Aswaja soal semester genap kls xii 1.

Bagi Nahdlatul Ulama, Mabadi Khaira Ummah merupakan dasar-dasar pembentukan ummat yang…….. a. Kuat b. mulia c. baik d. maju 2. Berdasrkan Ayat 110 Surat Ali Imran, bahwa cirri cirri ummat yang terbaik adalah sebagai berikut, kecuali………. a. Yang paling menonjol diantara yang lain b. Yang selalu mengajak kebaikan kepada kebaikan c. Yang selalu mencegah berbuat kemungkaran d. Yang benar –benar beriman kepada Allah 3. Gerakan Mabadi Khaira Ummah dalam NU bertujuan untuk membentuk………… a. Kader-kader NU yang militant d. kelompok elit NU b. Prinsip dasar para pemimpin NU e. identitas,karakter dan cirri khas warga NU 4. Bersamaan dengan gerakan Sosialisasi Mabadi Khairo Ummah,HBNO/PBNU waktu itu juga mengamatkan diadakannya Gerakan ……….Waraga NU. a. Pembangunan ekonomi c. penyejahteraan kehidupan sosial b. Peningkatan mutu pendidikan d. pemberdayaan pondok pesantren 5. Upaya penanaman Mabadi Khaira Ummah dilakukan dengan memberikan penjelasan secara terus menerus melaui berbagai forum, khususnya……….. a. Bahtsul Masa’il c. Majlis a’lim b. Gerakan Syirkah Ta’awuniyah d. Lailatul Ijtima’ 6. Hasil nyata yang dicapai dari upaya gerakan Mabadi Khoiro Ummahini adalah sebagai berikut, kec uali…… a. Semangat berorganisasi warga NU yang semakin tinggi b. Warga NU semakin banyak yang kaya dan mendudukijabatan-jabatan politik c. Kegiatan oraganisasi dalam berbagai bidang semakin banyak d. Para pemimpin NU semakin kompak 7. Isi dan kandungan Mabadi Khoiro Ummah asalnya hanya tigs, kecuali………….. a. Ash-Shidqu c. Al-Amanah Wal Wafa’bil ‘Ahdi b. At-Ta’awun d. At-Tasamuh wal I’tidal 8. Kemudian dikembangkan jadi lima, yaitu dengan ditambah………….. a. Al-‘adlu wal Istiqamah c. Amarma’ruf Nahi munkar b. At-Tabligh wal Fathanah d. Akhlaqul Karimah dan Khittah Nahdliyah 9. As-Shidqu mempunyai arti kejujuran,kebenaran,kesungguhan dan………… a. Ketabahan b. kesetiaan d. kehati-hatian d. keterbukaan 10. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah haditsnya,bahwa hejujuran itu akan membawa seseorang kepada……………. a. Kesenangan dan kekayaan c. kedudukan yang tinggi b. Kebaikan dan surge d. pergaulan yang khas 11. Kita memang harus selalu jujur dalam empat hal, yaitu pada hal-hal sebagai berikut, kecualu… a. Dalam sikap dan perbuatan c. selalu menepati janji

Mahfudh Shiddiq d. KH.. Guru dan murid yang selalu saling member dan menerima d. ahli thariqah Al-mu’tabarah 20. Anak dan orang tua yang harus menghormati dan mengasihi c. Suami dan istri yang harus saling sayang menyayangi b. 17. keterlanjutan d. ialah firman Allah……….. Disiplin dan tepat waktu e.mengandung arti sebagai berikut.setia kawan. membenarkan yang benar 15. keberlanjutan c.. Suka berjanji d. a. Ahmad Shiddiq . Kitab-kitab imam madzhab d. kecuali…………. tidak suka berjanji 13. KH. Menempatkan sesuatu kepada tempatnya c. Selalu merendahkan diri d. kecuali………. Menyalahkan yang salah. ‘’Al-Amanah’’ bersumber dari perintah Allah: 14. a. Berpihak kepada kebenaran d. Kata Rasulullah SAW. KH. disamping mempunyai arti saling tolong menolong. Memberikan hak-hak orang lainsecara merata b. KH. komunikasi dua arah 16. a. Dalam berbicara 12. a.. Al-‘Adalahmaksudnya bersifat adil. kesinambungan 19. gotong royong dalam kebaikan dan ketaqwaan. selalu menepati janji b. e.juga mengandung pengertian……………. Keajegan b. ulama dan pemimpin pemerintahan b. dalam karier dan profesi Artinya dapat dipercaya dan…………. saling member dan menerima b. bahwa antara orang mu’min satu dengan mu’min yang lain itu ibaratnya seperti………………. a. Unsure-unsur sebuah bangunan yang saling menguatkan 18.b. Muhammad Shiddiq b. At-Ta’awun. Sayang menyayangi c. Para sahabat dan As-salafus shalih c. Abdullah Shiddiq c. Sedangkan Al-Istiqamah mempunyai arti sebagai berikut. Pencetus pertama konsep Mabadi Khaira Ummah ialah………… a. Dalil mengapa kita harus memiliki sifat/sikap Ta’awun. a. Istiqamah juga berarti” keyakinan dan tindakan” yang tidak bergeser dari ketentuan Allah dan Rasulnya serta tuntunan………….

sikap ukhuwah dapat muncul karena adanya beberapa persamaan seperti berikut ini kecuali………………. persamaan wawasan b. a. sikap saling menyayangi b. kecuali………. Salah satu kunci keberhasilan Nabi Muhammad SAW sewaktu di madinah adalah mengembangkan sikap At-tarahum di antara sahabat-sahabatnya . Sikap ini dapat di artikan sebagai…………… a. NU mempunyai Khitthah Nahdiyah 1926 c. suudz-dzon c. Sikap demikian dinamakan…………. Riyaudz-dzon b. persamaan keuntungan 23. Dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu penghambat dalam ukhuwah adalah menganggap seseorang atau kelompok berperilaku buruk. Setiap kerusuhan yang terjadi di suatu masyarakat. a. a. Persamaan keyakinan c. Setiap warga NU dalam kepribadian dan perilakunya memiliki cirri khas yang tidak sama dengan warga masyarakat yang lain. Sikap curiga yang berlebihan d. Sikap saling menginkari c. Sikap sombong dan congkak c. NU didirikan oleh para ulama pondok pesantren b. Sikap saling mencurigai d.. sebab……………… a. NU adalah organisasi kemasyarakatan sekaligus keagamaan 22. ATtakhasum d.. Persamaan kepentingan d. sikap saling mendukung . At-taaruf b. husnudz-dzon d. perilaku aneh dan langka b. At-Tasammuh c. NU penganut faham aswaja yang menggunakan system bermadzhab d. fadzli-dzon 25. At-taawun 24. perilaku dermawan yang berlebihan 26. Baik atau buruknya persaudaraan di masyarakat banyak dipengaruhi oleh beberapa sikap berikut ini. Yang dimaksud sikap at-tajassus adalah……….21. tidak terlepas dari sikap at-tajassus yang berkembang di masyarakat tersebut. a.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.