Tokoh matematika

:

Leonhard Euler (lahir di Basel, Swiss, 15 April 1707 – meninggal di St. Petersburg, Rusia, 18 September 1783 pada umur 76 tahun) (dilafalkan "oiler") adalah matematikawan dan fisikawan Swiss. Ia dipandang (bersama Archimedes, Gauss, dan Newton) sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa. Euler menyumbangkan berbagai penemuan penting di bidang-bidang yang beragam seperti kalkulus dan teori graf. Dia juga memperkenalkan terminologi dan notasi matematika modern, terutama untuk analisis matematika, seperti konsep fungsi matematika. Dia juga dikenal dengan karya-karyanya dalam bidang mekanika, dinamika fluida, optika dan astronomi. Dia merupakan salah satu matematikawan paling subur. Kumpulan karyanya memenuhi 60-80 volume kuarto. Pernyataan yang disebutkan berasal dari PierreSimon Laplace menyatakan pengaruh Euler dalam matematika: "Baca Euler, baca Euler, dialah tuan kita semua." Euler ditampilkan pada seri keenam uang kertas 10 franc dan pada banyak perangko Swiss, Jerman dan Rusia. Untuk menghormatinya, nama salah satu asteroid, 2002 Euler berasal dari namanya. Dia juga dikenang oleh Gereja Lutheran pada kalender para Santa Lutheran pada tanggal 24 Mei. Euler merupakan penganut taat agama Kristen, dan mempercayai bahwa Alkitab bersih dari kesalahan, dan berargumen sengit melawan para ateis ternama pada zamannya.

Matematika (dari bahasa Yunani: μαθηματικά -mathēmatiká) secara umum ditegaskan sebagai penelitianpola dari struktur, perubahan, dan ruang; tak lebih resmi, seorang mungkin mengatakan adalah penelitian bilangan dan angka’. Dalam pandangan formalis, matematika adalah pemeriksaan aksioma yang menegaskan struktur abstrak menggunakan logika simbolik dan notasi matematika; pandangan lain tergambar dalam filosofi matematika. Struktur spesifik yang diselidiki oleh matematikus sering mempunyai berasal dari ilmu pengetahuan alam, sangat umum di fisika, tetapi mathematikus juga menegaskan dan menyelidiki struktur untuk sebab hanya dalam saja sampai ilmu pasti, karena struktur mungkin menyediakan, untuk kejadian, generalisasi pemersatu bagi beberapa sub-bidang, atau alat membantu untuk perhitungan biasa. Akhirnya, banyak matematikus belajar bidang dilakukan mereka untuk sebab yang hanya estetis saja, melihat ilmu pasti sebagai bentuk senidaripada sebagai ilmu praktis atau terapan.

Sejarah matematika

Cakupan pengkajian yang disebut sebagai sejarah matematika adalah terutama berupa penyelidikan terhadap asal muasal temuan baru di dalam matematika, di dalam ruang lingkup yang lebih sempit berupa penyelidikan terhadap metode dan notasi matematika baku di masa silam. Sebelum zaman modern dan pengetahuan yang tersebar global, contoh-contoh tertulis dari pembangunan matematika yang baru telah mencapai kemilaunya hanya di beberapa tempat. Tulisan matematika terkuno yang pernah ditemukan adalah Plimpton 322 (Matematika Babilonia yang berangka tahun 1900 SM), Lembaran Matematika Moskow (Matematika Mesir yang berangka tahun 1850 SM), Lembaran Matematika Rhind (Matematika Mesir yang berangka tahun 1650 SM), dan Shulba Sutra (Matematika India yang berangka tahun 800 SM). Semua tulisan yang bersangkutan memusatkan perhatian kepada apa yang biasa dikenal sebagai Teorema Pythagoras, yang kelihatannya sebagai hasil pembangunan matematika yang paling kuno dan tersebar luas setelah aritmetika dasar dan geometri.

Apakah matematika?

Sejak masa sebelum masehi. digunakan untuk menentukan waktu turun hujan. tak memerlukan jenis atau cabang matematika yang canggih. • Matematika sebagai Raja dan sekaligus Pelayan Ada pendapat terkenal yang memandang matematika sebagai pelayan dan sekaligus raja dari ilmu-ilmu lain. Sebagai raja. banyak cabang-cabang matematika murni yang ternyata kemudian hari bisa diterapkan dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir. …. perkembangan matematika tak tergantung pada ilmu-ilmu lain. . semakin kompleks suatu fenomena. • Apakah matematika ilmu yang ’sulit’? Secara umum. 2. tetapi disebabkan oleh sulit dan kompleksnya fenomena yang solusinya diusahakan dicari atau didekati oleh perumusan (model matematikanya) dengan menggunakan jenis atau cabang matematika tersebut. Sebaliknya berbagai fenomena fisik yg mudah di amati. misalnya jaman Mesir kuno. 1. matematika adalah ilmu dasar yang mendasari dan melayani berbagai ilmu pengetahuan lain. semakin kompleks pula alat (dalam hal ini jenis matematika) yang melalui berbagai perumusan (model matematikanya) diharapkan mampu untuk mendapatkan atau sekedar mendekati solusi eksak seakurat-akuratnya. Banyak cabang matematika yang dulu biasa disebut matematika murni. Dengan perkembangan teknologi. kurang. dsb. Kemampuan aritmetika sudah cukup untuk mencari solusi (jumlah penduduk) dengan keakuratan yang cukup tinggi. Jadi tingkat kesulitan suatu jenis atau cabang matematika bukan disebabkan oleh jenis atau cabang matematika itu sendiri.2. melalui beberapa operasi dasar: tambah. misalnya jumlah penduduk di seluruh Indonesia. . -1. cabang tertua dan termudah dari matematika (aritmetika) sudah digunakan untuk membuat piramida. kali dan bagi.Pengertian matematika sangat sulit didefinsikan secara akurat. Pada umumnya orang awam hanya akrab dengan satu cabang matematika elementer yang disebut aritmetika atau ilmu hitung yang secara informal dapat didefinisikan sebagai ilmu tentang berbagai bilanganyang bisa langsung diperoleh dari bilangan-bilanganbulat 0. Sebagai pelayan. dst. dikembangkan oleh beberapa matematikawan yang mencintai dan belajar matematika hanya sebagai hoby tanpa memperdulikan fungsi dan manfaatnya untuk ilmu-ilmu lain.

perubahan. misalnya para pakar Teori Model (lihatmodel matematika) yg juga mendalami filosofi di balik konsep-konsep matematika bersepakat bahwa semua konsep-konsep matematika secara universal terdapat di dalam pikiran setiap manusia. Struktur spesifik yang diselidiki oleh matematikawan sering kali berasal dari ilmu pengetahuan alam. banyak pakar mengkelompokkan matematika dalam kelompok bahasa. sedangkan dalam bahasa Indonesia. ada pula pandangan lain. untuk menggeneralisasikan teori bagi beberapa sub-bidang. • Ikhtisar . Misalnya orang Jawa secara lisan memberi simbol bilangan 3 dengan mengatakan “Telu”. misalnya yang dibahas dalam filosofi matematika. misalnya letak bilangan 1? Banyak para pakar matematika. bukan sains. Akhirnya. matematika adalah penelaahan struktur abstrak yang didefinisikan secara aksioma dengan menggunakan logika simbolik dan notasi matematika. Inilah sebabnya. agarpola struktur. ruang dan sifat-sifat fenomena bisa didekati atau dinyatakan dalam sebuah bentuk perumusan yg sistematis dan penuh dengan berbagai konvensi. melihat ilmu pasti sebagai bentuk seni daripada sebagai ilmu praktis atau terapan.• Matematika sebagai bahasa Di manakah letak semua konsep-konsep matematika. Hasil perumusan yang menggambarkan prilaku atau proses fenomena fisik tersebut biasa disebut model matematika dari fenomena. khususnya berbagai fenomena alam yang teramati. bilangan tersebut disimbolkan melalui ucapan “Tiga”. atau alat membantu untuk perhitungan biasa. atau lebih umum lagi dalam kelompok (alat) komunikasi. tetapi matematikawan juga mendefinisikan dan menyelidiki struktur internal dalam matematika itu sendiri. Matematika tingkat lanjut digunakan sebagai alat untuk mempelajari berbagai fenomena fisik yg kompleks. simbol dan notasi. dan sangat umum di fisika. Jadi yang dipelajari dalam matematika adalah berbagai simbol dan ekspresi untuk mengkomunikasikannya. misalnya. banyak matematikawan belajar bidang yang dilakukan mereka untuk sebab estetis saja. Dalam pandangan formalis.

Mengerti dan mendeskripsikan perubahan pada kuantitas yang dapat dihitung adalah suatu yang biasa dalam ilmu pengetahuan alam. Pelajaran tentang struktur dimulai dengan bilangan. Investigasi metode-metode untuk memecahkan persamaan matematika dipelajari dalam aljabar abstrak. mempelajari tentang ring dan field. Disiplin utama dalam matematika didasarkan pada kebutuhan perhitungan dalam perdagangan. Konsep vektor. Sifat bilangan bulat yang lebih mendalam dipelajari dalamteori bilangan. Banyak permasalahan yang berujung secara alamiah kepada . dan kalkulus dibangun sebagai alat untuk tujauan tersebut. atau belajar” juga μαθηματικός (mathematikós) yang diartikan sebagai “suka belajar”. yaitugeometri Euclid dan trigonometri dari ruang tiga dimensi (yang juga dapat diterapkan ke dimensi lainnya). Topologi menghubungkan studi ruang dengan studi perubahan dengan berfokus pada konsepkontinuitas. Beberapa permasalahan rumit tentangkonstruksi kompas dan penggaris akhirnya diselesaikan dalam teori Galois. kemudian belakangan juga digeneralisasi ke geometri Noneuclid yang memainkan peran sentral dalam teorirelativitas umum. struktur yang menggeneralisasi sifat-sifat yang umumnya dimiliki bilangan. sementara dalam geometri aljabar. yang termasuk dalam dua cabang: struktur dan ruang. Ilmu tentang ruang berawal dari geometri. Bidang ilmu modern tentang geometri diferensial dangeometri aljabar menggeneralisasikan geometri ke beberapa arah:: geometri diferensial menekankan pada konsep fungsi. pengukuran tanah dan memprediksi peristiwa dalam astronomi. ruang dan perubahan. buntelan. derivatif. objek-objek geometris digambarkan dalam bentuk sekumpulan persamaan polinomial. ilmu pengetahuan. smoothness dan arah.Kata “matematika” berasal dari kata μάθημα(máthema) dalam bahasa Yunani yang diartikan sebagai “sains. Konsep utama yang digunakan untuk menjelaskan perubahan variabel adalah fungsi. pertama dan yang sangat umum adalah bilangan naturaldan bilangan bulat dan operasi arimetikanya. Ketiga kebutuhan ini secara umum berkaitan dengan ketiga pembagian umum bidang matematika: studi tentang struktur. digeneralisasi menjadi vektor ruang dipelajari dalamaljabar linier. yang antara lain. Teori grup mempelajari konsep simetri secara abstrak dan menyediakan kaitan antara studi ruang dan struktur. yang semuanya itu dijabarkan dalam aljabar dasar.

Bidang-bidang penting dalam matematika terapan ialahstatistik. Untuk merepresentasikan kuantitas yang kontinu digunakanlah bilangan riil. amat tepat untuk menyamaratakan bilangan kompleks yang dipelajari dalam analisis kompleks. Matematika diskret ialah nama umum untuk bidang-bidang penggunaan matematika dalam ilmu komputer. Saat pertama kali komputer disusun. Banyak fenomena di alam bisa dideskripsikan dengansistem dinamis dan teori chaos menghadapi fakta yang banyak dari sistem-sistem itu belum memperlihatkan jalan ketentuan yang tak dapat diperkirakan. meletakkan dasar untukmekanika kuantum di antara banyak hal lainnya. beberapa konsep teori yang penting dibentuk oleh matematikawan. dan studi mendetail dari sifat-sifatnya dan sifat fungsi nilai riil dikenal sebagai analisis riil. teori informasi dan teori informasi algoritma. . Analisis bilangan menyelidiki teori yang secara tepat guna memecahkan bermacam masalah matematika secara bilangan pada komputer dan mengambil kekeliruan menyeluruh ke dalam laporan.hubungan antara kuantitas dan laju perubahannya. 2. dan metoda untuk memecahkan masalah ini adalah topik dari persamaan differensial. bidang teori pasti. aljabar dll sehingga kalau mau sok idealis tentu saja banyak manfaat Matematika untuk ilmu pengetahuan lain dan juga untuk kehidupan. yaitu untuk hitung-menghitung. Untuk beberapa alasan. geometri. Kombinasi (Statistika) bisa digunakan untuk mengetahui banyaknya formasi tim bola voli yang bisa dibentuk. logika matematika dan teori modeldikembangkan. Kini banyak pertanyaan-pertanyaan itu diselidiki dalam ilmu komputer teoritis. menimbulkan bidang teori komputabilitas. analisis dan perkiraan fenomena dan digunakan dalam seluruh ilmu. Agar menjelaskan dan menyelidiki dasar matematika. Ilmu Matematika diantaranya meliputi aritmatika. teori kompleksitas komputasional. yang menggunakan teori probabilitas sebagai alat dan memberikan deskripsi itu. Analisis fungsionalmemfokuskan perhatian pada (secara khas dimensi tak terbatas) ruang fungsi. Aritmatika hampir digunakan setiap hari.. misalnya: 1.

Aljabar bisa digunakan untuk memecahkan masalah bagaimana memperoleh laba sebanyak mungkin dengan biaya sesedikit mungkin. Geometri bisa digunakan para ahli sipil karena geometri salah satunya adalah membahas tentang bangun dan keruangan. 5. Mungkin dengan logika Matematika juga bisa membantu untuk berpikir logis. tapi tentu saja bukan hanya Matematika saja yang bisa membantu dalam berpikir logis. .3. 4.

Petunjuk mengenai awal manusia mengenal hitungan ditemukan oleh arkeolog Karl Absolom tahun 1930 dalam sebuah potongan tulang serigala – ternyata mereka lebih bernyali. sesungguhnya kita tidak membutuhkan angka nol. ‘dua dan satu’. Sekarang kita menyebut system basis lima yang digunakan si Gog adalah system quiner. maka system penghitungan akan tetap bisa dilakukan. diperkirakan manusia baru mengenal angka satu dan banyak atau satu. dst. benar-benar tidak butuh. Pada saat ini ternyata masih ada yang menggunakan sistem ini. Apakah ia sedang menghitung berapa lalat yang telah ia lahap. ataukah sudah berapa lama ia tidak mandi. karena memangnya untuk apa ? Jauh sebelum zamannya si Gog. karena memang ‘tidak penting’. Suku Bacairi dan Baroro memiliki system hitung ‘satu’. karena kita lebih memilih untuk menggunakan media kertas dibading tulang serigala – yang diperkirakan berumur 30. Mengapa Gog memilih lima sebagai basisnya. Ketika anda ditanya. dan bukannya basis empat atau enam ? Toh. Entah apa yang telah dihitung oleh Manusia gua Gog. Tapi sampai saat itu angka nol tetap belum . dst. Inilah masalahnya.basis berapapun yang dipilih. ‘dua’. Terserah anda akan membayangkan seperti apa 30. Saat ini pun kita menuliskan sebelas sebagai sepuluh dan satu. yaitu suku Indian Sirriona di Bolivia dan orang-orang Yanoama di Brasil. iiiii iiiii iiiii.000 tahun. entahlah.Tampaknya ini dipilih karena manusia sajak dari dulu sampai sekarang memiliki lima jari di setiap tangan.ASAL USUL ANGKA NOL Dalam sehari-hari. Ternyata seiring berjalannya waktu. angka nol tidak muncul. dua dan banyak. Mereka memiliki system angka berbasis dua dan kita sekarang menyebutnya dengan system biner – saat ini kita sering mempelajarinya jika kita mempelajari system hitungan yang digunakan komputer. Dan pada zaman ini angka nol sama sekali belum muncul. maka anda akan cenderung untuk mengatakan ‘Saya tidak punya jeruk’ ketimbang mengatakan ‘Saya mempunyai nol jeruk’. ‘Punya berapa jerukkah anda ?’. karena dalam prakteknya kita sama sekali tidak memerlukan angka nol. Dan ternyata angka nol sendiri relative belum terlalu lama ditemukan. Ketika kita mempunyai seorang adik dan ditanya ‘Berapa tahun umur adikmu itu ?’. ‘dua dan dua dan satu’. Maka kita lebih memilih untuk menjawab ‘Umurnya baru 1 bulan’ daripada harus menjawab dengan ’Umurnya baru 0 tahun’. Maka dalam waktu yang sangat lama pada sejarah perjalanan manusia. mereka mulai merangkai angka yang sudah ada. Pada potongan tulang itu ditemukan goresan-goresan kecil yang tersusun dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas lima. Penyebutan Baroro untuk ‘dua dan dua dan satu’ adalah ‘seluruh jari tangan saya’ dan masyarakat Yunani kuno menyebut proses penghitungan dengan fiving – melimakan.000 tahun yang lalu itu dan bagaimana kita hidup jika telah dilahirkan pada masa itu. ‘dua dan dua’.

dibandingkan dengan Mesir yang harus menuliskannya dengan 15 simbol. orang-orang Mesir mulai membuat tanda untuk menunjukkan ‘satu’. dll yang di sini kita sebut dengan sempoa). namun angka nol ternyata belum muncul juga di Mesir. maka orang Yunani memandang angka-angka dan filsafat dengan sangat serius. 3600 atau bilangan yg lebih besar lainnya. Kita juga mengenal Aristoteles dan Ptolomeus. seksagesimal . bahwa sebuah tanda dapat berarti 1. Jika bangsa Mesir menganggap matematika hanyalah alat untuk mengetahui pergantian hari – dengan sistem kalender – dan mengatur pembagian lahan – dengan geometri – . Sebelum tahun 500 SM. suan-pan di China. Penemuan sistem penanggalan matahari merupakan terobosan besar dan ditambah dengan penemuan seni geometri . Begitu juga simbol i menunjukkan ‘satu’ atau ‘enam puluh’ dalam dua posisi yang berbeda. yang justru mengalami kemunduran pada angka Romawi yang memerlukan 7 simbol – LXXXVII. Ini dikarenakan mereka menggunakan matematika untuk praktis dan tidak menggunakannya untuk sesuatu yang tidak berhubungan dengan kenyataan. Kembali kita menelusuri mesin waktu. Sebelum masa piramida. karena akan sangat panjang – walaupun demikian. Bangsa Mesir akan menggambar enam simbol untuk mencatat angaka seratus dua puluh tiga ketimbang menggambar 123 garis. karena kita tidak perlu mencatat dan mengatakan ‘nol serigala’ dan ‘nol adik kita’ bukan ? Sejak masa Gog manusia terus mengalami kemajuan. jari dua tangan saya – mereka. sebagai contoh. mereka juga tidak menemukan angka nol. Orang Babilonia . Orang Yunani . Meraka pakar perbintangan dan pencatat waktu yang handal dan bahkan sudah menciptakan kalender. Babilonia – Iraq sekarang – ternyata memiliki sistem hitung kuno yang jauh lebih maju. lima ribu tahun yang lalu. menuliskan angka 87 dengan 2 simbol. Zeno yang melahirkan paradoks ketertakhinggaan dan Pytagoras yang sangat kita kenal dengan teorema segitiga siku-sikunya – yang belakangan diketahui bahwa rumus ini sebenarnya sudah diketahui sejak 1000 tahun sebelumnya. sehingga mereka memiliki 59 tanda. Meskipun mereka sudah mencapai matematika tingkat tinggi. s’choty di Rusia. Kembali ke dunia timur.coulbadi di Turki. Sistem hitung mereka seperti sistem kita saat ini dimana 222 menunjukkan nilai ‘dua’. dsb. Mereka dikenal dengan filsafatnya – yang tidak kita bahas dulu. Merekalah yang mengenalkan alat bantu hitung abax – soroban di Jepang. Kemudian kita berpindah ke Yunani. Yang membedakan sistem ini dengan Mesir dan Yunani adalah. Angka nol tetap belum ditemukan sampai saat ini. Mereka juga menggunakan basis 10. Bangsa Mesir dikenal sangat menguasai matematika. 60.muncul. dilahirkan di sini. tanda lain untuk menunjukkan ‘lima’. orang-orang Mesir kuno telah menggunakan gambar untuk system bilangan desimal – basis sepuluh. Mereka menggunakan sistem berbasis 60. ‘dua puluh’ dan ‘dua ratus’. mereka telah memahami matematika dengan lebih baik dibandingkan Mesir.

Suriah. bintang lainnya terbit. Mesir dan Babilonia yang dibawa Alexander saat penaklukannya.ii tetap tidak mempunyai nilai numerik tersendiri. Dan saat ini Islam telah tersebar mencapai Mesir. Mesopotamia dan Persia dan juga Yerusalem. Bilangan yang terdiri atas sepuluh tanda. dsb. mengalami puncak kejayaanya pada abad VIII. namun sesungguhnya angka nol tetap saja belum muncul pada kebudayaan ini. Pada abad IX. 3601. Dan juga menyebarkan Algoritma dari kata Al-Khawarizmi. sementara dengan abakus hal ini lebih mudah ditunjukkan angka mana yang dimaksud. Maka diperlukan penanda dan mereka menggunakan ii sebagai tempat kosong. sebuah kolom kosong pada abakus. 60 atau 3600 atau nilai yang lebih besar. Walaupun mereka telah menemukan penanda kolom kosong dengan ii. Maka ketika kita meninggalkan kebudayaan-kebudayaan di atas. Sebuah teks yang ditulis pada tahun 476 M menunjukkan pengaruh matematika Yunani. Tahun 711 M. Islam telah menguasai Spanyol sampai ke wilayah Prancis dan di tahun 751 M telah mengalahkan Cina. Khalifah Al Ma’mun mendirikan perpustakaan megah. Dan di Spanyol yang lebih dikenal dengan Andalusia. Sehingga ii dapat lebih kacau lagi. Amirul Mukminin Umar Bin Khattab Al Faruq ra. Islam telah mencapai sungai Hindus di Timur dan Algiers di Barat. Suatu ketika pakar Matematika India mengubah sistem hitung mereka dari sistem Yunani ke Babilonia tetapi berbasis sepuluh. Setelah Rasulullah Muhammad saw wafat maka dimulailah masa Khulafur Rasyidin yang dipimpim oleh Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq ra. Namun dari referensi pertama bilangan Hindu yang berasal dari seorang Uskup Suriah pada tahun 662 menyebutkan bahwa mereka menggunakan 9 tanda dan bukannya sepuluh. Dan akhirnya angka nol pun . karena bsa berarti 61. Sebuah batu yang terletak di kolom kedua dapat dibedakan dengan mudah dari batu yang terdapat di kolom ketiga dan seterusnya. Amirul Mukminin Usman Bin Affan Dzunnurrain ra dan Amirul Mukminin Ali Bin Abi Thalib kw. Dengan demikian i dapat berarti 1. Barat pun mengalami kemunduran dan Timur mengalami kebangkitan.tidak memiliki metode untuk menunjukkan kolom-kolom yang tepat bagi simbolsimbol tertulis. Islam. Dan dari sinilah bangsa-bangsa di belahan dunia lain akan mengikuti sistem bilangan arab yang baru. Sehingga sekarang ii berarti 61 dan iiii berarti 3601. Selama bintang Barat tenggelam di balik cakrawala. Dan salah satu ilmuwan terkemukannya adalah Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Asal mula matematika di India masih samar. Tulisan pentingnya antara lain Al-Jabr Wa Al-Muqabala dan dari sinilah muncul istilah aljabar – penyelesaian. tetap saja belum kita temukan angka nol dan dari titik ini kita akan mengalami percabangan untuk menentukan siapa sebenarnya penemu sang angka nol. Dengan jatuhnya kekaisaran Romawi pada abad VII. Pada tahun 700 M. Bayt Al Hikmah – Rumah Kebijaksanaan.

. Wallahu ‘alam. ia baru muncul pada abad – minimal – VI atau bahkan lebih.muncul dan selesailah perjalanan kita. Namun suatu hal yang pasti. Dan kita tetap belum tahu secara pasti apakah angka nol pertama muncul di India ataukah di Andalusia ataukah di Arab.

Rumus trigonometri perkalian sinus dan cosinus. Rumus trigonometri untuk sudut rangkap (2a). 2 Sin a Cos b = Sin (a+b) + Sin (a-b) 2 Cos a Sin b = Sin (a+b) – Sin (a-b) 2 Cos a Cos b = Cos (a+b) + Cos (a-b) 2 Sin a Sin b = – { Cos (a+b) – Cos (a-b) } . Sin 2 a = 2 Sin a . cos a Sin 3 a = -4 Sin3 a + 3 Sin a Cos 2 a = Cos2 a – Sin2 a Cos 2 a = 1 – 2 Sin2 a Cos 2 a = 2 Cos2 a – 1 Cos 3a = 4 Cos3 a – 3 Cos a Rumus trigonometri sudut pertengahan (1/2 a).Rumus trigonometri untuk jumlah dan selisih sudut.

.Rumus jumlah dan selisih trigonometri.

Memakai Rumus Kuadrat atau Rumus abc c. Persamaan Kuadrat 1) Bentuk Umum Persamaan Kuadrat : . c. . b.FUNGSI PERSAMAAN & PERTIDAKSAMAAN KUADRAT A. Memfaktorkan diuraikan menjadi b. x adalah variabel persamaan kuadrat a adalah koefisien b adalah koefisien x c adalah konstanta 2) Cara Menyelesaikan Persamaan Kuadrat a. Dimana : dan a. Melengkapkan Kuadrat Sempurna Bentuk umum persamaan kuadrat bebentuk kuadrat sempurna adalah : dengan q > 0 3) Menentukan Jenis Akar-Akar Persamaan Kuadrat Jenis akar-akar persamaan kuadrat ditentukan oleh nilai deskriminan : a. D > 0 Kedua akar nyata dan berlainan.

dapat dicari tanpa terlebih dahulu mencari akar-akarnya. D = 0 Kedua akar nyata dan sama. dengan bilangan kuadrat sempurna. Untuk menghitung jumlah hasil kali akar-akar persamaan kuadrat . D <> Kedua akar tidak nyata (imaginer) d. c. kedua akar rasional.b. Dari rumus Dapat ditunjukkan bahwa: Rumus-rumus Akar Persamaan Kuadrat Yang Lain: dan 4). Sifat-sifat Akar Persamaan Kuadrat Jika dengan dan adalah akar-akar persamaan kuadrat maka berlaku sifat-sifat berikut ini : .

Syarat mempunyai kedua akar berkebalikan 5). Syarat mempunyai Dua Akar Berlainan Tanda d. Syarat mempunyai Dua Akar Berlawanan e. Syarat mempunyai Dua Akar Positif b.a. Syarat mempunyai Dua Akar Negatif c. Menyusun Persamaan Kuadrat Persamaan kuadrat yang akar-akarnya dan adalah : .

Ingkaran suatu pernyataan dapat dibentuk dengan menambah “Tidak benar bahwa . Ingkaran Pernyataan Ingkaran atau negasi suatu pernyataan adalah pernyataan yang menyangkal pernyataan yang diberikan. Ingkaran pernyataan adalah ~ p. Tidak benar bahwa tembakau mengandung nikotin. Ingkaran penyataan p adalah ~ p. Contoh : a) 3 x 4 = 12 (pernyataan tertutup yang benar) b) 3 + 4 = 12 (pernyataan tertutup yang salah) Kalimat terbuka. Contoh : a : Ada daun yang berwarna hijau b : Gula putih rasanya manis B.. yaitu : Kalimat tertutup.. Pernyataan Yang dimaksud dengan kalimat atau pernyataan adalah kalimat yang mempunyai nilai benar atau salah.LOGIKA MATEMATIKA A. tetapi tidak sekaligus benar dan salah. merupakan pernyataan yang kebenarannya belum pasti. merupakan pernyataan yang nilai kebenarannya sudah pasti.” di depan pernyataan yang diingkar. Contoh : Misalkan pernyataan p : Tembakau yang mengandung nikotin. Tabel kebenaran dari ingkaran . Ada dua jenis kalimat matematika.

(iii) Implikasi Implikasi “jika p maka q” dilambangkan dengan . . Konjungsi “p dan q” dilambangkan dengan (ii) Disjungsi Pernyataan p dengan q dapat digabung dengan kata hubung logika “atau” sehingga membentuk pernyataan majemuk “p atau q” yang disebut disjungsi.C. Pernyataan Majemuk (i) Konjungsi Pernyataan p dengan q dapat digabung dengan kata hubung logika “dan” sehingga membentuk pernyataan majemuk “p dan q” yang disebut konjungsi. Disjungsi p atau q dilambangkan dengan .

(iv) Biimplikasi Biimplikasi “p jika dan hanya jika q” dilambangkan dengan . dan Kontraposisi Dari sebuah implikasi dapat diturunkan pernyataan yang disebut konvers. D. Ekuivalensi Pernyataan – Pernyataan Majemuk E. invers dan kontraposisi dari implikasi tersebut. . Konvers. Invers.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful