Apa Itu Musik Klasik?
musik klasik adalah komposisi musik yang lahir dari budaya Eropa sekitar Abad ke 9. Tetapi musik klasik mulai populer pada abad 16-an

€ 3. Piano(saat sudah ditemukan) dan tiup. Didominasi oleh musik gesek.Harpsichord. Tidak menonjolkan ritme pada melodi dan harmoni . € 2. Tidak menggunakan beat (drum-set) secara konstan.Ciri-Ciri Musik Klasik CIRI-CIRI MUSIK KLASIK € 1.

Musik Klasik Menurut Zamannya Zaman Barok € Zaman Klasik € Zaman Romantik € Apa Perbedaannya? .

sangat pas dengan seni dan perancangan bangunan pada era ini.Zaman Barok Mengapa disebut ³Barok´? "Barok" itu berarti "mutiara yang tidak berbentuk wajar". .

Piano belum ditemukan dan komposisi dikarang untuk Hapschord .Pada Zaman Barok.

Henry Purcell. Tentu yang paling kita kenal yaitu« Johan Pachebell 1652 . JeanPhilippe Rameau.€ Beberapa komposer pada Zaman Barok yang terkenal yaitu Claudio Montoverdi. Bach 1685 .1780 .1706 Johan S.

Zaman Klasik (1750 . Pemakaian Ornamentik dibatasi d. Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut. . Penggunaan Accodr 3 nada. b.1820) € € € € € € Sejarah musik klasik dimukai pada tahun 1750. setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko. Ciri-ciri Zaman musik Klasik: a. Crassendo dan Decrasscendo. Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut). c.

sedangkan simfoni adalah untuk orkestra.Sonata adalah karya musik untuk permainan solo. Pada zaman ini Piano sudah ditemukan € .€ Pada zaman klasik muncul bentuk komposisi musik yang disebut sonata dan simfoni.

. Carl Philipp Emanuel Bach (anak kedua dari Johann Sebastian Bach) Dan yang paling kita kenal yaitu.Komposer Zaman Klasik € € € Berikut beberapa komposer pada Zaman Klasik yaitu Franz Joseph Haydn. Wolfgang Amandeus Mozart 1756 ± 1791 Ludwig Van Beetgoven € € € € .

Zaman Romantik € Walaupun dinamakan era musik romantik.Romantik disini menggambarkan karya-karya dan komposisi musik yang lebih bergairah dan jauh lebih ekspresif daripada era-era sebelumnya. bukan berarti musik di era ini hanya berisi tentang cinta ataupun cinta yang romantik. Pada dasarnya. € . semua musik pada era romantik mempunyai cara baru yang jauh lebih menarik dari sebelumnya. Romantik disini tidak ada hubungannya dengan cinta. karena dapat menggambarkan komposisi musik pada jangka waktu tersebut.

Ciri-Ciri Zaman Romantik € € € kebebasan lebih dalam bentuk musik dan ekspresi emosi serta imajinasi dari komponis. ukuran dari orkestra yang menjadi semakin besar dan bahkan bisa disebut raksasa dibandingkan sebelumnya Hasil karya dari para komponis juga menjadi semakin kaya akan variasi dari mulai lagu hingga karya pendek dengan piano dan diakhiri dengan ending yang sangat spektakuler dan dramatis pada puncaknya. .

1899 € . Frédéric Chopin. € Johan Strauss 1825 .Komposer Zaman Romantik Beberapa komposer zaman romantik: € Franz Schubert.Felix Mendelssohn.. Robert Schumann dan Johannes Brahms dan yang terkenal yaitu.

Beberapa Jenis Musik Klasik Musik Polifoni Era Barok 1600-1750 € Musik Homofoni Era Klasik 1750-1825 € Musik Klasik Era Romantik 1820-1910 € Musik Klasik Modern 1910-sekarang € .

karema disusun seperti matematik Aria Sulla Quarta Corda .Musik Polifoni Era Barok 1600-1750 € € mulailah suara tidak bergerak secara sejajar. Johan Sebastian Bach (1685-1750) adalah salah satu empu musik polifoni dengan teknik kontrapun yang sangat tinggi. maka mulailah dengan arah yang berlawanan.

Musik yang demikian ini disebut Musik Homofoni. selanjutnya berkembang dengan empat suara atau lebih. sehingga kontrapun menjadi variasi melodi yang kontrapuntis. .Musik Homofoni Era Klasik 17501825 € pada Era Klasik (1750-1825) ditemukan susunan akord yang berdasarkan trisuara (triad).

€ Salah satu tokoh pada zaman ini yaitu Wolfgang Amadeus Mozart Turkish March(klasik) ForBaby06 ForBaby01 .

namun ada kemajuan dalam orketrasi lengkap (dengan penemuan alat musik).Musik Klasik Era Romantik 18201910 € Hampir tidak banyak perubahan dalam kontrapun dan harmoni secara fundamental pada Era Romantik (18201910). musik balet. . dan walsa wina.Era ini adalah yang terakhir dan masih dapat diterima dengan pendengaran masyarakat umum.Terutama pada musik opera.

. Johan Strauss The Blue Danube (Waltz) .€ Salah satu tokoh pada zaman ini adalah.

Musik Klasik Modern 1910-sekarang € Musik Modern dengan Musik Atonal dan Politonal telah jauh dari penggemar musik yang menyenangi musik konvensional. karena suara yang disonan dan irama yang tidak teratur membutuhkan konsentrasi dalam mendengar. .

€ Lagu Classic Modern Santorini .

Fungsi Musik Klasik Hiburan € Sarana penunjang pelajar € Dalam perkembangan pendidikan terbaru saat ini. € . musik klasik (denganketukan tertentu yang selaras dengan detak jantung manusia²jadi tidak semuajenis musik klasik) menjadi sarana penting dalam belajar di ruang-ruang kelas.

Disusun Oleh: € € € € € € € Alifa Rizky (1996 ± Sekarang masih hidup) Arum Sari (1996 ± Masih hidup juga) Fadel Ahmad F (1996 ± Tidak ada kabar) Fauzani R (1996 ± Kabur) Hanifah (1996 ± Terakhir terlihat di Cikoneng) Putri Natari (1996 ± Hilang) Yully Marlisa (1996 ± Masih dalam pencarian) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful