P. 1
Tugas i Hasil Karya Anak Bangsa

Tugas i Hasil Karya Anak Bangsa

|Views: 33|Likes:
Published by Fhaa Sii Seventiesh

More info:

Published by: Fhaa Sii Seventiesh on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

TUGAS

KARYA-KARYA ANAK BANGSA YANG MEMBANGGAKAN

Ditujukan sebagai tugas mingguan untuk mata kuliah Manjemen Pemasaran II

DI SUSUN OLEH

ELFA RIZKI 58048

MANAJEMEN BISNIS DIII FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2011

dilengkapi dengan power window. Di balik kesuksesan mobil ini ternyata ada seseorang yang bersahaja. AC dual zone. power steering. Gaungnya memang luar biasa. hasil karya siswa SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta yang telah banyak menyita perhatian publik dan politisi kita.HASIL KARYA ANAK BANGSA MOBIL KIAT ESEMKA Mobil fenomenal. Kecamatan Ceper. Sukiyat namanya. serta sensor parkir. Klaten. Kiat Esemka pun diambil dari nama Sukiyat yang juga pemilik bengkel Kiat Motor di Desa Mlese. mulai dari pembicaraan di warung kopi di pinggir jalan hingga Istana Presiden dan Gedung DPR. Jawa Tengah. Kiat ESEMKA. . central lock. sistem audio dengan CD. Mobil ini berkapasitas 7 penumpang. Dia lah sosok penting di balik terciptanya mobil karya anak bangsa ini.

Joko Widodo. Kiat Esemka merupaka mobil nasional yang hampir seluruhnya dikerjakan oleh siswa-siswa SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Solo. Bersama SMK Negeri I Trucuk. mobil Esemka telah banjir pesanan hingga ratusan unit. Maklum. Hingga saat ini pemesanan mobnas Kiat Esemka sudah mencapai ribuan unit yang datang dari seluruh pelosok tanah air. Joko Widodo-lah yang pertama kali menggunakan Kiat Esemka hasil karya pelajar SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Solo. Klaten. Tujuan Sukiyat sederhana saja. ia adalah seorang difabel atau penyandang cacat. Seperti di kutip Antara. mantan tukang tambal ban yang kini dijuluki Henry Ford dari Klaten ini sukses memajukan mobil nasional. Minggu. Namun. Seluruhnya mencapai 80 persen. Minggu. Para pelajar SMK tersebut juga mengerjakan seluruh bagian detail mesin mobil hingga interior dan suku cadang lokal mobil ini. meski fisiknya terbatas. Jawa Timur. Maraknya pemberitaan mobil nasional Kiat Esemka membuahkan keuntungan tersendiri bagi pihak produsen. 8 Januari 2011 kemarin . bahkan bisa mencapai ribuan. . perakitan mobil terus dilakukan secara bertahap hingga akhirnya Sukiyat menggandeng 15 SMK di Jawa Tengah. Perjalanan hidup Sukiyat menuju kesuksesan saat ini ternyata juga banyak liku-likunya.Ide pembuatan mobil Kiat Esemka muncul pertengahan 2008 lalu. sedangkan sisanya masih diimpor dari Australia. 8 Januari 2012. Ia ingin mendidik siswa SMK agar mahir merakit mobil dan nantinya bisa mandiri. dan Jakarta untuk bersama merakit mobil tersebut. Kiat Esemka yang menjadi populer hingga saat ini tidak lepas dari peran Walikota Solo. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Joko Sutrisno di Solo. siapa sangka. diawal kehadirannya di tanah air.

. tp untuk semua kalangan. pada dasarnya dengan adanya suatu hasil membanggakan seperti itu. maka pastinya akan semakin membangun nama baik negri ini juga. dan otomatis disana akan mengurangi tingkat pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan pemerintah secara umunya. intinya disana saya menginkan nantinya pemasaran mobil itu dapat dikelolah baik oleh produsennya. harapan saya beberapa pihak dapat berfikir tanggap memahami keadaan itu. Produk ini kedepannya saya pikir akan dapat semakin maju apabila mobil rakitan ini diproduksi dengan lebih baik lagi. Dengan itu juga sangat saya harapkan tidak hanya kalangan anak smk saja yang mampu menciptakan sesuatu yang waahh untuk bangsa ini. pastinya bangsa ini akan semakin maju dan sangat dapat dipandang baik oleh negara-negara lain. termasuk kalangan mahasiswa. Karna mobil Kiat esemka ini sangat dikagumi oleh masyarakat indonesia seperti yang dijelaskan artikel diatas.PENDAPAT SAYA: menurut saya perkembangan mobil Kiat Esemka ciptaan anak bangsa ini sangat berpotensi baik untuk majunya bangsa indonesia kedepannya. setidaknya semua bahannya dapat di produksi sendiri di indonesia.

dll) yang mengeluarkan produk device Indonesia meluncurkan PC mereka (seperti PC Tablet. Tablet Wakamini. Zyrex sebagai produsen peralatan komputer Indonesia memproduksi PC Tablet Wakamini MP 1291 series Multi Touch dan Wakatobi Mini 963 yang diklaim 100% buatan Indonesia dengan harga berkisar 3 juta rupiah. Wakamini adalah karya anak bangsa Indonesia yang membanggakan dan mampu bersaing dengan produk-produk dari luar. sedangkan bobotnya 1. LG. berukuran 10 inchi dan memiliki empat varian warna. dengan layar sentuh.Pada hari pertama pameran berlangsung booth zyrex mengaku sudah menjual belasan unit Wakamini . Ruang penyimpanan 250 GB. merah. desain komputer tablet lokal ini tergolong unik yang dapat diputar 180 derajat. notebookdll).RAM (Random Access Memory) sebesar 1 GB DDR2.PC TABLET WAKAMINI Seakan tidak mau ketinggalan dengan vendor-vendor raksasa (seperti Samsung.3 MP Webcam dengan batrai berdaya tahan tiga jam. Wakamini dibekali dengan prosesesor Intel Atom N450 berkecepatan 1. coklat. Sistem operasinya menggunakkan Windows 7 Home Premium dan Ultimate. Dari sisi layarnya. hitam dan biru.35 KG dengan Wifi “4 in 1″ card reader dan 1. Apple. smartphone.66 Ghz.. .

. karna dengan ciptaan luar biasa tersebut akan dengan mudah terjadi pembaruan yang lebih baik lagi nantinya. Otomatis juga akan memberikan pengaruh positf untuk kemajuan indonesia ini sendiri.PENDAPAT SAYA : Terbukti sudah. PC tablet buatan indonesia tersebut pastinya akan mampu memberikan dampak baik untuk anak-anak bangsa nantinya. mampu membuat bangsa ini semakin didepan. Harapan saya semoga dengan munculnya kemajuan masyarakat indonesia seperti itu. jelas saja seperti artiket diatas. semakin menjadi negara yang lebih baik dalam segi ilmu dan teknologinya. ternyata bangsa indonesia juga mampu maju . saya dapat menyimpulkan bahwa nanti nya indonesia akan membangun suatu dimensi pasar yang lebih baik.

Jumlah jungkitan yang terjadi pada penjungkit tersebut kemudian dihitung oleh “Optocoupler” sebagai sensor. dan alat penampil data seperti komputer. . Air hujan kemudian dialirkan ke penjungkit sehingga terjadi jungkitan saat volume air hujan yang tertampung di penjungkit telah mencapai jumlah yang ditetapkan. Ia mengatakan alat itu diharapkan dapat dimanfaatkan secara luas oleh para petani dan masyarakat umum sehingga mempermudah pengukuran curah hujan. mikrontroler.ALAT PENDETEKSI HUJAN Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Andi Kurniawan mengembangkan alat pendeteksi curah hujan tepat guna dengan biaya produksi yang terjangkau masyarakat. Para petani dapat memanfaatkan alat tersebut untuk memperkirakan waktu tanam dan panen padi atau tanaman lain. Data berupa jumlah jungkitan yang dihitung “Optocoupler” itu akan diolah oleh mikrokontroler sebagai pengolah dan akan dikirimkan ke komputer secara “wireless”.4G. penjungkit. Rabu.” katanya. “Pada alat tersebut saya menggunakan alat transmisi `wireless` jenis TRW 2. Menurut dia. Data itu akan tersimpan secara otomatis di komputer sebagai data curah hujan. “Alat itu menggunakan komponen-komponen sederhana dalam produksi. corong digunakan sebagai penampung pertama air hujan. curah hujan saat ini mengalami siklus tidak menentu. Data curah hujan yang akan muncul juga diatur dengan satuan milimeter per jam yang bisa juga diubah sesuai dengan kebutuhan dan biaya.” katanya. Hal itu membuat petani kesulitan untuk memproduksi dengan kualitas terbaik karena tidak bisa lagi tergantung pada tradisi tersebut. Biaya produksi alat pendeteksi itu dapat diminimalisasi hingga sekitar Rp400 ribu. yaitu corong.” kata Andi di Yogyakarta. alat transmisi `wireless`. “Namun. Selama ini para petani cenderung menentukannya dengan tradisi yang telah ada secara turun temurun dengan melihat siklus curah hujan yang teratur.

data langsung secara otomatis tersimpan.Ia mengatakan alat pendeteksi curah hujan tepat guna itu dapat membantu petani mengetahui data curah hujan untuk kepentingan pertanian. “Dengan alat itu kita cukup melihat hasil pengukuran curah hujan di komputer tanpa melakukan proses apa pun. pengunaan alat pendeteksi curah hujan tepat guna itu juga cukup mudah serta tidak memakan waktu dan biaya tambahan. pamasaran alat ini pun akan terjadi pelimpahan permintaan akan alat ini oleh masyarakat karna saya yakin semua orang pasti membutuhkan alat ini untuk semua aktivitasnya. pasalnya alat ini memberikan kemudahan petani memperdiksi pertumbuhan dan perkembangan dari sawahsawahnya. Pastinya jika alat ini benar mampu bekerja dengan baik .” katanya. penemuan alat pendeteksi hujan ini akan berdampak sangat baik untuk kehidupan masyarakat nantinya. Penemuan ini memberikan pengaruh sangat baik untuk petani . PENDAPAT SAYA: Manurut saya. karna intinya dengan alat ini akan mempermudah semua orang untuk dapat atau akan melakukan sesuatu sebelum bertindak. Selain biaya terjangkau. . Yaa juga nantinya pasti memberikan kehidupan masyarakat yang lebih baik. karena selama alat bekerja.

Tentu dengan mengganti katalis PFMC dengan jenis lain yang lebih murah. Fariz Hidayat. Sedangkan PFMC. pemuda yang telah menulis karya tulis ilmiah sejak SMA ini berusaha memeras otak guna menemukan rekayasa teknologi yang bisa dimanfaatkan dari bahan sederhana dan berlimpah. Terinsipirasi dari sebuah sky boat yang tengah melaju kencang dan tiba-tiba harus berhenti karena kehabisan bahan bakar. yaitu bar reactor dan screen reactor. PFMC yang berfungsi sebagai katalis dapar menghasilkan 200 watt untuk satu liter air laut agar dapat menjalankan motor kapal. . Menurut pemuda yang meraih medali perak dalam Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) tahun lalu tersebut. dia menambahkan sistem filter yang dilengkapi dua reaktor. Malang. hasil karya Fariz ini dapat dimanfaatkan juga untuk kapal-kapal nelayan. mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan bahan bakar baru dengan menggunakan air laut. Berkat rancangannya ini.MENCIPTAKAN BAHAN BAKAR DENGAN AIR LAUT. Fariz mengungkapkan. kemudian diubah menjadi gaya gerak listrik yang mampu menggerakkan kapal nantinya. “Karena negeri kita termasuk Negeri Maritim. Selain dapat diaplikasikan dalam bidang olahraga speed boat. mengapa kita tidak memanfaatkan sumber laut saja?” kata Fariz seperti dikutip dari ITS online. ini pun menamakan hasil ciptaannya dengan Sky Water Energyzing. dua buah reaktor tersebut berfungsi untuk meningkatkan pembakaran dan menjadikan air laut sebagai energi. mahasiswa Teknik Kimia ini meraih juara tiga dalam ajang lomba Penelitian Olahraga dan Desain Produk Industri besutan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). lanjutnya. Serta dilengkapi dengan katalis Polymer Electrode Membran Cell (PFMC). Senin (26/9/2011). berguna untuk menyaring elektron dan proton. Pemuda asal Batu. Berdasarkan pengalamannya tersebut. Dalam rancangan tersebut.

. patut di acung jempolkan. selain harga yang relatif murah. salah satunya yaa bahan bakar tersebut. Dengan penemuan ini pastinya akan sangat membantu kebutuhan hidup manusia. bahan bakar dari air laut sangat gampang untuk dapat kita peroleh dengan mudah. Penemuan ini akan sangat berdampak baik untuk perkembangan masyarakat indonesia dan mungkin bahkan dapat mempengaruhi dunia. Harapan saya nantinya hanya dapat menjadikan penemuan ini sesuatu yang membanggakan dan memberikan manfaat positif untuk semua masyarakat indonesia. karnanya seperti kita tau sekarang ini bahan bakar seperti minyak sangat susah ditemukan karna sedikitnya sumber daya yang ada. sampai dengan anak cucu kita nanti akan sangat memberikan manfaat yang sangat luar biasa dimiliki oleh masyarakat.PENDAPAT SAYA : Dapat mengubah bahan bakar dari air laut menurut saya merupakan penemuan yang sangat luar biasa. Dan jika itu dilakukan maka saya yakin dampaknya untuk kehidupan masarakat dunia pun akan menjadi baik juga.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->