P. 1
Lap Klinik Hematokrit

Lap Klinik Hematokrit

|Views: 1,205|Likes:
Published by Cii Nenk Dila

More info:

Published by: Cii Nenk Dila on Mar 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA KLINIK PEMERIKSAAN HEMATOKRIT

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata kuliah Kimia Klinik

DISUSUN OLEH
Kamsi Kris Bagus Ramdan 31108061

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA 2011

Menginterpretasikan hasil pemeriksaan yang diperoleh DASAR TEORI Hematokrit à hema : darah. PEMERIKSAAN HEMATOKRIT Prinsip : eritrosit di dalam darah dipisahkan dengan cara memutarnya supaya eritrosit mengendap.TUJUAN PRAKTIKUM : Setelah melakukan percobaan diharapkan mahasiswa dapat : 1. cepat dan relatif tidak mahal untuk mendeteksi anemia. Makrohematokrit Menggunakan tabung wintrobe dengan darah vena yang setelah dicampur antikoagulan. sedangkan sentrifus mikrohematokrit dapat mencapai kecepatan jauh lebih tinggi maka lamanya pemusingan dapat diperpendek. Nama lain hematokrit PCV (Packed Cell Volume). Untuk memadatkan sel darah merah dengna memakai makrosentrifus memerlukan waktu kira-kria 30 menit. 1. Hematokrit adalah volume eritrosit yang dipisahkan dinyatakan dalam persen. kecepatan sentrifus dan lamanya pemutaran. krinein : memisahkan. sederhana.lalu disentrifus 3000 rpm selama 30 menit Hematokrit (%) = tinggi eritrosit (mm) X 100% total tinggi darah (mm) . dimasukkan pada tabung yang panjangnya 100 mm. Pemeriksaan nilai hematokrit merupakan cara pengukuran yang akurat. Padatnya kolom eritrosit yang didapat dengna memutar darah ditentukan faktor sentrifus. Menyiapkan pasien untuk pemeriksaan Hematokrit 2.

Nilai normal : 50-350/mm3 ..000 rpm (round per minute) selama 3-5 menit. PEMERIKSAAN HITUNG JUMLAH EOSINOFIL A. Metode Von Dungern Prinsip : dengan penambahan larutan von dungern maka darah akan encer dan sel lain selain eosinofil akan lisis.2. Nilai normal : dewasa laki-laki 40-54% dan wanita 37-47%. Reagen von Dungern . aseton. formalin. Reagen Hinkelman’s : yellowish eosin. fenol. akuades. akuades B. eosin. Perbandingan volume plasma dan eritrosit dapat diukur menggunakan reading device. diisi dengan darah lalu disentrifus dengan mikrosentrifuse kecepatan 16. Metode Tatai’s Prinsip : dengan penambahan larutan Hinkelman’s maka darah akan encer dan sel lain selain sel eosinofil akan lisis. Mikrohematokrit Mikrokapiler diameter 1 mm panjang 7 cm.

Sentrifuge mini 2. Tabung kapiler 4. Sabun 5. Tissue B. ALAT 1.ALAT BAHAN A. BAHAN 1. Pen darah 3. Darah PROSEDUR PERCOBAAN 1. . Pada awal percobaan siapkan sampel. Bilik hitung hematokrit 6. dengan cara pengambilan melalui ujung jari.

Masukan tabung kapiler pada alat sentrifuge mini Pada perlakuan ini harus hati-hati dan untuk pemeriksaan pada alat sentrifuge mini ini harus melalui perlakuan seimbang antara arahtabung kapiler 1 dengan lainnya yang akan diperiksa. Mampatkan dengan cara menusukan tabung kapiler pada sabun.2. 4. 5. masukan darah pada tabung kapiler sampai ¾ bagian tabung 3. 6. Lakukan perputaran alat sentrifugr mini selama 5 menit. tekan ujung jari. Hasil dapat lansung dilihat/ diukur pada bilik pemeriksaan hematokrit DATA HASIL PENGAMATAN Alat sentrifuge . Setelah darah keluar.

Nilai hematokrit akan mempengaruhi nilai Hb. Sampel yang kami periksa adalah dengan hasil 43 mg/dl dari hasil perhitungan yang dihitung dengan menggunakan bilik hitung. semakin tinggi nilai hematokrit maka akan berbanding lurus dengan nilai Hb nya. KESIMPULAN . Dari hasil tersebut maka dapat diketahui apakah dalam tubuh kita mempunyai tekanan darah dan akan terlihat hasil tekanan darah apakah tinggi atau rendah. Setelah itu baru akan terlihat volume darah hematokrit. Dan sebaliknya nilai hematokrit rendah maka nilai Hb juga pasti akan kecil. pada percobaan praktikum kali ini dengan pengambilan sampel dari pipit jauhar mahasiswa/mahasiswi tingkat 4 B FARMASI 2008. Nilai darah hematokrit ini diperoleh dengan mengukur darah yang telah disentrifuge kemudian di ukur dengan membandingkan dengan bilik hematokrit. Dan hasil dari pemeriksaan itu akan mempengaruhi nilai Hb juga.Bilik hitung PEMBAHASAN Pada praktikum mata kuliah Kimia Klinik dengan bahasan Pemeriksaan hematokrit .

DAFTAR PUSTAKA www.com.wikipedia. diakses pada tanggal 29 Desember 2011 .com.karena batas normal pada perempuan 37-47 mg/dL.Sampel darah yang kami periksa mempunyai nilai hematokrit 43 mg/dL dinyatakan mempunyai nilai yang lebih rendah.chemistry. diakses pada tanggal 29 Desember 2011 www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->