SAMBUTAN KEPALA BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM RANGKA WISUDA KE XIII AKADEMI PARIWISATA

MEDAN MEDAN, 27 OKTOBER 2011 Assalammu’ alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh Salam sejahtera untuk kita semua Om Swasti Astu dan Selamat pagi,

Mengawali pidato saya di hari yang penuh rahmat ini, pertama-tama saya ingin mengajak kepada hadirin sekalian untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di pagi ini dalam suasana bangga, bahagia dan gembira untuk dapat hadir dan menyaksikan prosesi Wisuda ke-XIII, Program Diploma III, Akademi Pariwisata Medan Tahun 2011.

1

Hadirin Yang Saya Hormati. dan inovasi agar Indonesia mampu Dengan digabungkannya sektor pariwisata dengan ekonomi kreatif. pada tanggal 19 Oktober 2011 yang lalu Presiden telah mengumumkan reshuffle kabinet dimana salah satunya adalah dengan melakukan perubahan nama Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebagaimana kita ketahui bersama. Salah satu indikator 2 . menemukan ide-ide. ini menjadi tantangan bagi kita selaku insan pariwisata untuk semakin terpacu sehingga sektor ini dapat menjadi andalan perekonomian nasional di masa yang akan datang. menggali. Perkembangan kepariwisataan Indonesia sendiri saat ini semakin menunjukkan trend yang sangat menggembirakan. untuk dapat diperlukan pula kreativitas dari insan-insan pariwisata menjadi negeri yang semakin menarik untuk dikunjungi. Untuk dapat mengembangkan pariwisata nasional dengan baik. Hadirin Yang Berbahagia.

7% banding tahun 2009.pentingnya adalah dari semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Jika.7 juta wisman pada tahun 2011 ini dapat kita tercapai. Adapun penerimaan devisa sebesar 7.63 juta orang. jumlah 138 trilyun. pada tahun 2010 yang lalu. meningkatnya investasi dan juga membantu meningkatkan perekonomian daerah.994 Wisman. Jika pada tahun 2009 jumlah wisnus mencatat 229 juta perjalanan. Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan tentunya akan berdampak positif bagi perekonomian nasional.002.72 persen dibandingkan periode yang sama pada 2010 yang mencatat kunjungan sebesar 4.6 milyar USD dengan kenaikan sebesar 20. kunjungan wisman telah mencapai 4.96 juta orang naik sebesar 7. naik sebesar 2. baik dari semakin meningkatnya peluang kerja dan berusaha. target 7. Sementara itu kunjungan Wisatawan Nusantara juga terus menunjukkan trend yang menggembirakan. Disamping itu dampak positif pariwisata juga dapat dirasakan bukan hanya dari sisi ekonomi. Dengan trend seperti Ini maka kita patut optimis. mengalami kenaikan sebesar 10. kunjungan wisman ke Indonesia tercatat mencapai 7. maka pada tahun 2010.74 % di banding tahun 2009. Sampai bulan Juli 2011 ini. tetapi 3 di . jumlah perjalanan wisnus ini telah meningkat menjadi 234 perjalanan.1 persen dengan pengeluaran 150 trilyun Atau naik sebesar 8 persen daripada tahun sebelumnya yang mencatat.

Kebijakan ini menekankan kepada dua hal penting. guna untuk dapat lebih mendorong dan meningkatkan jumlah wisman. Menyadari peran penting pariwisata itulah. Kebijakan lain yang ditempuh pemerintah saat ini adalah dengan telah meluncurkan kebijakan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Tahun 2011-2025. Ini diharapkan menjadi trigger terhadap pariwisata Indonesia untuk mampu merebut pasar dunia. yaitu mempercepat dan memperluas pembangunan dan ekonomi di tanah air secara berkesinambungan. perlunya menghilangkan hambatan pembangunan (the bottlenecking) yang dapat mengganggu kepastian 4 . dan wonderful value of money. berusaha. wonderful of food. wonderful indonesia mengacu pada lima kriteria yakni. Hadirin Yang Saya Hormati.juga dari sisi non ekonomi seperti lestarinya lingkungan alam dan budaya. wonderful of people. dan meningkatnya cinta tanah air sebagai bagian dari pembentukan karakter dan jati diri bangsa. maka pemerintah telah menyusun berbagai kebijakan diantaranya dengan me-launching yang branding baru pariwisata indonesia yaitu. meningkatnya citra positif Indonesia di mata internasional. yakni wonderful of nature. wonderful of culture.

daya tarik wisata budaya. dan wisata buatan Adapun tujuan dari pemberian Award ini adalah guna mendorong para pengelola daya tarik wisata baik wisata alam. pemerintah telah memberikan Anugerah Citra Pesona Wisata (Cipta Award) 2011 kepada 9 pengelola daya tarik wisata alam. Bertepatan dengan perayaan Hari Pariwisata Dunia dan Hari Pariwisata Indonesiaa pada 27 September 2011 yang lalu. dan ketekunan Saudara dalam menimba ilmu di Akademi Pariwisata Medan.Masterplan ini mencakup 22 aktivitas ekonomi utama indonesia termasuk salah satunya adalah sektor pariwisata. 5 . wisata budaya. dan daya tarik wisata buatan di tanah air semakin meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar obyek wisata. Inilah bukti dari hasil kerja keras kesabaran. Dengan adanya destinasi-destinasi baru ini diharapkan terjadi peningkatan pemerataan pembangunan di seluruh tanah air yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) mentargetkan hingga tahun 2025 akan menumbuhkan 50 destinasi pariwisata baru di Indonesia. Hadirin Yang Berbahagia. Di akhir sambutan kami perkenankanlah saya menucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati yang telah berhasil merampungkan studinya di kampus Akademi Pariwisata Medan.

Kepercayaan ini tentunya akan menjadi tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di perguruan tinggi ini baik melalui peningkatan kurikulum. mudah-mudahan putra dan putri Ibu dan Bapak sekalian mampu menjadi manusia yang berguna baik bagi nusa dan bangsa serta menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua. bangsa. dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat dibanggakan Indonesia.Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini saya juga menghimbau kepada wisudawan/wisudawati untuk menjadikan momentum wisuda ini sebagai titik tolak dalam meraih kesuksesan dalam kehidupan Saudara nantinya. Tak lupa pula saya ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggitingginya kepada Ibu dan Bapak yang telah mempercayakan pendidikan putra dan putrinya kepada Akademi Pariwisata Medan. untuk itu saya meminta Saudara untuk terus belajar tiada henti. Dunia kerja telah menanti Saudara. dan negara Indonesia mendapatkan kembali putra putri 6 sarana dan prasarana pendidikan. Kepada para orang tua wisudawan/wisudawati saya juga ingin mengucapkan selamat. dosennya. serta kompetensi . mengasah ilmu dan keterampilan. serta meningkatkan kompetensi diri agar Saudara benar-benar dapat menjadi Sumber Daya Manusia pariwisata yang tangguh. Wisuda hari ini mempunyai arti yang penting. karena masyarakat.

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua Om Shanti Shanti Om. berkarakter baik serta berintegritas tinggi.terbaiknya yang telah menjadi putra putri terdidik dan terlatih dari kampus terbaik. Wassalammu Alaikum Wr.Wb. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata I GDE PITANA 7 . Jadilah alumni Akpar Medan yang membanggakan. serta dapat menjadi suri teladan penerang bagi lingkungan sekeliling kalian. Selamat Pagi. bangsa dan negaranya. Selamat berkarya dan bermanfaat bagi sesama. untuk mengabdikan dirinya bagi kepentingan masyarakat.