Faktor Penyebab Rusaknya Remaja Esa

Kebebasan Membawa Kerusakan

Pada zaman ini kita sering melihat banyak remaja-remaja yang rusak. Coba kita lihat apa yang dilakukan para remaja masa kini. Kenakalan remaja di era modern ini sudah kelewat batas. Banyak anak di bawah umur yang sudah mengenal rokok, narkoba, freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Bahkan Media Indonesia (6/1) mengutip, ´85 persen remaja 15 tahun berhubungan seksµ. Fakta-fakta tentang remaja masa kini tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini semua bisa terjadi karena adanya faktor-faktor yang menyebabkan remaja hancur. Di usia belasan tahun biasanya remaja telah merasa dirinya udah besar, badan udah bagus, sekolah udah tinggi. Apalagi buat remaja yang udah masuk usia tujuh belas tahun yang sering disebut dengan Sweet Seventeen. Banyak orang beranggapan jika udah berusia tujuh belas tahun kebebasan akan segera datang. Bebas keluar rumah dan bukan anak-anak lagi.

Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. kita sering merasa kalo ortu belum ngasih kita kebebasan dalam segala hal. Berbeda dengan bule yang memandang waktu adalah uang atau orang arab yang menganggap waktu adalah pedang. Sekarang kamu sudah remaja (udah gedhe). Lain halnya dengan orang Arab yang mengatakan ´waktu adalah pedangµ tahukah kamu apa artinya? Kata orang arab siapa yang tidak menggunakan waktunya untuk mengasah pedang. sekolah sudah tinggi. Katanya sih umur tujuh belas tahun itu adalah hari-hari indah masa remaja. Coba saja kita lihat aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan. Di usia yang menginjak remaja ini. tubuh. bebas keluar rumah dan bukan anak-anak lagi. Apalagi buat remaja yang udah masuk usia tujuh belas tahun (Sweet Seventeen).Sudah berapa umurmu hari ini? gak terasa umurmu bertambah lagi tahun ini. Karena bagi mereka uang adalah hal yang paling penting. Para bule mengatakan ´time is moneyµ atau waktu adalah uang. alam kebebasan yang digandrungi anak remaja menggoda kita untuk mencicipinya. Oleh karena itulah orang arab terkenal pemberani. maka ia telah gagal di medan perang.. badan kamu sudah bagus. setiap detik selalu membicarakan bisnis. pola perilaku. Bagi orang muslim waktu adalah amal shaleh. Dalam ayat ini Allah mengajarkan bahwa kita manusia kebanyakan adalah orang-orang yang selalu merugi. Enak kali y. Kebebasan akan segera datang. Ortu masih nganggap kita anak kecil. Coba kita belajar tentang waktu dari bule. Bicara masalah umur sama artinya kita bicara masalah waktu. setiap jam. hehe . Bagaimana agar kita tidak termasuk orang-orang yang merugi? Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk mengerjakan amal-amal shaleh. Sementara diluar rumah. minat. setiap menit. Usia remaja=bebas? Masa remaja merupakan masa dimana individu mengalami perubahan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi.µ ( QS AL-Ashr : 1-3 ). Coba kita melihat bagaimana Al-qur·an membicarakan tentang waktu: ´ Demi waktu sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian kecuali orangorang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kebenaran. dan juga penuh dengan masalah-masalah (Hurlock. 1998). Setiap aktivitas keseharian kita masih diatur-atur sama ortu.

Bahaya kan? Padahal telah nyata kehidupan sekularisme yang masuk ke tengah-tengah kaum muslim telah merusak generasi muda. tapi juga dipercaya dalam berpikir. remaja mulai merasakan perubahan yang terjadi pada dirinya. gaya hidup sekuler itu mekin populer di mata remaja dan sering kali menjadi panutan dalam perjalanannya mencari jati diri. Nggak ada yang ngontrol saat benaknya ngasih jalan pintas untuk beresin .Kenapa kita ingin bebas? Karena biasanya memasuki usia belasan tahun. Suara yang pecah karena timbulnya jakun pada cowok dan mulai tumbuhnya jerawat pada cowok atau cewek manunjukkan adanya perubahan fisik. Beberapa akibat kebebasan yang menjadi kebablasan hasil jiplakan remaja terhadap budaya barat adalah: Pertama. Remaja ngerasa punya hak untuk berpikir tanpa dibatasi oleh norma-norma agama. perkembangan jiwa. Na·asnya. setiap orangtua pasti ngerti kalo suatu saat nanti. gencarnya arus budaya barat yang rusak terus membidik remaja menuntut kebebasannya yang liar dan tak terkendali. Dalam perilakunya remaja pengen mandiri. free thinker alias kebebasan berpikir. dan pembentukan karakter. Gimana nggak. Pola hidup sekuler yang dipraktekkan orang-orang barat jelas-jelas bertolak belakang dengan kehidupan kita sebagai orang muslim. mereka mesti rela melepaskan anaknya untuk hidup mandiri. ´Masa mama ga ngerti sih. dan bersikap sesuai dengan keinginannya. yang kental dengan nuansa kebebasan yang membuat orang tua keberatan untuk memenuhi keinginan anaknya. Tapi untuk perubahan yang non fisik.?µ pikir kita. Inilah fakta yang gak bisa ditutupi lagi. Dari mulai perubahan fisik sampe perubahan non fisik yang meliputi kelabilan emosi. Namun. Nggak Cuma makan atau mandi sendiri. Sobat. gak terlalu kelihatan. pergaulan remaja saat ini adalah pergaulan yang modern. Dan memang sebaiknya proses kemandirian itu diawali oleh orangtua ketika si anak menginjak usia remaja. Terutama dalam upaya mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi atau cara untuk meraih keinginannya.. maupun perusakkan yang dikemas melalui hiburan dan teknologi yang menggiring remaja ke ambang kehancuran. Tetapi tidak sampai perubahan identitas menjadi power ranger atau sailor moon loh. akibat sistem sekular yang telah mencengkramnegeri bermayoritas muslim ini. Ketika kebebasan menjadi kebablasan. Kita Cuma bisa nebak dari gejala yang ditunjukkan remaja dalam perilakunya. Perusakkan generasi baik sistemik yang dikemas melalui budaya dan pendidikan yang sekular. berbuat.

Kedua. . Kurangnya kontrol dari orangtua. Niat ortu ngasih kepercayaan biar mandiri. Gimana gak pusing ortu sama akibat kebebasan remaja yang kebablasan seperti dipaparkan tadi. Pokoknya serba boleh. Nggak ada juga yang ngasih pengarahan di benaknya saat kebutuhan nalurinya minta dipenuhi. free Sex alias pergaulan bebas. Dan semuanya dilakukan tanpa risih dengan mengantongi label kebebasan berekspresi. Kalo pengen dipercaya ortu. permissif alias bebas berbuat. Saat ini. Urusan dosa atau penjara. bergaul. pergaulan bebas antar lawan jenis yang banyak dilakoni remaja sangat mudah terkontaminasi unsur cinta dan seks. Mulai dari cara berbusana. So what gitu lho. Ngeri banget kan. bisa bisa nyasar malah anak remajanya terjerumus pergaulan bebas. Bangga jika daya tarik seksualnya disapu setiap mata lawan jenis yang jelalatan. Penyebabnya.. Makanya kita harus berkhusnuzon (berprasangka baik) sama ortu biar selamet dunia akhirat. dan kekurangan bahan. Apalagi didukung dengan opini media sinetron remaja yang anti jomblo. Jangan pake ngambek. apa aja bakal dijabanin asalkan terpuaskan. bisa karena nonton vcd porno yang dijual bebas atau nontonin tayangan erotis di televisi. coba aja bayangin.. jalinlah komunikasi dan tunjukkin kalo kita udah dewasa dan udah bisa mandiri. Dan nggak punya rem buat ngendalian tutur katanya. norak. Bisa aja mereka bunuh diri. atau berperilaku. Ketika pornoaksi bin pornografi yang mudah ditemui menggedor hasratnya. sekolah.. pergaulan bebas pun sangat membuka peluang bagi remaja untuk aktif melakukan aktivitas seksual. itu mah belakangan. Antimalu jadi pusat perhatian orang lantaran dandanannya yang urakan. Ceplas-ceplos asal bunyi. atau meminum minuman keras. berbicara. harga diri dan kehormatan rela dipertaruhkan di kontes kecantikan. Nah sobat. Mau ngapain aja di mana aja jadi prinsip remaja dalam berbuat. atau masyarakat bikin mereka enjoy berpetualang menikmati kepuasan sesaat. Demi popularitas dan limpahan harta.masalahnya. Bisa juga jadi pelaku kriminal. nge-drugs. Ketiga. berdandan.

program KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) pun telah disisipakan dalam mata pelajaran. maupun perusakkan yang dikemas mulai dari hiburan dan teknologi telah menggiring generasi muda kita di ambang kehancuran.Izzat Asyshifa Syabab. ketika aturan dari Tuhan Pencipta kita dicampakkan. Fakta ini tentu saja bukan hanya di Pangkalpinang. Selain itu. Sementara materi-materi umum dan tsaqafah asing terus dijejalkan kepada anak-anak didik kita. Ini fakta sosial. yang melindungi dan menjaga akidah umat ini. Tentu saja. Porsi pelajaran agama hanya dua jam saja. hingga di sekolah melalui sistem pendidikan sekular. saya miris melihat kehidupan generasi muda kita. Apakah tidak ada lagi materi yang lebih berbobot? Apakah perusakkan generasi muda Muslim ini dibiarkan begitu saja. Akibat Sistem Sekular! Kerusakkan remaja hari ini. karena tidak hamil. Dalam sebuah buku mata pelajaran sebuah mata studi untuk kelas tiga tingkat SMP. kebanyakan menyimpan video atau gambar porno. peluang anak menikmati teknologi internet. SMP dan SMA. seperti HP dan internet telah menggiring mereka untuk menelusuri hal-hal yang tidak layak bagi seorang pelajar. Perilaku seperti ini sangat dikhawatirkan mendorong mereka untuk melakukan hubungan seks bebas diluar nikah. telah diajarkan tentang kontrasepsi. serta sebagai Pembina PIKRR di SMK Bakti Pangkalpinang. mulai di rumah.Telah nyata kehidupan kapitalisme sekularisme yang dipaksakan ke tengah-tengah kaum Muslim telah merusak generasi muslim masa depan. telah membuat rancangan permainan. telah nyata akibat sistem sosial yang rusak di negeri ini. Ajaran Islam dicampakkan dan diinjak-injak. Dan kita tak bisa menutup mata dengan kanyataan ini. Mereka menginginkan putera-puterinya menjadi anak yang sholeh/sholehah tetapi membiarkan anak-anaknya bebas bermaksiyat. itu juga sebatas ritual. akibat sistem sekular yang telah mencengkram negeri bermayoritas Muslim ini. Sebut saja. Apa yang telah terjadi. hiburan dan program dengan berbagai macam cara untuk . (01/12/09) di sela-sela aksi simpatik pelajar SMK Bakti memperingati hari HIV/AIDS sedunia di Kota Pangkalpinang. Perusakkan generasi baik sistemik yang dikemas melalui budaya dan pendidikan yang sekular. Termasuk diantaranya. mereka menganggap perbuatan itu halal. kita khawatirkan mereka akan ketagihan. telah disisipkan materi-materi liberal dan sekular. Berdasarkan pengamatan ia sebagai seorang guru dan pernah mengajar di beberapa sekolah di Pangkalpinang. Pertanyaan kita: untuk apa kelas tiga diajarkan tentang kontrasepsi? Apakah ini sebagai ilmu dasar bagi para pelajar yang sudah punya pasangan untuk berzina. Tentu saja tidak. Hal itu dikatakan Empi Natal Adha. tanpa adanya institusi. ditemukan banyak pelajar yang sudah pernah berhubungan seks bebas sebelum nikah. Di dalam sistem pendidikan sekular hari ini. Selasa. karena tidak hamil. jujur. tapi fakta ini merupakan pengalaman dan pengamatan saya. Coba saja cek siswa yang memiliki HP bagus mulai dari siswa SD. melalui acara televisi. Para remaja yang telah dininabobokan dengan teknologi. program-program yang menjurus pada penggiringan anak untuk bersikap liberal dan bebas. di tengah masyarakat yang disesaki budaya liberal. Banyak remaja dari berbagai sekolah dan remaja di Pangkalpinang yang datang untuk berkonsultasi kepada kami. telah diajarkan di sekolah. kata Empi. terang Empi. Belum lagi. Sebagai seorang guru. Pembina Osis sekaligus Pembina PIKRR SMK Bakti Pangkalpinang. Ia berharap peran orangtua dan guru mengawasi anak-anaknya menjadi sangat penting. Inilah fakta yang tak bisa ditutupi lagi. Celakanya. generasi muslim terancam. Kalau sudah melakukannya sekali. Coba tengok kehidupan para remaja dan pelajar hari ini di lingkungan Anda. sebanyak 10 persen remaja di Pangkalpinang telah berzina alias melakukan hubungan seks bebas. Di tambah lagi. dan jika tidak mau hamil disiapkan ilmunya. maka kerusakkanlah yang nampak. Mereka. seperti dikabarkan Harian Metro Bangka Belitung. orang tua dan masyarakat terkadang masih diam dan membisu. Tak sedikit diantara mereka menerima sistem yang rusak tersebut. saya yakin mereka punya gambargambar porno di dalam HPnya. kaum Muslim menyadari akan serangan Barat untuk mengancurkan generasi masa depan negeri ini. kata Empi. Demikianlah. Di mana tempatnya? Banyak.Com . Sebanyak 10 persen dari mereka mengakui telah melakukan hubungan seks bebas. Demikian juga. generasi kita terancam bahaya. sementara kebebasan dan liberalisme terus menerus dipaksakan kepada generasi muda kita. Banyak faktor yang menyebabkan meningkatnya kerusakkan moral para remaja hari ini. yakni Khilafah. papar Empi. mereka mengganggap perbuatan itu halal. inilah kenyataannya. padahal telah menghancurkan generasi masa depan mereka. Tetapi. Sudah saatnya. dan ini berpotensi terkena korban penyebaran HIV/AIDS. para siswa di Pangkalpinang juga terutama yang mempunyai handphone bagus dan mahal. Tetapi. Meski kami tidak mempunyai data secara statistik. Celakanya.

insya Allah. Bila demikian. [opn/syabab. generasi muda negeri ini akan terselamatkan.menghancurkan para identitas generasi Muslim. SMP. yang akan menggantikan generasi yang rusak hari ini. Tujuannya. dengan izin Allah akan hadir generasi baru. agara generasi Islam hancur dan jauh dari agamanya. SMA hingga Perguruan Tinggi.com] . Hanya dengan memberikan pemahaman Islam saja. Kini saatnya kita menyelamatkan generasi masa depan ini dari kerusakkan dengan memberikan pembinaanpembinaan ke-Islam-an di benak generasi muda kita. Kini saatnya. kita kembali kepada Islam dan mencampakkan sistem sekularisme yang telah dipaksakan oleh para agenagennya. Mulai dari tingkat SD. pembinaan-pembinaan Islam harus digencarkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful