P. 1
Ciri-ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri Makhluk Hidup

|Views: 213|Likes:
Published by Isti Yani

More info:

Published by: Isti Yani on Mar 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/05/2014

pdf

text

original

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Bernapas ●Bernapas Yaitu proses mengambil atau menghirup O2 dan mengeluarkan CO2 (karbondioksida), oksigen di dalam tubuh manusia digunakan untuk proses oksidasi, yaitu proses pembakaran makanan oleh oksigen di dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Energi itu berasal dari pembakaran zat makanan yang terjadi di dalam tubuh. Oksigen mempunyai 3 arti yaitu mengambil dan mengeluarkan gas, pertukaran gas antara sel dengan jaringan, reaksi enzim (sitokrom). sebagai berikut : Zat makanan + oksigen —> energi + uap air + karbon dioksida. ● Bergerak

Ada dua macam gerak yaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip. Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tetapi menggerakkan sebagaian tubuhnya. Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 1

C. Makan

makan Semua makhluk hidup memerlukan makan guna untuk memenuhi energi untuk aktivitas sehari-hari dan menggati sel-sel yang rusak dan pertumbuhan serta mengatur proses-proses dalam tubuh. Berbeda dengan makhluk hidup lain tumbuhan hijau dapat menyusun zat makanannya sendiri, yaitu melalui fotosintesis. Dalam prose situ diperlukan bahan seperti air dan karbon dioksida. Air dan karbon dioksida diubah menjadi senyawa karbohidrat di dalam klorofil atau butir-butir hijau daun. Untuk dapat bertahan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan dan air, fungsi makanan: a. Menimbulkan energy (tenaga) b. Pembangun tubuh (pertumbuhan) c. Mengganti sel-sel tubuh yang rusak. D. Berkembang Biak

Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 2

Mengeluarkan Zat sisa Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 3 . Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan adalah. Pada manusia dan hewan sel sperma dihasilkan dari testis sedangkan sel betina dihasilkan oleh ovarium. Setiap kehidupan dimulai dari sel yang mengalami perkembangan sedangkan perkembangan pada manusia dan hewan perkembang dimulai dari sel telur yang dibuahi oleh sel sperma. semakin bertambah pula panjang atau tinggi dan berat badannya. 2. faktor dalam meliputi gen dan hormon sedangkan faktor luar meliputi cahaya. Tumbuh Tumbuh adalah pertambahan ukuran tubuh yang tidak kembali lagi ke ukuran semula. 1.Berkembang biak Perkembangan makhluk hidup dapat dibedakan menjadi dua yaitu generatif (perkembangan secara kawin) dan vegetatif (perkembangan secara tidak kawin). temperatur. kelembaban F. Semakin bertambah umur. yang terdiri dari benang sari (alat kelamin jantan) dan putik sari (alat kelamin betina). Pe rkembang biakan secara tidak kawin (vegetati) perkembangan yang membutuhkan satu individu saja baik tumbuhan dan hewan. tanah. E. Hal itu terjadi karena manusia mengalami pertumbuhan. Sedangkan alat perkembangan biakan tumbuhan adalah bunga. air. Perkembangan secar kawin (generatif) adalah pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. udara.

pada lingkungan air yang bersuhu lebih atau kurang dari suhu tersebut kahidupan ikan akan terganggu. Proses pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh ke lingkungannya dinamakan pengeluaran atau ekskresi. Adaptasi Tumbuhan tropis dapat hidup dengan baik pada suhu lingkungan antara 10-400 tumbuhan di daerah kutub dapat hidup dengan baik pada suhu lingkungan antara 5-150 C.Oksidasi biologi yang berlangsung di dalam tubuh akan menghasilkan energi zat sisa berupa air dan karbon dioksida. Sementara itu. Sedangkan untuk hewan lain seperti cacing ekresi dilakukan oleh nefridium. Setiap metabolisme yang berlangsung dalam tubuh tidak hanya menghasilkan energi melainkan juga menghasilkan zat sisa. zat sisa tesebut harus dikeluarkan. Pada serangga alat pengeluarannya berupa buluh Malpighi. karbondioksida. Oleh karena itu. pengeluaran zat sisa pada tumbuhan adalah melalui stomata. kulit. dan paru-paru. G. Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 4 . Pada vertebrata alat ekskresinya berupa ginjal. ikan dapat hidup dengan baik pada lingkungan air yang bersuhu 10-300 C. Manusia merupakan satu-satunya makhluk di ala mini yang mempunyai akal dan pikiran. Sedangkan zat sisa pada manusia bisa berupa keringat. pori-pori akar dan pori-pori daum. Jumlah zat sisa di dalam tubuh yang terus meningkat akan membahayakan tubuh. protozoa alat ekresinya berupa vakuola dan tumbuhan alat ekresinya pada pori-pori batang. urin.

● Peka terhadap Rangsang Makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya. Inti Sel (Nukleus). rasa atau sentuhan. mengecap rasa dan menyentuh/meraba. Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 5 . Sitoplasma dan Organel Sel. Dengan adanya indra yang peka terhadap rangsang-rangsang tersebut. yaitu: 1. tetapi peka terhadap rangsang. Rangsang dapat berupa cahaya. SEL Sel Hewan Secara anatomis sel dibagi menjadi 3 bagian. 2. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa indra. Tumbuhan tidak mempunyai alat indra. manusia dan hewan mempunyai kemampuan melihat. bunyi. mencium. 3. Indra peka terhadap rangsang. bau. Selaput Plasma (Membran Plasma atau Plasmalemma). mendengar.

Khusus pada sel tumbahan. Retikulum Endoplasma (RE.)Yaitu struktur berbentuk benang-benang yang Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 6 . Dinding sel tersusun dari dua lapis senyawa Selulosa. Fungsi dari selaput plasma ini adalah menyelenggarakan Transportasi zat dari sel yang satu ke sel yang lain. Selaput Plasma (Plasmalemma) Yaitu selaput atau membran sel yang terletak paling luar yang tersusun dari senyawa kimia Lipoprotein (gabungan dari senyawa lemak atau Lipid dan senyawa Protein). 2. sedang bagian yang padat dan memiliki fungsi tertentu digunakan Organel Sel. Penyusun utama dari sitoplasma adalah air (90%). berfungsi sebagai pelarut zatzat kimia serta sebagai media terjadinya reaksi kirnia sel. di antara kedua lapisan selulosa tadi terdapat rongga yang dinamakan Lamel Tengah (Middle Lamel) yang dapat terisi oleh zat-zat penguat seperti Lignin. Pektin. Chitine. Bagian yang cair dalam sel dinamakan Sitoplasma khusus untuk cairan yang berada dalam inti sel dinamakan Nukleoplasma). Selain itu pada dinding sel tumbuhan kadang-kadang terdapat celah yang disebut Noktah. selain mempunyai selaput plasma masih ada satu struktur lagi yang letaknya di luar selaput plasma yang disebut Dinding Sel (Cell Wall). Sitoplasma dan Organel Sel. Suberine dan lain-lain.Organel sel adalah benda-benda solid yang terdapat di dalam sitoplasma dan bersifat hidup(menjalankan fungsi-fungsi kehidupan).1. Organel Sel tersebut antara lain: A.

E. Ribosom (Ergastoplasma). Struktur R.bermuara di inti sel. adalah : sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri. Agranuler (Smooth E. hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.R)• RE. Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 7 .R) Fungsi R. Granuler (Rough E. Dikenal dua jenis RE yaitu :• RE. B.E.

Fungsi dari ribosom adalah : tempat sintesis protein. Miitokondria (The Power House). Ribosom merupakan organel sel terkecil yang tersuspensi di dalam sel. Lisosom. ada yang melekat sepanjang R.E. Struktur berbentuk seperti cerutu ini mempunyai dua lapis membran. E.Lapisan dalamnya berlekuk-lekuk dan dinamakan KristaFungsi mitokondria adalah sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan banyak ATP (energi).Struktur ini hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. D. dan ada pula yang soliter. Badan Golgi (Apparatus Golgi = Diktiosom) Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 8 .Struktur ini berbentuk bulat terdiri dari dua partikel besar dan kecil. C. Fungsi dari organel ini adalah sebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler.

Sentrosom (Sentriol) Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 9 . F.Organel ini dihubungkan dengan fungsi ekskresi sel. dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.

Sentrosom bertindak sebagai benda kutub dalam mitosis dan meiosis. Vakuola (RonggaSel) Vakuola Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 10 .Struktur berbentuk bintang yang berfungsi dalam pembelahan sel (Mitosis maupun Meiosis).

Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 11 . dan sulur. dan stolon. Fungsi dari inti sel adalah : mengatur semua aktivitas (kegiatan) sel. seperti umbi. Benda ini dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa. batang. terdapat pula organ-organ aksesori. Selain itu.Beberapa ahli tidak memasukkan vakuola sebagai organel sel. Inti Sel (Nukleus) Inti sel terdiri dari bagian-bagian yaitu :• Selapue Inti (Karioteka)• Nukleoplasma (Kariolimfa)• Kromatin / Kromosom • Nukleolus(anak inti). karena di dalam inti sel terdapat kromosom yang berisi ADN yang mengatur sintesis protein. daun. bunga. duri. Fungsi Serta Macam/Jenis Sistem Tubuh Manusia Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu. rimpang. seperti trikoma (rambut daun atau batang). dan buah beserta biji. atau organ-organ penyimpanan cadangan makanan/penyintas (survival). 3. Organ tumbuhan mencakup akar. Sistem Organ. ORGAN Definisi/Pengertian Organ.

kulit. Sistem organ hewan • Sistem sirkulasi (kardiovaskular) sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. pankreas.Organ hewan secara umum mencakup jantung. tulang.Ada dua jenis sistem peredaran darah: sistem peredaran darah terbuka. dll. saluran urin. usus. ginjal. otak. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis). uterus. sistem peredaran darah. didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh. Sistem pencernaan hewan Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 12 . mata. hati. yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk. dan sistem peredaran darah tertutup. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme. limpa. lambung. paru-paru.

sedangkan pada hewan-hewan vertebrata sudah memiliki alat pencernaan yang sempurna yang dilakukan secara ekstrasel. pada hewan invertebrata alat pencernaan makanan umumnya masih sederhana. porifera. 2.sapi Struktur alat pencernaan berbeda-beda dalam berbagai jenis hewan. Sistem endokrin tidak memasukkan kelenjar eksokrin seperti kelenjar ludah. kelenjar keringat. dan kelenjar-kelenjar lain dalam saluran gastroinstestin. yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan. dilakukan secara fagositosis dan secara intrasel. Sistem Pencernaan Pada Hewan Invertebrata Sistem pencernaan pada hewan invertebrata umumnya dilakukan secara intrasel. tergantung pada tinggi rendahnya tingkat organisasi sel hewan tersebut serta jenis makanannya. Pencernaan dilakukan dalam alat khusus berupa vakuola makanan. Sistem Pencernaan Pada Hewan vertebrata Organ pencernaan pada hewan vertebrata meliputi saluran pencernaan (tractus digestivus) dan kelenjar pencernaan (glandula digestoria) Sistem endokrin Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain. sel koanosit dan rongga gastrovaskuler. dan Coelenterata. Sistem kekebalan Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 13 . seperti pada protozoa. Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh.

terdapat beberapa perbedaan yang mencolok. penderita dapat merasa tidak nyaman oleh karena efek samping yang dapat ditimbulkan sifat toksik senyawa organik yang dikeluarkan sepanjang proses perlawanan berlangsung.sebelum berkembang menjadi penyakit. dengan tidak dilengkapi oleh antibodi. Sistem integumen Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 14 .Barikade yang kedua adalah kekebalan tiruan. Sistem kekebalan turunan tidak menunjukkan bakat immunological memory. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas. bakteri. sedangkan sistem yang lain merespon nyaris seluruh antigen. maupun yang berkembang biak di luar sel tubuh (ekstraselular) . protozoa dan parasit.(bahasa Inggris: immune system) adalah sistem pertahanan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme. antara lain : sistem kekebalan tiruan tidak dapat terpicu secepat sistem kekebalan turunansistem kekebalan tiruan hanya merespon imunogen tertentu. Kemampuan sistem kekebalan untuk membedakan komponen sel tubuh dari komponen patogen asing akan menopang amanat yang diembannya guna merespon infeksi patogen . Pada proses peradangan. Barikade awal pertahanan terhadap organisme asing adalah jaringan terluar dari tubuh yaitu kulit. sistem kekebalan mempunyai sisi yang kurang menguntungkan. sistem kekebalan tiruan menunjukkan kemampuan untuk "mengingat" imunogen penyebab infeksi dan reaksi yang lebih cepat saat terpapar lagi dengan infeksi yang sama. termasuk virus. Walaupun sistem pada kedua barikade mempunyai fungsi yang sama. yang memiliki banyak sel termasuk makrofaga dan neutrofil yang siap melumat organisme lain pada saat terjadi penetrasi pada permukaan kulit. dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.baik yang berkembang biak di dalam sel tubuh (intraselular) seperti misalnya virus. Meskipun demikian.

Sistem limfatik Sistem limfatik adalah suatu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Manusia sendiri memiliki sekitar 650 jenis otot rangka. sistem otot Sistem otot adalah sistem organ pada hewan dan manusia yang mengizinkan makhluk tersebut bergerak. kuku. Kata ini berasal dari bahasa Latin "integumentum". Otot terbagi menjadi 3. walaupun beberapa otot (seperti otot jantung) dapat bergerak secara otonom. melindungi. bulu. kelenjar keringat dan produknya (keringat atau lendir). yang berarti "penutup". Cairan ini kemudian dikumpulkan oleh sistem limfa melalui proses difusi ke dalam kelenjar limfa dan dikembalikan ke dalam sistem sirkulasi. yaitu: Sistem otot manusia Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 15 . Limfa (bukan limpa) berasal dari plasma darah yang keluar dari sistem kardiovaskular ke dalam jaringan sekitarnya.Sistem integumen adalah sistem organ yang membedakan. rambut. Sistem otot pada vertebrata dikontrol oleh sistem saraf. Sistem ini seringkali merupakan bagian sistem organ yang terbesar yang mencakup kulit. memisahkan. sisik. dan menginformasikan hewan terhadap lingkungan sekitarnya.

Sistem Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 16 . pikiran dan ingatan.Otot Lurik Otot Polos Otot Jantung Sistem saraf Sistem saraf adalah sistem organ pada hewan yang terdiri atas serabut saraf yang tersusun atas sel-sel saraf yang saling terhubung dan esensial untuk persepsi sensoris indrawi.2 Sel Glial 2 Penghantaran rangsang o o • • 3 Referensi Sistem reproduksi Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak. aktivitas motorik volunter dan involunter organ atau jaringan tubuh.1 Neuron 1. yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Daftar isi 1 Struktur 1. Sistem saraf pada vertebrata secara umum dibagi menjadi dua. dan homeostasis berbagai proses fisiologis tubuh. Sistem saraf merupakan jaringan paling rumit dan paling penting karena terdiri dari jutaan sel saraf (neuron) yang saling terhubung dan vital untuk perkembangan bahasa. Satuan kerja utama dalam sistem saraf adalah neuron yang diikat oleh sel-sel glia.

sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara ke dalam paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. yang terbungkus dalam kantong skrotum. Sepasang testis. 1. sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar. Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut. Diafragma menarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot antara tulang rusuk ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. pelepasan telur dari ovarium disebut ovulasi Sistem pernafasan Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Fase inspirasi. 3. Fase ini berupa berkontraksinya otot antartulang rusuk sehingga rongga dada membesar. Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 17 . testis berfungsi sebagai penghasil sperma dan hormon testosteron b. Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup. Pernapasan perut Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Bahkan pohon pun memiliki sistem pernapasan.reproduksi pada suatu organisme berbeda antara jantan dan betina. Sebagai akibatnya. akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk. • • Alat reproduksi pada pria a. Fase ekspirasi. Pernapasan dada Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. akan dilepaskan dari ovarium. 2. Sistem reproduksi pada perempuan berpusat di ovarium. Pada hewan berkaki empat. saluran panjang berkelok-kelok terdapat di dalam skrotum pada wanita ovarium berfungsi menghasilkan ovum dan hormon (estrogen dan progestron) jika sel telur pada ovarium telah masak. Sepasang epididimis.

akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk. 2 bagian sistem kerangka manusia adakah: 1. tendon.1. Sejumlah 206 tulang membentuk sistem kerangka manusia dewasa. Sistem skeletal (rangka) rangka manusia disokong oleh struktur seperti ligamen. Kerangka aksial o Tengkorak o Tulang punggung o Sangkar rusuk 2. tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar. Fase inspirasi. otot. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot diaframa ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. dan organ manusia yang lain. Sebagai akibatnya. sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar. 2. Fase ini berupa berkontraksinya otot diafragma sehingga rongga dada membesar. Tulang diberi nama menurut tempatnya. Fase ekspirasi. Kerangka penyokong o Lengkungan pektoral o Lengkungan pelvis Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 18 .

Bagian leher 12 vertebra torakalis . 6. Orbit o Berfungsi untuk melindungi kedua bola mata.o o Tulang-tulang anggota depan Tulang-tulang anggota Belakang Kerangka aksial Kerangka atau tulang tengkorak ini melindungi kepala dan organ-organ dalam kepala.Bagian punggung 4 vertebra koksigealis .Bagian ujung tulang belakang Bagian-bagian tulang belakang 1. 4. Di antara tulang vertebra. terdapat cakera rawan yang bertindak meredam hentakan (daya) dan mengurangi pergeseran saat bergerak. Kolumna vertebralis berfungsi untuk melindungi medula spinalis yang terletak di bagian tengahnya. Kranium o Berfungsi untuk melindungi otak. Bagian kolumna vertebralis ialah: • • • • • 7 vertebra servikalis .Bagian dada 5 vertebra lumbalis . 2. Rahang bawah (atau mandibula) o Berfungsi menyokong barisan gigi bawah. 3. Tulang-tulang belakang terdiri dari 33 ruas tulang bersendi. Rahang atas (atau maksila) o Berfungsi menyokong barisan gigi atas. o Rahang yang dapat bergerak. Bagian-bagian tengkorak ialah: 1. Foramen magnum o Berfungsi untuk menyambung tengkorak dengan tulang belakang. Tulang hidung o Berfungsi untuk menyokong jaringan hidung yang lembut. Sentrum o Bersifat pejal dan tegar o Memberi sokongan Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 19 .Bagian pinggang 5 vertebra sakrum . 7. Pada setiap ujungnya terbentuk suatu turus yang dapat luntur. Tulang telinga o Berfungsi untuk melindungi bagian dalam telinga. 5. o Mempunyai 8 keping tulang yang berdiri sendiri dan disambungkan melalui ligamentum (sendi tak bergerak). yaitu untuk menguyah makanan dan sebagainya.

3 pasang tulang rusuk terakhir tergantung bebas dan tidak dihubungkan kepada sternum. o Kavitas glenoidalis (bagian tulang belikat) bersendi dengan kepala tulang lengan atas bagian depan. 6. 2. o Bersendi dengan manubrium sterni pada satu ujung dan akromion pada ujung yang lain. o Berfungsi untuk mengalirkan daya dari lengan ke badan manusia. Tulang belikat o Berbentuk sekeping tulang pipih yang berupa segitiga. o Membentuk tonjolan akromion dan korakoid yang merupakan perpanjangan spina skapulae. o Prezigapofisis mengarah ke atas. Cuaran spina o Berfungsi untuk melekatkan otot Cuaran melintang o Berfungsi untuk melekatkan otot o o o 3. Kerangka penyangga bersendi dengan rangka aksial pada bagian bahu dan punggung. 7 pasang tulang rusuk bersendi dengan tulang dada secara berkelanjutan. Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 20 . o Postzigapofisis mengarah ke bawah. 5. Tulang selangka o Berbentuk batang dan melengkung sedikit. 4. Terdiri daripada 2 tulang yaitu: 1. Tulang-tulang yang membentuk sangkar rusuk ialah: • • • • 12 pasang tulang rusuk bersendi dengan vertebra torakalis dan melengkung ke hadapan.o Melawan daya mampatan 2. Arkus Merupakan lengkuk saraf Terletak pada bagian dorsal sentrum Melindungi medula spinalis Foramen vertebrale o Merupakan saluran rongga kosong o Berfungsi sebagai tempat bagi medula spinalis Zigapofisis o Merupakan muka sendi antara 2 vertebra. 3 pasang yang lain dihubungkan secara tidak langsung dengan tulang rawan.

Sistem Saraf 7. dan mengalirkan urin. Pada manusia. dua ureter. Sistem Ekskresi Pada tumbuhan berpembuluh. Sistem Pernapasan 3. Sistem Pencernaan 4. Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Sistem Pada Badan Manusia: 1. Lengkungan ini terbagi atas: • • • Ilium yang bersendi dengan tulang kelangka. Sistem Hormon 8. Sistem Indra 9. dan uretra. organisasi sistem organ biasanya mencakup beberapa sistem organ. sistem ini terdiri dari dua ginjal.Terdiri dari 2 tulang kiri dan kanan yang simetris. Sistem Reproduksi 6. Tulang-tulang pada kedua bagian ini berikatan antara satu sama lain di simfisis pubis pada bahagian ventral. Iskium (atau tulang pelana) Pubis (atau tulang ari-ari) Sistem urin Sistem urin adalah sistem organ yang memproduksi. Sistem Transportasi 2. menyimpan. Sistem Gerak/Rangka 5. dua otot sphincter. • • • • • • • Fotosintesis dan sistem transpor hara Sistem respirotranspirasi Sistem reproduksi Sistem penyanggaan/penguatan Sistem pengaturan pertumbuhan Sistem ekskresi dan akumulasi zat Sistem perlindungan diri Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 21 . Sistem Otot 10. kandung kemih.

Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi (pengelompokan / penggolongan) disebut TAKSONOMI. contoh : lumut Tumbuhan Xerofit. hewan yang memakan tumbuhan. Karena jumlahnya banyak dan beraneka ragam. contoh : tumbuhan 2. 2. Organisme Autotrof. Hewan Omnivora. Perbedaannya dengan Aristoteles adalah. Aristoteles. mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi 2 yaitu tumbuhan dan hewan 2. maka kita akan mengalami kesulitan dalam mengenali dan mempelajari makhluk hidup. hewan yang memakan daging. Hewan Carnivora. hewan yang memakan tumbuhan dan daging. 3. Hewan Herbivora. dataran rendah. Berdasarkan kemampuan membuat makanan. sampai di pegunungan. contoh : hewan dan manusia b. sehingga Carolus Linnaeus disebut sebagai Bapak Taksonomi Tingkatan dalam klasifikasi disebut takson. mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi 2 yaitu Plantae (tumbuhan) dan Animalia (hewan).Klasifikasi Makhluk Hidup Alam semesta terdiri dari komponen biotik dan abiotik. contoh : kaktus c. Berdasarkan makanannya. Mulai dari laut. Takson dari tingkat tertinggi ke terendah adalah : KINGDOM Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 22 . Berdasarkan habitatnya tumbuhan dikelompokkan menjadi : Tumbuhan Hidrofit. tumbuhan yang hidup di air. hewan digolongkan menjadi : 1. contoh : harimau 3. Carolus Linnaeus adalah orang yang pertama kali meletakkan dasar klasifikasi dan membuat sistem penamaan yang disebut Binomial Nomenklatur. tumbuhan yang hidup di tanah lembap. contoh : teratai Tumbuhan Higrofit. contoh : sapi 2. Klasifikasi dapat dilakukan oleh siapapun. tumbuhan yang hidup di tanah kering. Contoh dasar klasifikasi dalam biologi : a. makhluk hidup digolongkan menjadi : 1. 1. organisme yang tidak mampu membuat makanan sendiri. Cara untuk mempermudah kita dalam mengenali dan mempelajari makhluk hidup disebut Sistem Klasifikasi (penggolongan / pengelompokan). Komponen biotik (makhluk hidup)jumlahnya sangat banyak dan sangat beraneka ragam. organisme yang mampu membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Carolus Linnaeus. Organisme Heterotrof. contoh : tikus Klasifikasi makhluk hidup dilakukan oleh : 1. tergantung Dasar Klasifikasi yang digunakan. terdapat makhluk hidup yang jumlahnya banyak dan sangat beraneka ragam. Untuk mempermudah dalam mengenali dan mempelajari makhluk hidup maka kita perlu cara.

perbedaan antar makhluk hidup semakin banyak Dari kingdom menuju spesies. 4. Kingdom Kingdom Kingdom Kingdom Kingdom Monera Protista Fungi Plantae Animalia Tingkatan takson untuk Kingdom Monera adalah KINGDOM DIVISIO CLASSIS ORDO FAMILIA GENUS SPESIES Tingkatan takson untuk Kingdom Protista adalah KINGDOM PHYLLUM CLASSIS ORDO FAMILIA GENUS SPESIES Tingkatan takson untuk Kingdom Fungi adalah KINGDOM DIVISIO CLASSIS ORDO FAMILIA Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 23 . Whittaker. jumlah organisme (makhluk hidup) semakin sedikit Semakin rendah takson. takson semakin tinggi Semakin tinggi takson. Robert H. yaitu 1. mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi 5 kingdom.DIVISIO / PHYLLUM CLASSIS ORDO FAMILIA GENUS SPESIES Dari spesies menuju kingdom. persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit 3. persamaan antar makhluk hidup semakin sedikit Semakin tinggi takson. 3. 5. persamaan antar makhluk hidup semakin banyak Semakin rendah takson. takson semakin rendah Semakin rendah takson. 2. jumlah organisme (makhluk hidup) semakin banyak Semakin tinggi takson.

bakteri pembusuk dalam usus besar Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 24 . Multiseluler Tata Nama Ilmiah : 1.Diplococcus pneumoniae. Uniseluler dan Multiseluler 3. Penulisan secara manual harus diberi garis bawah. huruf depan kata kedua menggunakan huruf bukan kapital 4. Autotrof dan Heterotrof. Kingdom Protista : Eukariot. penyebab penyakit typus . Autotrof dan Heterotrof. Uniseluler dan Multiseluler 4.GENUS SPESIES Tingkatan takson untuk Kingdom Plantae adalah KINGDOM DIVISIO CLASSIS ORDO FAMILIA GENUS SPESIES Tingkatan takson untuk Kingdom Animalia adalah KINGDOM PHYLLUM CLASSIS ORDO FAMILIA GENUS SPESIES Ciri-ciri pada sistem 5 kingdom : 1. Kingdom Fungi : Eukariot. Kingdom Animalia : Eukariot. Heterotrof. Heterotrof.Eschericia coli. Kingdom Plantae : Eukariot. kata kedua menunjukkan spesies 3. Kingdom Monera : Prokariot. kata pertama menunjukkan genus. Multiseluler 5. Autotrof. penulisan dengan komputer harus diberi garis bawah atau cetak miring atau cetak tebal Contoh organisme 1. Menggunakan bahasa ilmiah (Latin) 2. penyebab penyakit radang paru-paru . Terdiri dari 2 kata. Uniseluler dan Multiseluler 2.Salmonella typhosa. Huruf depan kata pertama menggunakan huruf kapital. Kingdom Monera : .

. Kingdom Plantae : Marchantia polymorpha Adiantum cuneatum Gnetum gnemon Oryza sativa Arachis hypogea 5. Kingdom Fungi : Rhizopus sp Penicilium sp Auricularia polytricha Volvariella volvacea 4. Kingdom Animalia : Planaria sp Ascaris lumbricoides Holothuria scabra Bufo americanus Chelonia mydas Macrofus rufus Felis tigris Ciri-ciri Makhluk Hidup Page 25 . Kingdom Protista : Spirogyra sp Fucus sp Diatomae sp Gracilaria sp Amoeba sp Euglena viridis Plasmodium malariae Paramecium sp 3.Oscilatoria sp 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->