P. 1
Tinjauan Tentang IBD 2

Tinjauan Tentang IBD 2

|Views: 8|Likes:

More info:

Published by: Nur Aini Ayu Solichatin on Mar 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2013

pdf

text

original

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

:

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep–konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah– masalah manusia dan kebudayaan.

Ilmu–ilmu Alamiah (Natural Science): bertujuan mengetahui keteraturanketeraturan yang terdapat di alam semesta. Kajian menggunakan metode ilmiah, dapat 100% benar dan 100% salah. Contoh: Astronomi, Fisika, Kimia, Biologi, Kedokteran dan Mekanika. Ilmu-ilmu Sosial (Social Science): bertujuan untuk mengkaji keteraturanketeraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Kajian menggunakan metode ilmiah, hasilnya tidak mungkin 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Contoh: Ilmu Ekonomi, Sosiologi, Politik, Demografi, Psikologi, Antropolgi Sosial, Sosiologi Hukum, dan sebagainya.

Menurut Prof. Dr. Harsya Bachtiar mengemukan bahwa Ilmu Pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompok besar :

Pengetahuan Budaya (The Humanities): bertujuan untuk memamhami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataanpernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan–persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing– masing, tidak jatuh kedalam sifat–sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Menguasai wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar :

Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya. Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar, dua masalah pokok ialah : Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.

Manusia dan Cinta Kasih, Manusia dan Keindahan. Manusia dan Penderitaan, Manusia dan Keadilan. Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah : Manusia dan Pandangan Hidup, Manusia dan Tanggung jawab. Manusia dan Kegelisahan, Manusia dan Harapan.

Manusia dan cinta kasih.

Manusia dan keindahan.

Manusia dan penderitaan. Kedelapan Pokok Bahasan Itu Termasuk Dalam Karya-karya yang Tercakup Dalam Pengetahuan Budaya :

Manusia dan keadilan.

Manusia dan pandangan hidup. Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian.

Manusia dan kegelisahan.

Manusia dan harapan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->