KONSEP ADMINISTRASI

Pertemuan 1 : PIABIS

Apa itu administrasi …? - Tulis menulis ? Tata usaha? Uang pelicin ? Data-data ? .

Administrasi di Indonesia berasal dari Eropa Barat mengacu pada bangsa Romawi. mentaati kebijakan yang telah ditentukan 2.Administer : melayani. .Administro : memimpin. Ada 3 kegiatan penting : 1. 3.Administrare : menyelenggarakan tata usaha untuk dipertanggung jawabkan aktivitasnya. mengatur personil dalam rangka melakukan kegiatan organisasi yang dipimpin.

Gegeven (tata usaha) . to direct (mengarahkan) Bahasa Belanda : Administratie Mencakup : .Administrasi Secara Etimologi Bahasa Inggris : Administration To administer/ to manage (mengelola). manusia.Beheer (manajemen dari sumber daya : finansial.Bestuur ( manajemen dari kegiatan organisasi) . bahan baku. dll) .

Administrare / tata usaha 2. harta kearah suatu tujuan yang terhimpun dalam organisasi Tugas administrator : 1. kegiatan ini merupakan kegiatan manajemen . manusia.Secara etimologis : Administrasi adalah kegiatan memberi bantuan dalam mengelola informasi. Administro/ memimpin dan mengarahkan personil.

1987) • Secara umum Ilmu administrasi adalah cabang ilmu sosial yang secara khas mempelajari “administrasi” sebagai salah satu fenomena masyarakat modern. . pemanfaatan /pendayagunaan faktor-faktor sumber daya yang sudah direncanakan (Prayudi A.Manajemen yaitu proses pengendalian. penggerakan.

Administrasi dalam Arti Sempit Merupakan penyusunan dan pencatatan data & informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. .

. sehingga arus informasi lancar.Diarahkan untuk tercapainya tertib administratif dalam informasi. baik dalam proses komunikasi maupun pengambilan keputusan .Merupakan pekerjaan internal yang melibatkan manusia serta sarana prasarana ketatausahaan.Perspektif administrasi = tata usaha .

Administrasi dalam Arti Luas Mengacu pada pelopor teori administrasi yaitu Henry Fayol : Berhubungan dengan kegiatan kerjasama yang dilakukan manusia / sekelompok orang sehingga tercapai tujuan yang diinginkan .

Robbins (1983) Adm adalah keseluruhan proses dari aktivitas-aktivitas pencapaian tujuan secara efisien dengan dan melalui orang lain. Walters (1959) Adm adalah proses perencanaan.Definisi Administrasi Secara Luas • Stephen P. pengorganisasian.E. • J. penilaian dan pengendalian suatu usaha . pengelolaan.

• Fenomena kerjasama yang dilakukan oleh dan bersifat publik menjadi kajian ilmu administrasi publik • Fenomena kerjasama yang dilakukan oleh dan bersifat privat / swasta menjadi pusat kajian ilmu administrasi bisnis. “Hanya kerjasama yang terorganisir” .

Unsur-Unsur Administrasi 1. 2. 4. Sekelompok orang Kerjasama Pembagian tugas Kegiatan dalam suatu proses Tujuan Kerjasama berdasarkan Pembagian kerja / tugas Tujuan Sekelompok orang . 5. 3.

Administrasi sebagai proses keseluruhan proses kegiatan mulai penetapan tujuan sampai pencapaian 2. Administrasi sebagai institusi keseluruhan orang dalam satu kesatuan menjalankan kegiatan untuk mencapai tujuan . Administrasi Sebagai fungsi tindakan sadar untuk mencapai tujuan 3.Perspektif Administrasi dalam Arti Luas 1.

Administrasi Sebagai Fungsi Menurut William H. Planning 2. Controlling . Directing 4. Organizing 3. Newman (1963) : 1.

.Terima kasih…. Selamat belajar dan bertemu di pertemuan selanjutnya …! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful