Latar Belakang

Lari gawang adalah lari cepat menempuh suatu jarak tertentu dengan melompati gawang-gawang yang tingginya diatur dalam peraturan perlombaan. Gerakan lari gawang, baik itu lari gawang 110 m, 200 m, 400 m (untuk pria) atau 100 m (untuk wanita), sedapat mungkin harus dilakukan seperti pada gerakan lari cepat. Dalam makalah ini juga akan dibahas tentang peraturan-peraturan dasar yang terdapat dalam perlombaan lari gawang. Adapun latar belakang dibuatnya makalah ini adalah untuk menggantikan ujian praktek lari gawang itu sendiri. Maka dibuatlah makalah tentang peraturan-peraturan dasar dalam pertandingan lari gawang. Semoga dengan adanya makalah ini dapat menambah wawasan pembaca dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

1 |______________Peraturan Lari gawang_______________________

Pengertian Lari gawang Lari gawang adalah lari cepat menempuh jarak dengan melompati gawang-gawang yang tingginya diatur dalam peraturan perlombaan. tepat dan lancar. hingga membentuk sudut kurang lebih 90-950.pada waktu hendak bertolak. sehingga kecepatan lari tetap dipertahankan. Hal ini dimaksudkan supaya pada waktu akan menolakkan kaki melewati gawang pertama dapat dilakukan dengan cepat. . Teknik Lari Gawang 1).Gerakan lari gawang.Pada saat berlari diusahakan tidak melayang terlalu lama. 2 |______________Peraturan Lari gawang_______________________ .sedangkan lutut kaki belakang lurus dengan tumit diangkat tinggi. pinggang harus diangkat tinggi dan cukup jauh dari gawang yang akan dilewatinya.pada waktu melompati gawang harus dilakukan secara beruntun. Dari mulai start ke gawang pertama Start yang biasanya dilakukan dalam lari gawang adalah start jongkok. Untuk dapat melakukan lari gawang dengan benar dan lancar.Lutut kaki harus berada didepan diangkat tinggi.Usahakan ketika berada diatas gawang keseimbangan tetap terjaga. lancar dan rileks. faktor pertama yang harus diperhatikan oleh seorangpelari adalah gerakan yang dilakukan mulai dari start ke gawang pertama. baik lari 110m mupun 200m serta 400m (untuk pria) atau 100m (untuk wanita) sedapat mungkin harus dilakukan seperti pada gerakan lari cepat. pada waktu akan melewti gawang yang pertama yang harus diperhatikan antara lain sbb : .

Gerakan lari gawang. sikap badan dan gerakan kaki pada waktu mendarat . Sikap badan diatas gawang . Pada saat berlari diusahakan tidak melayang terlalu lama. sehingga kecepatan lari tetap dipertahankan. baik lari 110m mupun 200m serta 400m (untuk pria) atau 100m (untuk wanita sedapat mungkin harus dilakukan seperti pada gerakan lari cepat. hal ini sangat berguna menjaga keseimbangan gerakan mendorong ke depan 3). lancar dan rileks.kaki belakang dengan lutut ditekuk. kaki dalam keadaan lurus .pada saat mendarat di tanah.Usahakan ketika berada diatas gawang keseimbangan tetap terjaga. sehingga dapat membantu cepat kembali ke posisi gerak ke depan . 3 |______________Peraturan Lari gawang_______________________ .badan dicondongkan ke depanmembantu membawa berat badan.kaki yang digunakan untuk menolak ditarik kedepan dengan jalan memutar ksamping . tetap terangkat tinggi supaya dapat bergerak bebas menjangkau ke depan dalam usaha membantu langkah panjang .lengan harus membantu keseimbangan di atas gawang.pada saat berada di atas gawang badan dicondongkan ke depan. sehingga kaki yang berada di atas mudah bergerak mlangkah ke depan. Lari gawang adalah lari cepat menempuh jarak dengan melompati gawamggawang yang tingginya diatur dalam peraturan perlombaan.2).lintasan gerak tubuh waktu berada diatas gawang harus diusahakan serendah mungkin. dengan badan agak condong ke depan dan lutut agak dibengkokkan. segera diturunkan ketanah dengan keadaan lurus .setelah kaki depan melewati gawang. .pada waktu melompati gawang harus dilakukan secara beruntun.

terutama lari gawang 100 meter wanita dan 110 meter pria. 5). tidak di depan atau dibelakang gawang.membuat langkah dari start ke gawang pertama antara 7-9 langkah . dan rata-rata di atas gawang.95 – 2. Di atas gawang kaki belakang ditarik ke depan dengan gerakan yang beruntun. dengan membusungkan dada ke dada ke depan. Usahakan waktu melampaui gawang titik ketinggian berada tepat di atas gawang.kaki belakang secepatnya langkahkan ke depan . kaki lurus mendarat ± 1.lari secepat-cepatnya sampai melewati garis finish. paha terbuka ke samping. Ayunan kaki ke depan dengan lutut yang tidak kaku. Hal yang perlu diperhatikan pada waktu melewati gawang : Bertolak dari jarak 1. Start harus dilakukan dengan kecepatan tinggi dan tidak mengurangi kecepatan saat mengambil 4 |______________Peraturan Lari gawang_______________________ . posisi kaki terlipat. Dari gawang terakhir sampi melewati garis finish Setelah kaki depan melewati gawang terakhir dan mendarat di tanah. pusatkan Posisi Pandangan ke depan bagian atas gawang. Langkah diantara gawang Jumlah langkah diantara gawang yang harus dilakukan oleh setiap pelari berbedabeda.15 m di depan gawang.45 m di depan gawang. telapak kaki diputar kearah luar. lengan di depan didorong ke depan setinggi mata lainya dan dipergunakan untuk menjaga keseimbangan.dan para plari umumnya berusaha untuk dapat : . yang harus dilakukan oleh seorang pelari gawang adalah sbb : . Lengan diayunkan sewajarnya. Start dan mengambil gawang pertama merupakan hal yang menentukan bagi seorang pelari gawang.4).05 – 1.setelah langkah kaki depan mendarat ditanah mencapai 3 langkah diantara gawang.badan condong kedepan . Bungkukkan badan ke depan mendapat paha dari kaki yang diayunkan ke depan. Sehingga pada waktu di atas gawang kecondongan badan dipertahankan.

sehingga pada waktu di atas gawang kepala tidak akan lebih tinggi daripada waktu lari cepat 5) Ketika berada di atas gawang.45 meter di depan gawang. Gerakan ini harus dilakukan dengan badan tetap condong ke depan 7) Usahakan agar pada waktu melampaui gawang. kaki diturunkan dan mendarat kira-kira 1. dan rata di atas gawang 6) Setelah melewati gawang. paha terbuka ke samping.05 -1. dalam posisi kaki terlipat. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan 4) Bengkokkan badan ke depan mendekat paha dari kaki yang diayun ke depan. kelancaran mengambil gawang pertama ini sangat berpengaruh pada pengambilan gawang berikutnya. Kaki dengan cepat ditarik ke depan agar langkah tetap lebar. telapaKkaki diputar ke arah luar.gawang pertama. titik tertinggi berada tepat di atas gawang tidak di depan atau di belakang gawang 8) Mata memandang ke depan pada bagian atas gawang 5 |______________Peraturan Lari gawang_______________________ . kaki ditarik ke depan dengan gerakan yang beruntun.95-2. lengan yang di depan didorongkan ke depan setinggi mata.15 meter di depan gawang 2) Ayunan kaki ke depan seperti pada gerakan lari cepat dengan lutut yang tidak kaku 3) Lengan diayunkan seperti gerakan lari cepat. Ringkasnya adalah sebagai berikut: 1) Bertolak dari jarak 1.

Pokok-pokok peraturan dalam perlombaan lari gawang yang perlu diketahui antara lain sebagai berikut: 1) Semua perlombaan lari gawang harus dilakukan pada jalurnya masing-masing. atau melompati gawang yang tidak berada di lintasan sendiri. jumlah gawang yang harus dilewati oleh setiap pelari jumlahnya 10 buah. atau menurut pendapat wasit dengan sengaja menjatuhkan gawang dengan tangan atau kaki dinyatakan diskualifikasi.14 meter 35.00 meter 45. Komposisi gawang yang harus dilewati pada lari gawang Jenis Kelamin Nomor Lari Putra 110 400 Putri 100 400 meter meter meter Tinggi Gawang 1. mulai dari start sampai melewati garis finish.914 meter 0.110 m.maupun 400 m.50 meter 35.840 meter Garis Start 13. 2) Seorang peserta lomba lari gawang yang menarik kakinya di luar bidang horizontal atas gawang pada saat rnelampauinya.762 meter 6 |______________Peraturan Lari gawang_______________________ . Perbedaannya hanya terletak pada gawang yang harus dilewati. 3) Dalam perlombaan lari gawang.067 meter 0. dengan ketentuan seperti pada tabel berikut ini.00 meter 13.00 meter meter 0.00 meter arak Gawang 9.Pokok-pokok peraturan lari gawang Peraturan perlombaan lari gawang pada dasarnya sama dengan peraturan pada lari jarak pendek. baik untuk jarak 100 m.00 meter 8.72 meter 45.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful