P. 1
Anatomi Penciuman

Anatomi Penciuman

|Views: 217|Likes:
Published by Bobby Elstanza

More info:

Published by: Bobby Elstanza on Mar 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2015

pdf

text

original

ANATOMI PENCIUMAN

PENGERTIAN HIDUNG  Hidung adalah bangunan berongga yang terbagi oleh sebuah sekat ditengah menjadi rongga hidung kiri dan kanan. Masingmasing rongga dibagian depan berhubungan keluar melalui nares atau cuping hidung anterior dan dibelakang berhubungan dengan bagian atas faring (nasofaring) .

PEMBAGIAN HIDUNG   BAGIAN HIDUNG LUAR BAGIAN HIDUNG DALAM .

BAGIAN HIDUNG LUAR       pangkal hidung (bridge) dorsum nasi (dorsum=punggung) puncak hidung ala nasi (alae=sayap) kolumela lubang hidung (nares anterior) .

Di dalam hidung terdapat rongga yang dipisahkan menjadi 2 rongga oleh septum. yang membentang dari lubang hidung sampai ke tenggorokan bagian belakang. .BAGIAN HIDUNG DALAM   Hidung bagian atas terdiri dari tulang dan hidung bagian bawah terdiri dari tulang rawan (kartilago).

Sebagai penyaring udara pernafasan yang dilakukan oleh bulu-bulu hidung Dapat menghangatkan udara pernafasan oleh mukosa Membunuh kuman-kuman yang masuk.Fungsi rongga hidung     Bekerja sebagai saluran udara pernapasan. bersamasama udara pernafasan oleh leukosit yang terdapat dalam selaput lendir atau hidung. .

.SINUS HIDUNG     Sinus maksilaris Sinus etmoidalis Sinus frontalis Sinus sfenoidalis.

.FUNGSI SINUS    Berat dari tulang wajah menjadi berkurang Kekuatan dan bentuk tulang terpelihara Resonansi suara bertambah.

SINUS .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->