PERTELAAHAN

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH SUMATERA UTARA BIDANG TI POLRI

PERTELAAHAN TUGAS BIDANG TI POLRI POLDA SUMUT 1. Umum a. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor : 22 tahun 2010 tanggal 28 September 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja pada Tingkat Kepolisian Daerah. Di dalam melaksanakan tugas diatas diperlukan piranti lunak yang mengatur pertelaahan tugas Bidang TI Polri Polda Sumut yang terdiri dari Subbagrenmin, Subbid Tekkom dan Subbid Tekinfo serta urusan SITIPOL tingkat Kewilayahan . Dengan adanya pertelaahan tugas Bidang TI Polri Polda Sumut sebagai Pedoman tindak lanjut dalam pelaksaaan tugas yang mengatur mekanisme dan prosedur manajemen, baik operasional maupun pembinaan diharapkan akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada Bidang TI Polri Polda Sumut di dalam mengemban tugas. Pertelaahan tugas pada Bidang TI Polri ini disusun dengan menggunakan pendekatan system dan menajemen dimana keterpaduan antara pejabat yang menyelenggarakan tugasnya sangat diperlukan, dalam rangka mencapai sasaran yang telah ditetapkan sesuai kebijaksanaan pimpinan.

b.

c.

d.

/ 2. Dasar ……….

2. Dasar a. Peraturan Kapolri Nomor : 22 tahun 2010 tanggal 28 September 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja pada Tingkat Kepolisian Daerah. b. c. Undang – undang Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Peraturan Kapolri Nomor. : 23 tahun 2010 tanggal 30 September 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata kerja pada tingkat Kepolisian Resort dan Kepolisian Sektor.

3. Maksud dan Tujuan a. Maksud Untuk memberikan pedoman kerja bagi seluruh pejabat / petugas dilingkungan Bidang TI Polri Polda Sumut dalam menyelenggarakan fungsi dan pelaksanaan tugas sehari-hari sesuai pokok-pokok organisasi dan prosedur yang telah ditetapkan. Tujuan Agar dicapai suatu keseragaman langkah dan tindakan dalam pelaksanaan tugas dilingkungan organisasi Polri khususnya dilingkungan Bidang TI Polri Polda Sumut sehingga dapat di peroleh suatu daya guna dan hasil guna yang optimal.

b.

VISI DAN MISI BIDANG TI POLRI POLDA SUMUT 1. Visi Menyelenggarakan pembinaan Teknologi Komunikasi dan Informasi Kepolisian, Pengumpulan dan Pengolahan data serta penyajian informasi Kriminal dan pelayanan multimedia sehingga tugas-tugas yang dibebankan kepada Polda Sumut dapat terlaksana dengan baik dan benar.

/2. Misi …..

yang meliputi penyiapan dan penyajian data / statistik kriminal.. / Pokok-pokok…. Pemberian bimbingan. penatausahaan urusan dalam. Pembangunan.2. c. pemeliharaan jaringan komunikasi dan serta pelayanan telekomunikasi. personel dan materiil logistik serta pelayanan keuangan di lingkungan Bidang TI Polri. d. e. Pembinaan dan penyelenggaraan pusat sistem informasi kriminal. b. POKOK–POKOK PERTELAAHAN . dan Perencanaan dan pengadministrasian umum. data Pembinaan dan penyelenggaraan sistem Informasi meliputi sentralisasi pengumpulan dan pengolahan data. penyajian informasi dan dokumentasi serta Anev. bantuan teknis dan komputer baik Hardware maupun Software kepada satuan organisasi di lingkungan Polda . serta melaksanakan pemeliharaan dan perawatan sarana prasarana yang sudah ada dalam rangka memperpanjang usia pakai antara lain : a. Misi Mencari terobosan – terobosan yang inovatif serta merencanakan kebutuhan Alkomlek dengan prinsip selektif / prioritas. pembinaan.

Azas-azas : a. 2. Cepat dan tepat guna : bahwa dengan pertelaahan tugas memungkinkan penyajian informasi tentang pembinaan maupun operasional Polri secara tepat dan cepat sehingga mempunyai nilai guna yang sebesar-besarnya bagi pelaksanaan fungsi Bidang TI Polri Polda Sumut. sebagaimana diuraikan diatas. Keterpaduan : Bahwa dengan pertelaahan memungkinkan terciptanya kerja sama antar komponen secara saling melengkapi sehingga tercapai kebulatan langkah dalam rangka mencapai tujuan bersama. Bentuk Hubungan : Bentuk hubungan antara eselon dan komponen Organisasi Polri meliputi : / 1. hubungan antara unsur dalam eselon yang sama..TUGAS BIDANG TI POLRI POLDA SUMUT Azas–azas. 3) Sifat hubungan diagonal antara komponen yang berbeda eselon dan fungsi dalam suatu struktur organisasi. Garis…. c. Sifat dan Bentuk Hubungan a. hubungan antara esalon dalam suatu organisasi keatas dan ke bawah. Sifat dan Bentuk Pertelaahan tugas Bidang TI Polri Polda Sumut 1. b. Dinamika : Bahwa dengan pertelaahan memungkinkan terciptanya gerak yang dinamis dari pada para pejabat yang terlibat dalam hubungan satu sama lain dalam hal untuk mendukung terlaksananya azas-azas yang lain. 1) Garis Komando dan Pengendalian . b. Sifat hubungan : Sifat hubungan antara esalon dalam suatu Organisasi Polri meliputi : 1) Sifat hubungan Vertical. 2) Sifat organisasi horizontal. 4) Sifat hubungan lintas sektoral hubungan antara instansi diluar struktur pada esalon yang sama.

a) Bentuk hubungan perintah / instruksi dari pimpinan ke Eselon bawah Kesatuan / b) Mengarahkan pelaksanaan perintah / instruksi dan ketentuan yang berlaku agar benar benar sesuai yang di maksud. petunjuk supervisi dan pedoman-pedoman fungsional. . Kesatuan atas antar Pimpinan. 3) Garis Koordinasi yaitu bentuk hubungan antara semua eselon dan komponen struktur untuk terlaksananya keterpaduan ( keseragaman sikap dan tindakan ). 2) Garis Pembinaan a) Umum : yaitu bentuk hubungan Pimpinan / Kesatuan atau menyangkut pengadaan pemeliharaan. b) Tekhnis Fungsi ( Sismet ) : yaitu bentuk hubungan antara pimpinan Fungsional / Kesatuan atas kepada pimpinan Fungsional / kesatuan bawah berupa pengarahan. 4) Garis Pelaporan yaitu bentuk hubungan antara kesatuan bawah kekesatuan atas mewujudkan pertanggung jawaban wewenang yang diberikan pelaksaan tugas kesatuan atas / pimpinan. perawatan. materiil Logistik dan anggaran agar dapat menunjang pelaksanaan operasional. Sifat…. c) Hubungan laporan pertanggung jawaban dari Kesatuan bawah. pelayanan tentang personil. c. Masing-masing sifat hubungan terwujud dalam bentuk-bentuk sebagai berikut : 1) Sifat Hubungan Vertikal terlaksana dalam : a) b) c) d) e) Bentuk Hubungan : Garis Komando Bentuk Hubungan : Garis Pengendalian Bentuk Hubungan : Garis Pembinaan Bentuk Hubungan : Garis Koordinasi Bentuk Hubungan : Garis Pelaporan hubungan 2) Sifat Hubungan Horizontal terlaksana dalam bentuk hubungan Garis Koordinasi / 3.

. a s/d e / Pertelaahan….Aspek Hubungan Hubungan – hubungan antar Bidang TI Polri dengan komponen tersebut terjadi dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan fungsi dan perannya masing. Log dan Anggaran ) 3) 4) 5) 6) Aspek Produk.masing antara lain : 1) a) b) c) d) Aspek Operasional meliputi : Perencanaan Pengorganisasian Pelaksanaan Pengendalian 2) Aspek Pembinaan : a) Sistem / Methode / Organisasi Prosedur Operasi dan Latihan. Kaur Pullahta dan Kaur Tekpol 10)Paur Jianfo. Kaurtu 4) Pamin 5) Kasubbid Tekkom 6) Kaur Harkan. Kaur Jarkom dan Kaur Yankom 7) Paur Harkan. Komponen – komponen yang terlibat hubungan 1) Kabid TI Polri 2) Kasubbagrenmin 3) Kaurren. Kaurmin. Paur Pullahta dan Paur Tekpol b. Operasional maupun Pembinaan Aspek Pengawasan dan Pemeriksaan Aspek Pengkajian / Penelitian dan Pelaporan Aspek Ketatalaksanaan akibat dari aspek-aspek tersebut butir atas. b) Umum ( Pers. Kaurkeu. Paur Jarkom dan Paur Yankom 8) Kasubbid Tekinfo 9) Kaur Jianfo.3) Sifat Hubungan Diagonal terlaksana dalam : a) Bentuk Hubungan : Garis Pembinaan b) Bentuk Hubungan : Garis Koordinasi 4) Sifat Hubungan Lintas Sektoral terlaksana dalam bentuk hubungan kerja sama 3. PERTELAAHAN DALAM LINGKUNGAN . Komponen yang terlibat dan asfek-asfek hubungan a. Aspek .

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2). / b. d.. penatausahaan urusan dalam. Dalam Bidang Pelaksanaan Tugas a. tatap muka langsung maupun rapat. penyajian produk-produk perencanaan serta tata laksana baik melalui disposisi. perumusan. pembinaan. penyajian informasi dan dokumentasi serta Anev. c. Pengumpulan dan Pengolahan data serta informasi Kriminal dan pelayanan multimedia. Pembinaan dan penyelenggaraan sistem Informasi meliputi sentralisasi pengumpulan dan pengolahan data. Kepala Bidang memberikan arahan dan bimbingan dalam rangka penyusunan.BIDANG TI POLRI POLDA SUMUT TUGAS POKOK BIDANG TI POLRI POLDA SUMUT : 1. Bidang TI Polri menyelenggarakan fungsi : a. Kepala Bidang TI Polri selaku pembantu pimpinan dan Staf bertugas sebagai berikut : 1. pemeliharaan jaringan komunikasi dan serta pelayanan telekomunikasi. 3. data b. Dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan pembinaan Informasi Kepolisian. Bidang TI Polri dipimpin oleh Kabid TI Polri yang bertanggung jawab kepada Kapolda. bantuan teknis dan komputer baik Hardware maupun Software kepada satuan organisasi di lingkungan Polda . yang meliputi penyiapan dan penyajian data / statistik kriminal. Pembinaan dan penyelenggaraan pusat sistem informasi kriminal. dan dalam pelaksanaan tugas sehari – harinya berada di bawah kendali Wakapolda. dan e. Perencanaan dan pengadministrasian umum. Teknologi penyajian 2. Para…. Bidang TI Polri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 85 huruf i Perkap Kapolri Nomor 22 Tahun 2010 tanggal 28 September 2010 merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada di bawah Kapolda. Pemberian bimbingan. . personel dan materiil logistik serta pelayanan keuangan di lingkungan Bidang TI Polri. Pembangunan.

Dalam Bidang Pembinaan a. . Secara umum surat-surat masuk yang mengandung kebijaksanaan khusus dan bersifat rutin dapat diteruskan langsung kepada Subbid-Subbid yang perkembangannya secara periodik dilaporkan kepada Kabid TI Polri. / c. methoda dan prosedur maupun pembinaan personel. Mengendalikan dan mengawasi semua personel yang ada agar dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan berjalan lancer sesuai dengan dinas yang berlaku. Kepala Bidang menetapkan pedoman dan kreteria surat-menyurat dalam masalah apa dan nilai yang dapat langsung diteruskan ke Subbagrenmin . b. logistik dan angggaran b Membina dan membimbing personel Bidang TI Polri dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas agar dapat berhasil sesuai sasaran program yang ditentukan c. Para Kasubbid wajib mengikuti dan menjalankan apa yang menjadi keputusan dalam bentuk pembuatan produk bersifat tertulis berbentuk piranti lunak yang mengatur dan petunjuk untuk dipedomani oleh seluruh komponen yang ada dilingkungan Bidang TI Polri. 2. c. Surat….. Para Kasubbid wajib memberikan saran / pendapat atau telahan apabila ada masalah dengan terlebih dahulu dibahas dengan stafnya untuk selanjutnya diajukan kepada Kepala Bidang. 3 Dalam hal Penanganan Surat Menyurat a. Membantu meningkatkan kesejahteraan personel melalui upaya pengajuan saran dan usulan kepada pimpinan dalam bentuk penambahan pendapatan yang dapat dipertanggung jawabkan d. Subbid Tekkom dan Subbid Tekinfo.b. Kepala bidang menetapkan arah ( keputusan dan kebijaksanaan ) program pembinaan baik yang menyangkut system. Memberi kelancaran dan kemudahan dalam meningkatkan karier dan kepangkatan anggota e.

telaah dan tulisan yang memberikan masukan pelaksanaan tugas kepada Kabid untuk bahan pengambilan keputusan. pengendalian dan pengawasan b. HUBUNGAN KEPALA BIDANG TI POLRI DENGAN SUBBAGRENMIN DAN SUBBID TEKKOM SERTA SUBBID TEKINFO 1. Dalam Bidang Produk 1) Kasubbid wajib membuat dan menyampaikan produk baik sebagai pelaksana tugas.. / 2) Kabid…. Dalam Bidang Pelaksanaan 1) 2) Kepala memberikan petunjuk serta bimbingan dalam kebijaksanaan pelaksanaan tugas dan dalam rangka perencanaan kepada Kasubbid. Hubungan ini bersifat vertikal dan bentuk hubungan adalah : a.c. Kepala selalu melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas serta mengecek sejauh mana keberhasilan tugas yang dicapai. 3). b. Garis Pembinaan fungsi dan pembinaan secara terbatas 2. Kepala selalu melakukan komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui tatap muka. rapat maupun surat-menyurat ( Nota Dinas atau Disposisi ). . kemudian dilakukan pembahasan untuk mencari solusi dan bila sudah diputuskan wajib dilaksanakan dan diikuti. Surat keluar yang dibuat oleh staf wajib ditanda tangani oleh pimpinan kecuali ada halangan dan diwakilkan langsung kepada salah satu Kasubbid. Kepala Bidang selaku pimpinan Bidang TI Polri adalah pembantu pimpinan dan pelaksana pada bidang dengan pertelaahan tugas sebagai berikut : a. 4). konsep. Garis Komando. Kasubbid wajib memberikn saran / pendapat tentang masalah – masalah dalam pelaksanaan tugas.

Memberikan dan hukuman dalam meningkatkan disiplin dan prestasi kerja. bahasa dan format kemudian setelah dianggap tepat dan benar diajukan kepada Kepala melalui Kaurmin. Dalam hal surat menyurat dan keluar pada prinsipnya harus sepengetahuan kepala namun dalam hal-hal tertentu dapat didelegasikan kepala kasubbid. Penandatanganan surat yang keluar dari bidang TI Polri dapat ditanda tangani kepala atas nama Kapolda dalam hal masalah tekhnis dibidang TI Polri dan diluar tekhnis dan masalahnya mencakup kebijaksanaan pimpinan Polda wajib ditanda tangani Kapolda atau Wakapolda. logistik dan anggaran maupun pembinaan sistim. Dalam Bidang Pembinaan 1) Kabid TI Polri memberikan petunjuk dan pedoman tentang pelaksanaan program pembinaan personil. . Produk yang telah diputuskan dan ditanda tangani wajib dilaksanakan dan diikuti sebagai petunjuk dan pedoman dalam pelaksanaan tugas. Kabid TI Polri wajib memperhatikan pembinaan dan pengembangan Kasubbid baik di bidang karier. / Kasubbagrenmin…. 3) c. pangkat dan jabatan serta berupaya mencari perbaikan dibidang kesejahteraan. metode dan prosedur dibidang TI Polri. c. Kabid TI Polri wajib membina dan membimbing para Kasubbid dalam peningkatan kemampuan pengetahuan dan ketrampilan untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik. Pembuatan surat menyurat yang akan diajukan wajib terlebih dahulu . b. diteliti dan dikoreksi kasubbid melalui perbaikan materi . 2) 3) 4) 3 Dalam Bidang Surat Menyurat a.2) Kabid TI Polri memberikan arahan dan koreksi terhadap setiap produk untuk menyesuaikan sesuai dengan arah kebijaksanaan dan sasaran yang hendak dicapai..

Melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap anggotanya dalam pelaksanaan tugas serta memberi hukuman dan penghargaan kepada mereka dan berhasil. / d) Dalam…. 2. Melaksanakan apa yang menjadi tugas pokoknya serta melaporkan perkembangan dan hasilnya kepada kepala. Memberi arahan dan bimbingan kepada anggotanya dalam pembuatan surat menyurat serta membina cara penyiapannya. Memberikan saran dan pendapat kepada pimpinannya serta melaksanakan apa yang menjadi kebijaksanaan dan keputusan yang telah diambil. Memperhatikan karier dan kesejahteraan anggota melalui pengajuan dan kenaikan pangkat dan jabatan. 4) b. Dalam Bidang Pembinaan 1) 2) Memberikan bimbingan dan arahan kepada anggotanya dalam menjalankan tugas dan kegiatannya. Dalam Bidang Pelaksanaan Tugas 1) 2) 3) Masing-masing wajib melaksanakan tugas dan kewajibannya serta bertanggung jawab kepada Kepala Bidang TI Polri. 3) c) Dalam Bidang Surat Menyurat 1) 2) 3) Pembuatan konsep surat menyurat yang menyangkut bidangnya lebih dahulu diteliti dan dikoreksi Kasubbid.. Surat masuk yang memerlukan tindak lanjut segera dibuatkan balasan atau jabatan yang akan diajukan kepada pimpinan. . Kasubbagrenmin dan Kasubbid selaku pembantu pimpinan dan pelaksana staf berlaku pertelaahan tugas sebagai berikut : a. Hubungan komponen bersifat horizontal dan bentuk hubungan adalah garis koordinasi.KASUBBAGRENMIN DAN KASUBBID DILINGKUNGAN BIDANG TI POLRI 1. Bekerja sama dengan Kasubbid yang ada dalam memajukan dan meningkatkan pelaksanaan tugas dibidang TI Polri.

DIPA. 2) 3) KASUBBAGRENMIN Kasubbagrenmin bertugas menyusun perencanaan program kerja dan anggaran. . Pemeliharaan perawatan dan administrasi personel 3. RAB dan menyusun LAKIP Satker serta pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Bidang Teknologi Informasi di lingkungan Polda. Pembuatan produk wajib mendapat persetujuan dari pimpinannya.Rancangan Renja. pengendalian pembukuan akuntansi dan penyusunan SAI serta pertanggungjawaban keuangan. Pengelolaan Sarpras dan penyusunan laporan SIMAK . personel. dan kinerja. Dalam penyusunan produk wajib meminta penjelasan dan pendapat dari pimpinannya. Renja.BMN 4. Penyusunan perencanaan jangka sedang dan jangka pendek. Penetapan Kinerja. kebutuhan sarana prasarana. Dalam melaksanakan tugas Subbagrenmin menyelenggarakan fungsi : 1.d) Dalam Bidang Pembuatan Produk 1) Dalam menyusun suatu produk wajib memperhatikan produk yang dibuat terlebih dahulu dan tidak menyalahi dengan petunjuk serta kebijaksanaan yang telah dituang dalam produk yang lebih tinggi. Renja. Pengelolaan dan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam 6. 5. Penyusunan LRA dan pembuatan laporan akuntabilitas kinerja Satker dalam bentuk LAKIP meliputi analisis target pencapaian kinerja. RKA-KL. program dan anggaran. Dalam melaksankan tugas Subbagrenmin dibantu oleh : 1. Kaurren ( Kepala urusan perencanaan ) Bertugas membuat Renstra. personel. 2. Pelayanan fungsi keuangan yang meliputi pembiayaan. KAK atau TOR. Rancangan Renja. manajemen Sarpras. serta mengelola keuangan dan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalama di lingkungan Bidang TI Polri. dan anggaran. antara lain Renstra.

. Banum ( Bantuan Umum ) Bertugas membantu pelayanan administrasi pada Subbagrenmin Bidang TI Polri Polda Sumut. Pamin 5 dan 6 membantu pelayanan yang meliputi urusan ketatausahaan pada Subbid Tekinfo. b. 6. Kaurmintu dan Kaurtu pada Subbagrenmin serta mengarsipkannya dengan baik.. e. Pamin 4 membantu pelayanan yang meliputi urusan ketatausahaan pada Subbid Tekkom. Kaurmin ( Kepala urusan administrasi ) Bertugas menyelenggarakan kegiatan administrasi umum personel dan materiil logistik. Pamin 1 membantu pelayanan yang meliputi urusan ketata usahaan pada Kaurkeu. Perwira Administrasi (Pamin) a. 5. d... Kaurkeu ( Kepala urusan keuangan ) Bertugas menyelenggarakan kegiatan pelayanan keuangan. Kaurtu ( Kepala urusan tatausaha ) Bertugas menyelenggarkan kegiatan ketatausahaan dan urusan dalam. 4. c. Pamin 7 membantu pelayanan yang meliputi urusan ketatausahaan khususnya pelayanan jaringan komunikasi dan multimedia./ 2.. Pamin 2 dan 3 membantu pelayanan meliputi urusan ketatausahaan surat menyurat baik masuk dan keluar pada Kaurren. 3. kaurmin . 2.

.. serta pemeliharaan dan perbaikan Alat Komunikasi ( Alkom ). Perwira . 2. 3./ Hubungan . Dalam melaksanakan tugas Kasubbid Tekkom dibantu oleh : 1. Pembangunan dan pengembangan jaringan yang mencakup intranet dan internet serta pengelolaan domain Polda 4. Dalam melaksanakan tugas Kasubbid Tekkom menyelenggarakan fungsi : 1. a. Hubungan komponen ini bersifat vertical dengan bentuk hubungan garis komando antara atasan dan bawahan. pemeliharaan alat komlek dilapangan dan yang dipusatkan. c.. . 2. Mapolda dan b... data dan jaringannya. Pembinaan sistem dan teknologi informasi di lingkungan Polda. HUBUNGAN KASUBBID TEKKOM DENGAN KAUR. Kepala urusan jaringan komunikasi (Kaur Jarkom) Menyelenggarakan Komunikasi Markas di lingkungan Komunikasi Kewilayahan secara umum. d. Membantu mengkoordinasi pelaksanaan system komunikasi operasi dengan system komunikasi yang lain dalam upaya mendaya gunakan sarana.. PAUR DAN BANUM 1. Bertugas menyelenggarakan dan membina system komunikasi elektronika dan komunikasi data yang meliputi pembangunan dan pengembangan jaringan dan pelayanan komunikasi elektronika dan data. / 2. data dan jaringan. Pelayanan dukungan teknis di bidang sistem dan teknologi informasi kepada jajaran Polda.. Pemeliharaan dan perbaikan Alkom. Melaksanakan dukungan . Melaksanakan pengendalian teknis bimbingan teknis pemeliharaan materiil Tekkom sesuai dengan kedudukan serta batas wewenang dan tanggung jawabnya. Subbid Tekkom dipimpin oleh Kepala Subbid Tekkom yang bertanggung jawab kepada Kabid TI Polri.

b. d. pemeliharaan materil komlek sesuai dengan kedudukan serta batas wewenang dan tanggung jawabnya. . pemeliharaan dan perbaikan Takkom di lapangan dan yang dipusatkan. 4. c. pemeliharaan materil Tekkom. 5. Kepala urusan pelayanan komunikasi ( Kaur Yankom ) Kaur Yankom bertugas menyelenggarakan pelayanan komunikasi elektronika dan data. Membantu mengkoordinasi pelaksanaan system pemeliharaan perbaikan dalam upaya menggunakan sarana komunikasi. Perwira urusan jaringan komunikasi ( Paur Jarkom ) Membantu Kaur Jarkom dalam menyelenggarakan komunikasi Markas di lingkungan mapolda dan komunikasi kewilayahan serta koordinasi sistem komunikasi operasi. 3.2. Perwira urusan pelayanan dan komunikasi ( Paur Yankom ) Paur Yankom bertugas membantu Kaur Yankom dalam hal pelayanan komunikasi elektronika dan data serta pelayanan kirim terima berita dan pelayanan sound sistem lapangan / ruangan. Kepala urusan perbaikan dan pemeliharaan ( Kaur Harkan ) a. dukungan pemeliharaan Tekkom di lapangan serta pengendalian bimbingan teknis. Menyelenggarakan pemeliharaan dan perbaikan alat komunikasi apabila ada mengalami kerusakan. 6. Melaksanakan pengendalian teknis bimbingan. Perwira urusan perbaikan dan pemeliharaan ( Paur Harkan ) Membantu Kaur Harkan dalam menyelenggarakan pemeliharaan dan perbaikan alat komunikasi apabila ada mengalami kerusakan. mengkoordinasi pelaksanaan sistem pemeliharaan dan perbaikan Tekkom di lapangan dan dipusatkan serta melaksanakan pengendalian bimbingan teknis dan pemeliharaan materil Tekkom. dan Melaksanakan dukungan.

7. Operator a. b. e./ 7. c. Sebagai tenaga ahli yang memberikan perawatan perbaikan terhadap peralatan yang ada.. 8. 9. . Memahami dan mampu melaksanakan prosedur dan tata cara operasional Tekkom. Menyampaikan dan melaporkan kepada pimpinan hasil yang diperoleh dari kegiatan yang dilakukan. Memberikan saran dan pendapat dalam memajukan peralatan yang ada sehingga dapat mendukung tugas.. Teknisi a. Mampu mengoperasikan peralatan Komlek dengan baik.. b.. Mampu mengoperasikan peralatan yang ada sesuai dengan system prosedur yang baku. Banum bertugas membantu pelayanan administrasi pada Subbid Tekkom Bidang TI Polri Polda Sumut. Teknisi . c. Menyampaikan dan melaporkan kepada pimpinan hasil yang diperoleh dari kegiatan yang dilakukan.

. Dalam melaksanakan tugas Kasubbid Tekinfo dibantu oleh : 1. Selalu mengadakan pemutakhiran data dengan bekerja sama kepada semua satker dan instansi lain. Kepala urusan penyajian informasi ( Kaur Jianinfo ) a. bidang operasional maupun . dan 2. b. c. Pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dokumentasi bidang operasional maupun pembinaan di lingkungan Polda. PAUR DAN BANUM 1 Hubungan komponen ini bersifat vertical dengan bentuk hubugan garis komando antara atasan dan bawahan. 3. Menyajikan informasi dan dokumentasi pembinaan di lingkungan Polda. Pembinaan dan pengembangan hardware dan software komputer serta pelayanan multimedia. Melaksanakan pengolahan data sebagaimana point (a) dalam berbagai model yang dapat dibaca dan dipahami untuk mengambil keputusan.. HUBUNGAN KASUBBID TEKINFO DENGAN KAUR. Melaksanakan pengumpulan data baik operasional maupun pembinaan. 2 Kasubbid Tekinfo bertugas membina dan menyelenggarakan system informasi yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi bidang operasinal maupun pembinaann serta pengembangan hardware maupun software komputer forensik dan pelayanan multimedia. dan mengadakan pemutakhiran data... 2. Perwira urusan pengumpulan dan pengolahan data ( Paur Pullahta ) Paur Pullahta bertugas membantu Kaur Pullahta dalam menyelenggarakan pengumpulan.. 3. Dalam melaksanakan tugas Kasubbid Tekinfo menyelenggarakan fungsi : 1. Kasubbid Tekinfo Bidang TI Polri bertanggung jawab atas tugas kewajibannya kepada Kabid TI Polri dalam pelaksanaan tugas sehari-hari./ Hubungan . Kepala urusan pengumpulan dan pengolahan data (Kaur Pullahta) a. pengolahan data baik operasional maupun pembinaan.

b. 4. 8. Kepala urusan teknologi Kepolisian ( Kaur Tekpol ) Membantu menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan perangkat keras maupun perangkat lunak serta pelayanan multimedia. Menyajikan hasil kajian dalam bentuk produk tertulis yang dapat dibaca dan dipahami untuk mengambil keputusan. Menyajikan . Maret 2011 KABID TI POLRI POLDA SUMUT Drs. Banum bertugas membantu pelayanan administrasi pada Subbid Tekinfo Bidang TI Polri Polda Sumut. ABDURACHMAN KOMBES POL NRP. Melaksanakan kegiatan operasional komputer dalam memasukkan data dan informasi. Melaksanakan pengetikan terhadap konsep surat dan piranti lunak lainnya. c. Operator Komputer DPP Gaji a.. b. 5. Perwira urusan penyajian informasi ( Paur jianinfo ) Paur Jianinfo bertugas membantu Kaur Jianinfo dalam menyelenggarakan informasi dan dokumentasi bidang operasional maupun pembinaan serta menyajikan hasil kajian dalam bentuk produk tertulis. 6.. Menyiapkan dan membuka (stand by) semua peralatan komputer untuk selanjutnya dapat digunakan. Perwira urusan teknologi Kepolisian ( Paur Tekpol ) Paur Tekpol bertugas membantu Kaur Tekpol menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan perangkat keras maupun perangkat lunak serta pelayanan multimedia.. 7. 55040507 . Medan./ b..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful