PROSES PERKECAMBAHAN

MENGGUNAKAN MEDIA AIR DAN TANAH Makalahini di susunguna melengkapi tugas akhir semester 1 mata pelajaran ipa yang di tugaskan oleh ibu ratihviyastutik,S.Pd

DsusunOleh: Kelompok 5 1. 2. 3. 4. 5. ALIFIA RUSMALITA BINTI USWATUN HASANAH ELIK DESWANTI ERITA PURNAMINTARI NIDA AFIFAH

Kelas: X APK 1 SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2011-2012

Wb Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang mahaesa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah “proses pengkecambahan menggunakan media air dan media tanah” ini. Dalam penyusunan makalah ini. dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan makalahini. Adapun makalah ini kami susun guna melengkap itugas akhir semester 1 mata pelajaran ipa yang ditugaskan oleh guru pembimbing . temen. Dalam percobaan ini kami menggunakan dua media yang berbeda yaitu media air dan tanah. Akhir kata kami selakupenulis minta maaf yang sebesar”nya apabila ada kesalahan dalam penulisan makalah ini. Hal ini kami maksudkan untuk melihat perbedaan hasil yang diperoleh melalui 2 media yang berlainan tersebut sehingga kami dapatmengambil kesimpulan dari percobaan yang kami lakukan. tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada guru pembimbing. WassalamuaklaikumWr. Kami sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan.Melalui makalah ini kami ingin memberikan gambaran tentang proses perkecambahan.KATA PENGANTAR AssalamualaikumWr.Makalah ini kami susun berdasarkan percobaan dan penelitian yang telah kami lakukan. kami telah melibatkan banyak pihak oleh sebab itu. Wb .Oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak yang bersifat membangun untuk makalah ini.

...........1 BAB II Landasan Teori A.................... Tujuan Penelitian.....................................1 C....................................................................................................................................................... Tehnik Analisi Data....................................................................................................................................................5 ............. Hipotesis Penelitian................................................................................................. Tinjauan Pustaka...........................................................................................................1 E. Alasan Pemilian Judul....3 BAB 4 Hasil Dan analisis.................................................i Kata Pengantar………………………………………………………………………………………………………………………………ii Daftar Isi...................... Latar Belakang Masalah.........................................................................................................................................4 BAB 5 Kesimpulan Dan saran.................... Manfaat Penelitian.........2 BAB III Metodologi Penelitian A....................... Rumusan Masalah..............................................................................................1 B..................................... Tempat Dan waktu Penelitian...........................................................................................................1 D..........................................................................................................................................................................2 B................................................DAFTAR ISI Halaman Judul……………………………………………………………………………………………………………………………….............................iii BAB 1 Pendahuluan A.......5 DAFTAR PUSTAKA...................................................................3 B....................5 LAMPIRAN..................

Untukmengetahuisecaralebihrincimengenai proses perkecambahanmenggunakan media air dan tanah. TujuanPenelitian Adapuntujuanpenelitianiniadalah : 1. 2. Melalui percobaan tersebut kami pun memperoleh suatu hasil dan kesimpulan yang nyata. . Dalam percobaan kami menggunakan 2 macam media yang berbeda. ManfaatPenelitian Penelitianinimembahasmengenai proses perkecambahanmaka. kami dapat mengamati bagaimana proses perkecambahan secara langsung. AlasanPemilihanJudul Kami mengambilljudul ”PROSES PERKECAMBAHAN MENGGUNAKAN MEDIA AIR DAN TANAH”. yaitu media air dan tanah. Bagaimana proses perkecambahanmenggunakan media air? 2. karenajudultersebutmenurut kami berhubungandenganpercobaandanpenelitian yang kami lakukan. Makalah ini kami susun berdasarkan percobaan dan penelitian yang kami lakukan. Percobaantersebutmenjelaskantentang prose perkecambahansertaperbedaan yang di perolehdari 2 medi yang berlainan. Latar Belakang masalah Kegiatan penyusunan makalah ini guna melengkapi tugas akhir semester 1 mat. Untukmengetahuiperbedaan proses perkecambahammenggunakan media aoir dan tanah E. D. B.pel ipa dan guna menambah pengatahuan siswa mengenai proses pengkecambahan. oengertianini akan sangatmembantuuntukmengetahui dan menambahwawasanmengenaiorosesperkecambahanpadaumumnya dan perkecambahanmelalui media air dan tanahpadakhususnya . Rumusan Masalah 1. Kami dapat melihat kekurangan dan kelebihan serta perbedaan hasil yang di peroleh melalui 2 media yang berlainan tersebut. Bagaimana proses perkecambahanmenggunakan media tanah? C.BAB 1 PENDAHULUAN A. Dalam mengadakan percobaan dan penelitian ini.

2 . . Lalu letakkan wadah tersebut ke tempat yang cukup terkena matahari . A. Tinjauan Pustaka A. terjadinya perkecambahan pada biji kacang hijau dengan menggunakan media tanah lebih cepat pertumbuhannya dari pada perkecambahan menggunakan media air .BAB II LANDASAN TEORI A. Namun pertumbuhan kecambah mekakui media ini sangat cepat asalkan mendapat sinar matahari yang cukup. Hipotesis Penelitian Berdasarkan tinjauan pustaka . Proses Perkecambahan Menggunakan Media Air Proses perkecambahan menggunakan media air sangat mudah untuk dilakukan .Proses Perkecambahan Menggunakan Media Tanah Proses perkecambahan menggunakan media tanah sedikit rumit karena perlu menyiraminya maksimal 2 kali sehari. B. Perkecambahan melalui media tanah bisa dikatakan lebih efisien karena dalam jangka waktu kurang dari 5 hari dapat menghasilkan kecambah yang baik . Jangan letakkan di tempat yang lembab karena keadaan ruang yang lembab dapat menyebabkan kecambah mudah busuk. Biji kacang hijau hanya perlu diletakkan pada wadah yang di penuhi air sehingga seluruh bagian dari biji kacang hijau tersebut terkena air secara merata .1.

3 cm. .5 – 7 cm. Kulit mulai mengelupas dan panjang kecambah kurang lebih 3. TANAH Kacang hijau masih berupa biji Kacang hijau mulai mengembang namun tidak begitu besar .45 – 17. Teknik Analisis Data Hari ke 1. AIR Kacang hijau masih berupa biji Kacang hijau mulai mengembang 2 x lebih besar dan kulit nya mulai mengelupas .5 – 8.5 cm. Mulai muncul kecambah panjangnya kurang lebih 0. 2. Panjang kecambah mencapai kurang lebih 1.5 – 1 cm.5 – 1.5 cm.00 B. Kulit sudah mengelupas dan panjang kecambah kurang lebih 0.Tmpat dan Waktu Penelitian Tempat : Di Rumah Binti Uswatun Hasanah Waktu : 16. Panjang kecambah mencapai kurang lebih 7.5 cm . 3. 4.BAB III METODE PENELITIAN A.Mulai muncul kecambah panjangnya kurang lebih 0.

Analisis Melalui Analisis data yang telah kami lakukan selama 4 hari ternyata hipotesis yang kami susun terbukti benar. . Hasil Percobaan yang kami lakukan selama 4 hari ini tidak sia – sia . TYerjadinya perkecambahan pada biji kacang hijau dengan menggunakan media tanah lebih cepat pertumbuhan nya daripada perkecambahan menggunakan media air .Perkecambahan mengalami media air sangat nudah dilakukan namun harus memperhatikan kelembaban cuaca di sekitarnya.Percoban tersebut memberikan hasil yang memuaskan dari pada percobaan sebelumnya sehingga kami dapat menganalisis data yang diperoleh dengan mudah . Jangan sampai terlalu lembab karena kecambah akan cepat membusuk . Namun hasil akhir yang kami peroleh perkecambahan melalui media tanah lebih maksimal karena pertumbuhan kecambah lebih cepat .BAB IV HASIL DAN ANALISIS A. B.

Saran Dalam percobaan perkecambahan kita dapat menyarankan dalam melakukan suatu penanaman kita harus dapat memilih biji yang berkualitas . . Hal tersebut bukan hanya disebabkan karena faktor media yang digunakan saja . Maka dari itu cahaya matahari sangat diperlukan oleh tumbuhan agar cepat dalam pertumbuhan .BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. namun ada faktor lain yaitu faktor pencahayaan yang cukup . tempat yang subur dan memperoleh sinar matahari yang cukup agar dapat memperoleh hasil yang maksimal . B.Kesimpulan Hasil dari percobaan yang kami lakukan yaitu percobaan pertama melakukan dengan menggunakan media air dan percobaan kedua dengan menggunakan media tanah dapat disimpulkan bahwa percobaan kedua dengan menggunakan media tanah lebih cepat pertumbuhan nya daripada percobaan pertama .

www.com. .gogle. Beberapa makalah sebagai reverensi kami.