Ada apa dengan kajian?

KEPINGAN PUZZLE YANG HILANG
OLEH: DWI CONDRO TRIONO,Ph.D

ALLAH SWT BERFIRMAN:
ِ ُ َْْ ِ ‫كنتم خ ٌْر أُمة أُخرجت لِلناس تأْمرونَ بالمعروف‬ ُ ُ َ ِ َّ ْ َ ِ ْ ٍ َّ َ َ ْ ُ ُ ُ ِ ُْ َ ِ َ ُ ْ ِ َ ‫وت ْنهونَ عن المنكر وتؤمنونَ باّلل‬ ِّ ِ َْ َ َ
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah”. (QS. Ali Imran: 110)

APAKAH UMMAT ISLAM SEKARANG MENJADI UMMAT YANG TERBAIK? UMMAT ISLAM SEKARANG MENJADI UMMAT YANG TERPURUK DALAM SEMUA ASPEK KEHIDUPAN .

MENGAPA UMMAT ISLAM SEKARANG MENGALAMI KEMUNDURAN? MARILAH KITA MENGKAJINYA SECARA LEBIH MENDALAM .

ALLAH SWT BERFIRMAN: ُ ِ َُْ َ ْ َ َ َ َ َ َ ٍ َِْ ُ ْ َ َ ِ َِ ْ ِ َِْ ُ ‫أَفتؤمنونَ ببعض الكتاب وتكفُرونَ ببعض فما جزاء من ٌفعل‬ َ ‫ذلِك مِنكم إِالَّ خِزي فًِ الحٌاة الد ْنٌا وٌوم القٌِامة ٌردُّونَ إِلى‬ َ ُ ِ َ َ ْ َ ْ َ َ َ ُّ ِ َ َ ْ ٌ ْ ُْ َ َ ﴾٨٥﴿ َ‫أَشدِّ العذاب وما ّللاُ بغافِل عما تعملُون‬ َ ْ َ َّ َ ٍ َ ِ ّ َ َ ِ َ َ ْ َ “Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu. melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat” (QS. dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Al Baqarah: 85) .

4. Sistem pemerintahan Sistem ekonomi Sistem sosial Sistem pidana Politik pendidikan Politik luar negeri .BAGAIMANA CARA MENGETAHUINYA? DIMENSI I Hubungan manusia dengan Allah: DIMENSI III Hubungan manusia dengan manusia lain: 1. Makanan Minuman Pakaian Akhlaq 1. Aqoid 2. 2. 6. 3. 4. 3. 5. 2. Ibadah Hubungan manusia dengan dirinya: DIMENSI II 1.

DIMENSI I – Sudah diamalkan oleh ummat Islam. – Walaupun sebagian besar masih meninggalkan. DIMENSI III – TIDAK DAPAT diamalkan oleh ummat Islam! – Bukan karena tidak mau mengamalkan. 3.SUDAHKAH DIAMALKAN SELURUHNYA? 1. DIMENSI II – Sudah diamalkan oleh ummat Islam. – Walaupun sebagian besar masih meninggalkan. – Mengapa? . 2.

Al-Baqarah: 183) ‫َيا أ َُّيها الَّذين آمنوا كتب علَ ْيكم‬ ُُ َ َ ُِ َُ َ ِ َ َْ ‫القِصاصُ فِي الق ْتلَى‬ َ ْ “Hai orang-orang yang beriman. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 178) . diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh” (QS.BAGAIMANA CARA MENGAMALKAN AYAT INI? ‫َيا أ َُّيها الَّذين آمنوا كتب عل ْيكم الص َيام كما‬ َ َ ُ ِّ ُ ُ َ َ َ ِ ُ ُ َ َ ِ َ ََ َ ُِ ‫كتب على الَّذين منْ ق ْبلِكم لعلَّكم َتتقُون‬ َ َّ ْ ُ َ َ ْ ُ َ ِ َ ِ “Hai orang-orang yang beriman.

Al-Maidah: 48) BAGAIMANA JIKA NEGARANYA TIDAK MAU MENGAMALKAN? . dan ulil amri di antara kamu” (QS.PENGAMALAN DIMENSI 3 MEMERLUKAN SEBUAH NEGARA َُ َ ِ َ ‫َيا أ َُّيها الَّذين آمنوا أَطيعُوا َّللا‬ ِ َ َّ ‫وأَطيعُوا الرَّ سُول وأُولِي األمْ ر م ْنكم‬ ِ َ َ َ ُْ ِ ِ “Hai orang-orang yang beriman. taatilah Allah dan taatilah Rasul (nya). An-Nisa’: 59). َّ َ َّ َ َ َ ِ ْ ُ ْ ُ َ ْ‫فاحْ كم َب ْي َنهم بما أَ ْنزل َّللا ُ وال َتتبع‬ ِ ِّ َ ْ َ ِ َ َ َ َ ْ ُ َ َ ‫أَهْ واءهم عمَّا جاءك من الحق‬ “Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu” (QS.

AKAN MUNCUL “DOSA INVESTASI” MAKHLUK APA ITU? .

kemudian jenazahnya tidak diurus. siapakah yang berdosa?  Seluruh ummat Islam berdosa!  Mengapa?  Insya Allah ummat Islam sudah faham. .APAKAH “DOSA INVESTASI” ITU? • Jika ada orang yang meninggal.

An Nuur: 2…! .• Jika ada orang yang berzina. siapakah yang berdosa?  Seluruh ummat Islam berdosa!  Mengapa?  Silakan baca: QS.

َ ِ َ ُ ِ ٍ ِ َ َّ ُ ُ َ ِ َّ َ ُ ِ َّ ‫الزان َية والزاني فاجْ لِدوا كل واحد م ْنهما ما َئة‬ ْ‫ج ْلدَ ة وال َتأْخذكم بهما ر ْأفة في دين َّللا إِن‬ ِ َّ ِ ِ ِ ٌ َ َ َ ِ ِ ْ ُ ْ ُ َ ٍ َ ْ َ ِ َّ ِ َ ُ ِ ُ ْ ُ ُ َْ ْ َ ِ ِ ‫ك ْنتم ت ْؤمنون باَّلل وال َي ْوم اآلخر و ْل َيشهد‬ ِ ‫عذا َبهما طائفة من المُؤمنين‬ َ ِِ ْ ْ َ ِ ٌ َِ َ َ ُ َ َ “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina. Maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera. dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah. dan hari akhirat. dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman” (QS. An Nuur: 2) . jika kamu beriman kepada Allah.

siapakah yang berdosa?  Seluruh ummat Islam berdosa!  Mengapa?  Silakan baca: Al Baqarah: 178. .• Jika ada orang yang membunuh.

diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh.‫َيا أ َُّيها الَّذين آمنوا كتب عل ْيكم‬ ُُ ََ َ ُِ َُ َ ِ َ َ َْ ِ ‫القصاصُ في الق ْتلى‬ َ ِْ “Hai orang-orang yang beriman. Al Baqarah: 178) .” (QS.

siapakah yang berdosa?  Seluruh ummat Islam berdosa!  Mengapa?  Silakan baca: Al Maidah: 38.• Jika ada orang yang mencuri. .

potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah.َ َ َُ َِ ‫والسارق والسارقة فاقطعوا أَ ٌْدٌهما جزاء‬ ُ َ ْ َ ُ َ ِ َّ َ ُ ِ َّ َ ٌ ِ َ َّ َ ِ َّ ِ ََ ََ َ َِ ‫بما كسبا نكاال منَ ّللا وّللاُ عزٌز حكٌِم‬ ٌ َ “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri. dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. Al Maidah: 38) .

siapakah yang berdosa?  Seluruh ummat Islam berdosa!  Mengapa?  Silakan baca: At Taubah: 29 & 39 .• Jika banyak orang yang kafir.

sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk” (QS. dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah).ْ ِ َ ِ َّ ِ َ ُ ِ ْ ‫قاتلُوا الَّذين ال يُؤمنون باَّلل وال بال َي ْوم اآلخر‬ ِ ِ َ َ ِ ِ ِ ‫وال يُحرِّ مُون ما حرَّ م َّللاُ ورسُولُه وال‬ َ ُ َ َ َّ َ َ َ َ َ َ ‫َيدينون دين الحق من الَّذين أُوتوا الك َتاب‬ َ ِ ْ ُ َ ِ َ ِ ِّ َ ْ َ ِ َ ُ ِ َّ َ ‫حتى يُعْ طوا الجز َية عنْ َيد وهم صاغرُون‬ َ ِ َ ُْ َ ٍ َ َ ِْ ْ ُ “Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari Kemudian. At Taubah: 29) . (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka.

niscaya Allah menyiksa kamu dengan siksa yang pedih” (QS.َ َ ْ ُ ِّ َ ً ‫إِال َت ْنفرُوا يُعذ ْبكم عذا ًبا أَلِيما‬ ِ “Jika kamu tidak berangkat untuk berperang. At Taubah: 39) .

siapakah yang berdosa?  Seluruh ummat Islam berdosa!  Mengapa?  Silakan baca: AlMaidah: 48 & 44 .• Jika ummat Islam di dunia ini tidak diatur dengan hukum Islam.

Maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir” (QS.ْ‫فاحْ كم َب ْي َنهم بما أَ ْنزل َّللاُ وال َتتبع‬ ِ َّ َ َّ َ َ َ ِ ْ ُ ْ ُ َ ِّ َ ْ َ ِ َ َ َ َ ْ ُ َ َ ‫أَهْ واءهم عمَّا جاءك من الحق‬ “Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu” (QS. Al-Maidah: 48) ‫ومنْ لم َيحْ كم بما أَ ْنزل َّللاُ فأُولئك‬ َ ِ َ َ َّ َ َ َ ِ ْ ُ ْ َ َ َ ‫هم الكافرُون‬ َ ِ َْ ُُ “Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah. Al-Maidah:44) .

setiap hari ada berapa kasus pembunuhan? Berapa dalam sebulan? Dalam setahun? • Di Indonesia.HITUNGLAH DOSA “INVESTASI” KITA… • Di Indonesia. setiap hari ada berapa kasus pemerkosaan…? Kasus perzinaan? • Berapa kasus pencurian? Pemurtadan? Pembantaian atas ummat Islam di dunia…? • Berapa banyak ummat Islam di dunia ini yang tidak diatur dengan hukum Islam…? • Dan seterusnya… .

DOSA INVESTASI ADALAH… • DOSA YANG BERASAL DARI FARDHU KIFAYAH YANG TIDAK DIAMALKAN… • PADAHAL FARDHU KIFAYAH MENCAKUP 90% DARI SYARI’AT ISLAM… • SEDANGKAN FARDHU ‘AIN HANYA 10%-NYA… .

APAKAH FARDLU KIFAYAH BISA DIHAPUSKAN? • TIDAK BISA…! • KECUALI KEWAJIBAN ITU SUDAH DIAMALKAN…! .

BAGAIMANA JIKA DIAMALKAN OLEH INDIVIDU ATAU KELOMPOK…? • TIDAK BISA…! • HUKUMNYA HARAM…! • HANYA NEGARA YANG WAJIB MELAKSAKANNYA…! • LANTAS BAGAIMANA…? • APAKAH ADA CARA UNTUK MENGGUGURKAN “DOSA INVESTASI”…? .

CARA MENGGUGURKAN “DOSA INVESTASI” ّ ْ ْ ‫رفع عنْ أمّتى الخطأ والنسيان ومااسْ تكرهوا عليه‬ “Telah diangkat dosa atas ummatku dari kesalahan (ketidaksengajaan). lupa dan keterpaksaan atas mereka” .

“DOSA INVESTASI” HANYA AKAN DITULISKAN KEPADA… UMMAT ISLAM YANG HANYA DIAM… TIDAK MAU BERUSAHA… .

Berarti wajib ada “amalan” yang sungguh-sungguh… Hingga sampai kepada kategori “terpaksa”… Apakah “amalan” itu…? Amalan itu tidak lain adalah… AMALAN DAKWAH…! .

AMALAN DAKWAH APA…? AMALAN DAKWAH YANG BISA MEMBUAT SELURUH SYARI’AT ISLAM DAPAT DIAMALKAN… YAITU DENGAN MENEGAKKAN KHILAFAH… WASSALAAMU’ALAIKUM… .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful