P. 1
Pengantar Material Teknik

Pengantar Material Teknik

|Views: 489|Likes:
Published by Didi Rooscote

More info:

Published by: Didi Rooscote on Mar 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2014

pdf

text

original

PENGANTAR MATERIAL TEKNIK

PENGGUNAAN KERAMIK SEBAGAI REM CAKRAM DALAM BIDANG

OTOMOTIF

DIDI ROOSCOTE 1106070003

pikiran kita pasti akan langsung menuju pada peralatan dapur seperti piring.I Latar Belakang Berbicara masalah keramik. mangkuk. Kemajuan teknologi Universitas Indonesia Page 2 . Namun dewasa ini keramik tidak hanya kita jumpai sebagai alat-alat dapur atau benda-benda pajangan. keramik sudah dapat kita jumpai dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih tinggi. gelas ataupun dinding kamar mandi dan benda-benda pajang lainnya.FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONESIA 2012 BAB I PENDAHULUAN I.

tahan korosi. Mengingat sifat baik bahan keramik tersebut maka sangat disayangkan apabila bahan yang sangat tua usianya ini ditinggalkan begitu saja. puntir dan momen. Sifat-sifat itu terus menerus dikembangkan sejalan dengan perkembangan keramik itu sendiri sesuai tuntutan hidup manusia. dalam makalah ini akan membahas penggunaan keramik sebagai kampas rem pada kendaraan. I. Mengetahui keunggulan-keunggulan dari sifat dari material sehingga keramik unggul digunakan dalam penggunaa kampas rem. lebih kuat(high strength) serta mempunya ketangguhan yang lebih tinggi(high toughness). BAB II ISI Kebanyakan spare part otomotif merekomendasikan semua bahan yang kuat menahan beban tarik. Hal tersebut terjadi karena ditemukannya sifat-sifat dari keramik yang lebih unggul dibandingkan logam. komponen-komponen mesin atau alat pemotong yang anti karat atau bahkan juga untuk menggantikan kampas rem dimana keramik digunakan sebagai bahan dasarnya. Sebagai contoh:untuk mengganti fungsi sejumlah logam.dunia menempatkan keramik sebagai bahan alternative alat yang sudah dianggap perlu diganti.I Tujuan Memberikan penjelasan tentang material keramik yang dapat digunakan sebagai kampas rem. Universitas Indonesia Page 3 . koefisien muai panjang yang lebih. seperti: mempunya daya tahan yang lebih baik bila dioperasikan pada suhu tinggi. Karena bahan bakunya sangat melimpah diseluruh penjuru dunia.

Setelah dipanaskan selama beberapa jam lalu diturunkan temperaturnya menjadi temperatur udara lingkungan sekitar. Proses penguatan bahan getas ini sering dilakukan dengan Metode Metalurgi serbuk (Powder Metallurgy). Karena gerak roda menjadi lambat. Material yang sangat baik menahan beban pemanasan adalah keramik karena keramik memiliki titik leleh yang jauh lebih tinggi (lebih dari 15000oC) dari pada logam atau material lainnya. Selain itu keunggulan material keramik sebagai bahan pengganti logam adalah memiliki koefisien gesek yang rendah. Seperti yang kita ketahui rem adalah suatu komponen untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda.atau disebut Reinforced Ceramic Dengan keamajuan teknologi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan material yang memiliki kekuatan panas yang tinggi untuk membuat rem ini tahan lama. tahan terhadap suhu tinggi. Proses Pembuatan Dengan Keramik komposit. Setelah dimixing lalu diberikan pemansan (sintering) pada temperatur tertentu. kekerasan yang tinggi dan koefisien muai panas yang rendah. Universitas Indonesia Page 4 . Salah satu cara yang dipergunakan untuk memperkuat (reinforced) bahan yang bersifat getas seperti halnya keramik yaitu dengan memberikan penguat (reinforcement) pada bahan tersebut. Jadilah bahan keramik yang siap untuk dipergunakan. Powder metallurgy merupakan proses pembuatan bahan dengan diawali dari serbuk (partikel) yang dicampur antara reinfocement dengan matrix yang dimixing agar terjadi homogenitas. secara otomatis gerak kendaraan pun akan ikut menjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Bahkan bahan keramik sudah dapat diaplikasikan sebagai kampas rem mobil. Bahan penguat tentunya harus bersifat lebih ulet dari bahan yang akan dikuatkan yang biasa disebut dengan matrik. keramik dapat disulap dari bahan yang bersifat getas menjadi bahan yang ulet meskipun baru dapat dihasilkan sebesar maksimum 20% saja.Sehubungan dengan perkembangan teknologi yang berangsur-angsur semakin canggih aplikasi dari bahan keramik mulai berkembang. Rem cakram keramik terbuat dari campuran silicon carbide yang ditanamkan pada serat karbon berkekuatan tinggi.

Sifat-sifat yang dihasilkan tergantung pada apa serat ditambahkan ke matriks keramik. Hal ini diperkuat bahan dapat digunakan dalam aplikasi yang berbeda. Beberapa metode yang sama dengan yang digunakan untuk keramik monolitik. batang.Bahan keramik merupakan senyawa anorganik dan bukan logam. memiliki penyerapan sedikit energi dan tidak dapat mengalami deformasi plastik Mereka memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi. Beberapa didesain untuk meningkatkan kekuatan. sementara jenis lainnya adalah sama dengan metode untuk menghasilkan polimer. Bahan CMC terdiri dari keramik monolitik diperkuat dengan serat komposit untuk mengurangi retak pada material. Keramik sangat rapuh. dan apa bagaimana materi diproduksi menjadi bentuk. ketangguhan. sementara yang lain dapat memiliki lebih termal dan sifat listrik. Misalnya porselen keramik dapat menahan beban tekan sepuluh kali lebih besar daripada kekuatan tarik yang . Senyawa ion ini terbentuk dari ikatan kation positif biaya untuk anion bermuatan negatif. dan dapat menahan beban tekan tinggi strength. (plat yaitu. karena tidak lagi dibatasi oleh sifat yang rapuh. ketahanan creep. Dingin Menekan dan Sintering Universitas Indonesia Page 5 . Keramik historis tidak memiliki banyak aplikasi mekanik karena sifat material. The resulting . sering terdiri dari ikatan logam dan non-logam. bola) Proses Manufaktur Ada banyak proses yang berbeda dan teknik yang digunakan untuk pembuatan CMC. Sifat CMC Ada banyak jenis bahan CMC yang mengandung sifat mekanik dan kimia yang berbeda. Tujuan dari komposit matriks keramik adalah untuk memungkinkan sejumlah besar aplikasi mekanik dengan mengurangi kerapuhan bahan.

perekat ini dibakar selama proses sintering. Beberapa masalah dengan prosedur ini Universitas Indonesia Page 6 . Para kumis komposit tempat ke dalam campuran di mana senyawa ditekan di bawah tekanan tinggi. matriks akan dikonversi dari produk karbon matriks polimer berpori. Hal ini tergantung pada diameter kapiler. Proses ini disebut pirolisis. Pori-pori di karbon bertindak sebagai jaringan lorong-lorong di mana silikon mengalir melalui. Jumlah menghasilkan silikon karbida adalah hasil dari bagaimana silikon arus dalam karbon berpori. Proses ini dapat diukur dengan menggunakan persamaan Navier Stokes yang merupakan aliran fluida di berbagai arah di bawah tekanan yang diberikan dan temperatur. Sintering adalah proses pemanasan bahan di bawah titik leleh di mana senyawa tersebut dilakukan di tempat sendiri-adhesi. Proses ini melibatkan mengemudi silikon cair ke dalam membentuk sebelumnya / Karbon Karbon berpori. membentuk sebelumnya dibuat dengan menggunakan teknik manufaktur yang disebut resin transfer moulding Setelah membentuk sebelumnya dibuat. Proses ini dilakukan dengan menambahkan serbuk matriks keramik dengan air untuk membuat lumpur. Pirolisis Setelah selesai materi ditempatkan dalam ruang hampa dan menyuntikkan dengan silikon cair. Hasilnya adalah bahan yang terbentuk dengan banyak poripori yang berfungsi sebagai saluran aliran untuk cairan. Teknik manufaktur ini sangat berhasil memproduksi bahan yang kuat. Mengubah suhu sintering dan memastikan kompatibilitas antara ekspansi termal dari material komposit matriks dan dapat menghindari cracking. Sebuah binder organik yang ditambahkan ke bubur untuk memegang senyawa bersama-sama. Dalam sintering matriks dikenakan penyusutan yang dapat mengakibatkan retak.Metode cold press sintering mirip dalam pembuatan keramik monolitik. CMC hampir sempurna jika dilakukan dengan benar. Silicon Cair Infiltrasi (LSI) Biaya rendah membentuk metode C / C-SiC. dimana material dipanaskan sampai 900 C.

Masalah yang paling signifikan dengan manufaktur CMC adalah retak akibat ekspansi termal.adalah bahwa suhu untuk silikon cair jauh lebih besar dari logam atau pemrosesan polimer. FIGUR 1 . Jika bahan yang terlibat tidak memiliki koefisien ekspansi yang sama. Pada temperatur yang besar reaksi kimia yang berlangsung dapat berbahaya atau merusak produk. sebagai komposit berkembang pada tingkat yang berbeda maka akan terjadi retak matriks.Rem cakram keramik yang digunakan pada mobil mewah Universitas Indonesia Page 7 .

BAB III PENUTUP Penggunan rem khususnya kampas rem pada kendaraan(bidang otomotif) dengan menggunakan material keramik sebagai bahan dasarnya sangatlah menguntungkan. 2010 http://en.org/wiki/Ceramic_engineering Universitas Indonesia Page 8 . Bondan T.dibanding kopi didalam gelas kaca/beling. Universitas Trisakti. Rem cakram keramik relative lebih cepat melepas panas. penggunaan material keramik sebagai kampas rem masih reatif mahal dalam perindustrian. dapat dianalogikan seperti kopi digelas keramik akan lebih cepet dingin. Baru beberapa mobil mewah seperti audi yang menggunakan rem cakram dengan material keramik. 2010 Sofyan. Selain itu formula1 juga menggunakan rem cakram dari keramik. Namun tak ada gading yang tak retak. Penerbit Salemba Teknika.wikipedia. Dodi.. DAFTAR PUSTAKA • • • Prayitno. Karena banyak kelebihan dari rem cakram keramik seperti bobotnya lebih ringan dari rem cakram biasa selain itu umur pemakaian yang lebih lama (4 kali cakram konvensional). Rem cakram keramik juga lebih besar koefisien gesek nya sehingga kendaraan lebih mudah berhenti dan juga lebih tahan aus. Pengantar Material Teknik. Teknologi Rekayasa Material.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->