EVALUASI HASIL DAN PROSES PEMBELAJARAN

Nama NIM Jurusan Prodi : : : : Ahmad Bahauddin F04110031 PMIPA Pendidikan Matematika

TUGAS 1

A. Definisi Evaluasi Evaluasi merupakan bagian dari sistem manajemen yaitu perencanaan, organisasi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Menurut pengertian istilah “evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan sesuatu obyek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan” (Yunanda : 2009). Pemahaman mengenai pengertian evaluasi dapat berbeda-beda sesuai dengan pengertian evaluasi yang bervariatif oleh para pakar evaluasi. Menurut Stufflebeam dalam Lababa (2008), evaluasi adalah “the process of delineating, obtaining, and providing useful information for judging decision alternatives," Artinya evaluasi merupakan proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk merumuskan suatu alternatif keputusan. Masih dalam Lababa (2008), Worthen dan Sanders mendefenisikan “evaluasi sebagai usaha mencari sesuatu yang berharga (worth). Sesuatu yang berharga tersebut dapat berupa informasi tentang suatu program, produksi serta alternatif prosedur tertentu”. Tague-Sutclife (1996 : 1-3), mengartikan evaluasi sebagai "a systematic process of determining the extent to which instructional objective are achieved by pupils". Evaluasi bukan sekadar menilai suatu aktivitas secara spontan dan insidental, melainkan merupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah berdasarkan tuiuan yang jelas. Dari definisi evaluasi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa evaluasi adalah penerapan prosedur ilmiah yang sistematis untuk menilai rancangan, selanjutnya menyajikan informasi dalam rangka pengambilan keputusan terhadap implementasi dan efektifitas suatu program. Pendapat lain mengenai evaluasi disampaikan oleh Arikunto dan Cepi (2008 : 2), bahwa: Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan. Fungsi utama evaluasi dalam hal ini adalah menyediakan informasi-informasi yang berguna bagi pihak decision maker untuk menentukan kebijakan yang akan diambil berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan. Sedangkan Uzer (2003 : 120), mengatakan bahwa: Evaluasi adalah suatu proses yang ditempuh seseorang untuk memperoleh informasi yang berguna untuk menentukan mana dari dua hal atau lebih yang merupakan alternatif yang diinginkan, karena penentuan atau keputusan semacam ini tidak diambil secara acak, maka alternatif-alternatif itu harus diberi nilai relatif, karenanya pemberian nilai itu harus memerlukan pertimbangan yang rasional berdasarkan informasi untuk proses pengambilan keputusan

) berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian”. sikap dan cara/kebiasaan belajar mahasiswa. C. metode. D. orang. Prinsip Evaluasi E.dll. Langkah-langkah Pokok dalam Evaluasi Belajar . komponen input instrumental. komponen output ialah hasil pembelajaran yang menandai ketercapaian tujuan pembelajaran. Secara sistemik. keputusan. evaluasi pembelajaran diarahkan pada komponen-komponen sistem pembelajaran. 2. pengolahan. unjuk kerja. cara mengajar dan media pembelajaran yang digunakan oleh dosen dalam pembelajaran. yakni kemampuan profesional guru/tenaga kependidikan. diantaranya yang penting ádalah: (1) Memperoleh pemahaman pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang telah berlangsung/dilaksanakan dosen. 1. Hasil be¬lajar menunjuk pada prestasi belajar. obyek. Sedangkan Ahmad (2007 : 133). komponen administratif (alat. penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. (2) Membuat keputusan berkenaan dengan pelaksanaan dan hasil pembelajaran. komponen kurikulum (program studi. serta minat. media). proses. dan (3) Meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam rangka upaya meningkatkan kualitas keluaran. dana). kegiatan. yakni perilaku awal (entry behavior) siswa. waktu. sedangkan prestasi belajar itu merupakan indikator adanya dan derajat perubahan tingkah laku siswa. Manfaat dan Fungsi Evaluasi Tujuan dilaksanakannya evaluasi proses dan hasil pembelajaran adalah untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan pembelajaran dan pencapaian hasil pembelajaran oleh setiap mahasiswa. komponen proses ialah prosedur pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi Hasil Belajar Evaluasi hasil belajar adalah keseluruhan kegiatan pengukuran (pengumpulan data dan informasi). Informasi kedua hal tersebut pada gilirannya sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Manfaat dilaksanakannya evaluasi proses dan hasil pembelajaran ada beberapa hal. Evaluasi Proses Pembelajaran Evaluasi pembelajaran adalah evaluasi terhadap proses belajar mengajar. evaluasi dapat juga diartikan sebagai “proses menilai sesuatu berdasarkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan yang selanjutnya diikuti dengan pengambilan keputusan atas obyek yang dievaluasi”. B. Dalam hal ini per¬hatian hanya ditujukan pada evaluasi terhadap komponen proses dalam kaitannya dengan komponen input instrumental. Tujuan. yang mencakup komponen input. Sasaran Evaluasi Sasaran evaluasi proses pembelajaran adalah pelaksanaan dan pengelolaan pembelajaran untuk memperoleh pemahaman tentang strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen. mengatakan bahwa “evaluasi diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (ketentuan.Menurut Djaali dan Pudji (2008 : 1).

persepsi maha-siswa tentang pembelajaran untuk suatu materi pokok sajian yang telah terlaksana. Menentukan desain evaluasi Desain evaluasi proses pembelajaran mencakup rencana evaluasi proses dan pelaksana evaluasi. Secara umum tujuan evaluasi proses pembelajaran untuk menjawab pertanyaanpertanyaan berikut: (1) Apakah strategi pembelajaran yang dipilih dan dipergunakan oleh dosen efektif.Tahapan pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran adalah penentuan tujuan. menentukan desain evaluasi. responden dan waktu. Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan pada setiap akhir pelak. minat. pengembangan instrumen evaluasi. (4) Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap materi sajian yang dibahas berkenaan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai. (2) Apakah media pembelajaran yang digunakan oleh dosen efektif. Rencana evaluasi proses pembelajaran berbentuk matriks dengan kolom-kolom berisi tentang: No. analisis dan interpretasi dan tindak lanjut. Urut.kator. (6) Bagaimana mahasiswa mensikapi pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen. Penyusunan instrumen evaluasi Instrumen evaluasi proses pembelajaran untuk memperoleh informasi deskriptif dan/atau informasi judgemental dapat berwujud (1) Lembar pengamatan untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen dapat digunakan oleh dosen sendiri atau oleh mahasiswa untuk saling mengamati. Analisis dan interpretasi Analisis dan interpretasi hendaknya dilaksanakan segera setelah data atau informasi terkumpul. 3. metode dan media pembelajaran yang digunkan oleh dosen. (3) Apakah cara mengajar dosen menarik dan sesuai dengan pokok materi sajian yang dibahas. dan (2) Kuesioner yang harus dijawab oleh mahasiswa berkenaan dengan strategi pembelajaran yang dilaksanakan dosen. 1. (7) Bagaimanakah cara belajar mahasiswa mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen.sanaan pembelajaran untuk materi sajian berkenaan dengan satu kompetensi dasar dengan maksud dosen dan mahasiswa memperoleh gambaran menyeluruh dan kebulatan tentang pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk pencapaian penguasaan satu kompetensi dasar. 4. Menentukan tujuan Tujuan evaluasi proses pembelajaran dapat dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan. pengumpulan informasi/data. (5) Apakah mahasiswa antusias untuk mempelajari materi sajian yang dibahas. indi. Pengumpulan data atau informasi Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan secara obyektif dan terbuka agar diperoleh informasi yang dapat dipercaya dan bermanfaat bagi peningkatan mutu pembelajaran. metode yang mencakup teknik dan instrumen. 2. Analisis berwujud deskripsi hasil evalusi berkenaan dengan proses pembelajaran . mudah diikuti dan berdampak mahasiswa mudah mengerti materi sajian yang dibahas. Selanjutnya pelaksana evaluasi proses adalah dosen mata kuliah yang bersangkutan. 5. Informasi yang dibutuhkan.

Tindak lanjut Tindak lanjut merupakan kegiatan menindak lanjuti hasil analisis dan interpretasi. sedang interpretasi merupakan penafsiran terhadap deskripsi hasil analisis hasil analisis proses pembelajaran.id/wp-content/media/PANDUAN-EVALUASI-PEMBELAJARAN.yang telah terlaksana. sedang tindak lanjut evaluasi pembelajaran berkenan dengan pelaksanaan dan instrumen evaluasi yang telah dilaksanakan mengenai tujuan.id/bitstream/123456789/19622/4/Chapter%20II.siswa agar hasil evaluasi dapat segera diketahui dan dipahami oleh dosen dan maha-siswa sebagai bahan dan dasar memperbaiki pembelajaran selanjutnya.ac.pdf http://unsam. Sumber: http://lpp.id/uploads/Evaluasi_Belajar.docx . Dalam evaluasi proses pembelajaran tindak lanjut pada dasarnya berkenaan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya dan evaluasi pembelajarannya. 6.usu.pdf http://repository.uns. Pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya merupakan keputusan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran.Instrumen Evaluasi.ac. Analisis dan interpretasi dapat dilaksanakan bersama oleh dosen dan maha.ac. proses dan instrumen evaluasi proses pembelajaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful