P. 1
Komponen Perangkat Keras Input Komputer

Komponen Perangkat Keras Input Komputer

|Views: 71|Likes:

More info:

Published by: Rindang Sofyan Prasetya on Mar 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

Komponen Perangkat Keras Input Komputer

A.Keyboard
Keyboard merupakan alat ntuk memasukkan data maupun perintah ke CPU.Keyboard berasal dari bahasa inggris yang artinya papan ketik.Keyboard biasa dibagi dalam beberapa bagian,yaitu: 1. 2. 3. 4. Function Key,tombol fungsi Type Writter,tombol huruf angka tanda baca Numeric Keypad,tombol angka dan tanda baca yang berfungsi sebagai kalkulator Control Keys,menyediakan control terhadap kursor dan layar

Saat ini banyak inovasi dalam merancang bentuk keyboard.Salah satunya adalah foldable keyboard. Keyboardjenis ini dapat dilipat,digulung,serta lebih tahan air.

Keyboard foldable

keyboard

B.Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data selain keyboard.Alat ini membantu mengarahkan kursor di monitor.Mouse pertama dibuat tahun 1963 oleh Douglass engelbart dengan kayu dan hanya memiliki satu tombol.Mouse generasi ke-2 sudah memiliki 3 tombol.

Mouse

C.Scanner
Scanner adalah alat untuk memasukkan data berupa gambar/grafik dan mengubah menjadi bentuk digital.Data yang telah diambil dengan scanner dapat dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi yang dapat mengenali teks ASCII.Alat ini disebut juga dengan pemindai.

Scanner

Komponen Perangkat Keras Output Komputer
A.Monitor Komputer
Monitor computer disebut juga VDU(Visual Display Unit).monitor adalah alat yang mampu menampilkan teks amaupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.Monitor ada dua jenis,yaitu: 1. Monitor Tabung Layar Cembung Biasanya menggunakan tanug sinar katoda.tabung sinar katoda ditemukan oleh karl Ferdinand Braun.Hasil kerja philo Farnsworth yang digunakan seluruh pesawat televise sampai akhir abad ke-20.

2. Monitor LCD Saat ini LCD sudah mulai banyak digunakan.LCD adalah suatu jenis tampilan yang menggunakan Kristal cai sebagai penampil.Tampilan kristal cair sudah banyak di gunakan di bidang lain seperti TV dan kalkulator.

B.Printer
Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan baik teks maupun gambar atau grafik pada kertas.Pada dasarnya printer terdiri atas Picker(alat pengambil kertas pada tray) dan toner atau tinta sebagai alat pencetak sebenarnya.Jenis printer: 1. Dot Matrix,yang bekerja dengan cara menghentakkan tinta pada karbon untuk membentuk karakter di kertas.Printer jenis ini banyak digunakan untuk slip gaji dan jasa wartel.

2. Inkjet Printer,sering digunakan dalam jumlah sedikit.Printer ibni bekerja dengan cara menyemprotkan cairn tinta ke kertas.kepala pencetak inkjet disebut piezoelecktric print-heads. Kualitas hasil diukur dengan dots per inch(dpi) dan kecepatan diukur dengan pages per minutes(ppm).

3. Laser Printer,jenis printer yang menghasilkan cetakan baik dalam kecepatan tinggi.Printer ini didesain untuk member hasil bagus dalam pencetakan grafik dn foto.

C.Speaker
Keluaran suara dari kartu suara kan diteruskan ke speaker untuk mengeluarkan suara system computer.Speaker computer saat ini dilengkapi dengan kemampuan kualitas surround(suara 3d) dan sub woofer.

Komponen Perangkat Keras Sistem Penyimpana Komputer
A.memory Eksternal
Perangkat ini merupakan komponen penting computer.Hardware ini berfungsi menyimpan informasi baik sebelum maupun sesudah diproses processor. Berdasar tingkat kecepatan,memory internal dibagi menjadi: 1. Regisrer,berada pada processor.Merupakan memory paling cepat.

2. Cache Memory,memory perantara untuk meningkatakan kecepatan akses.

3. Main Memorymterdiri atas ROM dan RAM.

ROM

RAM

4. Secunder Memory,lebih ditujukan kepada media penyimpan jangka panjang.

B.Memory Eksternal

 Disket
Sebuah penyimpanan data yang terdiri atas medium penyimpanan magnetis bulat tipis yang lentur dan dilapisi lapisan plastic persegi panjang.Cara kerja disket yaitu plat bundarberisi data diputar oleh motor dalam flopy disk drive,kemudian sebuah magnet akan “membaca” dan “menulis” pada disket.

 Falshdisk
Merupakan alat penyimpan data yang memakai teknologi Universal Serial Bus(USB).Kapasitas flashdisk antara 128 MB-64 GB.Flashdisk memiliki ukuran lebih kecil dan kapsitas lebih besar dari disket.

 Piringan Optik
Piringan optic adalah alat penyimpanan yang berbentuk piringna kompak dari jenis optical disk.ukuran data yang dapat disimpan mencapau 600 MB.

 Compact Disk
Compact disk(CD) adalah awal mula piringan optic yang dibaca melalui sinar laser.Dikategorikan menjadi: 1. CD-ROM,biasanya berwarna perak.Cara pembuatanyya adalah dengan menaruh selembar plastic yang telah disinari laser.Selanjutnya semua proses dilakukan secara bertahap dalam mesin cetak.Jenis CD ini tidak dapat dihapus/direkam pada CD writer yang biasa.

2. CD-R(Compact Disk Re cordable) adalah jenis CD yang dapat menyimpan data seperti disket tetapi isinya tidak dapat diubah lagi.Cara pembuatanya hamper sama dengan CD-ROM,tetapi pada CD-R penyinaran laser terjadi saat akan merekam.

3. CD-RW(Compact Disk Rewriteable) adalah jenis Cd yang isinya bias kita ubah jika diinginkan.Harga CD ini biasanya lebih mahal.

 Digital Versatile Disc
Jenis media penyimpanan mirip CD-ROM tetapi dengan kapasitas yang jauh lebih besr.Menggunakan teknologi dual layer.Berdasar format dibagi menjadi DVD-R,DVD-RW,DVD-RAM.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->