KONSEP ADMINISTRASI

Pertemuan 1 : PIABIS

Apa itu administrasi …? - Tulis menulis ? Tata usaha? Uang pelicin ? Data-data ? .

Administrare : menyelenggarakan tata usaha untuk dipertanggung jawabkan aktivitasnya. mengatur personil dalam rangka melakukan kegiatan organisasi yang dipimpin.Administer : melayani. Ada 3 kegiatan penting : 1. .Administro : memimpin.Administrasi di Indonesia berasal dari Eropa Barat mengacu pada bangsa Romawi. mentaati kebijakan yang telah ditentukan 2. 3.

manusia. bahan baku.Bestuur ( manajemen dari kegiatan organisasi) .Gegeven (tata usaha) .Administrasi Secara Etimologi Bahasa Inggris : Administration To administer/ to manage (mengelola).Beheer (manajemen dari sumber daya : finansial. dll) . to direct (mengarahkan) Bahasa Belanda : Administratie Mencakup : .

manusia. kegiatan ini merupakan kegiatan manajemen .Secara etimologis : Administrasi adalah kegiatan memberi bantuan dalam mengelola informasi. Administrare / tata usaha 2. harta kearah suatu tujuan yang terhimpun dalam organisasi Tugas administrator : 1. Administro/ memimpin dan mengarahkan personil.

Manajemen yaitu proses pengendalian. pemanfaatan /pendayagunaan faktor-faktor sumber daya yang sudah direncanakan (Prayudi A. penggerakan. 1987) • Secara umum Ilmu administrasi adalah cabang ilmu sosial yang secara khas mempelajari “administrasi” sebagai salah satu fenomena masyarakat modern. .

Administrasi dalam Arti Sempit Merupakan penyusunan dan pencatatan data & informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. .

Merupakan pekerjaan internal yang melibatkan manusia serta sarana prasarana ketatausahaan. sehingga arus informasi lancar.Perspektif administrasi = tata usaha . baik dalam proses komunikasi maupun pengambilan keputusan . .Diarahkan untuk tercapainya tertib administratif dalam informasi.

Administrasi dalam Arti Luas Mengacu pada pelopor teori administrasi yaitu Henry Fayol : Berhubungan dengan kegiatan kerjasama yang dilakukan manusia / sekelompok orang sehingga tercapai tujuan yang diinginkan .

pengorganisasian. Robbins (1983) Adm adalah keseluruhan proses dari aktivitas-aktivitas pencapaian tujuan secara efisien dengan dan melalui orang lain.Definisi Administrasi Secara Luas • Stephen P. pengelolaan. Walters (1959) Adm adalah proses perencanaan. • J.E. penilaian dan pengendalian suatu usaha .

• Fenomena kerjasama yang dilakukan oleh dan bersifat publik menjadi kajian ilmu administrasi publik • Fenomena kerjasama yang dilakukan oleh dan bersifat privat / swasta menjadi pusat kajian ilmu administrasi bisnis. “Hanya kerjasama yang terorganisir” .

2. 5. Sekelompok orang Kerjasama Pembagian tugas Kegiatan dalam suatu proses Tujuan Kerjasama berdasarkan Pembagian kerja / tugas Tujuan Sekelompok orang .Unsur-Unsur Administrasi 1. 3. 4.

Perspektif Administrasi dalam Arti Luas 1. Administrasi Sebagai fungsi tindakan sadar untuk mencapai tujuan 3. Administrasi sebagai proses keseluruhan proses kegiatan mulai penetapan tujuan sampai pencapaian 2. Administrasi sebagai institusi keseluruhan orang dalam satu kesatuan menjalankan kegiatan untuk mencapai tujuan .

Directing 4. Newman (1963) : 1. Planning 2.Administrasi Sebagai Fungsi Menurut William H. Controlling . Organizing 3.

Selamat belajar dan bertemu di pertemuan selanjutnya …! ..Terima kasih….

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.