Akhlak Terpuji Kepada Sesama Manusia

A. Huznuzan
1. Pengertian dan Pentingnya Huznuzan Kata huznuzan berasal dari lafal ‫ ( ج يد‬baik ) dan ‫ ( ت ح يز‬prasangka ). Dengan demikian, huznuzan berarti prasangka, perkiraan, dugaan baik. Dalam kehidupan bermasyarakat, mutlak memerlukan hubungan baik dengan sesama anggota masyarakat. Hubungan baik dengan sesama anggota masyarakat menjadi syarat bagi terwujudnya gotong royong agar dapat memenuhi kebuthan masing-masing pihak . 2. Hukum Huznuzan Terhadap Sesama Manusia Hukum huznuzan kepada Allah dan rasul-Nya adalah wajib. Artinya, setiap muslimin dan muslimat wajib memiliki huznuzan ( prasangka baik ) kepada Allah dan rasul-Nya. Wujud huznuzan kepada Allah dan rasul-Nya, antara lain :  Meyakini dengan sepenuh hati bahwa semua perintah Allah dan rasul-Nya ( perintah agama ) adalah untuk kebaikan manusian sendiri.  Meyakini dengan sepenuh hati bahwa semua larangan agama pasti berakibat buruk ( jika dilanggar ). Adapun hukum huznuzan kepada sesama manusia adalah mubah atau jaiz ( boleh dilakukan ). Huznuzan terhadap sesama manusia berarti menaruh kepercayaan atau mengira bahwa dia telah berbuat suatu kebaikan. Oleh sebab itu, huznuzan berdampak positif, baik bagi pelakunya maupun pihak lain. Sebalikanya,suuzan berate menaruh kecurigaan kepada pihak lain. Oleh sebab itu, suuzan ( kepada siapa pun ) hukumnya haram. 3. Kewajiban Bersikap Hati-Hati terhadap Zan Islam mendidik umatnya agar bersikap hati-hati terhadap zan ( prasangka ). Allah swt. Berfirman sebagai berikut.

Translate : O those who believe, avoid most of suspicion, indeed some suspicion is sinful and do notfind fault with others and do not you wag sebahagian sebahagian others. Sukakah one of you eat the flesh of a dead brother? So you would have disgusted him. And fear Allah.Verily Allah is Oft-Merciful. ( Q.S al- Hujurat/49 : 12 ).

then it was for yourself as well. hubungan persaudaraan dia dengan orang yang dicurigai menjadi jauh. tidaklah berarti keislama orang tersebut. Adapun prasangka yang tergolong perbuatan dosa ialah prasangka buruk ( suuzan ). Ayat di atas secara tegas mewajibkan kita untuk bersikap hati-hati dalam hal zan ( prasangka ). Translate : If you do good. Adapuun perilaku yang mencerminkan sikap huznuzan . 4. Berprasangka buruk berarti mencurigai orang lain telah berbuat tidak baik. Menjauhi prasangaka buruk terhadap siapa pun apabila tidak ada bukti-bukti nyata. antara lain. sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. sesuai firman Allah swt. Jika tidak demikian. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. and if you do evil. Mengembangkan sikap baik dalam kehidupan bertetangga dan bermasyarakat. to tarnish your faces.Artinya : Wahai orang-orang yang beriman. Dan bertakwalah kepada Allah. . Dengan demikian. Sebagai berikut. and they get into the mosque. Bentuk – Bentuk Huznuzan Orang yang mengaku beragama Islam wajib melaksanakan ajaran Islam dalam perilaku kehidupannya sehari-hari. padahal hal itu belum tentu benar. as they entered it the first time (first). 5. Dampak Positif Husnuzan Setiap akhlak terpuji pasti berdampak positif ( terutama bagi pelakunya sendiri ) dan terkadang bagi orang lain. Then comes the final provisions (second). Meyakini dengan sepenuh hati bahwa semua perintah agama untuk kebaikan manusia sendiri ( jika ditaati ). and they destroy what they controlled our other features. then you are doing well for yourself. Orang yang mencurigai seseorang ( telah berbuat buruk ) pasti bersikap kurang bersahabat dengan yang dicurigai. Member kepercayaan kepada sesama manusia tentang suatu urusan dengan kepercayaan bahwa ia dapat melaksanakan tugasnya. Meyakini bahwa semua larangan agama demi kebaikan manusia sendiri ( jika ditaati ). jauhilah kebanyakan dari prasangka.

Dengan sering bertemu. sebagaimana mereka memasukinya pada kali pertama (dahulu). maka kamu berbuat baik bagi diri kamu sendiri. tidak menampakkan kemampuan yang dimiliki. B.(QS. dan mereka masuk ke dalam masjid. Islam memberi tuntunan kepada umatnya untuk memiliki sifat tawaduk. berfirman sebagai berikut : Translate : And lower to them the wing of humility out of mercy and say. sikap itu tidak menurunkan. Maka datang pula ketetapan yang akhir (kedua). 6. Pengertian dan pentingnya Tawaduk Tawaduk berarti rendah hati. Memperkuat hubungan persaudaraan antara keduanya ( yang menduga dan yang diduga ). Tawaduk 1. antara lain: Semakin dekat hubungan batin antara pelaku dan pihak lain yang diduga berbuat kebaikan.AsSyuara’/26:215) . untuk menyuramkan muka-muka kamu. Perintah bersikap Tawaduk Tawaduk sangat penting dalam pergaulan sesama manusia. Allah swt. Adapun dampak positif perilaku huznuzan. bahkan mengangkat martabatnya. maka itu pun untuk diri kamu sendiri juga. Membiasakan Berperilaku Huznuzan Tidak mudah menerima suatu berita yang tidak jelas sumber serta kebenarannya. "My Lord. dan mereka membinasakan apa sahaja yang mereka kuasai."QS. have mercy upon them as they brought me up [when I was] small. Bagi orang yang tawaduk.Artinya : Jika kamu berbuat baik. 2. Lawan kata tawaduk adalah takabur. dapat mengantisipasi munculya gossip yang sering merusak hubungan persaudaraan. Memperoleh kepercayaan dari orang yang menduga dirinya telah berbuat baik.AlIsra/17:24) Translate : And lower your wing to those who follow you of the believers. Berusaha untuk sering bertemu dengan sesama teman atau anggota masyarakat. dan jika kamu berbuat jahat. Orang yang tawaduk aalah orang yang merendahkan diri dalam pergaulan.

Thus We have made pleasing to every community their deeds. Bentuk-bentuk perilaku Tawaduk  Menghormati orang yang lebih tua atau lebih pandai daripada dirinya  Sayang kepada yang lebih muda atau yang lebih rendah kedudukannya  Menghargai pendapat dan pembicaraan orang lain  Besedia mengalah demi kepentingan umum  Santun dalam berbicara kepada siapapun  Tidak suka disanjung orang lain atas kebaikan atau keberhasilan yang dicapai 4.Al-Kafirun/109:6) Translate : And do not insult those they invoke other than Allah . saling menghormati. lest they insult Allah in enmity without knowledge. and He will inform them about what they used to do. Perintah untuk bersikap Tasamuh a. Tasamuh disebut juga toleran. Berusaha untuk mengendalikan diri agar tidak menampakkan kelebihan terhadap orang lain. (QS.(QS. Pengertian Tasamuh Tasamuh adalah sikap tegang rasa. C. tidak meremehkannya.3. and for me is my religion. Melatih diri untuk dapat menghargai kemampuan orang lain. Then to their Lord is their return. Tasamuh 1. saling menghargai sesama manusia. Dampak positif perilaku tawaduk  Menimbulkan rasa simpati pihak lain sehingga suka bergaul dengannya  Akan dihormati secara tulus oleh orang lain  Mempererat hubungan persaudaraan antara dirinya dan orang lain  Mengangkat derajat dirinya sendiri dalam pandangan Allah maupun sesama manusia 5. AlAn’am/6:108) . Membiasakan diri berperilaku tawaduk Menyadari sepenuhnya bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. 2. Allah berfirman sebagai berikut : Translate : For you is your religion.

Pengertian Taawun Taawun adalah tolong-menolong. but do not cooperate in sin and aggression. Membiasakan Diri Bersikap Tasamuh Berusaha untuk menghormati orang lain sebagaimana dirinya ingin dihormati Berusaha untuk menghargai kelebihan orang lain walaupun dirinya sendiri juga memiliki kelebihan Tidak selalu melihat kekurangan orang lain tanpa mengingat kekurangan dirinya D. indeed. Taawun 1. And cooperate in righteousness and piety. then [you may] hunt. dan memberi bantuan kepada seseorang. Bentuk.3. And fear Allah . Dampak Positif Perilaku Tasamuh  Memuaskan batin orang lain karena dapat mengambil hak sebagaimana mestinya  Kepuasan batin yang tercermin dalam raut wajahnya menjadikan semakin eratnya persaudaraan orang lain dengan dirinya  Eratnya hubungan baik dengan orang lain dapat memperlancar terwujudnya kerja sama yang baik dalam kehidupan bermasyarakat  Dapat memperluas kesempatan untuk memperoleh rezeki karena banyak relasi 5. And do not let the hatred of a people for having obstructed you from al-Masjid al-Haram lead you to transgress. Bentuk-bentuk Taawun  Meringankan beban hidup.  Mengunjungi pada saat sakit atau menghadapi musibah . (QS.bentuk Tasamuh dalam Kehidupan  Tidak mengganggu ketenangan tetangga  Tidak melarang tetangga jika ingin menanam di batas kebunnya  Menyukai sesuatu untuk tetangganya. sebagaimana ia suka untuk dirinya sendiri 4. Allah is severe in penalty. Al-Maidah/5:2) 3. menutupi aib. But when you come out of ihram. gotong-royong terhadap sesama manusia 2. Perintah untuk Taawun Translate : O you who have believed. do not violate the rites of Allah or [the sanctity of] the sacred month or [neglect the marking of] the sacrificial animals and garlanding [them] or [violate the safety of] those coming to the Sacred House seeking bounty from their Lord and [His] approval.

4. Membiasakan Diri Taawun dalam Kehidupan Menyadari bahwa kondisi manusia lemah. Dampak Positif Taawun  Terpenuhinya kebutuhan hidup berkat kebersamaan  Memperingan tugas berat karena dilakukan secara bersama-sama  Terwujudnya persatuan dan kesatuan sesama anggota masyarakat 5. tak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa bantuan pihak lain Membiasakan diri rela berkorban sesuai kemampuannya untuk kepentingan bersama Mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan dirinya semdiri dalam keluarga Alma Dea Calista Aufa Rahmawati Kurdi Putri Ifadhatul Hasanah Nabila Kusuma Wardani 8F .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful