P. 1
Merger

Merger

|Views: 90|Likes:
Published by Putra Pemalas

More info:

Published by: Putra Pemalas on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/30/2012

pdf

text

original

A.

Merger, konsolidasi, akuisisi adalah hal yang sangat umum dilakukan agar perusahaan dapat memenangkan persaingan, serta terus tumbuh dan berkembang. Joseph F. Sinkey (1983), menjelaskan motivasi yang mendorong bank untuk melakukan merger, antara lain: a) Untuk mendapatkan kesempatan beroperasi dalam skala usaha yang hemat, b) Guna meningkatkan pangsa pasar, c) Menghilangkan tidak efisien melalui operasional dan pengendalian finansial yang lebih baik, d) Kesempatan menggabungkan sumber daya ataupun pasar yang dimiliki masing-masing Bank. Selain itu masih terdapat beberapa faktor yang mendorong motivasi untuk merger, seperti: upaya diversifikasi, menurunkan biaya dana, dan menaikkan harga saham secara emosi (bootstrapping of earning per share) karena adanya pengumuman akan merger bagi Bank publik. Merger merupakan salah satu pilihan terbaik untuk memperkuat fondasi bisnis, jika merger tersebut dapat memberikan sinergi. Sutan Remy Syahdeini dalam makalah berjudul “Merger, Konsolidasi dan Akuisisi Bank” memberikan definisi merger atau penggabungan usaha adalah penggabungan dari dua Bank atau lebih dengan cara tetap mempertahankan berdirinya salah satu Bank dan melikuidasi Bank-bank lainnya. Prasyarat melakukan merger Hazel J.Johnson (1995) menyatakan, prasyarat yang harus dianalisis terlebih dahulu dari kedua Bank yang akan melakukan merger adalah:
1. Kondisi keuangan masing-masing Bank, merger sesama bank sehat atau karena collapse

2. Kecukupan modal 3. Manajemen, baik sebelum atau sesudah merger 4. Apakah merger dapat memberi manfaat bagi pengguna jasa Bank tersebut Johnson lebih lanjut menyatakan setiap lembaga yang akan melakukan merger, pada umumnya mempunyai beberapa isu penting yang relevan untuk dianalisis sebelum merger dilakukan, antara lain:
• • • •

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan merger? Bagaimana mengidentifikasi kecocokan pasangan (partner) untuk merger? Bagaimana mengkomunikasikan dengan baik atas rencana merger ini kepada seluruh pihak yang berkepentingan agar niat merger mempunyai dampak yang positif di pasar? Bagaimana melakukan cara, yang akan dilakukan untuk konsolidasi diantara Bank yang merger?

Evaluasi keberhasilan dan kegagalan merger Membuat proyeksi keberhasilan merger penting dilaksanakan, sebelum merger dilakukan secara legal. Tahapan diawali dengan due diligence (uji tuntas) atas perusahaan yang akan dikonsolidasikan. Penilaian dilakukan atas sinergi yang akan diperoleh, dilihat dari sinergi operasional dan sinergi finansial.

Analisis yang didasakan atas ratio harga saham dengan pendapatan (Price Earning Ratio) dibandingkan dengan nilai P/E dari perusahaan sejenis 3. sebelum dilakukan uji tuntas dengan baik 5. Krisis manajerial karena ingin mempertahankan semua manajemen yang ada di kedua perusahaan Kesimpulan: 1. Informasi Teknologi yang digunakan. Tergesa-gesa. baik yang berupa on atau off balance sheet. didasarkan atas: analisis laporan keuangan perusahaan.Sinergi operasional. disebabkan. Walaupun hasil analisis menunjukkan bahwa hasil merger akan lebih baik. Sumber pembiayaan merger berasal dari pinjaman berbiaya tinggi 3. Merger hanya akan dilakukan jika nilai dari perusahaan hasil merger lebih besar dibanding dengan jumlah nilai masing-masing perusahaan V merger > V a + V b V merger = nilai (value) perusahaan hasil merger V a = nilai perusahaan a sebelum merger V b = nilai perusahaan b sebelum merger 2. sebagai berikut: 1. berupa neraca dan laba rugi. Sumber Daya Manusia. Harga yang ditetapkan saat dilakukan merger terlalu tinggi akibat analisis sebelumnya tidak akurat 2.yang beberapa pos dari neraca disesuaikan dengan perkiraan risiko yang mungkin ada sehingga mengurangi nilai buku (Adjusted book value) Banyak perusahaan atau Bank yang mengalami kegagalan saat dilakukan merger. perencanaan strategik. Evaluasi finansial. antara lain: Visi Misi dan tujuan perusahaan. umumnya dengan membandingkan sumber daya masing-masing perusahaan. serta fee based income. antara lain: 1. pangsa pasar. Penilaian atas dasar nilai buku. jaringan. dan budaya kerja masing-masing perusahaan. Analisis proyeksi arus kas dengan menggunakan diskon faktor sesuai biaya dana perusahaan (Discounted cash flow approach) 2. Asumsi yang salah dengan mengharapkan booming market. yang ternyata terjadi sebaliknya 4. namun tetap memerlukan waktu penyesuaian. Metoda yang digunakan bermacam-macam. Budaya kerja tak dapat disatukan 7. salah satunya menitik beratkan pada cash flow. terutama untuk menyatukan budaya kerja dari kedua perusahaan . Perbedaan kedua perusahaan terlalu besar 6.

primex dan artha media bergabung jadi permatabank (sekitar awal 2002).Kasus: merger 1. dll akan meningkat. Akusisi PT Carrefour Indonesia terhadap PT.sekedar sharing dulu saya pernah mengalami bekerja dalam situasi merger spt ini. 5 bank : bank bali. juga suasana kerja menjadi tidak nyaman (sementara waktu) dan persaingan/ego masing2 bank yg masih kental.H. atau Nokia bermitra dengan Siemens. yang ditawarkan oleh pengendali perusahaan terbuka yang baru terhadap seluruh sisa saham yang bersifat ekuitas dari perusahaan yang tersebut. kalau efeknya di bursa sih kayaknya ga terlalu signifikan karna saya lihat dari sejak merger sampe sekarang harga saham permata yakni BNLI (masih pake kode bank bali) masih belum tembus 1000 per lembarnya (cmiiw). merger antara Bank Danamon dan Bank BII. Alfa Retailindo Tbk Dalam proses akuisisi ini semuanya berjalan dengan baik tanpa ada masalah yang cukup berarti. yaitu 1. modal. patriot. kecuali efek yang dimiliki oleh pemegang saham utama atau pihak pengendali lain dari perusahaan terbuka tersebut. Misalnya di kalangan produsen ponsel. dampak positifnya tentu saja size perusahaan dalam arti asset. 2. Akuisisis 1. aksi konsolidasi malah sudah terjadi di industri hulu atau vendor telekomunikasi. dampak negatifnya ya salah satu tentu saja rasionalisasi karyawan alias phk yg mau ga mau harus dilakukan utk menjaga efiensi/efektifitas ttp terjaga. Sonny bergabung dengan Erricson. Namun ada beberapa hal menarik yang dapat ditelisik lebih lanjut. Keharusan Tender Offer Dalam Keputusan Ketua Bapepam Nomor 04/PM/2000 (Peraturan Nomor IX. universal. bagi karywan sendiri biasanya (biasanya lho) akan ada perbaikan remunerasi (minimal sama dengan remunerasi tertinggi diantara bank-bank yg merger). jumlah karywan. sesuai dengan syarat dan . dalam kasus ini tetap mempertahankan satu bank yaitu bank Danamon. Konsolidasi contoh karena saling membutuhkan dan persaingan yang ketat itu.1) tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka ditentukan adanya keharusan melakukan tender offer dalam hal melakukan akuisisi saham dari perusahan terbuka.

F. rapat sepakat untuk melakukan akuisisi ketiga perusahaan yaitu saham PT Panji Raya Alamindo sebesar 99. Carrefour Indonesia dalam dua surat kabar harian. pengumuman rencana Tender Offer telah diumumkan oleh PT. Rencana akuisisi dan fokus usaha ini merupakan bagian dari strategi perseroan untuk melakukan diversifikasi usaha yang mempunyai prospek pendapatan dari keuntungan yang lebih besar." (Kompas 13 Juni 2005). Senin menyebutkan.99 persen dan saham PT Triguna Internusa Pratama sebesar 99. 3.F. IX.Bisnis) Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Rukun Raharja sepakat mengambilalih tiga perusahaan senilai Rp650 miliar dan melakukan perubahan susunan Dewan Komisaris perseroan serta perubahan kegiatan usaha utamanya. Rapat juga menyetujui susunan Dewan Komisaris dan Direksi seperti Harsono Sukmonohadi sebagai Presiden Komisaris. saham memungkinkan pemodal untuk mendapatkan re-turn atau keuntungan yang lebih besar dalam waktu relatif singkat (high return).2.98 persen. .1. Kenapa? Karena bila dibandingkan investasi lainnya. dan Peraturan BAPEPAM No. Sehubungan dengan Tender Offer. Rukun Raharja Akuisisi Tiga Perusahaan Senilai Rp650 Miliar (Vibizdaily . "BenQ secara resmi melakukan akuisisi terhadap salah satu bisnis mobile device (MD) milik perusahaan elektronik raksasa Jerman Siemens AG. 2. yaitu Bisnis Indonesia dan Investor Daily serta mengajukan Pernyataan Penawaran Tender kepada Ketua Badán Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (“BAPEPAM-LK”) sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan BAPEPAM No. Siaran pers PT Rukun Raharta (RAJA) di Jakarta. sedangkan Farouk Raus diangkat sebagai Komisaris dan Ricardo Suhendra Wirjaman serta MS Sembiring sebagai komisaris independen.1 .98 persen.tata cara yang diatur dalam peraturan pasar modal yang khusus mengatur tentang tender offer.F. saham PT Capital Turbines Indonesia sebanyak 99. B Saham adalah surat berharga yang paling popular diantara surat berharga yang ada di pasar modal. Integrasi usaha minyak dan gas dari hulu ke hilir serta pembangkit listrik dapat memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham serta memanfaatkan peningkatan permintaan gas dan listrik serta pertumbuhan pasar di dalam negeri. IX. yaitu Peraturan Nomor IX.

2. Umumnya untuk transaksi beli pemodal dikenakan fee broker sebesar 0. Nomor Rekening Bank dan data-data lain. agar keputusan yang tepat dapat dihailkan dalam waktu yang tepat pula.Selain high return. seperti layaknya membuka rekening di bank maka terlebih dahulu Anda harus membuka rekening di satu atau beberapa Perusahaan Efek. Misalnya harga saham XYZ Rp 1.4% (untuk transaksi jual pemodal masih dikenakan pajak penghasilan atas penjualan saham sebesar 0. Untuk pembelian dan penjualan saham.000) sejumlah Rp 500. pemodal harus membayar biaya komisi kepada pialang atau broker yang melaksanakan pesanan. saham juga memiliki sifat high risk yaitu suatu ketika harga saham dapat merosot secara cepat. sebagai ilustrasi lain. Oleh karena itu dalam memilih saham kita harus melihat dan meneliti apakah perusahaan yang akan anda beli itu memiliki Fundamental yang baik apa tidak.500 maka dana minimal untuk membeli saham tersebut berarti (500 dikali Rp 2.000.000.250. Perusahaan efek ini biasanya disebut dengan Broker atau pialang. Dengan karakteristik high risk high return ini maka pemodal perlu terus memantau pergarakan saham yang dipegangnya. Karena . Dana Minimal Untuk Buka Rekening Efek atau Berinvestasi Pada dasarnya tidak ada batasan minimal dana dan jumlahnya untuk membeli saham. Dalam membeli saham kita tidak boleh mengandalkan hanya feeling kita karena jika kita mengandalkan feeling pasti penyesalan yang didapatkan. Membuka rekening Efek Sebelum anda melakukan jual beli saham. Cara Membeli Saham 1. jika saham ABC harga per sahamnya Rp 2. Membeli Saham Untuk berinvestasi di pasar modal. jumlah yang dijualbelikan dilakukan dalam satuan perdagangan yang disebut Lot Di Bursa Efek Indonesia (BEI) satu lot berarti 500 saham. Bersama dengan pembukaan rekening ini. itulah batas minimal pembeli saham. Beberapa Biaya Jual Beli Saham Komponen dari biaya jual dan beli saham adalah sebagai berikut: Nilai pembelian saham + komisi pialang + PPN 10% atau Nilai penjualan saham + komisi + PPN 10% + pajak penghasilan 0. Artinya besarnya biaya komisi dapat dinegosiasikan dengan pialang/broker dimana pemodal melakukan jual-beli saham. atau sahamnya di delist (dihapuskan pencatatnya) dari Bursa sehingga untuk jual-beli harus mencari pembeli/penjual sendiri dan saham tidak memiliki harga patokan pasar.000.maka dana minimal yang dibutuhkan untuk membeli satu lot saham tersebut menjadi (500 dikali Rp 1.3% dari nilai transaksi sedangkan untuk transaksi jual dikanakan 0. Dengan membuka rekening efek tersebut maka secara resmi Anda telah tercatat sebagai nasabah dan data identitas anda tercatat dalam pembukuan Perusahaan Efek yang terdaftar di KPEI separti Nama. Lalu dana yang dibutuhkan menjadi bervariasi karena beragamnya harga saham-saham yang tercatat di Bursa.500) sebesar Rp 1.1%. Alamat. Dalam perdagangan saham..1% dari nilai transaksi). Anda menendatangani perjanjian dengan Perusahaan Efek yang menyangkut hak dan kewajiban kedua belah pihak. kita dikasih banyak pilihan saham karena Bursa Efek Indonesia memiliki lebih dari 300 anggota bursa atau saham.

fundamental perusahaan itulah kita bisa melihat kinerja perusahaan itu (laporan keuangan. Deviden Merupakan keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Biasanya tidak seluruh keuntungan perusahaan dibagikan kepada pemegang saham. Namun yang perlu dicatat adalah bahwa perusahaan tidak selalu membagikan deviden kepada para pemegang saham etapi tergantung kepada kondisi perusahaan itu sendiri (khususnya berkaitan dengan keuntungan yang diraih). • Lakukan pengawasan secara berkala untuk memantau perkembangan investasi anda.000 per saham dan kemudian dijual dengan harga Rp 2. Besarnya deviden yang anda terima ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan tersebut.dll) baik apa tidak untuk kedepannya. Misalnya sewaktu membeli nilainya Rp 2. apabila sudah melebihinya jual saja. Kenali seberapa besar resiko yang bisa anda ambil dan kemampuan anda menanggung resiko tersebut. jadi selisih yang sebesar Rp 500 ini disebut Capital Gain. 3. Capital Gain Yaitu keuntungan dari hasil jual beli saham berupa kelebihan nilai jual dari nilai saham. Sebetulnya ada beberapa kiat untuk berinvestasi diantaranya sebagai berikut: Tentukan tujuan investasi anda. 2. Keuntungan dan Resiko Berinvestasi Saham Pada dasarnya semua pilihan investasi mengandung peluang keuntungan di satu sisi dan potensi kerugian atau resiko di sisi lain. • • • Setelah anda memilih perusahan atau saham mana yang akan anda beli/jual sesuai dengan pertimbangan anda. Keuntungan 1.500. tetapi juga beresiko apabila tergusur atau terjadi kebakaran. misalnya : dibandingkan dengan suku bunga Deposito. maka anda harus menghubungi pialang/broker anda (biasanya lewat telefon) untuk bisa menyalurkan pesanan/order anda ke Bursa Efek. • Kenali instrument dan produk investasi. Sebelum memulai investasi Tentukan rentang waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan investasi tersebut. tetapi kelemahannya adalah keuntungan yang lebih kecil dibanding potensi keuntungan dari saham. • Ragamkan investasi pada berbagai instrume dan produk. jangan sampai serakah. Seperti tabungan dan deposito di bank memiliki resiko kecil karena tersimpan aman di bank. Pelajari secara seksama ekspektasi keuntungan dan tingkat resikonya • Bandingkan tingkat imbalan hasil instrument investasi anda dengan acuan (benchmark) yang ditentukan sebelumnya untuk mengukur kinerja investasi tersebut. tetapi ada bagian yang ditanam kembali. Buatlah portofolio investasi yang sesuai resiko dan potensi keuntungan yang anda harapkan. . Artinya jika perusahaan mengalami kerugian tentusaja deviden tidak akan dibagikan pada tahun berjalan tersebut. Investasi di property (rumah dan tanah) semakin lama harganya semakin tinggi. Karena musuh utama berinvestasi adalah tamak. sedangkan usaha sendiri (wiraswasta) beresiko bangkrut/pailit sementara investasi emas memiliki resiko harga turun.

maka Anda kemudian menjual pada harga tersebut sehingga Anda mengalami kerugian sebesar Rp 600 per saham. Karena takut harga saham tersebut akan turun. . ABC Anda beli dengan harga Rp 2. Jika masih terdapat sisa dari hasil penjualan kekayaan perusahaan tersebut. Ini merupakan resiko yang terberat dari seorang pemegang saham dituntut untuk secara terus menerus mengikuti perkembangan dari perusahaan yang sahamnya dimiliki. 2. Namun jika tidak terdapat sisa kekayaan perusahaan.400 per saham. Misalnya saham PT. Dalam hal ini hak klaim dari pemegang saham mendapat prioritas terakhir setelah seluruh kewajiban perusahaan dapat melunasi (dari hasil penjualan kekayaan perusahaan). kemudian harga saham tersebut terus mengalami penurunan hingga mencapai Rp 1. dinyatakan bangrut oleh pengadilan atau perusahaan tersebut dibubarkan. yaitu suatu kondisi dimana Anda menjual saham yang Anda miliki dibawah harga belinya.000 per saham. Metode Pencatatan dalam Penggabungan Usaha 1. Resiko Likuidasi Perusahaan yang sahamnya dimiliki. maka pemegang saham tidak akan memperoleh apa-apa. Pooling of interest method (Metode Penyatuan Kepemilikan). Itulah capital loss yang menimpa Anda. maka sisa tersebut dibagi secara proporsional kepada seluruh pemegang saham. Capital Loss Merupakan kebalikan dari capital gain.Resiko / Kerugian 1.

Dalam metode penyatuan kepemilikan. dan pendapatan yang bergabung untuk seluruh tahun dengan mengabaikan tanggal penggabungan usaha dilakukan. aktiva dan kewajiban dari perusahaan-perusahaan yang bergabung dimasukkan dalam entitas gabungan sebesar nilai bukunya. sehingga karenanya tidak ada dasar pertanggungjawaban yang baru. tidak ada pembelian. Metode Penyatuan kepentingan (pooling of interest) Suatu penggabungan usaha yang memenuhi kriteria PSAK tahun 2007 No. jumlah yang dicatat oleh masing-masing perusahaan dengan menggunakan metode akuntansi yang berbeda dapat disesuaikan menjadi dasar akuntansi yang sama apabila perusahaan tersebut diperlukan oleh perusahaan lainnya. Karena tidak ada salah satupun dari perusahaan-perusahaan yang bergabung telah dianggap memperoleh perusahaan-perusahaan yang bergabung lainnya. diasumsikan bahwa kepemilikan perusahaan-perusahaan yang bergabung adalah satu kesatuan dan secara relatif tetap tidak berubah pada entitas akuntansi yang baru. Laba ditahan dari perusahaan-perusahaan yang bergabung juga dimasukkan dalam entitas yang disatukan. Oleh karena itu setiap goodwill pada buku masing-masing perusahaan yang bergabung akan dimasukkan sebagai aktiva pada entitas yang masih beroperasi (disatukan). Perubahan metode akuntansi untuk menyesuaikan masing-masing harus berlaku surut. Metode Pembelian (purchase method) . Dalam penggabungan secara penyatuan kepemilikan. Pada metode penyatuan. Perusahaan-perusahaan terpisah dalam suatu penggabungan usaha masing-masing dapat menggunakan metode akuntansi yang berbeda untuk mencatat aktiva dan kewajiabannya. Prosedur Akuntansi Penggabungan usaha Metode Pooling Of Interest v Semua aktiva dan kewajiban milik perusahaan yang bergabung dinilai pada nilai buku saat diadakan penggabungan v Besarnya nilai investasi pada perusahaan yang bergabung sebesar jumlah modal perusahaan yang digabung atau sebesar aktiva bersih perusahaan yang digabung v Bila terjadi selisih antara jumlah yang dibukukan sebagai modal saham yang diterbitkan ditambah kompensasi pembelian lainnya dalam bentuk kas ataupun aktiva lainnya dengan jumlah aktiva bersih yang diperoleh.2. tidak ada harga pembelian. maka harus diadakan penyesuaian terhadap modal perusahaan yang akan digabung v Laporan keuangan gabungan adalah penjumlahan dari laporan keuangan milik perusahaan yang bergabung. dan laporan-laporan keuangan yang disajikan untuk periode-periode sebelumnya harus disajikan kembali (restated). 22 untuk penyatuan kepemilikan harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan metode penyatuan. Purchase method (Metode Pembelian).

Biaya untuk memperoleh perusahaan (biaya perolehan) ditetapkan dengan cara yang sama seperti pada transaksi lain. . maka nilai wajar saham tersebut sebesar harga pasar pada tanggal transaksi penggabunga. Menurut PSAK tahun 2007 No.19 setiap kelebihan biaya perolehan atas nilai wajar aktiva bersih yang diperoleh dialokasikan ke goodwill dan diamortisasikan selama maksimum 20 tahun. maka selisih tersebut dicatat ke dalam rekening goodwill pada kelompok aktiva. Biaya ini dialokasikan pada aktiva dan kewajiban yang dapat diidentifikasikan sesuai dengan nilai wajarnya pada tanggal penggabungan. v Membuat jurnal pemilikan aktiva dan kewajiban dari perusahaan yang digabung. Prosedur Akuntansi Penggabungan usaha Metode Purchase v Menyesuaikan nilai aktiva dan kewajiban milik perusahaan yang akan digabung sebesar nilai wajarnya v Mencatat transaksi penggabungan sebesar nilai investasinya (biaya perolehan). Jika pengakuisisi mengeluarkan saham. Apabila terjadi selisih antara nilai investasi dengan aktiva bersih yang diterima perusahaan pengakuisisi. maka diestimasi secara proporsional perusahaan pengakuisisi atau yang diakuisisi (mana yang lebih dapat ditentukan).Metode pembelian didasarkan pada asumsi bahwa penggabungan usaha merupakan suatu transaksi yang salah satu entitas memperoleh aktiva bersih dari perusahaan-perusahaan lain yang bergabung. Bila harga pasar tidak dapat digunakan sebagai indikator. Berdasarkan metode ini perusahaan yang memperoleh atau membeli mencatat aktiva yang diterima dan kewajiban yang ditanggung sebesar nilai wajarnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->