P. 1
Pengertian Gizi

Pengertian Gizi

|Views: 86|Likes:
Published by Fitri Agustika

More info:

Published by: Fitri Agustika on Mar 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/09/2012

pdf

text

original

Pengertian Gizi Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses

digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi. Tak satu pun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi, yang mampu membuat seseorang untuk hidup sehat, tumbuh kembang dan produktif. Oleh karena itu, setiap orang perlu mengkonsumsi anekaragam makanan; kecuali bayi umur 0-4 bulan yang cukup mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) saja. Bagi bayi 0-4 bulan, ASI adalah satu-satunya makanan tunggal yang penting dalam proses tumbuh kembang dirinya secara wajar dan sehat. Makan makanan yang beranekaragam sangat bermanfaat bagi kesehatan. Makanan yang beraneka ragam yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan tubuh baik kualitas maupun kuantintasnya, dalam pelajaran ilmu gizi biasa disebut triguna makanan yaitu, makanan yang mengandung zat tenaga, pembangun dan zat pengatur. Apabila terjadi kekurangan atas kelengkapan salah satu zat gizi tertentu pada satu jenis makanan, akan dilengkapi oleh zat gizi serupa dari makanan yang lain. Jadi makan makanan yang beraneka ragam akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur. Makanan sumber zat tenaga antara lain: beras, jagung, gandum, ubi kayu, ubi jalar, kentang, sagu, roti dan mi. Minyak, margarin dan santan yang mengandung lemak juga dapat menghasilkan tenaga. Makanan sumber zat tenaga menunjang aktivitas sehari-hari. Makanan sumber zat pembangun yang berasal dari bahan makanan nabati adalah kacang-kacangan, tempe, tahu. Sedangkan yang berasal dari hewan adalah telur, ikan, ayam, daging, susu serta hasil olahan, seperti keju. Zat pembangun berperan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan seseorang. Makanan sumber zat pengatur adalah semua sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral, yang berperan untuk melancarkan bekerjanya fungsi organ-organ tubuh.

SUANDI. COLIN BAKER. dan perbaikan jaringan tubuh # CHAIRINNIZA K. tidak hanya mengenai jenis-jenis pangan dan gunanya bagi badan melainkan juga mengenai cara-cara memperoleh serta mengolah dan mempertimbangkan agar kita tetap sehat # TUTI SUNARDI Gizi adalah sesuatu yang mempengaruhi proses perubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. pemeliharaan. dimana unsur-unsur itu dapat memberikan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat # IDA PURNOMOWATI. dan air. GRAHA Gizi adalah unsur yang terkandung dalam makanan.G. pemeliharaan. dan kegiatan hidupnya # LIONI ELLIS H Gizi merupakan komponen penting yang diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang # JOYCE JAMES. Dimasa tumbuh kembang balita yang berlangsung secara cepat dibutuhkan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang tepat dan seimbang. dan perawatan sel-sel tubuh # DR. mineral. lemak. Gizi yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh. sebagai sumber daya manusia dimasa yang akan datang . HELEN SWAIN Gizi adalah komponen kimia dalam makanan yang digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dan membantu pertumbuhan. protein. SpA Gizi merupakan bagian dari proses kehidupan dan proses tumbuh kembang anak. CAHYO S Gizi adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan.K. FORTE Gizi meliputi pengertian yang luas. dan menyediakan energi bagi fungsi tubuh. atau bisa juga diartikan sebagai komponen pembangun tubuh manusia # ASEP KURNIA NENGGALA Gizi merupakan zat hara dalam makanan yang bernilai dan diperlukan makhluk hidup untuk pertumbuhan. DIANA H. mempertahankan dan memperbaiki jaringan tubuh.Gizi adalah elemen yang terdapat dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat. mengatur proses dalam tubuh. yang dapat mempertahankan kehidupan # NIRMALA DEVI Gizi merupakan substansi yang diperoleh dari makanan dan digunakan untuk pertumbuhan. sehingga pemenihan kebutuhan gizi secara akurat turut menentukan kualitas tumbuh kembang. Berikut ini adalah pengertian dan definisi gizi: # HARRY OXORN & WILLIAM R. vitamin. terlebih pada balita yang masih dalam masa pertumbuhan. perbaikan. I.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->