PENGERTIAN NASKAH IKLAN CETAK

Definisi media cetak ;Definisi media cetak ; merupakanmerupakan suatu media yang statis dan suatu media yang statis danmengutamakan pesan-pesan visual.mengutamakan pesan-pesan visual. Media ini terdiri dari lembaranMedia ini terdiri dari lembarandengan sejumlah kata, gambar, atau dengan sejumlah kata, gambar, ataufoto, dalam tata warna dan halamanfoto, dalam tata warna dan halamanputih. Media cetak yang digunakan sebagai mediumperiklanan dibatasi pada surat kabar danperiklanan dibatasi pada surat kabar danmajalah.majalah. Iklan pada media cetak merupakan suatu bentuk Iklan pada media cetak merupakan suatu bentuk promosi yang diungkapkan melalui gambar,promosi yang diungkapkan melalui gambar,bentuk, warna, dan aksara dan melibatkanbentuk, warna, dan aksara dan melibatkanteknik proses percetakan secara tenggang danteknik proses percetakan secara tenggang dansaling menunjang.saling menunjang. Ciri khas media massa cetak, melibatkan prosesCiri khas media massa cetak, melibatkan prosespercetakan dalam penggandaannya.percetakan dalam penggandaannya. Bermacam-macam jenis media cetak, namunBermacam-macam jenis media cetak, namunsecarasecaragaris besar sesungguhnya hanya terdirigaris besar sesungguhnya hanya terdiridari dua jenis saja, yaitu suratdari dua jenis saja, yaitu surat kabar dan majalah.

PENULISAN NASKAH UNTUK RADIO

Memasuki arena penulisan naskah radio, berarti memasuki sebuah dunia yang

Yaitu bagaimana radio ditajamkan ke penulisan naskah untuk radio. Sama seperti tuntutan media cetak dan televisi. Gelar dan Angka . penulisan di medium radio siaran juga mempunyai beberapa spesifikasi. Karena penanganan produksinya juga menuntut pemahanan atas spesifikasi produksi radio. berarti kita bicara sebuah medium untuk massa yang hanya mengeluarkan suara.Menulis Untuk Telinga .5 Prinsip Menulis Untuk Radio . Spesifikasi ini mempunyai beberapa akibat dan konsekuensi alamiah yang harus dihayati setiap orang yang berkecimpung di dalamnya. Berbicara tentang radio siaran. Tapi tak terpungkiri. termasuk mempelajari materi-materi pendukung untuk mencapai penulisan yang baik di radio. Memang ada hal-hal yang berlaku global dan berlaku di semua format media massa. Baik wawasan maupun keterampilan. Nama. Selain itu penulisan di radio juga tidak lepas dari disiplin ilmu lainnya.memadukan kemampuan “Wawasan” dan “Keterampilan” secara seimbang. Tuntutan dan rambu-rambunya terasa lebih rumit. tetap ada hal-hal yang spesifik dan membutuhkan pemahaman secara khusus.Menulis Singkatan.Karakter Medium Radio .Tanda Baca dan Tanda Kutip . Karena itu dalam pengajaran tentang “Penulisan Naskah Di Radio” dilaksanakan secara bertahap. Seperti : .

Apa hubungan antara pemahaman karakteristik radio dengan penulisan naskah ? a.Bimbingan Ejaan Fonetik B. Merancang naskah merupakan spesifikasi lengkap dari teks dan narasi dalam iklan televisi. b. penulis akan tahu apa yang harus diprioritaskan dengan memahami kekuatan karakter radio. merupakan pengetahuan awal sebelum seorang penulis naskah melatih kemampuan menulisnya sesuai syarat-syarat radio sebagai medium “Auditif”. Karena iklan TV waktunya . HUBUNGAN PENULISAN DAN KARAKTERISTIK Pemahaman karakteristik medium radio. PENULISAN NASKAH IKLAN TV Prinsip Dasar Menulis Naskah Iklan Televisi Dalam merancang naskah. Misalnya. Penting bagi penulis naskah mengetahui dimana letak kekuatan dan kelemahannya. penulis naskah dapat menentukan cara pendekatan terhadap khalayak pendengar. Untuk menulis naskah iklan TV berbeda dengan naskah iklan cetak maupun naskah profil perusahaan ataupun situs Web. Sehingga informasi yang disampaikan tepat pada sasaran seperti yang diharapkan. Karateristik radio siaran memiliki keunggulan sekaligus kelemahan. karena menjadi rambu untuk penulisan. Dengan memahami karakteristik radio. kita menetapkan dialog dan urutan elemen-elemen secara rinci. penulis akan tahu tabu-tabu dalam penulisan.. Misalnya.

Jika produknya terlalu besar. maka paling tidak logo atau nama perusahaan harus ditampilkan pada iklan TV PENULISAN NASKAH IKLAN RADIO TV .pendek (biasanya 30 detik) maka kata-katanya harus ringkas. mudah diucapkan dan mudah diingat. Dengan waktu 30 detik tersebut pemecahan masalah utama konsumen ditunjukkan dengan menggunakan produk superior yang diiklankan.

Disusun: Sasongko Mukti Aji D1310066 D3 PERIKLANAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET 2012 .

5 Maret 2012 Yang memberi kuasa ( WINARTO ) ( WARSINAH ) .03 Rw. 12 Pajang Laweyan Surakarta 57146 Pekerjaan : Swasta Untuk menandatangani dan mengambil uang pensiunan saya bulan Maret 2012 di Bank Pembangunan Daerah Balai Kota Surakarta. Yang diberi kuasa Surakarta. 03 Rw. 12 Pajang Laweyan Surakarta 57146 Pekerjaan : Pensiunan PNS Karena alasan usia lanjut . dengan ini memberikan kuasa kepada : Nama Umur Alamat : : : Winarto 57 Th Pajangan Rt.SURAT KUASA Yang bertanda tangan di bawah ini saya : Nama Umur Alamat : : : Warsinah 93 Th Pajangan Rt . Harap maklum adanya. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.