TATA SURYA

KARAKTERISTIK SISTEM TATA SURYA

FENOMENA
Hujan Merah  Hujan yang pernah terjadi di kerala,India selama hampir 2 bulan, ternyata benda merah berkarat ini termasuk partikel dari badai debu dan sel – sel biologis yang berasal dari mahluk luar angkasa

adalah : gerakan benda angkasa dalam mengitari sumbunya 2. Kala rotasi : Adalah waktu yang digunakan untuk satu kali rotasi Kala revolusi: Adalah waktu yang diperlukan untuk satu kali revolusi . Revolusi.GERAKAN ANGGOTA TATA SURYA Anggota tata surya dalam mengitari matahari memiliki 2 gerakan. yakni: 1. Rotasi. adalah : gerakan benda angkasa dalam mengitari matahari.

Bunyi Teori Gravitasi • Setiap benda angkasa di alam raya ini mempunyai gravitasi • Diantara benda yang satu dengan yang lainnya saling tarik menarik • Planet-planet beredar mengelilingi matahari dan tidak keluar dari orbitnya. Bunyi Hukum Kepler: Hukum Kepler 1: Semua planet beredar mengelilingi matahari denga lintasan melalui jalan yang berbentuk ellips dan matahari berada di salah satu titik apinya. karena adanya gravitasi. .

garis hubung antara matahari dengan planet membentuk bidang-bidang yang sama luasnya.Hukum Kepler II Dalam periode yang sama. Hukum Kepler III Pangkat dua periode sebuah planet mengelilingi matahari. berbanding dengan pangkat tiga jarak rata-rata ke matahari .

ANGGOTA TATA SURYA MATAHARI Berbentuk seperti bola gas raksasa. Bagian-bagian matahari: 1. fotosfer : bagian seperti piringan emas 3. prominences : ledakan pada sisi matahari 6. Flare : cahaya terang diantara sunspot . Sunspot : noda hitam pada fotosfer 7. hidrogen berubah menjadi helium dan energi panas dg suhu 20 juta derjat celcius 2. kromosfer :cahaya yang mengelilingi fotosfer 4. Inti . corona : lapisan yang mengeliliongi kromosfer 5. tempat terjadinya reaksi termo nuklir.

uranus. venus. bumi .dan neptunus.  . jupiter.Planet Planet merupakan objek langit yang mengelilingi matahari dengan bidang orbit eksklusif yang terdiri dari :  markurius. mars. saturnus.

Planet luar Yaitu planet yang orbitnya berada di sebelah luar lintasan asteroid. .Planet dalam Yaitu planet yang lintasannya terletak berada di sebelah dalam lintasan asteroid. Yang termasuk planet dalam: Merkurius. Neptunus. Venus. Yang termasuk planet luar : Yupiter. Mars 2. Bumi. 1. Saturnus. Uranus.

hewan. dan yg tdk kena sinar mth 2000C Permukaan planet penuh kawah dan cekungan Venus Julukan bintang timur karena nampak jam 4 pagi/menjelang matahari terbit. tumbuhan manusia Terdapat perairan Terdapat atmosfer . rotasi 59 hari. manusia. Bagian yang kena sinar mth bersuhu 4000C. Bumi Terdapat kehidupan. Julukan bintang malam karena nampak sebelum jam 9 malam.Ciri-ciri planet : Merkurius Jarak dg matahari lebih kurang 58 juta km Revolusi 88 hari.

MERKURIUS VENUS BUMI .

voyager 1 dan 2. .Planet yang paling besar .Pesawat luar angkasa yang mengamati jupiter : pioner 10 dan 11.Memiliki lebih 30 satelit .Planet terbesar kedua setelah jupiter .Bintang merah .Memiliki 2 satelit : phobos dan deimos Jupiter .Mars .Memiliki cincin tebal 3 lapisan. Saturnus .Memiliki lebih 20 satelit diantaranya : titan dan encheladus .

MARS YUPITER SATURNUS URANUS NEPTUNUS .

Uranus . .Rotasi 15 jam. jarak dg mth 2. . jarak 4493 juta km. revolusi 165 tahun.Revolusi 84 tahun .Memiliki 2 satelit : triton dan nereid Asteroid/planetoid Adalah: kumpulan planet kecil yang berada diantara mars dan yupiter yang berputar mengelilingi matahari .Memiliki lebih 20 satelit Neptunus .Perputaran lambat.869 jt km.Rotasi 10 jam 45 menit.

ASTEROID .

Biela (muncul 6. tiap 2000 th sekali) .5 th sekali. perkiraan nanti muncul lagi 2062) .Komet (bintang berekor) .5 th sekali) .Donotie (muncul pertama 1858. debu. pertama muncul 1682.Orbit sangat lonjong . terakhir muncul 1852) .Halley (76 th sekali.Enche (muncul tiap 3.Panjang ekor mencapai 160 juta km Ada 4 komet: .Badan terdiri atas kepala(inti dan koma) yang selalu menghadap matahari dan ekor (gas. . kristal es).

KOMET .

Meteorid : benda langit yang beterbangan tidak beraturan. Rusia dan di Arizona.) . Jenis yang masuk bumi seperti yang jatuh di Siberia.000 th yl.Meteor. 2. sebagian hancur dan sampai ke permukaan bumi. Amerika(25. tidak mempunyai orbit tetap. Meteor : meteoroid yang masuk orbit bumi 3. Meteorit : masuk ke atmosfer bumi. ada 3 istilah: 1.

.

(satelit alam dan buatan) .Satelit Benda langit pengikut planet.

Gravitasi bulan: 1 / 6 gravitasi bumi.Titik lintasan bulan terjauh dari bumi : apogea dan terdekat : perigea.Gerakan siderik: waktu yang diperlukan bulan bersama bumi dalam mengelilingi matahari dari titik awal kembali ke awal lagi (27 sepertiga hari) .Bulan: . .Bulan sinodik : kedudukan bulan dari konjungsi sampai konjungsi berikutnya ( 29 sepertiga hari) . . Bumi terjauh dari mth : apelium dan terdekat perihelium.Permukaan bergunung dan kawah. akibat banyak nya meteor yg jatuh di bulan. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.