P. 1
1.a Linier Programming Metode Grafik

1.a Linier Programming Metode Grafik

|Views: 256|Likes:
Published by Redy Muhammad R

More info:

Published by: Redy Muhammad R on Mar 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2014

pdf

text

original

Pembentukan persamaan
‡ Dalam dunia usaha dan ekonomi berkenaan dengan alokasi sumber-sumber yang terbatas. ‡ Berhubungan dengan maksimasi sejumlah hasil atau minimasi sejumlah biaya. ‡ Teknik matematika untuk menentukan alokasi, dimana sejumlah hasil atau biasa berbentuk persamaan linier, disebut pemograman linier.

± Batasan-batasan yang berbentuk persamaan atau pertidak samaan linier yang disebut kendala. .‡ Pemograman linier mencakup: ± Maksimasi atau minimasi fungsi linier dari beberapa variabel utama yang disebut fungsi tujuan.

2...Bentuk dasar maksimasi dan minimasi n Z ! §cj X j Maksimasi fungsi tujuan j !1 Batasan § a X e b untuki ! 1.2...n Dengan notasi matriks Maksimasi Z=CX Batasan AX e B dimana: C ! ....m n ij j i j !1 Xj uo untukj ! 1.

...c n « x1 » ¬x ¼ X ! ¬ 2¼ ¬ : ¼ ¬ ¼ ­ xn ½ X u0 « b1 » ¬b ¼ B!¬ 2¼ ¬: ¼ ¬ ¼ ­bm ½ « a11 A!¬ : ¬ ¬a m1 ­ a12 : am2 . c 2 . a1n » : : ¼ ¼ .... a mn ¼ ½ ..c1 .

m untukj ! 1.2.....n Xj uo Dalam notasi matriks Minimasi Z = CX Batasan/kendala AX u B X u0 .n Minimasi fungsi tujuan Batasan/kendala Z ! §cj X j j !1 n §a j !1 ij X j u bi untuki ! 1..2...

‡ Kendala untuk maksimasi dalam bentuk . . ‡ Kendala untuk minimasi dalam bentuk . ‡ Untuk variabel dan batasan yang lebih banyak digunakan metode simplex. ‡ Pemograman linier yang tidak lebih dari 2 variabel dapat diselesaikan dengan metoda grafik.

5 jam untuk perakitan (A). Setiap meja memerlukan 2. dan 2 jam untuk pengepakan. dan 1 jam untuk pengepakan(C).3 perminggu.Metode grafik ‡ Sebuah pabrik memproduksi meja(X1) bangku (X2). 3 jam untuk pemolesan(B). Perusahaan tersebut tidak dapat menggunakn lebih dari 20 jam untuk perakitan. Setiap bangku memerlukan 1 jam untuk perakitan. Barapa besarnya output yang harus dihasilkan untuk memaksimalkan laba? . 3 jam untuk pemolesan. 30 jam untuk pemolesan.marjin laba meja adalah Rp. dan Rp 4 per bangku. dan 16 jam untuk pengepakan setiap minggu.

5 x1  x 2 e 20 kendala B : 3 x1  3x 2 e 30 kendala C : x1  2 x 2 e 16 kendala ketidaknegatifan : x1 . x 2 u 0 Z ! 3x1  4 x 2 dariA x 2 ! 20  2.5 x1 dariB dariC x 2 ! 10  x1 x 2 ! 8  0.Contoh Model Memaksimumkan ‡ Tujuan maksimumkan ‡ Kendala/batasan kendala A : 2.5 x1 .

20 18 ‡ Grafik: 16 14 kendala A 12 10 kendala B 8 E 6 4 kendala C 2 2 4 6 8 10 12 14 16 18 20 .

yaitu titik tertinggi/terendah dari isoquant yang menyinggung garis isoprofit/isocost. Sedangkan daerah fisibel dibatasi oleh garis isoquant yang merupakan gabungan dari beberapa pembatas/kendala. Pemecahan optimal terjadi pada titik ekstrim yang fisibel.Keterangan Gambar ‡ Fungsi tujuan dapat digambarkan sebagai suatu garis isoprofit(untuk masalah maksimalisasi) atau isocost(untuk masalah minimalisasi). .

3. maka diperlukan titik-titik ekstrim yang membatasinya yaitu: ‡ Perpotongan antara kendala A dengan sumbu X : (8.6) .8) ‡ Perpotongan antara kendala A dengan kendala B : (6.Penyelesaian ‡ Seperti yang terlihat dalam gambar daerah yang diarsir dibatasi oleh garis Isoquant.5) ‡ Perpotongan anatara kendala B dengan kendala C : (4.0) ‡ Perpotongan antara kendala C dengan sumbu Y : (0.5 .

.5+4x3.5 (8.5.8) 3x0+4x8 = 32 (4.3.5) 3x6.5 = 33. Masukan titik-titik tersebut pada persamaan tujuan. ‡ ‡ ‡ ‡ (0.6) 3x4+4x6 = 36 (6..Lanjutan.0) 3x8+4x0 = 24 Karena tujuannya memaksimumkan maka akan tercapai pada saat x1 = 4 dan x2 = 6 .

maka solusi optimum dalam hal ini titik optimumnya. akan mengalami perubahan baik untuk tujuan memaksimalkan atau meminimalkan .‡ Apabila fungsi tujuan mengalami perubahan.

bahan baku utama yang digunakan berupa kayu jati dan kayu kamper. Jumlah kebutuhan bahan baku dan waktu mesin yang diperlukan untuk membuat setiap unit mebel (meja dan kursi) serta kapasitas yang tersedia sbb: Sumber Daya Kayu kamper (unit) Kayu Jati (unit) Mesin (jammesin) ‡ Model A 4 2 1 Model B 2 2 3 Kapasitas 120 100 90 Perusahaan tersebut menginginkan keuntungan yang maksimum dengan menjual mebel model A dengan harga Rp 10.000.000. Karena persaingan yang semakin tajam manajemen perusahaan bermaksud meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya produksi sehingga dapat mencapai hasil optimal.Latihan 1 ‡ Garuda Furniture merupakan suatu perusahaan yang memproduksi mebel dari kayu.000 dan mebel model B dengan harga Rp 7.000 .

Terdapat dua merek pupuk untuk dipilih.Contoh Model Meminumkan ‡ Seorang petani menyiapkan lahan untuk menanam pada musim semi dan membutuhkan pemupukan lahan tersebut. Setiap merek menghasilkan jumlah nitrogen dan fosfat tertentu. Kandungan Merek Super-gro Crop-quick Nitrogen (pon/sak) 2 4 Fosfat (pon/sak) 4 3 . Super-gro dan Crop-quick.

x2 0 .Model Meminimalkan Z = $ 6x1 + $ 3x2 Batasan 2x1 + 4x2 16 pon nitrogen 4x1 + 3x2 24 pon fosfat x1.

Grafik .

Titik Minimum ‡ Titik pertama ( 0. 8/5) sehingga akan diperoleh nilai Z = 168/5 ‡ Titik ketiga (8.0) maka x1 = 8 dan x2 = 0 sehingga akan diperoleh nilai Z = 48 .8) maka x1 = 0 dan x2 = 8 sehingga akan diperoleh Z = 24 ‡ Titik kedua adalah perpotongan diantara dua garis sehingga diperoleh ( 24/5 .

Kesimpulan ‡ Berdasarkan nilai Z yang terkecil maka petani sebaiknya tidak membeli Super-gro tetapi membeli 8 kantong Crop-quick dengan total biaya $ 24 .

Dua diantaranya gandum dan beras. Perusahaan ini ingin mengetahui berapa ons gandum dan beras yang harus dicakup dalam sereal ini untuk dapat memberikan kandungan 48 mg vit A dan 12 mg vit B sekaligus meminimalkan biaya.Latihan 2 ‡ Munchies Cereal Company membuat sereal dari tujuh bahan makanan. Sementara satu ons beras mengandung 6mg vit A dan 2 mg vit B. Harga satu ons gandum adalah $0. yang merupakan sumber vitamin A dan B.03 ± Formulasikan model program liniernya ± Selesaikan model ini dengan analisis grafik . Satu ons gandum mengandung 8 mg vit A dan 1 mg vit B.05 dan harga satu ons beras adalah $0.

Bentuk Masalah Program Linier yang Tidak Teratur (Irreguler) ‡ Apabila garis fungsi tujuan menjadi sejajar dengan garis batasan. garis tersebut bukan akan menyentuh satu titik ektrim. terdiri dari beberapa titik yang mungkin (solusi majemuk) . sehingga dua titik ekstrim itu membentuk garis BC. ‡ Kertika garis fungsi tujuan tersebut bergerak menuju ke luar dari daerah fisibel. tetapi menyentuh dua titik ekstrim sekaligus yaitu B dan C. ‡ Maka garis BC diantara 2 titik ekstrim tersebut sebagai solusi optimal alternatif. sehingga slope atau kemiringannya sama.

Grafik Masalah Tidak Teratur .

‡ Hal tersebut dikarenakan kesalahan dalam pembentukan model matematikanya.Masalah yang Tidak Fisibel ‡ Apabila tidak adanya perpotongan diantara fungsi kendala. maka tidak ada daerah yang fisibel. .

sehingga tidak akan mencapai suatu solusi.Masalah Tidak Terbatas ‡ Apabila fungsi kendala tidak tertutup. Dalam hal ini fungsi tujuan mungkin saja akan terus menerus naik tidak terbatas. biasanya kesalahan dalam bembentukan model matematiknya. . ‡ Masalah tidak terbatas tersebut tidak mungkin terjadi di dunia nyata.

Grafik Masalah Tidak Terbatas .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->