SEJARAH TEORI GRAVITASI Aristoteles percaya kalau benda yang lebih berat akan jatuh lebih cepat dari

yang lebih ringan. Ini tentu anggapan yang masuk akal, bila anda memegang sebuah bulu di satu tangan dan batu di tangan lainnya dan menjatuhkannya secara serentak dari satu ketinggian, maka batu akan menimpa jari kaki anda lebih dulu. Ini tentu saja karena hambatan udara, namun bagi Aristoteles itu jelas kalau benda berat jatuh lebih cepat. Karya modern pada teori gravitasi dimulai dengan karya Galileo Galilei di akhir abad ke 16 dan awal abad ke17. dalam percobaan terkenalnya ia menjatuhkan bola-bola dari menara pisa, dan kemudian dengan pengukuran yang teliti pada bola yang turun pada sudut tertentu, galileo menunjukkan kalau gravitasi mempercepat semua benda pada tingkat yang sama. Ini adalah kemajuan besar dibanding keyakinan Aristoteles kalau benda berat jatuh lebih cepat. (Galileo dengan benar mengatakan kalau hambatan udara adalah alasan mengapa benda yang ringan jatuh lebih lambat dalam sebuah atmosfer.) karya Galileo memicu perumusan teori gravitasi Newton. Sifat dari gaya gravitasi telah dipelajari oleh ilmuan bertahun-tahun dan masih diselidiki oleh fisikawan teoritis. Untuk sebuah benda seukuran pesawat terbang, penjelasannya telah diberikan tiga ratus tahun lalu oleh Sir Isaac Newton dan cukup baik. Newton mengembangkan teori gravitasinya saat ia baru berusia 23 tahun dan menerbitkan teori-teori dengan hukum geraknya beberapa tahun kemudian. Gaya gravitasi antara dua benda tergantung pada massa benda dan kebalikan kuadrat jarak antara benda. Benda yang lebih besar menghasilkan gaya yang lebih besar dan semakin jauh kedua benda, semakin lemah gaya tariknya. Newton mampu menunjukkan hubungan ini dalam satu persamaan. F = (g m1 m2) / (r^2) Percepatan gravitasi benda di luar bumi Dapat ditunjukkan kalau percepatan karena gravitasi di luar bola dengan kepadatan sama adalah setara dengan seluruh massa benda bila ia terkonsentrasi pada pusatnya. Menggunakan ini kita dapat menunjukkan percepatan karena gravitasi (g') pada jari-jari (r) diluar bumi dalam bentuk jari-jari bumi (re) dan percepatan karena gravitasi di permukaan bumi (g)

Hasil modifikasi ini ternyata lebih benar. . Alat ideal untuk menjelajahi sisi terlipat alam semesta ini adalah radiasi yang muncul dari ruang waktu terlipat tersebut: “gelombang gravitasi”. Rumus menemukan percepatan karena gravitasi pada titik ini adalah: g' = ( r / re )g dalam kedua rumus diatas. Setelah penemuan kalkulus tak hingga di abad ke 17. Selanjutnya Kip Thorne mempelajari mengenai big bang dan lubang hitam. Gelombang gravitasi adalah golakan dalam kelengkungan ruang waktu yang dipicu dengan laju cahaya menembus ruang kosong. Massa yang bergerak adalah sumber dari gelombang gravitasi. berpuncak pada tafsiran variasional persamaan medan Einstein dalam relativitas umum oleh David Hilbert. Penemuan gelombang gravitasi akan membenarkan salah satu prediksi paling dasar relativitas umum Einstein. Alam semesta memiliki benda dan fenomena yang terbentuk dari ruang dan waktu terlipat. perkembangan analisis memungkinkan merumuskan hukum gerak dan kesamaan dalam prinsip variasional.g' = (re2 / r2) g Percepatan gravitasi di dalam bumi Misal r menyajikan jari-jari sebuah titik di dalam bumi. sekaligus memberikan jendela baru pada alam semesta. Newton juga memodifikasi hukum gerak planet Keppler ketiga dengan teori gravitasinya sehingga hukum ketiga menjadi (m1 + m2) P^2 = (d1 + d2)^3 = R^3. Contohnya adalah lubang hitam dan singularitas big bang dari mana alam semesta lahir. g' menjadi sama dengan g saat r = re.

Newton memberikan pelajaran tentang optik. Dan selama masa ini. Kemudian Newton menggunakan tiga prinsip dasar pergerakan yang sekarang di kenal sebagai Hukum Newtonuntuk menjelaskan bagaimana benda bergerak. Ayah Isaac Newton meninggal tiga bulan setelah Newton lahir. dimana disana dia menjadi murid dengan peringkat atas. dan dimasa kecilnya.PENEMU GRAVITASI BUMI Isaac Newton 4 January 1643 . dapat membentuk spektrum warna tersebut menjadi satu cahaya putih kembali Isaac Newton menyadari bahwa matematika adalah cara untuk menjelaskan hukumhukum alam seperti gravitasi. dikatakan sebagai buku yang paling berpengaruh dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahuan. Di kisahkan bahwa suatu hari Newton duduk dan belajar di bawah pohon apel dan saat itu sebuah apel jatuh dari pohon tersebut. Newton kemudian bersekolah di sekolah desa dan kemudian pindah ke sekoah yang lebih baik di Grantham. Buku yang ditulis dan dipublikasikan pada tahun 1687. dia sendiri menyelidiki refraksi cahaya (refraksi: perubahan arah dari suatu gelombang akibat perubahan kecepatan) dan memberikan demostrasi bahwa sebuah prisma dapat memecah cahaya putih menjadi berbagai macam spektrum warna dan sebuah lensa pada prisma yang kedua. Dengan mengamati apel yang jatuh. Saat ini banyak kisah yang menceritakan bahwa Newton mendapatkan rumus tentang teori gravitasi dan sebuah apel yang jatuh dari pohon. astronomi. Newton tinggal bersama neneknya. matematika. dan membuat beberapa rumus untuk menghitung 'pergerakan benda' dan 'gravitasi bumi'. yang mengubah pandangan orang terhadap hukum fisika alam selama tiga abad kedepan dan menjadi dasar dari ilmu pengetahuan modern.31 Maret 1727 Gravitasi Sir Isaac Newton adalah ahli fisika. . Newton mengambil kesimpulan bahwa ada sesuatu kekuatan yang menarik apel tersebut jatuh kebawah. Newton dapat menjelaskan dan membuktikan bahwa planet beredar mengelilingi matahari dalam orbit yang berbentuk oval dan tidak bulat penuh. kimia dan ahli filsafat yang lahir di Inggris.Gravitasi adalah kekuatan yang membuat suatu benda selalu bergerak jatuh ke bawah. Dengan tiga prinsip dasar dari hukum pergerakan. Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica. dan kekuatan itu yang kita kenal sekarang dengan nama gravitasi. Karyanya ini menjelaskan tentang hukum gravitasi dan tiga asas (hukum) pergerakan. Pada tahun 1670 sampai 1672.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful