Click to edit Master subtitle style Filsafat Hukum Islam

Filsafat ketuhanan
Oleh: Vialdi Faizal Adha

3/10/12

Latar Belakang Masalah Bagaimanakah pemikiran manusia dalam memahami hakikat Tuhan yang sebenarnya? 3/10/12 .

maka mengetahui Tuhan dengan benar menjadi sebuah keniscayaan (necessity). merupakan diskusi yang usianya seumur keberadaan manusia. dan ada pula yang bersifat di antara keduanya. Dengan adanya “census religious” yang mengindikasikan manusia tetap butuh terhadap Tuhan. pemikiran tersebut terbagi kedalam beberapa macam. sebelum munculnya para filosof.Pendahuluan  Perbincangan mengenai Tuhan. menuju pada suatu logika berpikir yang sistematis Di Dunia Timur. tradisi ketuhanan mereka digambarkan dengan adanya dewa-dewa yang memerintah alam. Pemikiran terhadap Tuhan yang mayoritas dipelopori oleh ilmuwan Muslim telah melahirkan Ilmu Tauhid.    Di dunia Barat yang mayoritas Kristen. ada aliran yang bersifat liberal. yang lepas dari khayalan. Kepercayaan tersebut umumnya terdapat dalam bentuk cerita yang bersifat mitos dan tidak memuaskan kalangan ahli pikir (filosof). Ilmu Kalam. atau Ilmu Ushuluddin. maka para filosof berusaha untuk menemukan Tuhan. Di Yunani. Diduga kuat pada diri manusia memang memiliki bakat ber-Tuhan dan potensi untuk beragama (census religious). tradisional. setelah masa pencerahan yang ditandai dengan bangkitnya rasionalisme dan empirisme. Immanuel Kant yang membagi pengertian Tuhan . Oleh karenanya dengan berdasar atas kemampuan akal dan kecermatan membaca alam. bermunculan para pendobrak “Tuhan” seperti Blaise Pascal dengan pemikirannya bahwa 3/10/12 Tuhan tidak pernah ada. Secara garis besar.

Terlepas dari pernyataan bahwa Tuhan telah mati. sejarah pemikiran manusia tentang Tuhan. dan argumentasi-argumentasi seputar filsafat ketuhanan. hakikat Tuhan. sedikit banyaknya ikut andil dan berimplikasi dalam proses pengambilan kebijakan serta keputusan. yang jelas diskusi tentang Tuhan itu sendiri menjadi menarik dan penting. 3/10/12 . Dalam makalah ini akan dibahas secara singkat mengenai pengertian filsafat ketuhanan. Letak penting dan menariknya bukan saja kerena sosok-Nya yang abstrak. tetapi secara faktual pemahaman tentang pemikiran Tuhan bagi peradaban manusia adalah lahirnya berbagai macam implikasi sosial dalam kehidupan dan pada akhirnya pemikiran dan pemahaman tersebut.

akan menambahkan pendekatan wahyu di dalam usaha memikirkannya. Kristen. maka dipakai pendekatan yang disebut filosofis. Bagi orang yang menganut agama tertentu (terutama agama Islam. Yahudi). namun mencari pertimbangan kemungkinan-kemungkinan bagi manusia untuk sampai pada kebenaran tentang Tuhan 3/10/12 . Usaha yang dilakukan manusia ini bukanlah untuk menemukan Tuhan secara absolut atau mutlak.Pengertian Filsafat Ketuhanan Filsafat Ketuhanan adalah pemikiran tentang Tuhan dengan pendekatan akal budi. Jadi Filsafat Ketuhanan adalah pemikiran para manusia dengan pendekatan akal budi tentang Tuhan.

3/10/12 . Lubbock dan Javens). Robertson Smith. EB Taylor.Sejarah Pemikiran Tentang Tuhan  Pemikiran Barat Teori Evolusionisme (Max Muller.

 Pemikiran Islam 3/10/12 .

dan Salaf.Hakikat Tuhan  Terbagi ke dalam tiga kelompok: Filosof. Mutakallimun. 3/10/12 .

Argumen tentang Adanya Tuhan 3/10/12 .

Penutup  Secara umum. manusia akan memperoleh ilmu dan membuatnya semakin pasrah kepada Yang Maha Esa. "Jika Anda bertanya apakah puncak pengetahuan orang-orang arif tentang Allah?" Saya menjawab (kata Al-Ghazali). “Saya. "Puncak pengetahuan orang-orang arif adalah ketidakmampuan mengenal-Nya".  Dalam sebuah diskusi Al-Ghazali mengatakan. Sesuai dengan yang diisyaratkan Nabi Muhammad Saw . Ya Allah tidak akan pernah menjangkau pujian untuk-Mu dan mencakup sifat-sifat 3/10/12 . Filsafat adalah jalan menuju pengetahuan yang dapat ditempuh melalui filsafat yang pertama. Dengan filsafat ketuhanan. yaitu filsafat ketuhanan.

‫وال أعلم بالصواب‬ ‫و نسأل ال التوفيق و الهداية‬ ‫والسلم عليكم ورحمة ال و‬ ‫بركاتة‬ ‫21/01/3‬ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful