P. 1
sejarah kelompok 2

sejarah kelompok 2

|Views: 79|Likes:

More info:

Published by: Yuridha Rizama Yulianto on Mar 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPSX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/08/2012

pdf

text

original

Created by: Yuridha R.

Y

Kesadaran Kebangsaan di Asia dan Afrika
Nasionalisme
Liberalisme Demokrasi Sosialisme
Kelas : XI-IPS Nama : - Dwi Yuniarti - Nahdalia Andani - Yuridha Rizama

Pan-Islamisme Gerakan Kebangsaan

Free Powerpoint Templates Page 2 . Melalui aspek sejarah biasanya suatu bangsa memiliki rasa senasib sepenanggungan serta harapan untuk menggapai masa depan yang lebih baik.Gerakan nasionalisme lebih menekankan pada kesetiaan dan menjaga keutuhan negara. Aspek mendasar timbulnya nasionalisme adalah aspek sejarah.

namun di daerah jajahan sama sekali tidak memberi kebebasan pada bangsa yang dijajah . Hal ini berarti di satu sisi mendengungkan kebebasan.Istilah liberalisme ini berasal dari kata liberales (bahasa Spanyol). sebagai titik tolak dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. yaitu nama partai pada abad ke-19 yang memperjuangkan pemerintahan konstitusional untuk Spanyol Liberalisme diartikan sebagai paham kebebasan. Free Powerpoint Templates Page 3 . yaitu paham yang menghendaki adanya kebebasan individu.

. Dalam hal ini demokrasi berarti bahwa kekuasaan ada di tangan rakyat. dan untuk rakyat. oleh rakyat.Secara etimologi pengertian demokrasi berasal dari bahasa Yunani. Maksudnya kekuasaan yang baik adalah kekuasaan yang berasal dari rakyat. yakni “demos” yang artinya rakyat dan “kratos/kratein” artinya kekuasaan/ berkuasa.

Sosialisme bertujuan membentuk negara kemakmuran dengan usaha kolektif yang produktif dan membatasi milik perseorangan Ciri utama sosialisme adalah pemerataan sosial dan penghapusan kemiskinan .Sosialisme yang kita kenal sekarang ini timbul sebagian besar sebagai reaksi terhadap liberalisme abad ke 19.

Ide-ide pembaharuan keislamanya merupakan hasil refleksi atas kondisi umat Islam yang semakin terpuruk terutama pasca kolonialisme yang dilakukan oleh bangsabangsa Eropa. Al-Afgani adalah seorang sayyid (memiliki garis keturunan ke nabi Muhammad) lahir pada tahun 1839 dan wafat pada tahun 1897. Powerpoint Templates Page 6 . Ia merupakan pemikir sekaligus aktivis politik yang berasal dari Afganistan.Pan Islamisme adalah suatu ide pembaharuan Islam yang digulirkan oleh Jamaludin Al-Afgani.

.

tujuannya adalah mengusahakan pendidikan yang patriotis. Ia menulis buku yang terkenal dan menggemparkan pemerintah kolonial Spanyol di Filipina. dan Inggris. Ia merupakan pelopor kemerdekaan dan perlawanan nasional Filipina. ahli sastra. Companerismo Artinya persahabatan. Prancis. tujuannya mempersatukan Filipina untuk menentang penjajah Spanyol. dan telah mengunjungi Spanyol.LOGO 1). 2). . Jerman. merupakan gerakan nasional yang pertama di Filipina yang lahir pada tahun 1880. Ia seorang dokter. Liga Flipina Didirikan oleh Jose Rizal pada tahun 1982.

LOGO .

LOGO Nasionalisme di Vietnam. Periode 1917 – 1930 3. Periode 1913 – 1917 2. yakni: 1. Periode 1930 – 1945 . Gerakan nasionalsime vietnam melalui tiga peride. Sejak Vietnam dikuasai Prancis. gerakan nasinalisme Vietnam mulai bangkit. Kamboja dan Vietnam ke tangan Prancis. Gerakan nasionalsime di Vietnam diawali dengan peristiwa jatuhnya seluruh Indochina yang meliputi Laos.

LOGO .

Mesir menuntut kemerdekaan kepada Inggris. Mesir memberontak terhadap Inggris. .LOGO Pada tahun 1882. Tahun 1936 Mesir menjadi negara yang merdeka penuh. Mesir menjadi kerajaan di bawah persemakmuran Inggris. Selanjutnya Terusan Suez dikuasai Mesir kembali pada tahun 1956 setelah di nasionalisasi oleh Gamal Abdul Nasser. Setelah PD-I. di bawah pimpinan Arabia Pasya. Akhirnya tahun 1922.

LOGO .

Kebencian itu semakin memuncak setelah bangsa Inggris mengungguli pasukan kaisar dalam Perang Candu tahun 1842. Kaisar Manchu tahun 1911 digulingkan oleh rakyatnya sendiri dan Cina menjadi republik. Dr.LOGO Nasionalisme Cina tersulut setelah rakyat kecewa terhadap penguasa Manchu yang dinilai bukan dinasti keturunan Cina. Sun Yat Sen merupakan tokoh nasionalis Cina ternama. . Ia mencita-citakan Cina baru yang didasarkan San Min Chu I (Tiga Sendi Kedaulatan Rakyat) yaitu nasionalisme. AS dan Jepang. Akhirnya revolusi pun pecah. demokrasi dan sosialisme. Kaisar dinilai lemah dan bertanggung jawab atas penderitaan rakyat Cina akibat penjajahan bangsa Eropa.

LOGO .

Dalam perang melawan agresi Barat tampil Mustapha Kemal Pasha (tokoh militer Turki) yang bersimpati pada gerakan Turki Muda. Nasionalisme Turki semakin tumbuh setelah negara-negara sekutu berusaha terus melemahkan Turki dengan cara membantu gerakan nasionalis Yunani merebut wilayah Turki di bagian Barat Balkan tahun 1919. Gerakan ini dianggap sebagai realisasi dari nasionalisme Turki karena terbentuk atas dasar semangat kebangsaan yang berusaha mengusir kekuasaan Barat. dimana Turki berada dipihak yang kalah dan harus tunduk pada keputusan sekutu. .LOGO Nasionalisme dan revolusi bangsa Turki terjadi setelah Perang Dunia I.

LOGO .

Satyagraha. Di antara para pemimpin India lainnya. yang lebih terkenal adalah Mahatma Gandhi yang memiliki dasar perjuangan Ahimsa. Organisasi ini merupakan cetusan kebangsaan rakyat India. Gerakan politik baru kelihatan setelah berdiri Indian National Congress (Partai Kongres). Hartal.LOGO Pergerakan nasionalisme India pada mulanya bersifat gerakan sosial dan pendidikan. dan Swadesi. . Anggotanya terdiri atas golongan intelektual Hindu dan Muslim.

LOGO .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->