Proposal Pelatihan Komputer

PROPOSAL PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN KOMPUTER DI PESANTREN LATAR BELAKANG Pendidikan merupakan hak dari setiap manusia. Karena dengan pendidikanlah manusia dapat melakukan banyak hal. Dalam terminologi agama-nya, hanya dengan pendidikan manusia dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Ungkapan tersebut bukanlah jargon kosong tanpa makna. Pendidikan memang merupakan instrument inti yang dapat membuka seluruh tabir kehidupan, baik kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial. Berbicara tentang pendidikan di Pondok Pesantren, hari ini amat terlihat bahwa pesantren tidak dapat lagi dianggap sebagai pendidikan yang hanya mementingkan ajaran keagamaan semata. Pondok pesantren telah melakukan reformasi internal untuk dapat mengejar ketertinggalannya. Banyak pondok pesantren yang hari ini terlihat cukup dinamis dalam melakukan eksplorasi dalam berbagai hal. Terutama dalam bidang pembekalan keilmuan yang berbasis lifes skill. Hal ini terutama karena situasi bangsa yang memang sedang berada dalam krisis multi-dimensional yang berkepanjangan. Perlu banyak hal dilakukan untuk sekedar bertahan hidup di zaman ini. Pondok Pesantren Al-Majidiyyah merupakan salah satu pondok pesantren yang sejak lama memiliki keinginan yang kuat dalam mewujudkan kader muda yang memiliki keilmuan yang lengkap. Hal itu diwujudkan dengan pembentukan lembaga pendidikan formal mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Disamping itu pengembangan keilmuan santri melalui berbagai macam pelatihan terus dilakukan hingga saat ini. Pendidikan “Life Skill” ini merupakan salah satu agenda penting dari Yayasan Al-Majidiyyah tidak saja penting secara kelembagaan namun juga bagi para santri untuk membekali mereka dalam hidup. Dengan kemampuan yang dimilikinya diharapkan santri dapat membuka peluang ekonomi baru dan mengurangi pengangguran di Indonesia. Kegiatan life skill menjadi agenda penting yang tak pernah luput dari perhatian Yayasan Al-Majidiyyah. Pendidikan Life skill bagi santri yang kali ini mengambil materi pendidikan Komputer merupakan materi yang sangat penting bagi peserta. A. PERMASALAHAN
1) Permasalahan

banyaknya pengangguran usia produktif seiring dengan laju pertambahan penduduk, sehingga perlu dikembangkan pola pendidikan terpadu masyarakat yang

Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah

1

Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah 2 . Gombong Rt. 2) Peningkatan keterampilan remaja putri khususnya supaya dapat mengakses dunia kerja. 3) Berkurangnya tingkat pengangguran remaja putus sekolah.Proposal Pelatihan Komputer diorientasikan untuk memberikan akses yang luas bagi anak – anak yang kurang mampu 2) Terdapat korelasi antara masalah kemiskinan dengan tingkat produktifitas masyarakat. B. LOKASI PROGRAM DAN KELOMPOK SASARAN LOKASI PROGRAM KEGIATAN Pelaksanaan program berlokasi di Gedung milik Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah yang beralamat di Kp. diperlukan suatu program sinergis yang dapat memberikan peluang bagi remaja putus sekolah dan miskin untuk bekerja/berusaha. 03/03 Desa Budiharja Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. melalui pelatihan keterampilan produktif. 5) Terjalinnya kerjasama dan saling pengertian antara Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan terpadu masyarakat Keterampilan Hidup (Life Skills) dengan Dunia Usaha – Industri (DU DI) dalam menangani masalah kemiskinan dalam kontek kewilayahan. TUJUAN Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam program ini diantaranya : KETERAMPILAN KOMPUTER DI 1) Peningkatan produktifitas remaja putus sekolah. NAMA PROGRAM PROGRAM PELATIHAN PESANTREN. yakni melalui Pelatihan Keterampilan Produktif Komputer. Sehingga. sehingga dapat diminimalisir kerawanan sosial yang mungkin timbul karenanya. sehingga tertanam jiwa enterpreunership dalam kehidupan sosial kemasyarakatannya. 4) Pemberian bekal keterampilan hidup (life skill) bagi remaja putus sekolah dan remaja putri.

6. Hasilnya diharapkan program diketahui dan mendapat dukungan dari warga. Siswa tingkat SD/SLTP/SLTA yang berusia 6 tahun sampai dengan 18 tahun dan perhatian dalam pengembangan keterampilannya. Bersedia mengikuti program sampai selesai. Siswa tingkat SD. • • Warga masyarakat yang perlu untuk mendapatkan sentuhan 2. SLTA. 2. SLTP.Proposal Pelatihan Komputer KELOMPOK SASARAN / PESERTA PROGRAM 1. 2. SLTA. Profil Peserta Program Adapun pemetik program adalah sebagai berikut : 1. Kegiatan ini dilakukan dengan cara penyebaran brosur program dan penyampaian informasi lisan dalam pertemuan-pertemuan baik tingkat kelurahan maupun kecamatan. Sosialisasi program Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan informasi keberadaan program kepada masyarakat. Menganggur / tidak memiliki pekerjaan tetap. SLTP. Berasal dari database pendaftaran pendidikan dan pelatihan yang di adakan Yayasan Pondok Pesantren AlMajidiyyah. Remaja putus Sekolah dari keluarga miskin 4. JENIS KEGIATAN Lingkup kegiatan pada program ini meliputi : 1. dan dari tingkat SD. karena tidak memiliki keterampilan yang dapat dijadikan sebagai sumber nafkah 5. diutamakan remaja putri. C. Dengan alternatif sasaran peserta sebagai berikut : • Pemuda/pemudi yang berasal dari warga desa Gombong dan sekitarnya. Peserta Program Peserta program berjumlah 25 remaja putus sekolah. Sasaran ini dikonsentrasikan kepada para pemuda/pemudi yang ingin belajar sesuai dengan taraf hidup ekonomi yang dimiliki. Usia produktif (6-21 tahun) Laki-laki dan Perempuan 3. Indentifikasi Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah 3 .

dan pada akhir program disusun dan dilaporkan Laporan Akhir. sehingga selama pelatihan peserta sudah mencapai tingkat Trampil. khususnya yang terancam putus sekolah. Pelaporan tersebut dilakukan secara rutin 1 bulan 1 kali dalam bentuk Laporan Bulanan. 2) Terbentuknya tenaga kerja yang dengan kebutuhan. Hasil identifikasi ini. Setiap perkembangan pelaksanakan program akan dilaporkan oleh pihak Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah kepada DIRJEN PLS dengan tembusan kepada Dinas Pendidikan Propinsi. b. Pelaksanaan Program Pelatihan Pelatihan Komputer dimaksudkan untuk memberikan bekal kemampuan dan keterampilan kepada peserta program sehingga pasca program dapat bekerja atau berusaha. 3. Waktu pelatihan dilaksanakan selama 4 (empat) bulan dengan metode praktis. Pelatihan dilaksanakan dengan sistem kelas (inclass) dengan metode penyampaian teori dan praktek dalam bimbingan Fasilitator.Proposal Pelatihan Komputer Kegiatan ini dimaksudkan untuk : a. 4. Identifikasi mitra dan peluang-peluang usaha dan kerja yang dapat dimasuki oleh peserta program setelah selesai mengikuti kursus. Monitoring dan Pelaporan Evaluasi dan monitoring dilaksanakan seiring dengan pelaksanaan program. Mengidentifikasi remaja putus sekolah dari keluarga miskin dan kaum remaja putri menganggur usia produktif yang bermotivasi kuat untuk mandiri . Sedangkan Laporan Akhir mencakup hasil keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah sebagai penyelenggara pendidikan pelatihan. Dalam Laporan Bulanan dilaporkan perkembangan kegiatan yang dilaksanakan selama 1 bulan. D. selanjutnya akan dilakukan upaya rekruitmen sesuai dengan kriteria kelompok sasaran program. Cara yang dilakukan melalui survey data yang ada di pihak-pihak terkait dan pendataan langsung kepada keluarga miskin. KELUARAN YANG DIHARAPKAN Hasil yang diharapkan melalui Program Kursus ini adalah sebagai berikut : 1) Terbantunya komunitas miskin. mempunyai skill sesuai 3) Meningkatnya keterampilan kelompok sasaran dalam usaha produktif dan Usaha kecil lainnya Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah 4 .

diharapkan dengan wakmempunyai 60 orang alumni yang terampil mengoperasikan komputer. Bandung Barat : Ka. Jadwal Pelaksanaan Bulan No Kegiatan Sosialisasi kepada kelompok sasaran dan pihak terkait Identifikasi dan rekruitment Peserta Program Pelatihan Keterampilan Komputer Evaluasi / Test Hasil Belajar 1 2 3 0 4 5 6 1 7 2 8 3 9 4 1 0 5 1 1 6 1 2 7 1. Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah 5 . ORGANISASI PELAKSANA Sebagai Lembaga Mitra dalam Program Kursus ini adalah Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah.Pd. Bandung Barat : Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah : K. Adapun Tim Pelaksana adalah tim yang berpengalaman dan memiliki kulifikasi sesuai dengan bidangnya sebagai berikut : Pelindung Pembina Penanggung Jawab Koordinator Program Pendamping Masyarakat IT Trainer Sekretaris & Bendahara : Depdiknas Kab. Dudun Koharudin : Agus Tabacan. 2. 4. Ust.Proposal Pelatihan Komputer 4) Terbukanya kelompok sasaran peluang usaha dan peluang kerja bagi yang 5) Meningkatnya pendapatan kelompok sasaran mendukung bagi usaha kesejahteraan masyarakat E. : Neneng Aminah Syarif F. Setiap peserta pelatihan di bimbing selama 4 bulan. WAKTU DAN JADWAL KEGIATAN 1. S. Nanang 2. Olih Solihin : 1. 3. 2. Diknas Kab. Waktu Pelaksanaan Program Pelatihan Keterampilan Komputer ini dilaksanakan dalam waktu yang berkesinambungan.

Cililin. dengan rekapitulasi sebagai berikut : REKAPITULASI BIAYA Program Keterampilan Komputer Di PESANTREN No 1 2 3 4 Uraian Biaya Administrasi dan Dokumentasi Biaya Pelatihan Keterampilan Komputer Biaya Personalia/Tim Pelaksana Modal Kerja Usaha Komputer. Pelaksanaan Program Pelaporan Bulanan 6. Kepala Pondok Pesantren.000 11. Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah 6 . Jumlah Total Terhitung : Jumlah 770.350.000 81.000 PENUTUP Demikianlah proposal ini kami sampaikan sebagai bahan pertimbangan Dirjen Pendidikan Luas Sekolah Dinas Pendidikan Nasional pusat untuk memberikan bantuan dana orsosmas/yayasan/LSM penyelenggara Pendidikan Non Formal kepada Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah Cililin Bandung Barat.Proposal Pelatihan Komputer Monitoring Perkembangan 5. RENCANA BIAYA Anggaran Biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Program ini terlampir.700. Maret 2009 Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah Ketua Yayasan. Pelaksanaan Program G.000 24.200.690.000 44.

Proposal Pelatihan Komputer Dra. Hasanah K. Olih Solihin Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah 7 . Hj.

Proposal Pelatihan Komputer Yayasan Pondok Pesantren Al-Majidiyyah 8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful