P. 1
mesir kuno

mesir kuno

|Views: 589|Likes:
Published by marshafira

More info:

Published by: marshafira on Mar 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2013

pdf

text

original

SEJARAH MODE Sejarah mode memberi kesempatan pada kita untuk mengetahui wujud busana manusia dari masa

ke masa. Banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila memahami pengetahuan ini. Karena sejarah mode merupakan sumber inspirasi yang tak kunjung kering apabila kita memerlukan ide baru bagi perkembangan kreatifitas. Pengetahuan tata busana dari berbagai periode kebudayaan umat masnusia sangat diperlukan bagi seseorang yang menekuni bidang piñata busana di dunia teter, film atau tv. Disamping itu pengetahuan sejarah mode setidak tidaknya akan memperluas wawasan dan memungkinkan kita memproyeksikan diri dalam alur sejarah masa kini dan masa depan. Memahami wujud busana masyarakat tertentu berarti memahami pula kebudayaan masyarakat itu dan mengerti berbagai aspek keberadaannya. Sebagai awal kita akan mengenal tata busana di Dunia Kuno, adalah peradaban yang terjadi disekitar Mediterranea pada masa sebelum Masehi Pada dasarnya pakaian tidaklah hanya merupakan alat pelindung terhadap keadaan cuaca semata mata. Suku bangsa primitive ada kalanya mengenakan pakaian tebal panas di Katulistiwa dan kadang-kadang hamper telanjang didaerah kutub. Ini sebagian dikarenakan adanya keinginan merias diri yang lebih kuat dibandingkan penyesuaian dengan keadaan sekitar. Kiranya sedikit sifat ini tidak hanya ada dimasa purba tetapi hingga masa kini pun sikap itu masih terpelihara disebagian umat manusia. Perbedaan berbusana antara suku bangsa di pegunungan, kaum nomadan, penghuni padang pasir, goa, petani dan orang kota terlihat jelas. Sedangkan pada golongan berkedudukan tinggi, kaum ningrat dan aristocrat unsure-unsur simbolis kedudukan mereka sangat ditonjolkan. Bangsa-bangsa kuno pada mulanya hanya mengenakan kain cawet, kadang-kadang dilengkapi dengan selendang. Tutup kepala dan alas kaki, hamper tak dipakai. Busana zaman kuno yang sangat berpengaruh adalah busana yang berasal dari suku bangsa yang memiliki kebudayaaan sendiri seperti bangsa Mesir Kuno dan Bangsa Babylonia. Kedua bangsa ini memiliki bentuk dasar busana yang sama yaitu bentuk dasar kemeja. Bangsa Mesir Kuno menghias bentuk dasar ini dengan mempergunakan kain itu sendiri, yaitu dengan cara pemberian lipit-lipit ( pleats, plissee ). Bangsa Babylonia dengan menambah potongan-potongan strook yang berumbai-rumbai. Bentuk kostum dari masing-masing suku bangsa zaman kuno ini saling berbeda tapi sepintas tak terlihat perbedaannya. Potongan-potongan kain besar atau lebarnya tergantung yang dihasilkan oleh alat tenun pada masa itu diterima sebagai bentuk dasar kostum untuk kemudian dilipat, dililit, dilingkarkan atau disusun pada badan dalam aneka perbandingan panjang atau lebar kain itu sendiri. Akan jelas bahwa dengan demikian busana zaman kuno dapat dibagi dalam tiga kelompok, yaitu :

1. Rok – rok lipit ( sarung ) 2. Bentuk dasar kemeja - tunika - kaftan Tunika dan kaftan hingga kini masih dikenakan oleh bangsa-bangsa di Afrika Utara dan Timur Tengah. 1. Deraperi. Sepotong kain disusun pada bahan, acapkali sebagai tambahan. ( ingat : sari pada busana khas India ) Busana deraperi memberi aksen pada gerakan badan hingga merupakan pakaian paling plastis dari Dunia Kuno. Dalam dunia kuno bentuk celana hamper tidak digunakan. Sesekali bentuk ini dijumpai sebagai pakaian rasionil pada suku bangsa- suku bangsa pegunungan atau pada suku bangsa-suku bangsa penunggang kuda. MESIR KUNO Salah satu pusat peninggalan kebudayaan yang tertua didunia terdapat di daerah lembah sungai Nil di Mesir semasa 4000 tahun SM. Ditemukan oleh Pasukan Napoleon dari Perancis yang menyerbu dan menduduki daerah subur sungai Nil pada tahun 1797. Seorang Ilmuwan Perancis yang bernama CHAMPOLLION berhasil membaca batu bertulis Rosetta ( nama desa ) yang kemudian huruf-huruf atau aksara-aksara yang terdapat di Mesir Kuno kemudian dikenal sebagai HYROGLYPH. Sejak sekitar tahun1800 itulah segenap sejarah Mesir dari masa 4000 tahun sebelum Masehi terungkap. Mesir juga disebut sebagai Negeri Hadiah Sungai Nil karena kesuburannya. Dengan singkat, periode-periode pra sejarah Mesir adalah : 1. Periode pra sejarah dan sejarah awal hingga 3000 SM 2. Periode Kerajaan Kuno 3000–2000 SM 3. Periode Kerajaan Pertengahan 2100–1800 SM 4. Periode Kerajaan Baru 1580–1085 SM 5. Periode Penjajahan Asing 1085 – 395 SM - Periode Saitis 663 – 525 SM - Periode Ptolomeus 332 – 30 SM - Periode Romawi 30 – 395 M 6. Periode Kristen Awal, masa perkembangan kebudayaan Koptik 395 – 640 SM 7. Islam.

Awal keruntuhan Kerajaan Mesir Kuno adalah pada masa Penjajahan Asing, namun hingga sekarang, hampir 30 abad kemudian sejarah Kerajaan Mesir Kuno tetap menjadi misteri yang belum terungkap dengan tuntas. Dan manusia-manusia di abad modern, belum berhenti untuk mencoba mengungkap. BUSANA DAN PERLENGKAPAN BUSANA MASYARAKAT MESIR KUNO Zaman Mesir Kuno dapat dikatakan zaman emas karena pada masa itu telah mengenal emas dan tersedia sangat berlimpah. Kaum ningrat bias meletakkan emas dimana saja sehingga logam mulia itu seakan-akan tidak bernilai bagi mereka. Busana yang dipakai pada masa itu masih dalam bentuk yang sangat sederhana berupa busana dalam bentuk kemeja tanpa krag dinamakan KALASIRIS. Dalam periode kerajaaan kunoKalasirirs berlengan setali ini sangat pendek dan ketat, sedangkan dalam periode kerajaan baru kalasiris dibuat panjan dan lebar serta diberi lipitlipit yang merupakan unsure dekoratif yang sangat dominant pada tata busana bangsa Mesir kuno. Pelengkap Kalasiris : berbagai sarung pendek dan aneka krag. Yang dibuat dari berbagai macam bahan. Sepeti Linen yang dikanji sangat kaku agar mudah dibentuk, ini biasa digunakan oleh rakyat biasa. Ada juga dibuat dari kulit atau logam mulia, ini biasa digunakan oleh kaum ningrat dan tokoh-tokoh penting lainnya. Pada kragnya juga acapkali ditambahkan hiasan dari permata yang disusun dalam susunan geometris. Sedangkan sarung pendek atau disebut SCHENTI juga memberikan efek dekoratif pada kalasiris. Yang juga terkadang dibuat dari kulit berlapis emas. Asesoris lainnya ada selendang yang disebut STOLA yang disusun sebagai draperi pada bahu. Dikenakan juga semacam rompi panjang yang dibuat dari susunan jalinan dan ronce manik-manik. Untuk Firaun, kalasiris yang berlipit-lipit dibuat dari kain emas agar memberi kesan kedewaan. Untuk Pendeta dan Firaun memakai tutup kepala dari kain yang dilipat menjadi segitiga. Tutup kepala ini disebut KLAFT. Aneka mahkota yang terdapat di Mesir: Mahkota Pschent -: Mahkota ganda terdiri dari Mahkota Merah dan Mahkota Putih warna pada mahkota ini9 menunjukkan daerah kekuasaan pada masa itu. Untuk warna merah meliputi Mesir Bawah dan warna putih meliputi daerah Mesir Hulu. Mahkota CHEPERESH : Mahkota pada masa kerajaan baru ini berbentuk lebih tinggi dari Pschent. Selalu dihias dengan Ular Ureus yang menghadap kedepan, sebagai kepercayan agar terlindungi dari gigitan ular. Untuk Ratu selalu memakai hiasan burung Elang diatas kepala dengan sayap burung yang putih disisi kepala. Selain itu ada juga Mahkota Hemhemet, Mahkota Perang, Mahkota Isis.

Raja Mesir Kuno juga melengkapi penampilannya dengan menggunakan janggut palsu. Janggut palsu ini dibuat dari serat wol atau jalinan rambut, diikat dengan pita kebelakang. Juga ada gelang-gelang lebar dengan hiasan motif berupa symbol-simbol khas Mesir kuno seperti Ular Ureus, Papyrus, burung elang, matahari bersayap dan lain sebagainya. Pengaruh Kebudayaan Mesir Kuno ini merupakan sumber ide atau inspirasi yang tak pernah habis terhadap dunia mode. Masa Mesir Kuno ditahun 20an merupakan sumbangan besar kepada gaya tahun 20an sampai dengan tahun 40an yang kemudian dikenal sebagai Gaya ART DECO.

Mengungkap Pakaian Manusia Kuno - Mesir Kuno, Romawi, Celtic, dll.

Halo sobat Alien, sekarang kita akan pergi kejaman Mesir Kuno dan Romawi serta kerajaan lain untuk mengetahui apa yang digunakan masyarakat dijaman itu untuk melindungi diri mereka. Apakah anda sudah siap ? mari kita nyalakan mesin waktu untuk menjelajah dijaman tersebut. Jangan lupa kencangkan sabuk pengaman ya…he..he…

Seperti yang kita ketahui bersama, manusia pertama menggunakan pakaian yang terbuat dari kulit pohon dan kulit binatang untuk melindungi diri mereka dari suhu udara, dengan kata lain mereka mengunakan pakaian agar tetap hangat. Tanda tertua dari adanya pakaian yang terbuat dari kulit tumbuhan (seratnya) adalah penemuan selembar kain tenun di tanah liat Pavlov, Cekoslowakia yang berusia 26.000 tahun. Sebagian besar pengetahuan kita tentang pakaian kuno berasaldari pot bunga, patung, dan lukisan dinding. Meskipun warna dari lukisan tersebut hampir selalu pudar, tetapi kita tahu bahwa pakaian kuno juga berwarna-warni dari lukisan seperti yang ada di kota Pompeii, yang tetap utuh karena terlindungi debu vulkanik.

Jika di Pavlov ditemukan pakaian tertua didunia yang hanya berupa fosil, tidak begitu dengan pakaian yang ditemukan di Mesir, tepatnya di makam para raja Mesir. Pakaian yang ditemukan ditempat ini masih utuh dan masih dapat dipakai walaupun usianya 5000 tahun. Pakaian ini berwarna nila tua, dengan demikian dapat kita simpulkan bangsa Mesir Kuno telah mengenal bahan celup berwarna nila tua yang didapatkan dari tumbuhan indigo. Dilain pakaian ditemukan pakaian dengan bahan pewarna Ungu Tyrian.

Ungu Tyrian adalah bahan celup ungu yang sangat berharga dijaman kuno. Warna ini berasal dari daerah Tyre (Lebanon) dan terbuat dari purpuna dan siput Murex. Masyarakat seperti bangsa Mesir selalu memakai sandal sederhana atau sepatu yang terbuat dari lontar atau kulit. Namun penulis sandiwara bangsa Yunani, Aeschylus, konon telah menciptakan sepatu bersol dengan hak setinggi 8 cm. Bangsa Mesir memiliki kebiasaan memakai pakaian yang terbuat dari linen putih. Pada awalnya, para pria memakai sebuah rok pendek, namun akhirnya mereka memakai rok panjang yang dililitkan di pinggang. Sedangkan wanitanya memakai baju berbentuk sarung. Setelah kurang lebih 1500 SM, baik pria maupun wanita memakai jubah longgar.

Dari tadi kita sudah bicara masalah pakaian bangsa Mesir Kuno, bosan sekali ya. Baiklah kalau begitu kita tekan tombol ketahun 3500 SM, tepatnya kejaman bangsa Minoan. Kaum wanita bangsa ini, mengenakan baju dengan pinggang ketat yang tidak lazim untuk jaman kuno. Dada mereka juga dibiarkan terbuka. Kalau kita pikir-pikir, bangsa Minoan adalah bangsa yang gaul ya…Kaya gue gitoh… soalnya pakaiannya hampir sama kaya masyarakat jaman kita.

Kita alihkan pembicraan kita ke Bangsa Roma ya...

Rakyat bangsa Roma memakai jubah yang tidak diwarnai yang disebut stola (untuk wanita) dan tunica (untuk pria). Pinggiran pakaian yang berwarna menunjukan status khusus. Saat bertugas, para pejabat memakai toga dengan pinggiran berwarna ungu yang disebut toga praetexta. Para jendral Roma mulamula memakai toga yang dicelup ke dalam ungu tyrian. Sejak jaman Augustus, hanya kaisar saja yang memakai toga ungu. Sebenarnya pakaian bangsa Roma mirip dengan pakaian bangsa Yunani. Penduduk bangsa Roma diperbolehkan untuk memakai baju yang dikerut yang disebut toga (seperti yang sudah saya jelaskan diatas) diatas jubah mereka.

Kita alihkan lagi mesin waktu kita yuk…sekarang kita tiba di jaman Bangsa Celtic, tepatnya di daerah eropa utara. Bangsa ini menggunakan pakaian hangat yang terbuat dari kain wol dan kulit yang dicelup. Para wanitanya memakai baju tebal dan tutup kepala. Para prianya memakai jubah panjang, celana ketat dan sebuah mantel. Kalau sobat alien melihat pakaian di film-film legenda kerajaan Inggris, begitulah bentuk pakaian Celtic.

Kini saatnya kita menuju ke jaman para dewa. Yap benar, sekarang kita berada di jaman Yunani Kuno. Pakaian bangsa Yunani Kuno sangat sederhana – pada dasarnya hanya memakai selembar kain linen

he). dapat dibagi menjadi dua tipe bentuk utama. Busana adalah barang mewah pada saat itu. Aku matikan dulu ya mesin waktu kita…sudah selesai. '10 2:29 AM for everyone Pakaian adalah hal yang wajib kita punya di dunia modern ini. Mesir Kuno Pakaian bukan suatu kebutuhan praktis di Mesir Kuno. Pakaian dapat menunjukkan jati diri dan Kepribadian pemakainya. atau dijahit menjadi bentuk geometris. Pertama adalah yang terbuat dari potongan-potongan kain yang dijahit bersama-sama. untuk sobat alien jangan lupa untuk komen ke artikelku ini ya.Mesir (dan sebagian besar daerah di Afrika Utara) dulunya bukanlah daerah gurun. dikempa atau rajut) dibiarkan apa adanya. Nanti aku komen ke artikel kalian balik deh…mohon maaf bila ada salah kata ya…dan jangan bosan-bosan berkunjung ke dunia Alien dan UFO di Indonesia lho… wassalam. Kedua adalah hasil dari produksi tekstil. Sering dengan kompleksitas besar. banyak mata air dan iklimnya hangat serta lembab. Mereka juga memakai mantel panjang yang disebut himation. Sebaliknya di sana merupakannegara yang subur tanahnya. tapi melihat sejarah pakaian tempo dulu juga tak kalah menyenangkan. Oh ya. dalam banyak budaya. menggunakan tekstil (tenun. Ia tidak memiliki nilai praktis yang . sekarang sobat alien sudah tahu kan. apa-apa saja yang dipakai oleh para pendahulu kita. baju atau mantel. dibuat dari kain persegi. Membicarakan mode pakaian yang trend saat ini sangat mengasyikan. baik kuno maupun modern. Khusus untuk pemudanya memakai mantel pendek yang disebut chylams (kaya pakaian Hercules) di atas jubah dijahit pada sisinya dan dikaitkan pada bahu. Pakaian di Masa Kuno Pakaian. daerah penghasil makanan. dan disampirkan ke seluruh tubuh.atau wol yang dililitkan di sekujur tubuh untuk membuat sebuah jubah. Sejarah Pakaian: Mesir Kuno Posted by Let's Talk Girl on Dec 6. Nah.kaum wanitanya memakai gaun yang disebut chiton (kaya pakaian pacarnya Hercules…he. agar sesuai dengan bentuk tubuh manusia.

memakai pakaian lebih banyak dari sekedar cawat dan juga memakai perhiasan. Perhiasan yang kebanyakan terbuat dari emas dan permata banyak yang masih bisa ditemukan dengan utuh. Tetapicontoh kain pada masa itu susah untuk dibuktikan apakah merupakan linen halus atau bukan. Mereka menuangkan lilin lebah yang dicampur minyak wangi di rambut mereka. kemungkinan besar pakaian mereka terbuat dari linen halus. Bangsawan Mesir juga sering mencukur kepala mereka (dan rambut tubuh lainnya). Kohl atau riasan mata dipakai oleh kedua jenis kelamin. sehingga menciptakan jubah kostum megah Mesir. Lalu di paling atas dihiasi dengan kerah Mesir. Tunik Mesir Kuno Jubah Rok . Bahan pakaian terbuat dari kain yang ringan dan dirancang lebih untuk menonjolkan bentuk tubuh daripada menyembunyikannya. Pakaian Mesir yang paling rumit dipakai oleh Firaun dan ratu mereka sebagai simbol kekuasaan. Perhiasan adalah fokus utama dalam kostum mereka. Banyak pola didasarkan pada persegi panjang sederhana. Bentuk baju mereka masih sangat sederhana tetapi sangat efektif di era mereka.besar. Untuk acara-acara resmi mereka memakai wig dan bukan rambut asli. Namun kalau melihat dari gambar-gambar kuno yang sebagian besar menunjukkan bahan lipit putih yang melambai. seperti juga parfum dan minyak tubuh. Orang dengan strata sosial yang lebih tinggi. Lilin itu akan meleleh oleh suhu ruangan dan menyebarkan aroma wangi. Budak dan orang miskin digambarkan hanya memakai sedikit pakaian seperti cawat. dengan sedikit lipit dan sampiran yang dibentuk sedemikian rupa. baik pria maupun wanita.

Tipe Baju Selendang Pakaian Militer Ornament Kerah .

Hiasan Mata dan Kepala .

dengan belahan ‘V’ di bagian depan. Pada abad ke 16. Baju Wanita Sekarang Mulai awal abad 21. wanita memakai gaun dengan model S. Pada abad ke 17 mulai popular bahan yang ringan. pakaian yang popular adalah tunik. gaun malam yang panjang dengan potongan pinggul yang naik ke atas. atau disebut mini dress. gaun wanita terbuat dari sutra dan beludru. Blus. Bagaimana memilih baju wanita yang pas untuk kita? Mungkin tips di bawah dapat Anda pertimbangkan. Tahun 1400an. ukuran lengan mulai mengempis menghasilkan potongan bahu yang rendah. Yunani kuno dan Romawi kuno. sementara untuk baju sehari-hari mereka menggunakan sehelai sapu tangan untuk menutupi leher mereka. atau yang pendek sekali sehingga terkesan hanya menutupi celana dalam. Pada tahun 1947 diperkenalkan baju wanita dengan ukuran pinggang kecil dan rok yang melambai-lambai. longgar. Bahan brokat yang berat popular di lingkungan kerajaan. wanita yang menyukai fashion menggunakan hoop di bawah roknya sehingga rok terlihat melingkar. Tahun 1970. Dahulu. 1. Sejarah Baju Wanita Di jaman Mesir kuno. baju wanita menyesuaikan kegemaran masing-masing individu. tapi belum tentu bagus di kita. Memasuki abad 20. Pada tahun 1930an mulai kembali popular baju yang menonjolkan lekukan tubuh dan gaun dengan bukaan di bagian belakang. Tahun 1960an mulai masuk baju wanita yang berbentuk pendek. model baju mulai dipaskan ke tubuh. Renda-rendanya kaku dan panjang. dan tahun 1980 baju wanita dengan gaya wanita karir mulai disukai dengan rok pendek dan lurus. panjang hingga menyapu lantai. Tidak semua trend fashion sesuai dengan kepribadian kita. Jangan sekali-kali memakai baju hanya karena trend. Ada yang menyukai model lurus. Lingkar leher untuk gaun malam rendah. jaket ketat dan rok panjang mulai popular. potongan panggul turun. Baju wanita yang satu ini ternyata sudah mengalami banyak sekali perubahan sejak jaman prasejarah. yang lalu hoop tersebut dibuat di samping kanan dan kiri baju membuat gaun melebar dan lebih ramping. potongan leher rendah serta lengan pendek dan melembung menjadi popular. pastikan sesuai dengan kepribadian Anda. Bisa jadi satu model bagus di orang lain. Di awal abad 19. kemudian mereka menenun kain dan melilitkan ke tubuh mereka.Wanita sejak dulu hingga sekarang tak pernah bisa dipisahkan dari gaun. Rok berbentuk bel belah depan untuk menunjukkan pakaian dalam mereka yang berenda-renda. . potongan panggul makin turun sehingga menyembunyikan bentuk dada dan pinggul wanita. Di abad pertengahan. nenek moyang kita menggunakan kulit hewan sebagai pakaian. Di akhir abad ini. Di abad 18. model tunik disederhanakan dengan penambahan pada lengan panjang. Leher yang tinggi mulai diturunkan dan lengannya panjang dan melambai-lambai. sementara masyarakat tingkat atas menggunakan gaun dengan bahan sutra yang ringan. Apapun baju wanita yang Anda dipilih. rok panjang seperti model gipsy mulai popular. Seiring waktu berjalan.

kita akan terlihat bagus menggunakan baju apapun. 3. . Pernah lihat wanita yang sesekali menarik-narik roknya ke bawah karena kependekan? Bagaimana menurut Anda? akan membuat anda kehilangan kepercayaan diri. Pilih baju yang pas dan nyaman.2. hampir tidak terjadi perubahan-perubahan yang mendasar dalam bentuk dan gaya kostum masyarakatnya. Jangan sampai salahkostum yang 4. hingga ke periode penjajahan romawi. seaneh apapun pakaian Anda di mata orang. tampil percaya diri dengan apa yang Anda pakai. Gunakan trik mix and match baju agar penampilan selalu berbeda. Ketika kita PD dengan penampilan kita. Jika sudah memilih satu baju. kerajaan pertengahanm kerajaan baru. Sesuaikan dengan acara yang kita hadiri. 2009 by noorsevianne 2 Votes Queen Kalasiris Selama perkembangan peradaban Mesir kuno. Kostum yang dipakan pada awal peradaban Mesir Kuno masih sangat sederhana. 5. Tata Kostum Mesir Kuno (Ancient Egyptian Costumes) Posted on December 27. Sebuah kostum bentuk kemeja atau tunika. yang dinamakan Kalasiris. Keterikatan terhadap tradisi nampaknya lebih kuat disbanding kebutuhan untuk menerima perubahan. karena terlalu besar atau terlalu kecil. Jangan menjadi terus membetulkan baju yang kita gunakan setiap saat. dari kerajaan kuno.

Tipe katun yang digunakan adalah bersifat tembus pandang. kalasiris terbuat dari katun. Dan biasanya ada scenti (semacam sarung berlipit) sebagai dekorasi. . Dan biasanya berwarna putih. white kalasiris Bagi Fir’aun dan permaisuri. kalasiris ini berbentuk lipit-lipit dan terbuat dari benang emas.kalasiris Pada umumnya.

cotton kalasiris. Headgear in ancient Egyptian times varied. Papyrus. . until the period of Roman occupation. dan motif-motif geometri. Type of cotton used is to be transparent. new kingdom. and the geometric motifs. a fundamental change in the shape and style of costume people. Papyrus. Yang paling umum dikenakan oleh pendeta dan Fir’aun adalah klaf. Elang. almost no change. To Pharaoh and the empress. And usually white. Attachment to tradition seems stronger than the need to accept the changes. Klaf ini semacam kain yang dilipat sedemikian rupa. Ceperes Crown Mulai kerajaan baru ada mahkota Ceperes dan Hemhemet. A costume of a shirt or tunica. Biasanya aksesoris ini dihias dengan motif dan symbol khas mesir kuno seperti Ureus. teratai. middle kingdom. Start a new kingdom there Ceperes and Hemhemet crown. And usually there scenti (sort of pleated sheath) as decoration. Costumes used in the early civilization of Ancient Egypt is still very simple.Tutup kepala di zaman Mesir Kuno beraneka ragam. lalu ditambahkan mahkota dengan patung ular diatasnya. Accessories and jewelry that complement the Ancient Egyptian clothing is usually made of gold and silver jewels added. During the development of ancient Egyptian civilization. winged sun. Aksesoris dan perhiasan yang melengkapi busana Mesir Kuno biasanya terbuat dari emas dan perak ditambah permata. Matahari bersayap. lotus. then added the crown of the statue of a snake on it. The most commonly worn by priests and pharaohs were klaf. from the ancient kingdom. which called Kalasiris. These accessories are usually decorated with motifs and distinctive symbol of ancient Egypt as Ureus. In general. Eagle. This Klaf kind of folded cloth so as to form a triangle. this kalasiris folds shaped and made of gold thread. sehingga membentuk segitiga.

Klaf ---------------------------------------------------------Mode stop disini .

3. anak-anak Hathor dianggap ayah oleh Ra.13 Dewa-Dewi dalam Mitologi Mesir Kuno Menurut catatan sejarah. para Dewa merupakan makhluk-makhluk yang lebih berkuasa daripada umat manusia dan mengatur aspek-aspek kehidupan umat manusia. tetapi lebih tepat sebagai RE) adalah Mesir kuno dewa matahari. Menurut kepercayaan Mesir Kuno.Lekukan diperkirakan untuk mewakili Osiris sebagai dewa gembala. kemudian. Pada kelima dinasti ia menjadi besar dewa dalam agama Mesir kuno. Amon Amon adalah seorang dewa dalam mitologi Mesir yang dalam bentuk Amun-Ra menjadi fokus dari sistem . ia dipercaya untuk memimpin langit. melindungi manusia. dan mencabut ajal manusia. Ketika mencapai posisi penting dalam jajaran Mesir. Ra sangat banyak berubah dari waktu ke waktu dan dalam satu bentuk atau lain. Dia juga membawa crook dan cambuk. sebagai Re-Horakhty. Para Dewa merupakan Tuhan tersendiri sesuai dengan kemahakuasaan yang dimilikinya. Dia dikaitkan dengan elang. menghukum manusia. bangsa Mesir Kuno menyembah banyak Dewa (polytheisme) dan belum menemukan paham Ketuhanan Yang Maha Esa (ada yang menyamakan dengan paganisme). Berikut ke 13 Dewa Dewi MESIR KUNO : 1.kemudian ia berkata kepada matahari yang mewakili setiap saat sepanjang hari. yang simbol dewa matahari lain yang melindungi fir’aun. 2. yang mirip dengan mahkota putih dari Mesir. Dewa-Dewi dalam kepercayaan bangsa Mesir Kuno merupakan penguasa setiap bagian dan unsur alam.Simbol mencambuk lebih pasti dengan cambuk gembala. dan di bawah tanah. di bumi. ia biasanya digambarkan dengan warna hijau (warna kelahiran kembali) atau hitam (mengacu kepada kesuburan dataran banjir Sungai Nil). dengan dewa-dewi lain yang mewakili posisi lain dari matahari.kemudian disebut Heliopolis yang berarti “Kota Matahari” oleh orang Yunani Kuno. Ra Ra (sering diucapkan sebagai Rah. Setelah dipasangkan dengan dewa-dewi fir’aun.Ra bergabung dengan dewa Horus. Para Dewa yang menentukan nasib setiap orang. terbang-menyapu. diidentifikasi terutama dengan matahari tengah hari. Mereka memberkati manusia. Osiris Osiris digambarkan dengan menggunakan mahkota.

pelindung alam dan sihir. Isis Isis adalah dewi di mesir kuno keyakinan agama. kaum tertindas. Amun-Ra adalah yang paling banyak yang tercatat dalam dewa Mesir. Horus Horus adalah salah satu dewa yang paling tua dan paling penting dalam agama Mesir kuno. Hathor yang disembah oleh masyarakat umum yang sama dalam kuburan dia digambarkan sebagai “pemimpin Barat” menyambut orang mati ke kehidupan selanjutnya.musim. 8.setidaknya hampir akhir periode Predinastik melalui Yunani-Romawi. 4.Isis adalah dewi ibu dan kesuburan. Nephthys .Amun diciptakan sendiri.hukum. Maat Maat adalah Dewi Mesir kuno dengan konsep kebenaran.moralitas dan keadilan. gadis. 5. Amun-Ra. Dia adalah salah satu yang paling penting dan dewa populer sepanjang sejarah Mesir Kuno. ia adalah juara kaum miskin dan pusat kesalehan pribadi. Dewi Maat juga di anggap sebagai Dewi yang mengatur bintang – bintang. bulu nya adalah ukuran yang menentukan apakah jiwa-jiwa ( dianggap berada di jantung) orang yang sudah meninggal akan mencapai surga dengan selamat. dan kesuburan tanah asing yang membantu perempuan dalam proses melahirkan 6. 7. Hathor Hathor adalah seorang Dewi Mesir Kuno yang dipersonifikasikan prinsip-prinsip feminin cinta. dan selama Kerajaan Baru ia menjadi ekspresi terbesar dalam dewa di Mesir teologi. istri.keseimbangan.Dia dipuja sebagai ibu yang ideal. peran utamanya dalam mitologi Mesir berurusan dengan penimbangan jiwa-jiwa yang terjadi di dunia bawah. Setelah perannya dalam penciptaan dan terus mencegah kembali ke alam semesta dari kekacauan. tidak secara fisik yang melahirkan alam semesta. Dengan Osiris. Posisinya adalah sebagai Raja dewa.serta tindakan-tindakan baik manusia dan para dewa. Dia adalah teman budak. tanpa ibu dan ayah. ibadah yang tersebar di seluruh dunia YunaniRomawi. juga seperti dewa pencipta. serta mendengarkan doa orang-orang kaya.keteraturan. Bentuk paling awal adalah Horus Falcon yang merupakan dewa pelindung Nekhen di Mesir. pengrajin. yang mengatur alam semesta dari kekacauan.yang paling rumit di Mesir Kuno. keibuan dan sukacita.yang di puja. orang-orang berdosa. Berbagai bentuk Horuses dicatat dalam sejarah dan ini berbeda diperlakukan sebagai dewa oleh Mesir Kuno.Sebagai pencipta dewa. tari. Peran lain dia adalah seorang dewi musik. bangsawan dan penguasa.

Karena banjir tahunan Sungai Nil membawa lumpur dan tanah liat itu. 13. Ini adalah kesalahan meresap dan mengerikan. sering digambarkan dengan kepala dari suatu Ibis. setengah serigala. Sekhmet Dalam Mesir kuno. Sobek Di Mesir kuno. ia ditampilkan dengan simbol otoritas raja. seorang dewa yang muncul selama Kerajaan Baru. dengan nama Mesir kuno tidak berarti “Lady of the House.Sekhmet digambarkan sebagai singa betina.” seolah-olah menunjukkan kepada manusia.Dewa Sobek digambarkan sebagai buaya biasa.Nephthys adalah dewi yang asalnya belum ditentukan. Kepala-Nya berada di Khemennu tempat suci. ia juga ditunjukkan dengan cakram matahari di atas kepalanya. Dia juga ditunjukkan bersama salibnya. pemburu paling sengit dikenal oleh Mesir. atau dalam bentuk serigala lengkap mengenakan pita dan memegang cambuk di lekuk lengannya. awalnya dewa sumber Sungai Nil.Ia pernah menjadi Sobek-Ra. atau sebagai seorang laki-laki dengan kepala buaya. Thoth Thoth dianggap sebagai salah satu dewa yang lebih penting dari dewa Mesir. 11. 12. dan membawa air kehidupan . Ketika dianggap sebagai pelindung pasukan firaun. Dia biasanya digambarkan sebagai setengah manusia. Sebaliknya.” maupun sebagai wanita utama yang memerintah negeri umum rumah tangga. Dia terlihat seperti singa pangeran.Para serigala itu sangat terkait dengan kuburan di Mesir kuno. Dia dipandang sebagai pelindung dari fir’aun dan memimpin mereka dalam peperangan. Sekhmet kemudian dianggap sebagai ibu Maahes. yang mewakili kemampuannya untuk membatalkan jahat dan menyembuhkan penyakit. di mana dia memimpin masyarakat setempat. Anubis Anubis adalah dewa untuk melindungi dari kematian dan membawa mereka ke alam baka. Lady of the [Temple] 9.Dia tidak dengan cara apa pun harus diidentifikasi dengan beberapa gagasan tentang “ibu rumah tangga. kemudian berganti nama menjadi Hermopolis oleh orang-orang Yunani.tapi dengan warna daging yang membusuk dan dengan tanah hitam lembah Sungai Nil. Khnum Dalam Mesir Kuno. sebagai Ra adalah dewa matahari. namanya berarti sangat khusus. sangat banyak komentar-komentar tentang dewa ini.Khnum adalah salah satu dewa Mesir yang paling awal. sering diulang-ulang. putra dari dewi. melambangkan kelahiran kembali 10.

Sifat pelan-pelan ini juga menunjukkan kalau mereka susah jatuh cinta. Biarpun selalu terlihat humoris dan jenaka. maka bisa cepat berubah menjadi tidak percaya diri dan pesimis. Asyiknya. Selalu ingin melakukan segala hal dengan benar dan bertanggung jawab. Totalitas penting bagi mereka. ia dianggap sebagai pencipta tubuh manusia anak-anak. Sphinx selalu bertindak hati-hati demi menemukan pasangan yang cocok di hati. mereka akan menjalankan dengan serius dan disiplin mengerjakannya. Begitu dapat sebuah tugas. Kekurangan : Terlalu sensitif pada semua keadaan. Kalau ada yang mengangap mereka atau tugas-tugas mereka remeh. Karir : Profesi yang pas Wiraswasta/Humas. dan ditempatkan ibu mereka ‘rahim. Ramalan Zodiak Mesir Kuno SPHINX = Penjaga Harta Karun (27 Desember-25 Januari) Kelebihan : Sphinx punya sikap disiplin kuat. Sphinx juga sensitif dan penuh perasaan.kepada sekitarnya. sebenarnya mereka berhati-hati dan memikirkan segala sesuatu dengan serius. Cinta : Dalam cinta. SHU = Dewa Langit (26 Januari-24 Februari) . yang dilakukan di roda tembikar. keseriusan mereka juga dibarengi dengan sifat humoris. dari tanah liat.

Kekurangan : Shu dikenal mandiri. Kemampuan ini didukung juga dengan sifatnya yang penuh perhatian terhadap teman dan keluarga. Sebaliknya. ISIS = Dewi Kedisiplinan (25 Februari-26 Maret) Kelebihan : Isis populer karena pemikirannya yang unik. Karir : Profesi yang pas Dokter Hewan atau Pekerja Sosial. tidak mau berbagi kesusahan dengan orang lain. dan keras kepala. Apalagi ditunjang dengan sifat humoris yang ada pada diri mereka. Tanpa kekangan apa pun.Kelebihan : Shu adalah pemuja kebebasan. orang-orang yang berada di bawah Shu akan penuh kehati-hatian dan berpegang pada prinsip hidupnya. kalau sudah menemukan cowok/cewek yang sesuai dengan kriteria. liberal dan seru. Selain itu Shu juga susah ditebak keinginannya. mereka sering kehilangan banyak kesempatan bagus. Dalam mengambil tindakan. justru akan menghasilkan kreasi yang menarik dan berbeda dari kebanyakan orang. Cinta : Kemandirian Shu sering dianggap sebagai cuek dan nggak butuh. Shu langsung bisa berubah manis. Juga karena . maka mereka bisa menjadi orang yang sangat kreatif. tapi sifat independen ini malah sering bikin merka ragu dengan kemampuan mereka sendiri. Karena masalah ini juga.

Mereka dikenal banyak ide. Kekurangan : Orang-orang Osiris adalah tipe orang yang susah untuk dipahami. jika pekerjaan yang sudah disusun dan dilakukan dengan susah payah. . bahkan terkadang menolak ide-ide yang diberikan oleh orang lain. OSIRIS = Dewa Dunia Bawah (27 Maret-25 April) Kelebihan : Osiris adalah tipe cewek yang dinamis dan fleksibel. Sikap aktif dan percaya diri sering disalurkan untuk membantu orang lain. Isis juga sangat mengagungkan kejujuran. Sekali mengalami kegagalan. Kekurangan : Isis suka terobsesi dengan ide-idenya sendiri. orang Osiris justru menghindar. Dan paling tidak suka berdebat. Cinta : Sifat Osiris yang dinamis terbawa juga ke hubungan cinta. Mereka tidak suka hubungan yang datar apalagi jika pasangan tidak menantang dan adem-ayem saja. saat tanggung jawab. ?Osiris juga memiliki sifat mandiri dan bukanlah tipe orang yang ganpang menyerah. justru terbengkalai begitu saja. Terkadang. justru mereka mudah sekali mengibarkan bendera putih alias gampang menyerah. Mereka adalah tempat yang tepat untuk dijadikan teman curhat. Oleh karena itu juga mereka selalu berterus terang akan segala hal. Sayangnya. mereka akan bangkit lagi dengan penuh semangat. Karir : Profesi yang pas Pengajar. Dan juga bukanlah tipe orang yang penyabar. serta pintar memanfaatkan kesempatan. tak heran kalau orang-orang Osiris sebagian besar termasuk golongan orang yang sukses. Mereka juga dikenal romantis sekaligus sensitif. Yang bernaung dibawah Osiris adalah orang-orang yang penuh ide dan kepintaran. pada saat permasalahan yang menghampiri Isis mulai memuncak.selera humornya. Karir : Profesi yang pas Fotografer/Ahli kreatif iklan. Cinta : Isis sangat emosional dan suka mencurahkan perhatian pada orang yang disayangi. Makanya. Tidak heran. Tak jarang pula mereka merasa kalau ide mereka yang paling baik di antara yang lain.

Mereka pun mampu berpikir cepat dalam situasi sulit. Hal ini membuktikan kejujuran sikap mereka. mampu menunjukkan perasaan dengan baik pada orang lain. Tapi dibalik itu punya keinginan yang kuat dan cenderung ambisius. Orang-orang betah berada di dekatnya. Dan yang paling mempesona dari orang-orang Hathur ini adalah kharisma yang ada pada diri mereka. Para keturunan Amun pun benar-benar tahu apa yang mereka inginkan dan bagaimana cara mendapatkannya. kalau sudah terhantam masalah. cenderung goyah iman. Karir : Profesi yang sesuai Aktris. HATHUR = Dewa Bumi dan Langit (26 Mei-24 Juni) Kelebihan : Hathur sangat ekspresif. Kalau sudah dalam taraf seperti ini.AMUN = Dewa Pembangun Dunia (26 April-25 Mei) Kelebihan : Amun terkenal popular karena sifat care-nya. Jadi hubungan cinta idaman mereka adalah yang hubungan harmonis. Sifat percaya diri Anda patut ditiru. perasaan maupun tindakan. Tapi sayangnya. Kekurangan : Amun yang ambisius biasanya punya perencanaan yang matang sebelum melakukan sesuatu. . Mereka tegas dan tidak akan berhenti sampai terwujud apa yang mereka impikan. sifat kurang perduli dan keras kepala Anda muncul sehingga kurang toleran terhadap orang lain Cinta : Kedamaian adalah impian Amun.

Karir : Profesi yang pas Pembalap/Pramugari. Terkadang juga bersikap kurang realistis seperti hidup didunia mereka sendiri. Kalau sudah menemukan pasangan yang cocok atau mengimbangi sifat mereka. bisa bertindak hal-hal yang bodoh atas nama cinta.Kekurangan : Suasana hati yang suka berubah-ubah membuat orang lain bingung dengan sikap mereka. Makanya banyak orang Pheonix yang dijadikan panutan. Karir : Profesi yang pas Psikolog atau konselor. mereka bisa jatuh cinta setengah mati. Hal-hal yang terkadang tidak penting justru malah kamu debatkan dengan pasangan Anda. Kalau dalam kondisi berdebat. kurang suka bergaul. Pheonix juag senang menyendiri. hingga dia bingung apa sebenarnya keinginan Anda. Mereka pun juga jago mengajak orang lain untuk memiliki optimisme seperti yang mereka rasakan. dan tidak suka dengan keramaian. Kekurangan : Phoenix sering kali tidak bisa mengontrol emosi. ANUBIS = Penjaga Dunia Bawah (25 Juli-28 Agustus) . PHOENIX = Burung Kehidupan dan Kebangkitan (25 Juni-24 Juli) Kelebihan : Jiwa optimis yang dimiliki Pheonix diimbangi dengan sikap berani mengambil resiko. Terkadang pula. Yang lebih parah. Cinta : Hathur yang ekspresif lebih menyukai pasangan yang cerdas dan pintar. Cinta : Sifat yang emosional juga kelihatan dalam urusan cinta Anda. bisa saja tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepada mereka tidak disentuh sama sekali atau dikerjakan dengan setengah hati hingga hasilnya tidak maksimal. Hathur. lebih banyak defensive (membela diri ) dan keras kepala. ketika mereka dalam kondisi bad mood.

dan memilki kemampuan berorganisasi dengan baik serta bertanggung jawab. Selain itu Anubis juga sangat kreatif. Sebenarnya mereka hanya ingin selalu memberikan yang terbaik untuk pasangan. Tak heran jika dilingkungan. Karir : Profesi yang Pas Copywriter/Fashion Designer. tapi yang terjadi malah sering disalah artikan oleh pasangan sebagai sifat posesif dan dominan. Cinta : Karena bossy ini pula Anubis selalu mendominasi hubungan asmaranya. Orang-orang Anubis pun dikenal simpatik dan baik hati. THOTH = Dewa Pendidikan dan Penemu Tulisan (29 Agustus-27 September) .Kelebihan : 'Keturunan Anubis' memiliki kepercayaan diri tinggi. Kekurangan : Kadang-kadang sikap bossy muncul dan sifat itu pula yang membuat mereka terkesan sombong dan judes. Anubis dikenal paling perhatian. gigih dan gak pernah terlihat capek beraktifitas. Selain itu sensitif dan mudah tersinggung juga dimiliki oleh mereka keturunan Anubis. Anubis juga punya sifat selalu ingin mengatur orang lain sesuai dengan kehendaknya. Mereka bangga dengan diri mereka dan tau bagaimana memperlihatkan sisi terbaik dirinya.

Cinta : Thoth tidak segan-segan menunjukkan perasaannya pada pasangan yang disukainya. mampu berpikir akurat. Kekurangan : Thoth sering terburu-buru dan gak sabaran. Tapi. Karir : Profesi yang Pas Jurnalis/Wartawan/Penulis/Pengacara.Kelebihan : Thoth dikenal rajin dan tekun. Hal ini didapat karena Toth senang mencari pengalaman-pengalaman baru. Sifat bijaksana membuat mereka tenang dalam menganalisa masalah. berkat argumentasiyang menarik dan gaya bicara yang menyenangkan. Sifat lain dari Horus. Apalagi juga gampang cemas yang bisa mengganggu orang lain. HORUS = Dewa Matahari (28 September-27 Oktober) Kelebihan : Horus adalah Tipe orang pemberani. berjiwa pemimpin. termasuk berani menyapa orang lebih dulu. Mereka juga jago bergaul dan mengumpulkan teman. ketika hubungan tersebut sudah terjalin. mereka adalah . dengan ide-ide yang selalu orisinal. lalu mencari jalan keluarnya. mereka cenderung meragukan hubungan yang sudah dibina. Mereka yang bernaung di bawah Toth adalah tipe orang yang seru kalau diajak untuk beridiskusi. karena teman yang banyak justru membuat perasaan hati jauh lebih senang.

Karir : Profesi yang pas Arsitek/Editor. Dan orang-orang Wadjet menilai keluarga adalah segala-galanya. Tapi harus berhati-hati dalam hubungan cinta karena sifat mereka yang gampang dipengaruhi dan susah mengambil keputusan. Tapi pada dasarnya mereka punya energi cinta yang besar yang siap ditumpahkan ke siapa saja. Karir : Profesi yang pas Politikus/News Anchor/Account Executive. SEKHMET = Dewi Perang (27 November-26 Desember) . Cinta : Gemar menutupi perasaan dan susah ditebak maunya. sehingga kadang-kadang mereka kecewa kalau tujuan tidak tercapai sesuai dengan harapan. Ini bisa mengganggu hubungan mereka dengan orang lain. berusaha untuk menyukainya. WADJET = Dewi Kobra Kerajaan (28 Oktober-26 November) Kelebihan : Seperti ular yang berambisi setiap mencari makanan. Apapun yang dikerjakan. mereka menjadi disegani. Wadjet juga ambisisus dalam setiap tindakannya. Hasilnya. Mereka juga memilki sifat teliti dan bersikap hati-hati.golongan orang optimis yang jago memotivasi orang. angkuh dan suka menganggap diri paling benar. Kalau punya masalah. Dalam menghadapi masalah mereka juga gampang menyerah Cinta : Horus bisa bahagia kalau berada di dekat orang-orang yang disayanginya. Kekurangan : Sifat optimis yang dimiliki Horus tidak selalu dibarengi dengan pikiran yang realistis. mereka mampu berpikir rasional untuk untuk melihat akar persoalan. apa lagi kadang-kadang mereka susah bergaul. Mereka juga pesimis. Kekurangan : Rasa cemburu yang besar.

hingga senang membuat orang lain tertawa. punya mental kuat dan mampu bertahan di saat susah.Kelebihan : Suka tantangan. hingga membuatnya mampu keluar dari setiap permasalahn yang dihadapi. Orang-orang Sekhmet adalah orang-orang yang paling anti dikekang. Cinta : Paling anti dikekang! Uniknya mereka juga punya sifat posesif dan gampang curiga ke pasangan. Karir : Profesi yang pas Reporter/Atlet. mereka jadi susah mencari waktu bebas untuk diri sendiri. Akhirnya mereka lebih sering memilih cara pintas yang sering berakhir pada kesalahan. Walaupun terkadang terlihat cuek. mereka juga termasuk golongan orang yang imajinatif lucu. Bahkan saking sibuknya curiga. -------------------------------------------------------Dewa stop disini . namun mereka adalah orang yang optimis. Kekurangan : Sering gak sabaran! Hal ini sering menimbulkan kegelisahan pada diri sendiri dan jadi bertindak ceroboh.

.. pada masa yang disebut sebagai periode Kerajaan Baru. 2010 Pembukaan: Mesir Kuno adalah suatu peradaban kuno di bagian timur laut Afrika. Penasaran ??? langsung aja chekidot Peradapan Mesir Kuno: Sinai MOUNTAINS EGYPT: . . Daerahnya mencakup wilayah Delta Nil di utara. hingga Jebel Barkal di Katarak Keempat Nil. Peradaban ini terpusat sepanjang pertengahan hingga hilir Sungai Nil yang mencapai kejayaannya pada sekitar abad ke-2 SM. peradaban Mesir meluas hingga bagian selatan Levant. Dan perdapan Ini Masih tersimpan banyak misteri .Peradapan Mesir Kuno Yang Indah Dan Menyimpan Banyak Misteri Posted by Kaskusnews June 1. Pada beberapa zaman tertentu. serta Gurun Barat (terpusat pada beberapa oasis). Gurun Timur. Semenajung Sinai. mulai dari makam yang hilang dan masih banyak lagi misteri yang tersembunyi. pesisir pantai Laut Merah.

History: Gunung Sinai juga dikenal Jabal Musa (bahasa Arab standar yang berarti “Musa’ Gunung” ) oleh Badui. di daerah Sinai. Al-TIN) sebagai” Tur S?n?n “ Gizeh Pyramids: . puncak tertinggi di semenanjung Sinai) Hal ini dikelilingi di seluruh sisi oleh puncak yang lebih tinggi dari pegunungan Dalam bahasa Arab yang Jabal Tur kata dan memiliki arti yang sama. dan Gunung Sinai disebutkan dalam bab Quran “The Gambar ‘(QS. adalah nama sebuah gunung di kota Saint Katherine.629 m. Hal ini di samping Mount St Catherine (pada 2. gunung Sinai adalah gunung tinggi 2285 m di kota Saint Katherine.

mereka dibawa oleh kapal baik atas atau bawah Sungai Nil ke piramida.3 juta blok batu kapur Secara tradisional. menyebabkan batuan retak.History: Gizeh Pyramids(juga disebut sebagai Piramida Khufu dan Piramida Cheops) adalah yang tertua dan terbesar dari tiga piramida Giza Necropolis di berbatasan dengan apa yang sekarang El Giza. orang Mesir kuno memotong blok batu oleh tumbukan potongan kayu ke batu yang kemudian direndam dengan air. Begitu mereka dipotong. Hal ini diyakini piramida ini dibangun sebagai makam untuk Firaun dinasti keempat Gizeh Pyramids terdiri dari lebih dari 2. SPHINX: . Ketika air diserap. dan satu hanya untuk tetap utuh. Mesir. yang potongan diperluas. Ini adalah yang tertua dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Memiliki panjang 3 meter dan tinggi 20 meter. obsefer: .History: Sphinx patung singa berkepala manusia diyakini merupakan kepala Khufu. Melambangkan watak gagah laksana singa dan kepribadian lembut laksana manusia.

Hatshepsut’s Temple: History: .

berkuasa lebih lama dari wanita lain dari dinasti Mesir adat.Hatshepsut. Dia umumnya dianggap oleh ahli Mesir Kuno sebagai salah satu firaun yang paling sukses. Egypt. Kairo. in the Mosque: .s Temple ialah Kuil yang dibuat untuk menghormati seorang firaun yang paling sukses yaitu Hatshepsut adalah firaun kelima dari Dinasti Mesir Kuno kedelapan belas.

.

” [3] walaupun istilah ini tidak harus bingung dengan legenda Yunani asli The Riddle dari Sphinx.History: Ane Kurang tau gan . masih diperdebatkan. . ketika dibangun. . “Nefertiti”: . dan oleh siapa. Pertanyaan-pertanyaan ini telah menghasilkan gagasan populer dari “Riddle dari Sphinx. tapi dasar tentang itu. seperti yang model untuk wajah.Tapi kalau gak salah mesjid ini pernah ada di film ayatayat cinta “Great Sphinx Egypt”: History: Sphinx Agung adalah salah satu fakta terbesar di dunia dan patung-patung tertua.

History: .

dan merupakan ibu mertua dan mungkin ibu tiri dari Pharaoh Tutankhamun. Ia juga kemungkinan memerintah kerajaan dalam waktu singkat dengan nama Neferneferuaten-Nefertiti (berarti.Nefertiti (kecantikan telah datang) adalah Permaisuri Agung (atau istri utama) dari Fir’aun/Pharaoh Amenhotep IV (kemudian bergelar Akhenaten). Egypt”: . Aten memancarkan sinarnya karena Kecantikan telah datang) “Entrance to the Suez Canal 1869?: History: Ini Adalah Terusan Suez yang diambil pada tahun 1869 “Giza.

History: Masih satu komplek dengan pyramid giza pada urutan ke 2 dan merupakan 2 patung besar dan dijadikan sebagai tempat pemujaan Karnak temple of Amun: .

.

di Mesir. Dua duduk patung besar II Raamses penjaga pintu gerbang besar (tiang). Saat itu di kuil Luxor bahwa ia berubah menjadi Min dewa kesuburan. terutama Candi Agung Amin dan struktur besar dimulai oleh Firaun Amenhotep III (ca.Penjelasan: Karnak temple of Amun terdiri dari konglomerasi besar candi hancur. sekitar 500 km selatan Kairo. Daerah sekitar Karnak adalah Mesir kuno Ipet-isut (“Paling Dipilih Tempat” dan tempat utama pemujaan Triad Theban dengan dewa Amun sebagai kepala Ramses II at Luxor: History: Ini Adalah Sebuah jalan dari patung sphinx berkepala manusia lebih dari satu setengah mil (3 km) setelah menghubungkan kuil-kuil Karnak dan Luxor. Duduk patung dari Raamses II ini digunakan setahun sekali dalam festival selama citra Amun perjalanan dari Karnak untuk mengunjungi kekuasaan selatan nya. Dua 80 kaki (25m) Egyp mummy: . Terletak dekat Luxor. kapel. tiang dan bangunan lain. 1391-1351 SM).

History: Mummy Ialah Sebuah Mayat Yang Diawetkan Dengan Cara Dibalsem (Diberi ramuan-ramuan) Agar Mayat tidak hancur dan biasanya pembalsaman dilakukan kepada mayat pembesar mesir “Egypt pyramids”: .

dan satu hanya untuk tetap utuh. Ketika air diserap. Sumber : http://kask. Mesir. menyebabkan batuan retak. orang Mesir kuno memotong blok batu oleh tumbukan potongan kayu ke batu yang kemudian direndam dengan air. yang potongan diperluas.us/3844635 oleh as321 -------------------------------------------------------Keindahasan stop . mereka dibawa oleh kapal baik atas atau bawah Sungai Nil ke piramida. Begitu mereka dipotong. Hal ini diyakini piramida ini dibangun sebagai makam untuk Firaun dinasti keempat Gizeh Pyramids terdiri dari lebih dari 2.3 juta blok batu kapur Secara tradisional. Ini adalah yang tertua dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.History: Gizeh Pyramids(juga disebut sebagai Piramida Khufu dan Piramida Cheops) adalah yang tertua dan terbesar dari tiga piramida Giza Necropolis di berbatasan dengan apa yang sekarang El Giza.

Alasannya karena masyarakat Mesir kuno banyak menggunakan minyak zaitun untuk ritual pembersihan mereka. Sabun Selain parfum. Salah satu kebudayaan mereka yang menjamur dan makin berkembang hingga sekarang adalah kebiasaannya menggunakan makeup. 2. Ada sebuah kecantikan dan ketertarikan yang tersimpan di balik kemegahan mereka. setelah sekian lama. Minyak untuk tubuh Sinar matahari yang terik. minyak-minyak ini juga berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan pasir. tetapi juga untuk menjaga kondisi. Karenanya. serta mudah menyebabkan infeksi. atau akar di antara lapisan lemak. resin. kaum laki-laki dan perempuannya mencukur kepala mereka dan memakai rambut palsu. Pomade ini kemudian mereka oleskan di bagian atas kepala. perawatan kulit amat penting bagi masyarakat Mesir kuno.com . kaum pendetanya harus membuang setiap rambut dari tubuh mereka. akan terdapat gumpalan krim wangi atau disebut pomade. Hal ini tak hanya membersihkan tubuh. 3.Kecantikan dimulai disini Pada zaman Mesir kuno. Parfum Wewangian menjadi hal yang disukai oleh para orang Mesir. pomade tersebut akan meleleh dan membasahi sekujur tubuh mereka dengan aroma wangi. Minyak untuk tubuh amat dibutuhkan karena mereka membutuhkannya untuk bekerja. Ternyata cat mata di zaman Mesir digunakan untuk melindungi mata dari sinar matahari. Kebiasaan menggunakan produk pada tubuh mereka bukan hanya semata-mata untuk merias tubuh. kita akan melihat bahwa mereka banyak menggunakan cat mata. Ternyata. dan pasir membuat kulit kering. Cara pembuatannya adalah dengan merendam bunga. Mereka percaya bahwa tubuh yang tidak bersih dan berbau adalah tubuh yang tidak suci. Ketika sinar matahari menerpa. para masyarakat Mesir kuno juga sudah menggunakan sabun. yang kadang beraroma. Namun. Pria dan wanita menggunakan pelembap .Kebudayaan dan segala tentang Mesir sejak zaman dulu selalu menyimpan misteri. angin. termasuk alis mata dan bulu mata mereka KOMPAS. Di sepanjang pinggiran sungai Nil terdapat banyak bunga. Kini. tetapi juga membantu menyembuhkan kulit dari penyakit dan kerusakan. Sabun yang mereka gunakan berbentuk pasta dari abu atau tanah liat yang dicampur dengan minyak. dan buah-buahan. kemudian disaring dan dibiarkan dingin. kita mengenal cat semacam ini sebagai pensil mata. Baik itu yang berwarna hitam dan hijau di sekitar mata mereka. Cat mata Jika kita lihat di film-film yang mengulas tentang masyarakat Mesir zaman dulu. mulai dari pengusir serangga hingga menghalau panas sinar matahari. hingga kecantikan si ratu Cleopatra. Cara lainnya adalah dengan merebus minyak atau lemak kemudian ditambahkan bunga. Apa saja produk kecantikan yang terinspirasi dari masyarakat Mesir zaman dulu? 5. belum lagi minyak-minyak impor yang datang ke sana. 4. Mulai dari Raja-rajanya. Cat hitam mereka berasal dari bubuk galena (tipe batu kristal) sementara cat hijau dari bubuk mineral berwarna emerald. terbakar. herba. misteri kebesaran kerajaan. Ini adalah salah satu cara pembuatan parfum solid. dan bagian dari pohon.

Henna Masih sering digunakan sebagai bagian dari dekorasi tubuh dan pewarnaan rambut. Henna merah digunakan oleh para masyarakat Mesir kuno untuk mewarnai bibir mereka dengan warna merah. Patung ini menunjukkan hidungnya yang bengkok dan keriput di sekitar mata. “Patung ini masih sangat cantik meskipun tidak menampilkan objek yang begitu cantik. tak heran banyak tradisi yang menyarankan pengantin wanita menggunakannya. Henna akan menetap pada kulit selama beberapa hari hingga hilang. Jakarta. menggugah dan sensual. Henna terbuat dari daunLawsonia inermis yang dikeringkan. ya. mirip fungsi lipstik zaman sekarang. tumbuhan ini akan mengeluarkan bubuk berwarna jingga kemerahan.” kata Hughes.” ujar Hughes lagi. “Kami saat ini menuju makam di Lembah Raja di mana kami berpikir bahwa saudara Nefertiti juga diperkirakan memiliki fitur yang sama. Selain itu. Ia memiliki hidung bengkok dan keriput mata. untuk aroma serta kemampuannya untuk menghidrasi kulit. Patung berusia 3. ukiran wajah di inti kapur tersebut menunjukkan bahwa anggota kerajaan ini mungkin merapikan lipatan kulit di sekitar mulut dan hidung agar tetap cantik. Tak terlalu jauh dari perawatan kulit di zaman modern ini. tetapi juga ternyata memiliki khasiat medis. patung tersebut menjadi potret perempuan sejati.pada kulit mereka untuk melindungi diri dari panas dan keringnya iklim di sana.Ratu Mesir kuno yang dipuji selama ribuan tahun sebagai contoh sempurna dari keindahan ternyata melakukan bedah kecantikan. Meskipun begitu. henna dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan dan nasib baik. Perempuan ini menjadi salah satu tokoh paling terkenal di zaman Mesir Kuno. 1. Henna tak hanya berfungsi sebagai dekorasi kuku. Nefertiti meninggal sekitar tahun 1339 SM dan diperkirakan berusia antara 29 hingga 38 tahun. . Kadang. dan setelah dikeringkan serta dihancurkan. Namun. Bubuk ini kemudian dicampurkan dengan air untuk membentuk pasta. Hughes dan tim menggunakan CT Scan untuk menemukan model kapur lapis kedua dengan hidung bengkok dan keriput di mata. Ahli sejarah Bettany Hughes yang menjadi bagian dari tim peneliti patung 20 inci Nefretiti ini menyebutkan kenyataan tersebut. Daunnya berwarna kehijauan.300 tahun dari Ratu Nerfititi dengan hidung dan tulang pipi tinggi memang dikagumi para fans di seluruh dunia. Henna ternyata mampu menjaga kualitas rambut dan kulit si pemakai. menurut Hughes di zaman klasik telah digambarkan dalam sosok yang indah. mereka juga menggunakan madu. Semua kehidupan.

Pada kadar yang rendah. Philippe dan timnya menggunakan elektroda kecil dengan ketebalan hampir sama dengan rambut manusia. bagaimana tata rias bisa bekerja sebagai obat.ternyata riasan wajah Cleopatra itu bukan hanya untuk mempercantik diri saja. Kuncinya adalah kandungan garam yang terdapat pada polesan tata rias. Minggu (10/1/2010). yang menonjolkan keindahan pada bagian mata ternyata dimaksudkan untuk melindungi mata dari penyakit. garam memproduksi nitric oxide.tapi juga untuk kesehatan. bangsa Yunani dan Romawi kuno telah memiliki banyak catatan bahwa tata rias tertentu memiliki fungsi sebagai obat. Hasil temuan para peneliti Museum Louvre.000 tahun lalu bangsa Mesir menggunakan pemoles mata untuk mencegah infeksi. Dilansir BBC. Pada dosis yang rendah.Percaya atau tidak. Prancis tersebut mendeskripsikan bahwa tata rias seperti Cleopatra. tata rias ala Cleopatra memiliki efek perlindungan. Namun kami ingin mengetahui dengan tepat.Raja Tutenkhamen diperkirakan merupakan anak dari Nefertiti. studi yang dipublikasikan dalam jurnal Analytical Chemistry menimbulkan sedikit perdebatan karena secara teori.[ito] Siapa sie yang tidak tahu Cleopatra???Seorang putri yunani kuno yang terkenal dengan kecantikan dan riasan wajah yang membuat para pria terkagum-kagum melihatnya. Menjelajahi Istana Cleopatra di Dasar Laut . Riasan mata ala Cleopatra hingga kini diakui sebagai salah satu tren yang tak lekang di makan zaman dalam dunia fashion. Para peneliti menyimpulkan. Namun para peneliti yakin." lata Philippe Walter yang memimpin studi ini. Orang-orang Mesir kuno umumnya memerlukan waktu hingga satu bulan untuk menggelapkan dan meningkatkan keindahan matanya. riasan tersebut berisiko bagi kesehatan karena kandungan timah didalamnya.Tapi ada fakta lain dibalik riasan wajah Cleopatra itu loh. pada 4. yaitu senyawa yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkis serangan bakteri penyebab infeksi mata. dalam satu sel. Dengan cara tersebut mereka berusahan melihat efek timah garam klorida yang disintesis yaitu laurionite. Dalam studi ini. awal mula bangsa Mesir kuno menggunakan riasan tersebut tak hanya untuk keindahan tapi lebih karena alasan medis. "Kami tahu.

yang pertama kali ditemukan pada 1996. Reruntuhan itu berada di dasar laut sekitar Pulau Anthirodos. Mesir.Misteri istana Cleopatra di dasar laut kian terkuak. Tim penyelam dari sejumlah negara ini susah payah menggali salah satu situs arkeologi bawah laut paling kaya di dunia itu. Mereka pun mengambil artifak-artifak mengagumkan peninggalan era Cleopatra. .000 tahun. Para penyelam berenang di antara tumpukan batu kapur yang tenggelam ke dasar laut akibat gempa bumi dan tsunami lebih dari 1. Barang-barang berharga dari reruntuhan istana itu. Selasa 25 Mei 2010.600 tahun lalu. yang dikenal sebagai dinasti terakhir penguasa Mesir Kuno sebelum dijajah oleh Kekaisaran Romawi pada tahun 30 Sebelum Masehi (SM). tim ilmuwan mendapat temuan-temuan penting di reruntuhan bangunan di bawah laut. tempat di mana ratu Mesir Kuno pernah bertahta. yang diyakini merupakan Kompleks istana dan Kuil Isis. Kompleks istana dan kuil Isis ini sempat terlupakan selama 2. Dalam suatu misi penyelaman. yang terletak di dekat kota pelabuhan Alexandria. akan dipamerkan di Amerika Serikat (AS) mulai awal Juni mendatang.

Sejak awal 1990-an. untuk menaklukkan pelabuhan Alexandria yang jarak pandangnya sangat kurang. Akhirnya tim penyelam mengonfirmasi keakuratan deskripsi mengenai kota Alexandria.” kata Goddio yang telah melewatkan dua dekade untuk mencari kota yang hilang tersebut. . “Lokasi ini merupakan situs unik di dunia. yang ditinggalkan oleh para pakar geografi dan ahli sejarah Yunani sekitar 2.Menggunakan perangkat teknologi mutakhir. survei topografi memungkinkan tim peneliti yang dipimpin arkeolog bawah laut Prancis.000 tahun lalu. tim mendeteksi reruntuhan banguan yang terkubur jauh di bawah sedimen sisa pelabuhan. Franck Goddio.

Oktavianus kemudian tampil memimpin Romawi dengan nama Kaisar Augustus. Oktavianus. dalam Perang Saudara. . Tim penyelam menemukan sejumlah tempat utama dalam kehidupan dramatis pasangan Cleopatra-Antony. Bangunan tersebut belum rampung dikerjakan karena Antony terlanjur bunuh diri. tempat di mana Antony menarik diri dari dunia luar setelah menelan kekalahan dari Oktavianus. termasuk Timonium. Mereka konon bunuh diri menyusul kekalahan Antonius dari mantan sekutunya. Markus Antonius (Mark Antony). Di tempat itulah Cleopatra menjalin hubungan asmara dengan jenderal Romawi.Eksplorasi ini membawa tim penyelam mengunjungi kompleks istana dan kuil Isis.

Ratu Nefertiti . Amerika Serikat (AS) dari 5 Juni hingga 2 Januari 2010 dalam pameran bertajuk “Cleopatra: The Search for the Last Queen of Egypt“.Ratu Cantik yang Diperebutkan Jerman dan Mesir patung yang diperebutkan itu . putra Cleopatra dan kekasihnya sebelum Antony.Mereka juga menemukan batu berbentuk kepala berukuran besar. Penemuan di perairan Alexandria ini akan dipamerkan di Franklin Institute. yang diduga kuat sebagai Caesarion. Pameran kemudian akan berlanjut ke kota-kota lain di Amerika Utara. Philadelphia. Julius Caesar. Tim juga menemukan dua patung sphinx yang salah satu di antaranya kemungkinan merupakan gambaran ayah Cleopatra. Ptolemy XII.

gambarnya Menurut kisah Mesir kuno. pada 1912.400 tahun dan kini disimpan di Berlin. Di abad modern ini. Nefertiti adalah ratu yang terkenal dengan kecantikannya. di Amarna (Mesir). Ludwig Borchardt. Patung Nefertiti dipertontonkan pada publik di Berlin sejak 1923 setelah ditemukan oleh arkeolog Jerman. Patung Nefertiti berusia 3. Spoiler for gambar: . Jerman. Mesir mengirimkan surat kepada Jerman agar artefak tak ternilai harganya itu dikembalikan ke tempatnya semula di pinggiran Sungai Nil. Jerman dan Mesir terlibat pertikaian diplomatik untuk menguasai patung ratu yang melegenda itu. Patung ini menjadi tontonan top di Berlin dan dilihat setengah juta pengunjung tiap tahun.

.

Mesir. Pada hari Senin (24/1). telah berupaya membawa pulang patung istri salah satu firaun di Mesir itu lebih setengah abad. yang menuding Jerman menguasai Nefertiti secara ilegal degan cara culas. Ketua Mahkamah Agung Mesir untuk Barang Antik Zahi Hawass menyatakan bahwa 'permintaan resmi' telah dikirimkan ke Jerman untuk meminta patung .

dan ditemukan di peninggalan tempat ia bekerja. Wikipedia menulis. akan tetap menolak tuntutan pengembalian Nefertiti. tempat Nefertiti disimpan. Patung ini merupakan karya yang banyak ditiru. Dia menyatakan Jerman. dan merupakan ibu mertua dan mungkin ibu tiri dari Pharaoh Tutankhamun. Dibuat oleh pematung bernama Thutmose. yang ia sering tergambarkan memakainya." ujar Hawass seperti dilansir The Independent. "Sebuah permintaan resmi adalah dari satu pemerintah ke yang lain. disebut nefer. Ia terkenal dengan patung dadanya yang berada di Berlin." kata jubir Kemlu. Kecantikan Ratu Nefertiti (Istri Fir'aun) Di Rate dulu eaa ! Jika baca cerita-cerita dari Mesir. Hawass menyatakan. Nefertiti adalah Permaisuri Agung (istri utama) dari Fir'aun/Pharaoh Amenhotep IV (kemudian bergelar Akhenaten)." imbuhnya. permintaan itu mendapat dukungan penuh dari pemimpin Mesir dan Menteri Kebudayaan dan telah dikirimkan kepada pemerintah Jerman dan Yayasan Warisan Budaya Prusia. Secara kasar namanya diterjemahkan menjadi "wanita yang cantik (atau sempurna)telah datang.itu dipulangkan. Ia juga kemungkinan memerintah kerajaan dalam waktu singkat dengan nama Neferneferuaten-Nefertiti (berarti. masyarakat Mesir. yang berargumen patung itu terlalu rapuh bahkan untuk dipinjamkan ke Mesir. Dia disebut juga sebagai Permaisuri Agung atau Istri Utamanya . Namun Jerman menolak tuntutan Mesir itu kemarin. Ane malah inget Film The Mummy Nefertiti Queen. Rabu (26/1/2011). "Kami meminta harta yang unik ini dikembalikan ke pemiliknya yang berhak. yang mengelola Neues Museum di Berlin. "Itu bukan permintaan resmi. Aten memancarkan sinarnya karena Kecantikan telah datang) setelah suaminya meninggal dan sebelum bertahtanya Tutankhamun." Sebagian namanya juga berarti manik-manik emas yang terjulur panjang. Patung ini menjadi contoh bahwa pada zaman Mesir kuno sudah ada pemahaman proporsi wajah realistik.

sumber : wikipedia Foto-fotonya Gan !! Lets Cekiduut !! Quote: Di sumber. yang sekarang berada di Museum Altes Berlin. Secara kasar namanya diterjemahkan menjadi "wanita yang cantik (atau sempurna)telah datang".Bang Fir'aun . Sebagian namanya juga berarti manik-manik emas yang terjulur panjang. siape lagi nih ). patung ini adalah patung dada Ratu Nefertiti.mana dada-nya ya ?? . yang ia sering tergambarkan memakainya.. Ia terkenal dengan patung dada-nya. disebut nefer. tapiloh... Kata Nefertiti mempunyai arti Kecantikan Telah Datang. dan merupakan ibu mertua dan mungkin ibu tiri dari Pharaoh Tutankhamun (wah.

Quote: Subhanalloh foto tambahan dari sumber berbeda Spoiler for patungnya: .

Quote: matanya gan ! ngeri ! Spoiler for patung: .

.hidungnya ilang ! Spoiler for agak cantik: Quote: keliatan agak cantik kalo gini. sayang gak ada yang motret pake kamdig Spoiler for awas BB17+: ..Quote: wkwk.

Spoiler for awass: Spoiler for muminya nefertiti: Quote: bagian mulut ama dadanya ilang gan ! Spoiler for hiks..lagi: .

.keliatan apanya tuh ! .Quote: wah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->