermutu jelek layaknya monkey face tak dibuang percuma.600 pohon strawberry yang tumbuh subur di sana. total biaya yang diperlukan Rp 45 juta. Menurut Teguh.300 meter di atas permukaan laut. buah strawberry dari varietas ini tak bakal bertahan lama. Ada sih tempat berkebun yang paling aman. jika setiap panen menghasilkan 10 kilogram. melainkan diolah menjadi selai dan sirop.600 batang. dan di daerah Junggo seluas 6. Sementara sweet charlie dan tri star memiliki rupa agak mirip: buahnya agak kontet dan berdaun cekung. sedikitnya ada 17. mulai dari yang besar dan warnanya merah penuh. maka pada bulan kedelapan. Kendala lainnya. setiap tahunnya bisa dipetik sekitar 4. buah strawberry bisa diklasifikasikan dalam beberapa tipe. Tapi. hingga ke ukuran kecil berwarna merah kusam. Lumayan. setiap pohon bisa dipanen dua hari sekali. Dari sekali petik. bila proses pengemasannya buruk. Sekitar 10 ribu pohon ditanam di atas polybag pada lahan terbuka. Kini. Di luar itu. kan? .harus mendapatkan cahaya matahari minimum enam jam sehari. Selai seberat 220 gram dijual dengan harga Rp 8. Menurut hitung-hitungannya. selva memiliki buah yang agak gemuk dan bisa tahan lama. Lazimnya.600 batang lainnya ditanam di 2 green house yang ada.000. Yang besar. sedangkan yang kecil berisi 80 buah. untuk green house seluas 300 meter persegi berkapasitas 2. setiap pohon menghasilkan buah 0. lahan ini berketinggian 1. Sebagai contoh.3 kg. Dan masa produktifnya bisa mencapai dua tahun. Tiap tangkai bunga hanya menghasilkan satu buah. Sebagian produksi strawberry PT Kusuma didistribusikan kepada sejumlah swalayan di Surabaya. agar strawberry tumbuh subur dan produktif.

Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari. sedikit mengandung gula juga cocok untuk diet bagi pengidap diabetes. bila dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. 8.Buah strowbery ini memilik banyak manfaat . Kebutuhan vitamin C orang dewasa perharinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). mampu menyusutkan kadar kolestrol. sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. kaya vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak. 11. ampuh melawan encok dan radang sendi. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan). memutihkan atau membersihkan permukaan gigi. 3. meredam gejala stroke. dapat efektif menghentikan serangan diare. 10. 6.diantaranya : 1. mengandung zat anti alergi dan anti radang. 4. 5. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput! 9. 12. membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut. 7. . 2. Kebutuhan serat juga sekaligus bias terpenuhi. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain.

Derajat keasaman tanah (pH tanah) yang ideal untuk budidaya stroberi di kebunadalah 5. pasir dan pupuk kandang (kompos) halus yang bersih (1:1:1). Tanaman stroberi dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan 600-700 mm/tahun. 1) Perbanyakan dengan biji 1.000-1.000-83. Kotak semai ditutup dengan plastik atau kaca bening dan disimpan pada temperature 18-20 derajat C. 2. 2. bagaimana perlakuan pascapanennya . Media tanam bedeng sapih sama dengan media persemaian. seperti apa system pengolahan tanahnya. Adapun kebutuhan bibit per hektar antara 40. PEDOMAN BUDIDAYA Pembibitan Stroberi diperbanyak dengan biji dan bibit vegetatif (anakan dan stolon atau akar sulur).Setelah mengetahui bagaimana menjanjikannya berbisnis strawberry ini .0. sedangkan untuk budidaya di pot adalah 6. Ketinggian Tempat Ketinggian tempat yang memenuhi syarat iklim tersebut adalah 1. Kotak persemaian berupa kotak kayu atau plastik. Kelembaban udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman stroberi antara 8090%. Jika ditanam di kebun. 3. 4. Persemaian disiram setiap hari. Lamanya penyinaran cahaya matahari yang dibutuhkan dalam pertumbuhan adalah 8±10 jam setiap harinya. hal inilah yang perlu kita amati Iklim 1. rendam benih di dalam air selama 15 menit lalu keringanginkan. diisi dengan media berupa campuran tanah. mengandung banyak bahan organik. mudah merembeskan airdan unsur hara selalu tersedia. Benih dibeli dari toko pertanian. Media Tanam 1.4-7. setelah bibit berdaun dua helai siap dipindahtanam ke bedeng sapih dengan jarak antar bibit 2-3 cm.kita diajak berfikir bagaimana cara kita untuk mendapatkan hasil yang baik.5±7. media harus memiliki sifat poros. subur. tanah yang dibutuhkan adalah tanah liat berpasir.03) Jika ditanam dikebun maka kedalaman air tanah yang disyaratkan adalah 50-100 cm dari permukaan tanah.500 meter dpl. 3. Jika ditanam di dalam pot. Bedengan dinaungi dengan . didaerah mana kita dapat bercocok tanam.gembur. Benih disemaikan merata di atas media dan tutup dengan tanah tipis. tata air dan udara baik.350. Stroberi adalah tanaman subtropis yang dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi tropis yang memiliki temperatur 17±20 derajat C. 2.

bibit dipindahkan ke polibag besar ukuran 30 x 20 cm berisi media yang sama. tinggi 30-40 cm. . c. lebar atas 40 cm. Setelah bibit di persemaian berdaun dua atau bibit dari anakan/stolon di polibag kecil (18 x15) siap pindah. 3) Bibit untuk budidaya stroberi di polibag Pembibitan dari benih atau anakan/stolon dilakukan dengan cara yang sama. Keringanginkan selama 15-30 hari. 2) Budidaya di Kebun Dengan Mulsa Plastik. pasir dan pupuk kandang (1:1:1). Bibit anakan Rumpun dibongkar dengan cangkul. 2. Taburkan 20-30 ton/ha pupuk kandang/kompos secara merata di permukaan bedengan/ guludan. Buatlah bedengan: lebar 80 x 120 cm. lahan diolah dengan baik sedalam 30-40 cm. d. Buat bedengan: lebar 80 x 100 cm. jarak antar bedengan 60 cm atau guludan: lebar bawah 60 cm. bibit dipindahkan ke kebun. Setelah tingginya 10 cm dan berdaun rimbun.plastik bening. Selama di dalam bedengan. 2) Bibit vegetatif untuk budidaya stroberi di kebun Tanaman induk yang dipilih harus berumur 1-2 tahun. Di polibag ini bibit dipelihara sampai menghasilkan. Di awal musim hujan. tinggi 30-40 cm. panjang disesuaikan dengan lahan. pasir dan pupuk kandang halis (1:1:1). 50 x 50 cm atau 50 x 40 cm. panjang disesuaikan dengan lahan. Bibit stolon Rumpun yang dipilih telah memiliki akar sulur pertama dan kedua. bibit siap dipindahkan ke kebun. simpan di bedeng persemaian beratap plastik. a. panjang disesuaikan dengan lahan. b. tetapi media tanam berupa campuran gabah padi dan pupuk kandang (2:1). tinggi 30-40 cm. tanaman induk dibagi menjadi beberapa bagian yang sedikitnya mengandung 1 anakan. jarak antar bedengan 60 cm. Kedua akar sulur ini dipotong. Buat lubang tanam dengan jarak 40 x 30 cm. panjang disesuaikan dengan lahan. Di awal musim hujan. Setiap anakan ditanam dalam polibag 18 x 15 cm berisi campuran tanah. b. lahan diolah dengan baik dan keringanginkan 15-30 hari. e. bibit diberi pupuk daun. tinggi 30-40 cm. Setelah berukuran 10 cm dan tanaman telah merumpun. Pengolahan Media Tanam 1) Budidaya di Kebun Tanpa Mulsa Plastik a. Biarkan bedengan/guludan selama 15 hari. f. jarak antar bedengan 40 x 60 cm atau guludan: lebar 40 x 60 cm. Penyiapan bibit anakan dan stolon adalah sebagai berikut: 1. Bibit ditanam di dalam atau polibag 18 x 15 cm berisi campuran tanah. jarak antar guludan 40 x 60 cm. sehat dan produktif.

Untuk tanaman tanpa mulsa. Keringanginkan 15 hari. e. Pupuk diberikan di dalam lubang sejauh 15 cm di kiri-kanan tanaman. biasanya dilakukan bersama pemupukan susulan. Pertanaman tanpa mulsa: Pupuk susulan diberikan 1. Waktu penyiangan tergantung dari pertumbuhan gulma. 4. f. 3) Pengapuran Bila tanah masam. 250 kg SP-36 dan 150 kg/ha KCl). Pasang mulsa plastik hitam atau hitam perak menutupi bedengan/guludan dan kuatkan ujung-ujungnya dengan bantuan bambu berbentuk U. Siram hingga lembab. Siram polybag berisi bibit dan keluarkan bibit bersama media tanamnya dengan hati-hati. Tanaman yang disulam adalah yang mati atau tumbuh abnormal. Teknik Penanaman 1. 40 atau 50 cm.c. 2-4 ton/ha kapur kalsit/dolomit ditebarkan di atas bedengan/guludan lalu dicampur merata. Perempelan/Pemangkasan Tanaman yang terlalu rimbun. . Penyiangan Penyiangan dilakukan pada pertanaman stroberi tanpa ataupun dengan mulsa plastik. 2. kemudian ditutup tanah. 3. Buat lubang di atas plastik seukuran alas kaleng bekas susu kental manis. 250 kg SP-36 dan 100 kg/ha KCl. beri pupuk dasar sebanyak 1/3 dari dosis pupuk anjuran (dosis anjuran 200 kg/ha Urea. Pengapuran dilakukan segera setelah bedengan/guludan selesai dibuat. sehingga jarak tanam menjadi 40 x 30. Tanam satu bibit di lubang tanam dan padatkan tanah di sekitar pangkal batang. Jarak antar lubang dalam barisan 30. Pemeliharaan Tanaman 1. Tanaman stroberi diremajakan setiap 2 tahun. Mulsa yang berada di antara barisan/bedengan dicabut dan dibenamkan ke dalam tanah. Pemupukan a. Penyulaman Penyulaman dilakukan sebelum tanaman berumur 15 hari setelah tanam. Pemberian dengan cara ditabur dalam larikan dangkal di antara barisan. Sirami tanah di sekitar pangkal batang sampai lembab. d. h. Taburkan dan campurkan dengan tanah bedengan/guludan 200 kg urea. Pemangkasan dilakukan teratur terutama membuang daun-daun tua/rusak. g. 3.5-2 bulan setelah tanam sebanyak 2/3 dosis anjuran. terlalu banyak daun harus dipangkas. Buat lubang tanam di atas lubang mulsa tadi. 2. 4. 50 x 50 atau 50 x 40 cm.

Bunga pertama sebaiknya dibuang. Buah berumur 2 minggu sejak pembungaan atau 10 hari setelah awal pembentukan buah. Kulit buah didominasi warna merah: hijau kemerahan hingga kuning kemerahan. Campuran urea.5) sebanyak 5 kg dilarutkan dalam 200 liter air. . Cara Panen Panen dilakukan dengan menggunting bagian tangkai bunga dengan kelopaknya. Jerami atau rumput kering setebal 3±5 cm dihamparkan di permukaan bedengan/guludan dan antara barisan tanaman. b.2 kg/tanaman/tahun. Ciri dan Umur Panen 1. 2. SP-36 dan KCl (1:2:1. Setelah tanaman berumur 4 bulan.8 kg/tanaman/tahun. Setiap tanaman disiram dengan 350-500 cc larutan pupuk. Pengairan dan Penyiraman Sampai tanaman berumur 2 minggu. 5. Pemasangan Mulsa Kering Mulsa kering dipasang seawal mungkin setelah tanam pada bedengan/ guludan yang tidak memakai mulsa plastik. Varitas Pajero: 0. bunga dibiarkan tumbuh menjadi buah. penyiraman dilakukan 2 kali sehari. Varitas Osogrande: 1. b. Setelah itu penyiraman dikurangi berangsur-angsur dengan syarat tanah tidak mengering. Periode pembungaan dan pembuahan dapat berlangsung selama 2 tahun tanpa henti. 3. Buah sudah agak kenyal dan agak empuk. PANEN Tanaman asal stolon dan anakan mulai berbung ketika berumur 2 bulan setelah tanam. Panen dilakukan dua kali seminggu.Pertanaman dengan mulsa: Pupuk susulan ditambahkan jika pertumbuhan kurang baik. 6. Perkiraan Produksi Produktivitas tanaman stroberi tergantung dari varietas dan teknik budidaya: a. Pengairan bisa dengan disiram atau menjanuhi parit antar bedengan dengan air.

(2) bentuk dan warna buah bervariasi. . Penyortiran dan Penggolongan Pisahkan buah yang rusak dari buah yang baik.5 kg dan ditutup dengan plastik lembar polietilen. (2) warna dan kematangan buah seragam.c.7 kg/tanaman/tahun. warna.25-0. Pengemasan dan Penyimpanan Buah dikemas di dalam wadah plastik transparan atau putih kapasitas 0. PASCAPANEN Pengumpulan Buah disimpan dalam suatu wadah dengan hati-hati agar tidak memar. c. (2) sisa seleksi kelas ekstra dan kelas I yang masih dalam keadaan baik.6-0. Penyimpanan dilakukan di rak dalam lemari pendingin 0-1 derajat C. Kelas II: (1) tidak ada batasan ukuran buah. Kelas I: (1) buah berukuran 15-25 mm atau tergantung spesies. Teknik budidaya stroberi dengan naungan UV memberikan hasil 1-1. Kelas Ekstra: (1) buah berukuran 20-30 mm atau tergantung spesies. Terdapat 3 kelas kualitas buah yaitu: a. Varitas Selva: 0. Penyortiran buah berdasarkan pada varietas.25 kg/tanaman/tahun. Cuci buah dengan air mengalir dan tiriskan di atas rak-rak penyimpanan. b. simpan di tempat teduh atau dibawa langsung ke tempat penampungan hasil. Hamparkan buah di atas lantai beralas terpal/plastik. ukuran dan bentuk buah.

2 saran y teman-teman yang tertarik mencoba berbisnis stroberi. y Lamanya penyinaran cahaya matahari yang dibutuhkan dalam pertumbuhan adalah 8±10 jam setiap harinya. .BAB III PENUTUP 3.000-1. y Tanaman stroberi dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan 600-700 mm/tahun. y Stroberi adalah tanaman subtropis yang dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi tropis yang memiliki temperatur 17±20 derajat C.1 Kesimpulan y berbisnis stroberi cukup menjanjikan y stroberi dapat hidup di 1. dapat mewujudkannyadengan mempelajari cara-cara pembudidayaan stroberi. y Kelembaban udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman stroberi antara 80-90%. 3. y Jangan sia-siakan keadaan alam kita yang cocok untuk ditanami stroberi.500 meter dpl.

y y y DAFTAR PUSTAKA http://www.com/node/4051 http://www.majalahtrust.jajanan.php http://teknis-budidaya.com/2007/10/budidaya-strawberry.com/bisnis/peluang/469.html .blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful