P. 1
Contoh Proposal

Contoh Proposal

|Views: 561|Likes:
Published by Anggriawan Ugang

More info:

Published by: Anggriawan Ugang on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2014

pdf

text

original

cOntoH: proposaL PKL

A. LATAR BELAKANG Program Studi Biologi merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY. Berdasarkan Visi dan Misi Program Studi Biologi, maka diperlukan mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa Program Studi Biologi, sebagai usaha untuk memberikan bekal pengalaman sebelum lulus benar-benar terjun di lapangan. Dengan adanya PKL, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang masalah-masalah yang ada pada pertanian, serta gambaran penerapan ilmu yang diperoleh selama studi. Praktek Kerja Lapangan dapat dilaksanakan pada semester Gasal ataupun Genap atau dalam semester khusus dengan sistem blok, dengan bobot 2 SKS. PKL dilaksanakan selama 1 bulan . Pelaksanaan PKL perlu bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian yang memenuhi syarat dan relevan dengan program Studi Biologi. Sejalan dengan kemampuan anggaran yang tersedia, maka direncanakan pada semester Gasal tahun ajaran 2011/2012, mahasiswa Program Studi Biologi diwajibkan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Pencarian lokasi/tempat PKL dibebankan kepada mahasiswa yang mengambil PKL. Dalam mencari dan memilih tempat PKL, mahasiswa harus memperhatikan relevansinya dengan Program Studi Biologi, dan harus berkonsultasi dengan koordinator Praktek Kerja Lapangan, prosedur administrasi dan surat-menyurat dikelola Fakultas dengan tata cara yang telah ditentukan. B. WAKTU PELAKSANAAN PKL Penentuan pelaksaaan PKL dan proses perkuliahan dapat berjalan dengan baik dan tidak bersamaan, berdasarkan hal ini maka kami mengajukan permohonan bahwa pelaksanaan PKL berjalan pada bulan September hingga Oktober 2011. Namun demikian keputusan tentang waktu pelaksanaan PKL kami serahkan sepenuhnya kepada pihak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta. C. PESERTA PKL Mahasisawa yang melaksanakan PKL pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanianadalah : 1. Nama : Eka Wijayanti NIM : 08308144006 Tempat/tgl lahir : Pati, 05 Januari 1991 Jurusan : Pendidikan Biologi Program Studi : Biologi Fakultas : MIPA 2. Nama : Hendy Vidiana NIM : 08308144009

b. TUJUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN 1. Terjalinnya hubungan antara Program Studi Biologi khususnya dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam pada umumnya. MANFAAT PRAKTEK KERJA LAPANGAN Manfaat yang akan dapat diambil dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan baik untuk mahasiswa maupun lembaga pendidikan adalah : 1. peralatan yang digunkan. b. Yogyakarta sehingga memungkinkan Kerjasama lainnya. dengan pusat Pendidikan dan Kesehatan. yang dituangkan kedalam laporan Praktek Kerja Lapangan. Nama NIM Tempat/tgl lahir Jurusan Program Studi Fakultas : Kediri. Memperoleh pengalaman nyata yang berguna untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dibidang pertanian dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Menemukan suatu kasus pada saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangandan menganalisanya secara mendalam. Bagi Lembaga Pendidikan a. Tujuan Umum a. Praktek kerja lapangan bertujuan agar para mahasiswa dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan pengetahuan dalam bidang pertanian. b. E. Mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan tentang pertanian. kondisi para karyawan. dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan. . melalui mahasiswa yang sedang melaksanakan PKL. Mendapat umpan balik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. 2. Membantu melaksanakan tugas-tugas dan kegiatan yang berhubungan dengan pertanian.Tempat/tgl lahir Jurusan Program Studi Fakultas 3. sehingga selalu dapat mengikuti perkembangan dunia teknologi pertanian c. 2. kondisi fisik perusahaan. 29 Maret 1990 : Pendidikan Biologi : Biologi : MIPA : Fendy Arifianto : 08308144014 : Jambi. Memperoleh pengetahuan yang nyata tentang kondisi suatu lembagameliputi: segi manajemen yang diterapkan. Bagi Mahasiswa a. 14 Februari 1989 : Pendidikan Biologi : Biologi : MIPA D. Tujuan Khusus a. c. Memperoleh masukan-masukan baru dari lembaga pendidikan.

Nama Mahasiswa Judul / Kasus Penelitian 1. Kegiatan PKL Survei tempat PKL Penyusunan proposal Penyiapan alat dan bahan Pelaksanaan kegiatan Pengumpulan dan analisa Penyusunan laporan hasil PKL 1 2 Minggu Ke3 4 5 6 G. 2. khususnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta F. 6. c. 4. 3. b. 2. yaitu: No. 5. Mengamati dan mempelajari sistem manajemen dan struktur organisasi. PENUTUP .d. 3. Dapat menjalin hubungan dengan lembaga pendidikan. 1. Melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan pertanian. RENCANA YANG AKAN DILAKSANAKAN Rencana yang akan dilaksanakan selama mahasiswa melaksanakan PKL adalah : a. Mengamati dan menyelidiki suatu kasus tertentu (tugas khusus) sesuai judul permasalahan masing-masing. Eka Wijayanti Hendy Vidiana Fendy Arifianto Desain / Rancangan PKL No.

Demikian proposal kami ajukan. M. M. Hendy Vidiana NIM. Kajurdik Biologi Koordinator PKL Prodi Biologi Suhandoyo. 196112211986011001 Siti Umniyati.S NIP. 08308144014 Mengetahui. 195111131983032001 . 08308144009 Fendy Arifianto NIM.Si NIP. Eka Wijayanti NIM. Pemohon PKL. 24 Agustus 2011 Pemohon PKL. Yogyakarta. 08308144006 Pemohon PKL. Besar harapan kami untuk dapat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Daerah Istimewa Yogyakarta.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->